Kelebihan dan Manfaat Menggunakan Genteng Metal untuk Atap Bangunan

Posted by purnosidi
on 05/12/2016

Genteng metal menjadi pilihan utama atap bangunan Anda? Seperti apa kelebihan genteng metal dan manfaat menggunakannya? Artikel ini adalah tentang metal roofing dan kontraktor handal yang bisa Anda hubungi untuk diskusi tentang atap baja logam ini; Nikifour. Membangun rumah bukan hanya soal gaya desain atau model dari rumah saja, tetapi juga harus mempertimbangkan kualitas dari bahan yang digunakan untuk membangun rumah tersebut, yaitu dapat dengan melalui jasa nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta.

Terlebih jika berkaitan dengan atap rumah yang merupakan salah satu bagian komponen penting untuk disebut sebagai rumah. Karena pada dasarnya rumah merupakan tempat untuk berlindung, baik dari cuaca seperti hujan, panas, dan lain sebagainya. Maupun sebagai tempat untuk pulang sebagai identitas bagi manusia yang merupakan makhluk yang beradab. Di rumah, kita dapat melakukan segala sesuatu yang tidak mungkin dilakukan di luar rumah. Oleh karena itu, rumah merupakan kebutuhan utama yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Menggunakan atap rumah saat ini, khususnya lapisan atap rumah yaitu genteng umumnya menggunakan genteng yang berbahan tanah liat. Namun semakin berkembangnya zaman, saat ini juga terdapat atap rumah yang menggunakan genteng berbahan metal. Bahan metal yang merupakan bahan logam populer banyak digunakan di berbagai jenis bangunan, seperti perumahan, industri maupun secara komersialnya.

Selain berbahan logam dan juga tanah liat, genteng juga biasanya dibuat dengan berbahan kayu. Akan tetapi, dilihat dari bahannya genteng dengan berbahan logam memiliki persyaratan tertinggi dalam soal daya tahan, stabilias dan juga kekuatannya untuk menahan segala jenis cuaca. Mengapa demikian, karena terkadang atap atau genteng berbahan tanah liat dapat pecah yang menyebabkan kebocoran. Adapun atap dengan berbahan kayu umumnya tidak kuat dalam cuaca hujan.

Kelebihan Genteng Metal dan Manfaat Menggunakannya

Berbicara tentang kelebihan genteng metal dan manfaat menggunakannya, banyak yang mengatakan atau mengklaim bahwa menggunakan atap dengan berbahan logam atau metal tersebut hanya akan memerlukan sedikit atau bahkan juga hampir tidak usah memerlukan perawatan. Selain itu, atap dengan bahan ini juga memiliki harga yang cukup murah dan juga memiliki ketahanan yang lebih lama daripada dengan bahan atap yang lainnya. Bahan-bahan dengan jenis logam yang biasanya digunakan yaitu seperti tembaga, titanium, aluminium, stainless, dan juga baja galvanis. Selain itu, bahan lain yang berbeda juga dapat menggunakan dalam pembuatan atap logam ataupun genteng yang terbuat dari metal ini.

Keuntungan itulah kelebihan dan manfaat menggunakan genteng metal yang menjadikan atap genteng ini banyak digunakan sebagai atap atau genteng modern. Dengan genteng berbahan logam, memberikan umpan balik yang sebagian besar dirasakan dengan positif. Karena ketahanlamaan genteng terhadap kerusakan secara mekanik. Tidak heran jika banyak pemilik rumah atau tempat tinggal juga setuju dengan menggunakan logam untuk bagian atap rumah mereka.

Mengenal lebih dekat pentingnya genteng atau atap rumah

Kelebihan Genteng Metal dan Manfaat Menggunakannya

Hal yang paling utama sebagai syarat yang harus memiliki atap-atap untuk rumah yaitu tentunya mengenali lebih jauh kepentingan dari atap rumah. Saat sedang berlangsungnya pembangunan atap rumah, syarat utamanya yaitu memahami fungsi dan mengetahui apa saja yang harus dimiliki oleh atap rumah tersebut.

