Tips Renovasi Sanitasi Rumah dan Jasa Pembersih Septitank

Apa saja jenis pekerjaan renovasi sanitasi rumah? Dalam pembangunan rumah tak hanya merancang bangunan pada hal yang bersifat umum saja, sebab sistem sanitasi rumah pun perlu diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda membangun rumah menggunakan jasa bangunan seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang, rencanakan hal ini sedari awal.

Perencanaan rumah tak hanya di buat indah maupun kuat, akan tetapi unsur-unsur kesehatan perlu dipertimbangkan dengan matang. Dan sanitasi rumah merupakan syarat yang wajib dipenuhi, Anda perlu mengetahui hal apa saja yang menyangkut proses pemenuhan hal tersebut. Oleh karena itu, di sini akan mengupas tuntas pembahasan perihal sanitasi rumah dan layanan septitank.

Pentingnya proses sanitasi ini akan diperlukan bagi Anda yang berencana membeli ataupu  atau bahkan ingin merenovasi rumah. Anda perlu memperhatikan cara-cara sanitasi rumah yang baik dan benar serta hal-hal mengenai layanan septitank.

Perlengkapan Sanitasi

Sebelum melakukan renovasi sanitasi rumah terdapat beberapa hal yang perlu Anda penuhi. Pada dasarnya saat Anda akan renovasi, perlengkapan sanitasi dibagi menjadi tiga bagian:

  1. Alat unuk penerima air buangan, berupa WC, kamar mandi, bak dapur, tempat cuci, talang air hujan
  2. Membuat Saluran pembuangan yakni dari pipa beton maupun tanah atau pipa beton.
  3. Pembuatan Tempat pembuangan yaitu seperti peredsioriol kota, sungai atau peresapan buatan.

Adapun ari bak cuci, air kamar mandi,dan talang air hujan bisa langsung Anda alirkan ke tempat pembuangan. Jika di dekat rumah.terdapat sungai atau riol kota, di sana dapat dialirkan air-air tersebut. Tapi bila tak ada maka Anda musti membuatnya sendiri di halaman rumah Anda. tempat pembuangan buatan ini disebut dengan sumur peresapan di mana tempat ini akan menampung air buangan untuk tanah.

Sedangkan Riol Kota merupakan jaringan penyaluran kotoran air di kota yang terhubung dengan pada sluran Riol pada bagian pusat pengelolahan kota untuk air kotor.di Indonesia sistem pengaliran air hujan dengan sistem pengaliran air kotor sistemnya terpisah.

Sebaiknya air pembuangan tak langung dibuang ke pembuangan, begitu juga sungai, pembuangan, dan Riol kota. Jika tidak hal ini akan menimbulkan berbagai penyakit. Karena itu, pembuangan dari WC harus masuk ke bak penghancur kotoran yaitu septitank.

Akan selalu ada air dalam septitank, karena dengan adanya air maka akan berjalan lancer proses penghancuran kotoran. Sebab itu, agar kotoran-kotoran di septitank dimakan bakteri penghancur bak harus dibuat rapat air. Agar bakteri hidup dengan baik, septitank memerlukan udara yang cukup. Untuk itu perlu sebuah pipa hawa yang dihubungkan dengan dengan bak agar mendapat udara.

Air aliran hujan

Selanjutnya aliran air hujan, di sini agar lancer dan tidak menggenang aliran air hujan perlu alat penerima ke tampat pembuangan.supaya dapat mengalirkan air buangan Anda bisa menggunakan pipa beton maupun pipa dari tanah. Sementara untuk air hujan Anda dapat memilih pipa setengah lingkaran lalu di tanah dipasang terbuka.

Setiap jarak tiga meter saluran pembuangan ini mesti  diberi bak-bak kontrol. Dengan begitu kotoran yang terbawa air buangan bisa dicek secara berka atau dalam jangja waktu tertentu.

Jarak sumur resapan

Sebaiknya sumur resapan di taru di sudut halaman yang jauh,terpencil dan jauh dari tempat bermain anak serta tertutup rerumputan atau tanah. Sedangkan jarak aman sumur bersih ke tempat sumur resapan  berkisar sepuluh meter.

