Pelengkap atau Aksesoris Bahan Bangunan

Posted by purnosidi
on 14/08/2015
Pelengkap atau Aksesoris Bahan Bangunan

Apa sajakah material pelengkap atau aksesoris bahan bangunan? Ternyata dalam membangun sebuah rumah atau gedung pun membutuhkan pelengkap atau aksesoris. Hal yang dimaksud dengan aksesoris atau pelengkap bahan bangunan di sini adalah bahan bangunan yang bukan merupakan bahan utama namun sangat penting peranannya karena tanpa bahan aksesoris ini bangunan tidak akan terselesaikan. Misalnya dalam membuat semen untuk dinding bangunan maka Anda membutuhkan air, nah air inilah yang menjadi salah satu aksesoris bahan bangunan.

Coba bayangkan jika tak ada air, maka semen juga tidak akan terolah dan Anda tidak bisa membangun apapun. Oleh karena itu meskipun nampaknya sepele namun aksesoris bahan bangunan ini adalah hal yang wajib ada saat Anda sedang dalam proses membangun. Jika perusahaan pelaksana proyek ingin disebut sebagai salah satu yang terbaik, misalnya ingin disebut sebagai perusahaan kontraktor terbaik di karawang, Jababeka Bekasi, namun jika perusahaan tersebut tidak menyediakan aksesoris bahan bangunan dengan jumlah yang cukup maka hal itu bisa menjadi masalah besar pada proyek pembangunan tersebut.

Contoh salah satu perusahaan kontraktor yang professional adalah Nikifour yang tentunya sudah pernah Anda dengar kinerjanya karena perusahaan yang berada di kawasan KIIC Suryacipta ini memang sudah banyak menangani proyek pembangunan.

Pelengkap atau aksesoris bahan bangunan

Berikut beberapa benda yang termasuk sebagai aksesoris bahan bangunan beserta fungsinya untuk bangunan.

1. Batu Alam

Anda tentu tahu bukan mana yang disebut dengan batu alam? Orang yang tidak berpengalaman dalam bidang pembangunan pun tahu mana yang dinamakan batu alam ini.

Pelengkap atau Aksesoris Bahan Bangunan

Batu alam biasa digunakan untuk menghias bangunan yang sedang dibangun. Biasanya penggunaan batu alam akan dilakukan pada saat bangunan sudah berdiri tegak dan hanya perlu dilakukan beberapa finishing lagi. Batu alam bisa diaplikasikan pada dinding sebagai ekterior bangunan, bisa juga pada dinding pagar. Dengan batu alam maka bangunan yang Anda bangun akan nampak lebih sejuk.

2. Door Closer

Benda yang tidak boleh Anda lewatkan saat hendak memasang pintu adalah door closer atau penutup pintu. Karena sama saja jika Anda memasang pintu namun tidak ada door closernya, maka pintu yang Anda pasang tidak akan bisa menutup dan mengunci.

Pelengkap atau Aksesoris Bahan Bangunan

Jika demikian maka keamanan dari bangunan tersebut tidak terjamin. Jika Anda sampai lalai tentang hal ini maka bisa-bisa Anda ditertawakan dan dianggap kurang fokus dalam melaksanakan proyek pembangunan.

3. Genteng Bubungan Hias

Dalam membangun rumah atau bangunan, maka nilai keindahan atau nilai estetika dari rumah atau bangunan tersebut juga akan sangat diperhitungkan.

Pelengkap atau Aksesoris Bahan Bangunan

Meskipun atap berada di atas dan tidak terlalu diperhatikan, namun atap juga menjadi poin penting yang membuat rumah Anda menjadi indah secara keseluruhan. Oleh karena itu dalam memasang atap jangan hanya memasang gentengnya saja melainkan Anda perlu juga untuk memasang genteng bubungan hias agar atap Anda nampak lebih indah dilihat mata.

4. Kawat Bendrat

Kawat adalah benda yang tipis dan sangat kecil, namun benda ini tidak bisa disepelekan sebagai aksesoris bahan bangunan. Kawat bendrat berfungsi untuk mengikat besi yang dijadikan sebagai tulangan atau kerangka.

Pelengkap atau Aksesoris Bahan Bangunan

Jika Anda tidak membeli aksesoris bahan bangunan yang satu ini maka akan dengan apa Anda mengikat besi tulangan ini. Karena tidak mungkin jika Anda akan mengikatnya dengan tali atau bahan lain, karena kawat bendrat memang yang terbaik untuk mengikat besi tulangan. Meskipun tipis dan kecil, kawat bendrat pelengkap atau aksesoris bahan bangunan ini tidak boleh dilupakan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id