Memilih bahan dari atap atau genteng untuk rumah juga berpengaruh dalam memiliki bahan yang terbaik untuk atap rumah. Sebelumnya telah disebutkan jika atap rumah merupakan salah satu fungsi utama dan juga syarat utama sebuah banguanan yang disebut sebagai rumah, Karena sebagai pelindung bagi penghuni sebuah bangunan yang melindungi dari hujan. Dan yang paling penting juga, genteng atau atap harus tahan terhadap beban angin.

Dalam hal pemilihan bahan atap Anda sangat berpengaruh untuk mengambil keputusan sendiri bahan apa yang terbaik. Hal ini sangat jelas bahwa salah satu fungsi utama dari atap rumah – adalah perlindungan bagi penghuni sebuah bangunan dari semua jenis curah hujan (presipitasi dalam bentuk hujan, apapun jenis hujan itu). Fitur lain yang penting dari atap – ketahanan terhadap beban angin.

Mengapa angin, karena angin bukan hanya dapat mengangkat atap tetapi lebih parah lagi yaitu dapat menghancurkan atap atau genteng rumah.

Sehingga, pentingnya memilih jenis atap untuk rumah dengan bahan yang berkualitas tinggi. Selain itu juga, bukan hanya angin yang merupakan faktor yang dapat merusak atap atau genteng, tetapi juga beban dari air hujan juga merupakan faktor yang harus dapat ditahan oleh atap atau genteng rumah.

Dapat dibayangkan jika saat musim penghujan dengan curah hujan yang cukup intens dan sering terjadi, maka jika desain atau atap tidak cukup kuat akan terjadi kerusakan pada atap atau genteng rumah. Hal lainnya tentu saja atap atau genteng harus tahan pada perubahan suhu, baik menjadi panas atau tinggi maupun juga terjadi penurunan pada suhu yang sama. Dengan kata lain, pada akhirnya atap atau genteng harus memiliki kemampuan dalam menahan suhu tertinggi di siang hari dan juga suhu dingin di malam hari.

Hal penting lainnya dari sebuah atap rumah atau genteng rumah adalah melindungi dari kebakaran atau penyebaran api. Sehingga atap juga harus memiliki kemampuan untuk tahan terhadap api. Atap atau genteng rumah dengan bahan logam tidak akan membentuk kondensat yang dapat menyebabkan terakumulasinya dan menyebabkan munculnya jamur dan juga lumut. Maka dari itu, atap harus dapat mencegah penetrasi di perumahan, terlindungi dari zat yang berbahaya dan juga sinar ultraviolet atau UV yang berada di sekitar lingkungan, dari radiasi kosmik dan juga tentunya dari panas.

Dengan kata lain, menggunakan atap atau genteng yang berbahan metal atau logam yang memiliki tahan lama sehingga dapat lebih diandalkan. Itulah kelebihan dan manfaat menggunakan genteng metal. Hal tersebut juga didukung dengan lapisan yang khusus agar mencegah korosi atau disebut juga dengan lapisan anti korosi. Selain itu juga, jika terdapat penyok ataupun goresan pada permukaan atap yang berbahan logam juga tidak akan sulit untuk memperbaikinya. Namun juga tidak akan sampai berkurang kualitasnya. Tahan terhadap api merupakan poin paling penting dari atap rumah.

Logam memiliki ketahanan terhadap suhu yang tinggi, dan memiliki resiko yang kecil pada bahaya untuk kebakaran. Memasang atap atau mental logam juga mudah dan juga tidak membutuhkan keahlian maupun peralatan yang khusus.

Kelebihan dan manfaat menggunakan genteng metal adalah beban dalam memberikan beban dari struktur atap agar lebih ringan daripada atap genteng yang terbuat dari tanah atau bahkan juga dari beton misalnya.

Memilih genteng metal atau atap dari logam untuk rumah

Beragam jenis dan atap atau genteng dari logam juga dapat ditemukan saat ini. Untuk mengetahui manfaatnya yang utama pada atap atau genteng yang terbuat dari logam yaitu banyaknya jumlah untuk dijadikan sebagai pilihan sesuai dengan keinginan dari pemilik rumah. Seperti misalnya dari alumunium, seng, tin, baja galvanis yang memungkinkan untuk disesuaikan dengan jenis atap yang berdasarkan pada daya tahan, model dan yang terpenting lagi adalah harga yang dicari atau di inginkan. Untuk mereka yag menginginkan modernitas atau rumah dengan gaya yang lebih masa kini, maka atap atau genteng yang terbuat dari logam atau metal menjadi pilihan yang ditawarkan dengan banyaknya variasi.