Pembuangan sampah

Demi kebaikan Anda, jangan pernah membuang sampah di halaman rumah apalagi di sembarang tempat. Karena hal inilah penyakit timbul. Karena itu, Anda harus menaruh bak sampah untuk menampung sampah-sampah yang ada di rumah.

Air buangan dapur

Ketika Anda memasak di dapur, pastinya akan menghasilkan air buangan yang sering menjadi masalah kebersihan dari air buangan. Karena itu sampah sisa makanan bainya Anda tampung terlebih dulu di sebuah bak penampung sisa makanan, agar tidak masuk ke sumur resapan yang akan menimbulkan pori-pori tanah tertutup hingga tak bisa lagi meresap ke tanah.

 Tips agar septitank Anda tidak tersumbat

Supaya septitank Anda tidak mengalami penyumbatan berikut cara tepat untuk menjaganya dari penyumbatan.

  • seBaiknya air yang sabun pencuci atau lainnya yang mengandung sabun, tak boleh masuk ke bak septic tank. Kalu air tersebut masuk ke septitank, maka bakteri-bakteri penghancur akan mati.
  • jarak WC ke bak septic tank dibuat sedekat mungkin. Hal ini bertujuan supaya  kotoran tidak tertahan atau hambat di saluran pembuang. Namun sebaliknya dengan sumur bersih, beri jarak sejauh-jauhnya antara bak septic tank dengan sumur beserta sumber air bersih lainnya, setidaknya lima sampai sepuluh meter.
  • jika Anda akan membersihkan WC baiknya gunakan pembersih yang tidak membunuh bakteri penghancur diseptitank. Anda bisa menggunakan sikat khusus untuk WC anda dengan aman tanpa membunuh bakteri tersebut.

Jasa Pembersih Septik Tank

Seperti yang diurai sebelumnya septitank ini yang akan menjadi penampung kotoran manusia pada umumnya. Jasa layanan pembersih septitank penyedotan bila penampungan telah penuh. Penggunaan jasa pembuatan septic tank, di mana Septic tank ini adalah sistem sanitasi yang terdiri dari kloset, pipa saluran dari kloset, bak resapan penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta memasang pipa pelepasan air bersih dengan serta udara.

Jadi secara lengkapnya mereka akan membut septic tank sebagai penampung kotoran yang terhubung dengan WC, adapun kontruksinya diberi sekat menggunakan dinding bata di mana bagian atasnya akan di beri penutup dengan plat beton. Di situ akan dilengkapi penutup control serta pipa hawa T, pipa tersebut akan memberikan oksigen dengan begitu bakteri di dalam dapat tumbuh. Sehingga kotoran yang masuk ke bak penampungan akan musnah.

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya mengapa bakteri dibiarkan tetap subur dibak penampungan? Sebab bakteri yang ada di septic tank ini sangan berguna untuk pemusnahan atau penghancuran tinja yang telah tertampng di bak penampungan.

Kebanyakan jasa tersebut akan memberikan pembuatan septitank dengan cara tersebut. Layanan yang berikan pun memuaskan dengan hasil yang luar biasa, apalagi harga yang ditawarkan kompetitif dan bergaransi.

Layanan Jasa Sedot yang Diberikan Pada Layanan Septic Tank

  • Pipa dan Wastafel Mampet
  • Tempat Bak Cucian Piring Mampet atau Kitchen Zink
  • Melancarkan Keran yang Mampet Serta Tersumbat
  • Jasa Renovasi kamar mandi
  • Pelancaran Saluran Limbah Domestik Mampet atau Domestic Waste Line
  • Pembuatan Instalasi saluran Baru
  • Memperbaiki Toilet yang Tersumbat
  • Membetulkan Saluran Kamar Mandi Mampet atau Floor Drain

Pembangunan rumah maupun gedung perlu adanya sistem sanitasi yang baik. Kami, PT Nikifour Kontraktor di Karawang merupakan kontraktor tepercaya yang telah melayani berbagai kalangan konsumen. Bila menggunakan jasa tersebut setidaknya masalah sistem sanitasi di rumah terselesaikan.

Galeri Pekerja Renovasi Nikifour

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Butuh penawaran untuk renovasi sanitasi di rumah atau pabrik Anda?