8 Tips Renovasi Rumah Kayu (Log House) yang Mudah dan Hemat Biaya. Hunian adalah tempat dimana kita akan beristirahat dan kumpul bersama keluarga. Bahkan, sering kali rumah tidak hanya menjadi tempat tinggal, namun menjadi lokasi usaha yang nyaman dan menjanjikan. Ada interaksi yang hangat dan intens antar anggota keluarga yang ada di dalamnya. Rumah adalah hunian yang privat yang dibangun sesuai dengan karakteristik masing-masing pemiliknya.

Salah satu rumah dengan desain yang merupakan kombinasi antara  era classic dan modern adalah rumah kayu  atau log house. Rumah kayu saat ini bahkan memiliki nilai jual yang sangat fantastis dan untuk mendapatkannya pun diperlukan biaya yang tidak sedikit. Seiring berjalannya waktu, sangat mungkin kediaman yang telah lama kita huni  desainnya terasa membosankan dan tidak lagi menarik.

Untuk itu, setiap sekian tahun sekali, alangkah baiknya  kamu renovasi kediaman masing-masing dengan tips renovasi rumah kayu berikut ini. Tujuannya tidak lain adalah agar tampilan rumah lebih fresh, lebih nyaman dan memberikan kepuasan pribadi.  Lalu, bagaimana tips renovasi rumah kayu log house agar tampak menawan dengan biaya yang hemat?

1. Tambahkan elemen pencahayaan

Elemen pencahayaan yang kurang, tentu saja membuat ruangan menjadi gelap dan suram. Kamu pribadi, apa yang kamu rasakan saat berada di tengah-tengah lingkungan rumah yang demikian? nyamankah? Pastinya tidak!. Apalagi jika di dukung dengan dinding lantai yang tampak kotor, kumuh dan dekil. Kondisi yang demikian solusinya tidak hanya sekedar mengecat dinding ruangan, namun kamu bisa menambah pencahayaan agar tampak lebih terang, dan tidak suram. Penambahan elemen pencahayaan yang tepat memberikan nuansa bersinar dengan sentuhan kayu yang kental.

Renovasi Rumah Kayu

Ganti lampu yang sudah redup dengan lampu LED atau lampu lain yang sekiranya jauh lebih terang. Lampu yang terang, di malam hari memberikan kesan nyaman dan tidak suram. Lakukan penggantian secara berkala jika di rasa lampu kediaman masing-masing tidak lagi terang dan pastikan pencahayaan di siang harinya sempurna dengan cukupnya ventilasi ruangan. Ruangan yang cukup ventilasi menghindarkan ruangan dari lembab dan timbulnya berbagai penyakit.

2. Munculkan nuansa eklektik dengan cara ini

Rasa boring bisa saja dipicu oleh desain ruangan yang begitu-begitu saja. Agar terkesan lebih hidup dan lebih menawan, khususnya di area ruang tamu misalnya, Anda bisa menambah beberapa elemen penghias ruangan.

  • Poster: Misalnya memasang poster berbingkai yang di pasang di dinding dengan ukuran yang sesuai dengan rasio ruangan.
  • Perapian: Tidak itu saja, Anda juga bisa memasang perapian untuk penghangat ruangan saat  musim dingin
  • Karpet: Sementara itu untuk bagian lantai dasarnya ditambah dengan sentuhan karpet bermotif yang cantik.
  • Tanaman: Juga jangan lupa sertakan tanaman hidup dalam pot sehingga ruangan menjadi segar dan kental dengan suasana alam.

Renovasi Rumah Kayu

3. Desain lantai bagian bawah yang terbuka dengan dominasi perabot berwarna putih

Desain rumah dua lantai atau lebih, lebih cocok jika lantai bagian bawahnya di desain dengan model terbuka. Desain ruangan yang terbuka dan tampak dari bagian atas memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan penghuni rumah yang sedang berada di lantai dasar.

Renovasi Rumah Kayu

Ini juga memberikan rasa lega dan kesan ruangan yang lebih besar. Selain itu, menambahkan berbagai perabot rumah tangga dengan warna dominan putih memberikan kesan yang classy.

