Panel Rumah Anti Angin Puting Beliung

Posted by purnosidi
on 20/11/2015

Kami ingin berbagi ide pengetahuan seputar panel rumah anti angin puting beliung. Di musim penghujan yang mulai melanda wilayah Indonesia ini, tentu kita tidak aneh lagi jika mendengar tentang terjadinya bencana angin puting beliung. Adakah teknologi dan cara atau konstruksi bagi gedung atau rumah agar aman dari terjangan angin puting beliung ini?

Angin puting beliung mungkin mirip-mirip tornado di Amerika Serikat meski tidak sebesar ukuran dan efek yang ditimbulkan. Bagaimana Inovasi tentang panel rumah anti angin puting beliung ini?

Panel Rumah Anti Angin Puting Beliung

Pada tahun 2011 lalu terjadi bencana tornado yang dahsyat, maka dari itu univestitas of Alabama di Brimingham berusaha melakukan penelitian dan membuat sebuah teknologi yang dapat memberikan informasi jika akan terjadi bencana alam. Pada bulan Juni sebuah tornado panel UAB berhasil didesain, hal ini berguna untuk melindungi dari berbagai macam benda yang berterbangan. Panel ini di dalam rumah di daerah Montgomery, Alabama dengan desain konstruksi rumah yang juga baru.

Seorang Profesor Uday Vaidya PhD dan juga kepala departemen UAB Material Science and Engineering tengah mengadakan kerjasama dengan salah satu pihak untuk mengukur skala panel yang digunakan di dalam sebuah rumah. Desain rumah ini sengaja didesain dengan standar FEMA yang dapat memahan 250 mil anging per jam. Kondisi seperti ini tentu saja akan sangat menjaga penghuni yang berada di dalam rumah tersebut. Jika bangunan ini hancur maka badai yang ada sangat kuat.

Penggunaan UAB ini telah disetujui oleh sebuah Asosiasi Penyelamatan Badai Nasional. Alat ini berhasil menahan tornado EF5.

Ketika melihat panel ini lulus tes yang paling ekstrim untuk pertama kali tentunya itu akan menjadi sebuah momet yang luar biasa sahut Larry Tanner, P.E, seorang manager dari NSSA. Bahan material ini sangat ringan dan tentu saja akan membuat masa depan penyelamatan badai menjadi lebih baik. Hal ini tentu saja akan dapat menyelamatkan 1 nyawa dan membuat rancangan ini menjadi sangat luar biasa.

UAB ini menggunakan bahan dari resin termoplastik dan juga fiberglas. Panel ini juga menggunakan serat yang kuat dan juga padat seperti sebuah baja. Bahan-bahan seperti ini banyak digunakan di 80% tempat penampungan. Bahan-bahan ini juga digunakan dalam pembuatan kendaraan lapis baja untuk militer.

Sebuah tim yang akan membuat panel ini bekerja dalam sebuah ruang yang sangat aman, dimana di dalamnya tengah dikembangkan kerangka baja yang dapat memegang panel dengan kuat, selain itu juga dapat dipindahkan ke beberapa tempat dengan baik. Ini adalah prototipe pertama yang tentunya akan diaplikasikan untuk rumah-rumah lainnya.

Ini adalah produk yang unik jika dibandingkan dengan produk lainnya yang pernah saya gunakan, bahan yang digunakan ringan seperti kayu lapis namun kekuatannya sama seperti baja ujar David Cooper PE, SE seorang presiden direktur Cooper Structural Engineers. Selain ini produk ini, mudah untuk dibawadn dipasang di mana saja baik di dalam rumah maupun di luar rumah, ini adalah produk yang lebih baik dibandingkan dengan produk lainnya.

Sistem instalasi ini muncul setelah dilakukannya penelitian selama 4 tahun, kemudian pegujian, persetukuan dan juga manufaktur untuk produk tersebut. Kemudian badai tornado 2011 datang, Setelah berakhirnya badai tersebut maka Vaidya dan juga timnya lebih berusaha mengembangkan sebuah bahan yang dapat mengubah setiap ruangan yang ada di dalam rumah menjadi lebih aman.

Berdasarkan pengalaman pada tahun 2011 dimana orang-orang merangkak untuk menghindari berbagai macam benda yang berterbangan, maka panel ini dirancang untuk mencegah kehancuran sebuah rumah. Amerika mendapatlan 1.000 kali tornado dalam setahun ada banyak sekali orang yang tewas dan terluka, namun dengan adanya panel seperti ini diharapkan badai akan dapat diatasi dengan lebih ramah. dan orang-orang akan dapat membeli panel ini agar dapat dipasang di dalam rumahya, dan tentu saja akan membuat rumahnya lebih aman terhadap tornado.

Di Indonesia bisa jadi belum ada inovasi konstruksi bencana alam berupa angin beliung, meski demikian jika Anda tertarik untuk informasi ketahanan sebuah kontruksi bangunan baik gedung maupun rumah terhadap terpaan angin, cuaca dan bencana alam tertentu termasuk angin puting beliung, kami ada di sini untuk berdiskusi. Kami adalah NIKIFOUR, perusahaan kontraktor terbaik Karawang. Kami memiliki area kerja mulai kawasan KIIC Suryacipta hingga Jababeka Bekasi. Konsultasikanlah bagaimana cara membuat bangunan agar lebih kokoh dan kuat menghadapi angin puting beliung.

Panel Rumah Anti Angin Puting Beliung ini bersumber dari: http://www.compositesworld.com/blog/post/innovative-tornado-panels-made-from-composites

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id