Tak heran jika saat ini dikatakan bahwa banyak pemilik rumah yang memilih untuk mengganti atap atau genteng rumahnya yang membuat atap logam atau genteng dengan berbahan jenis logam atau metal sebagai permintaan pasar yang cukup tinggi. Sehingga atap atau genteng dari logam atau metal ini juga banyak digunakan di sebagian rumah pada umumnya.

Selain menarik dan juga serbaguna, atap atau logam dengan berbahan metal atau logam ini juga memiliki beragam jenis desain, gaya, warna, serta teksturnya yang modern. Selain itu juga, atap atau genteng dengan berbahan logam atau metal memiliki susunan yang vertikal sehingga dapat diproduksi juga untuk menyerupai alur kayu, ubin tanah liat, batu tulis atau bentuk lainnya. Semuanya tergantung dari ketersediaan dari produksi pabrik tersebut.

Jika disebutkan secara ringkasnya, berikut beberapa kelebihan dan manfaat menggunakan genteng metal atau logam yaitu;

  • Genteng atau atap dari berbahan logam atau metal bisa melengkapi jenis arsitektur.
  • Atap atau genteng yang terbuat dari logam juga lebih tahan lama.
  • Memiliki ketahanan pada retakan, pengikisan dan juga penyusutan, logam merupakan material yang hampir bebas atau bahkan juga tidak harus mendapatkan perawatan.
  • Baik beban yang berat, kebakaran, badai hujan dapat ditahan oleh atap atau genteng logam atau metal dalam cuaca ekstrim karena memiliki sistem atap atau genteng logam atau metal tersebut.
  • Kebanyakan, sistem dari atap logam memiliki panel interlocking, sehingga dapat melawan dan menghilangkan kerusakan yang disebabkan oleh terpaan dari angin kencang.
  • Atap logam atau genteng metal merupakan jenis atap yang digunakan oleh perumahan agar memiliki jaminan yang dapat digunakan dalam jangka yang lebih panjang sehingga memiliki mutu dan juga kualitas yang terbaik atau lebih baik.
  • Genteng dengan berbahan metal juga akan lebih awet karena sistem daya tahannya yang tinggi tersebut.
  • Atap logam atau genteng metal diperkirakan mampu bertahan hingga antara empat puluh sampai tujuh puluh tahun. Meskipun hal tersebut juga tetap tergantung dengan kualitas atau bahan logam yang dipilih.

Keuntungan energi dari genteng metal juga didapatkan dari sistem yang lebih efisien. Karena panas matahari juga sangat memungkinkan untuk membiayai pendinginan. Hal inilah yang kemudian genteng metal dapat mengurangi resiko jika terjadi peristiwa kebakaran.

Bahan yang digunakan dari atap logam atau genteng metal juga serbaguna serta tahan lama. Sehingga lebih banyak digunakan untuk perumahan, bangunan komersial, industri maupun juga pertanian. Profil adalah nilai lain dari kelebihan dan manfaat menggunakan genteng metal . Profil yang berbeda dan juga gaya yang ada akan sesuai dengan banyaknya situasi bangunan.

Memasang genteng metal oleh ahlinya

Salah satu yang jasa untuk memasang genteng metal yaitu melalui kontraktor. Salah satunya yaitu Nikifour Karawang kontraktor yang bukan hanya menyediakan jasa Nikifour kontraktor epoxy lantai Karawang tetapi juga untuk jasa lainnya. Perusahaan kontraktor ini berasal dari Karawang Jawa Barat Indonesia yang telah lama berkiprah di beragam proyek besar sehingga lebih terpercaya untuk partner terutama dalam mengatasi untuk beragam masalah konstruksi khususnya di bangunan Indonesia. Sehingga banyak klien besar yang telah bekerja sama. Penyedia jasa dari perusahaan ini juga memiliki kualitas yang baik dalam pengerjaannya. Termasuk juga jika mengerjakan pemasangan genteng meskipun berbahan metal atau logam sekalipun.Memasang genteng khususnya yang berbahan logam bukan hanya soal kualitas dari gentengnya tetapi juga dari pekerja yang memasangkannya.