4. Lalu, dimana posisi tempat tidur yang pas?

Lokasi  tempat tidur yang berada di area loteng memberikan kesan yang berbeda dari biasanya. Area loteng yang luas dengan sentuhan karpet bernada pedesaan, sprei putih dengan lantai dasar kayu menjadikan tampilan ruangan lebih elegan.

Renovasi Rumah Kayu

Tambahkan sentuhan lampu gantung dengan cahaya berwarna gold untuk meningkatkan suasana ruangan agar lebih elegan.

5. Perbaharui desain pintunya

Pintu adalah bagian rumah yang kali pertama kita lihat, betul?  Nyaman tidaknya rumah salah satunya dilihat dari tampilan pintunya. Setelah beberapa tahun, pintu rumah yang terbuat dari kayu itu mungkin saja keropos, atau mungkin saja engselnya bunyi  krit krit, dan gagang tangannya tidak berfungsi dengan baik.

Renovasi Rumah Kayu

Untuk menghindari itu, yuk  tutupi bagian pintu yang rusak atau keropos itu dengan aksesoris tertentu yang menyamarkan dan agar tampak estetis. Lalu, engsel yang berbunyi krit krit bisa dilapisi dengan pelumas dan tetap mudah di buka tutup. Hindari keropos pada pintu kayu dengan memberikan lapisan pernis yang dibuat dengan bahan dasar minyak. Dengan proses renovasi yang mudah yang diterapkan pada pintu rumah tersebut, rumah kamu kembali fresh dan classy.

6. Merawat furniture rumah agar lebih awet

Furniture dengan bahan kayu banyak menghiasi kediaman kita saat ini, baik itu satu set meja kursi kayu, lemari, atau perabot yang lain. Furniture dengan bahan kayu tentu saja rawan keropos dan perlu perawatan ekstra. Cara merawatnya adalah dengan memperhatikan cahaya matahari, kelembaban dan suhu yang sering kali menyebabkan jamur dan lapuk. Ya, ketiga komponen alam di atas, jika intensitasnya berlebihan atau kekurangan, akan menyebabkan  perubahan bentuk dan pengeroposan.

Furniture yang dilapisi dengan pelitur memerlukan perawatan khusus dengan bahan cairan khusus yang digunakan. Pilih yang sesuai dengan rekomendasi dari pihak toko.

7. Mengganti lantai dasar

Kesan yang dimunculkan oleh  lantai dasar di setiap ruangan sangat mendominasi. Ingin suasana baru? caranya adalah dengan mengganti bagian lantai dasar ruangan sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mendapatkan kesan segar, classic, tradisional, dan kekinian dari lantai dasar sebuah ruangan.

Karena biaya ubin baru tidak sedikit, terlebih dahulu pertimbangkan matang-matang jenis ubin yang kamu pilih untuk menyempurnakan tampilan rumah agar semakin keren namun tidak terjadi renovasi dalam waktu dekat sehingga tidak boros biaya.

8. Tambahkan tanaman di dalamnya agar suasana lebih hidup

Tanaman segar sebaiknya tidak hanya terletak di luar ruangan dan di taman yang indah. Namun, kamu bisa meletakkannya di dalam ruangan untuk memberikan kesan lebih hidup dan segar. Letakkan tanaman bunga untuk menunjang kesan manis di dalam ruangan, dan  siram setiap hari agar tanaman tetap hidup. Letakkan di sudut ruangan yang cukup pencahayaannya agar tanaman tetap segar. Pilih pot dengan ukuran yang sesuai dengan rasio ruangan agar tidak over atau terlalu kecil.

Renovasi rumah adalah upaya untuk menghadirkan wajah baru dalam ruangan agar terkesan lebih hidup, dan tidak membosankan. Memang, renovasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun kamu bisa menyiasatinya dengan  tips renovasi rumah kayu log house di atas agar biaya tidak semakin melambung.

Rumah kayu saat ini bisa dikata tidak semua orang mampu memilikinya lantaran harganya yang tidak murah dan perlunya perawatan intens agar rumah tetap memberikan kenyamanan saat sedang berada di dalamnya. Lakukan renovasi rumah secara berkala untuk mendapatkan suasana ruangan yang di inginkan sehingga rumah menjadi satu-satunya tempat kembali yang selalu dirindukan.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?