Memilih Material Ubin Kamar Mandi

Posted by purnosidi
on 22/12/2015

Bagaimana cara memilih material ubin kamar mandi? Nikifour Kontraktor Terbaik kali ini akan memberikan informasi tentang penggunaan bahan bangunan berupa ubin pada kamar mandi. Nikifour Kontraktor Terbaik menyadari bahwa kamar mandi menjadi area yang memerlukan perhatian khusus, sebab kamar mandi merupakan area yang sering terkena air dan berkondisi lembap.

Cara Memilih Material Ubin Kamar Mandi

Untuk itu berikut ini adalah informasi mengenai ubin kamar mandi.

Pemilihan material ubin

Pertama, memilih ubin dari keramik, porselen, quarry atau batu alam. Dipilihnya ubin dari bahan tersebut karena tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.

• Keramik

Kelebihan dari ubin keramik adalah harganya yang terjangkau dan tidak mudah lembap. Sementara kekurangan dari ubin keramik adalah retak yang bisa dengan mudah terlihat, sehingga bisa merusak keindahan kamar mandi Anda.

• Porselen

Kelebihan dari ubin porselen adalah ketahannya terhadap percikan air, dan retakan yang tidak terlalu terlihat. Selain itu, porselen juga memiliki pilihan warna-warna yang beragam dan tampilannya juga sangat indah. Namun, porselen memiliki satu kekurangan, yaitu biaya pemasanganyang lebih mahal.

• Quarry

Kelebihan dari ubin quarry adalah harganya yang terjangkau dan tampilannya membuat kamar mandi terlihat menonjol dengan nuansa alaminya. Sebab ubin jenis ini terbuat dari campuran tanah liat, sehingga memiliki warna alami seperti merah, cokelat, dan abu-abu.

• Batu alam

Ubin dari batu alam memiliiki banyak pilihan, seperti marmer, granit, travertine, batu kapur dan yang lainnya. Pada setiap jenis batu alam ini memiliki kelebihan dan kekurangnnya masih-masing yang juga memiliki harga yang berbeda-beda. Seperti halnya porselen, batuan alam ini juga terbilang mahal untuk biaya perawatannya.

Bahkan beberapa tipe ubin yang terbuat dari batu alam, seperti batu kapur dan marmer sangat cocok digunakan sebagai penutup dinding pada area pancuran di kamar mandi. Namun, Anda harus memastikan bahwa batu alam yang digunakan sudah diberi lapisan agar air tidak mudah merembes.

Kedua, memastikan material ubin tidak licin dan mudah dibersihkan. Kamar mandi yang sangat sering terkena air membutuhkan material yang bisa menjaga penggunanya dari kondisi terjatuh atau terpeleset. Untuk alasan keamanan, maka jika Anda menggunakan ubin keramik, sebaiknya pilih yang tidak terlalu mengilap karena keramik yang mengilap bisanya licin.

Corak dan warna

Corak dan warna pada ubin kamar mandi kebanyakan yang dipilih adalah warna biru karena kesan bersih dan sehat yang ditimbulkan. Namun, sedikit kotoran saja yang melekat pada permukaan ubin bisa mengubah tampilan kamar mandi menjadi kurang indah dalam sekejap. Untuk itu sebaiknya pilih satu warna, atau warna dengan tone yang sama untuk tampilan keseluruhan kamar mandi.

Pemilihan corak dan warna yang netral pada ubin memang dianjurkan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi dengan area kamar mandi dengan ubin bercorak batu dan kayu. Untuk itu, Anda jangan takut mencoba, termasuk pada kamar mandi berukuran kecil. Sebab kamar mandi berukuran kecil biasanya merasa dibatasi untuk dieksplore. Padahal kamar mandi berukuran kecil masih bisa menggunakan keramik berukuran besar yang secara visual bisa memperluas ruangan.

Selain itu penggunaan ubin mozaik juga patut dipertimbangkan, sebab selain kuat dan tahan terhadap jamur dan kerusaakan kimia, tampilannya yang mewah membuat permukaannya mampu memantulkan cahaya dengan indah.

Berdasarkan penjelasan cara memilih material ubin kamar mandi di atas, Anda sudah mengetahui material apa saja yang bisa digunakan pada ubin kamar mandi. Selain urusan material pada kamar mandi, Anda juga harus mencari kontraktor yang profesional dan berpengalaman untuk mengerjakan ubin kamar mandi Anda, seperti Nikifour Kontraktor Terbaik.

Apakah Anda butuh ide-ide desain sebuah kamar mandi? Tidak saja bagaimana memilih keramik tapi juga interior warn dan wallpaper, inilah 15 contoh ide desain interior ruangan kamar mandi yang kami nukilkan dari: https://www.realsimple.com/home-organizing/decorating/decorating-bathroom/bathroom-design-ideas/

15 Contoh Ide Desain Interior Ruang Kamar Mandi

1. Bathing Beauty

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Bathing Beauty

2. Calm Waters

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Calm Waters

3. Case of the Blues

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Case of the Blues

4. Going Green

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Going Green

5. Modern Family

contoh desain kamar mandi - Modern Family - Cara Memilih Material Ubin Kamar Mandi

6. Neutral Territory

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Neutral Territory

7. Order of Operation

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Order of Operation

8. Sea of Green

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Sea of Green

9. Shady Days of Gray

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Shady Days of Gray

10. Singing the Blues

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Singing the Blues

11. Splash of Pink

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Splash of Pink

12. Statement Piece

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Statement Piece

13. Sunny Delight

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Sunny Delight

14. Time for Reflection

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Time for Reflection

15. Wallpaper Wow

Memilih Material Ubin Kamar Mandi - contoh desain kamar mandi - Wallpaper Wow

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id