Kelebihan dan manfaat menggunakan genteng metal lainna adalah dari beratnya yang lebih ringan atau jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan genteng yang terbuat dari tanah liat atau bahkan juga beton. Sehingga saat sedang proses pemasangan, bahkan konstruksi atap yang paling kompleks sekalipun akan menjadi lebih mudah. Hal ini juga yang akan menghemat instalasi dalam soal biaya yang harus dikeluarkan.

Karena atap atau genteng yang terbuat dari bahan metal atau logam dapat langsung dipasang di atas rangka atap yang telah terpasang atau ada sebelumnya. Sehingga akan membantu dalam soal tambahan perbaikan pada atap yang telah lebih dulu dipasang, atau pada atap yang telah lama.

Umumnya, atap atau genteng dari metal atau logam mini berasal dari produksi daur ulang. Sehingga permukaan logam tersebut tidak akan sampai terkena kerusakan secara biologis. Baik seperti jaur maupun juga lumut yang umumnya dapat menyebabkan kerusakan pada atap karena akarnya. Misalnya saja, jika atap terbuat dari kayu maupun juga genteng akan menyebabkan kerusakan akibat dari spora yang masuk ke dalam sistem rangka kayu atau tanah liat tersebut sehingga akan menyebabkan kerapuhan hingga kehancuran dari bangunan atau rangka itu sendiri. Genteng atau atap dengan berbahan logam akan lebih sederhana, nyaman dan yang paling penting adalah dapat menjangkau solusi dari atap bagi banyak bangunan khususnya di kota.

Meskipun demikian, atap atau genteng yang berbahan logam atau metal juga terkadang tidak terlepas dari kekurangannya. Misalnya saja akan mudah terjadi penyok terlebih jika di injak sehingga saat proses pemasangan harus lebih hati-hati. Maka dari itu tenaga ahli akan lebih baik dalam mengerjakannya. kemudian terkadang memberikan suara rebut atau bising jika terdapat kontak pada lapisannya sebagai kelemahan yang paling utama. Namun hal ini tentunya tidak terlalu memberikan hal yang signifikan karena karena selalu ada inovasi dalam mengurangi kelemahan tersebut. Khusus misalnya saat terjadi hujan lebat tidak akan menimbulkan kebisingan karena genteng dilapisi dengan pasir, batu koral atau batu alam yang dapat meredam suara bising tersebut. Selain itu juga sebagai penahan agar permukaan tidak licin atau mengkilap, dengan kata lain tidak silau saat suhu sedang berada pada panas matahari. Lebih dari itu, akan memberikan penampilan cantik tertentu pada rumah tersebut.

Kelebihan dan manfaat menggunakan genteng metal  lainnya adalah soal biasay. Biaya yang dikeluarkan jika menggunakan genteng metal atau atap yang terbuat dari bahan logam juga relatif murah dan juga cocok untuk rumah. Bahkan juga lebih murah dibandingkan dengan genteng yang berjenis lainnya, seperti genteng dari tanah liat dan juga genteng dari beton.

Adapun saran saat akan mengganti atap rumah dengan genteng berbahan metal atau logam tersebut, maka idealnya memiliki garis atap yang datar atau curam di bagian atapnya. Sehingga daya tahannya pun akan lebih meningkat. Selain itu juga, ada baiknya sebelum menggunakan atap dari bahan metal atau logam, sebaiknya melakukan konsultasi dengan ahli yang berkaitan dengan bangunana khususnya atap rumah. Dengan mengetahui kelebihan yang dimiliki serta kekurangannya dapat menjadi pertimbangan dalam memilih atap genteng, baik sebagai pilihan maupun juga saat meminimalisir kelemahan yang dimiliki oleh genteng metal tersebut.

Demikianlah beberapa kelebihan genteng metal dan manfaat menggunakannya untuk bangunan rumah Anda.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id