Cara Hemat Membangun Rumah Dua Lantai dengan Konstruksi Baja

Posted by purnosidi
on 02/12/2016

Bagaimana solusi cepat cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja? Nikifour kontraktor epoxy lantai Karawang – pada saat sekarang ini sudah banyak struktur bangunan yang mulai menggunakan konstruksi baja. Penggunaan konstruksi baja, selain prosesnya yang dapat dilakukan dengan cepat dan pada skala besar, harganya pun lebih murah. Hal ini dikarenakan proses pengerjaan nya yang lumayan cepat sehingga lebih murah. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya membutuhkan tingkat keakuratan yang tinggi.

Baja mempunyai suatu ciri khas yang lebih menguntungkan pada bidang konstruksi jika dibandingkan dengan material beton. Seperti halnya pada pembuatannya, material baja dibuat melalui pabrik, sehingga kualitas mutu dan ukuran antar satu profil dengan yang lainnya dapat dikendalikan. Selain itu berat jenis pada baja lebih ringan jika dibandingkan dengan beton. Sehingga dapat menguntungkan karena dapat mengurangi berat dari keseluruhan bangunan nantinya dan juga pada akhirnya juga bisa mengurangi beban gempa yang terjadi.

Cara Hemat Membangun Rumah Dua Lantai dengan Konstruksi Baja

Cara Hemat Membangun Rumah Dua Lantai dengan Konstruksi Baja

Kelebihan Menggunakan Konstruksi Baja

Konstruksi baja merupakan cara baru yang digunakan untuk membangun rumah dua lantai. Karena banyak memiliki kelebihan, maka banyak orang yang lebih suka menggunakan konstruksi baja untuk membangun rumah dua lantai. Untuk mengetahui lebih lanjut kelebihan dari konstruksi baja, berikut adalah beberapa kelebihan dari konstruksi baja untuk membangun bangunan dua lantai:

  • Kecepatan

Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja, dalam hal proses pengerjaan nya, konstruksi baja lebih cepat dan lebih efektif serta lebih praktis jika dibandingkan dengan beton cor yang membutuhkan proses pencetakan dan pengeringan yang relatif lebih lama. Sehingga dapat dipastikan dalam proses pengerjaan konstruksi baja lebih cepat beberapa kali lipat jika dibandingkan dengan beton cor yang memakan waktu lebih lama.

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

  • Kekuatan

Untuk kekuatan konstruksi baja kekuatannya sudah tidak diragukan lagi jika dibandingkan dengan kekuatan konstruksi beton. Akan tetapi jika dihitung secara cermat dan juga sesuai dengan aturan dari standard yang berlaku, maka kekuatan dari konstruksi baja sama dengan kekuatan dari konstruksi beton. Namun kembali lagi, semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

  • Nilai Investasi Pada Bangunan

Menggunakan konstruksi baja untuk bangunan rumah anda sangat menguntungkan bagi anda. Apabila bangunan dibongkar setelah 20 tahun, maka masih akan memiliki nilai jual yang tinggi jika dibandingkan dengan konstruksi beton cor yang tentunya memerlukan biaya untuk proses pembongkaran dan juga pembuangan puing – puing bangunan, sehingga memakan biaya dan tidak bisa dijadikan investasi.

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

  • Menghemat Biaya

Menggunakan konstruksi baja juga menghemat biaya dan lebih efisien jika dibandingkan dengan konstruksi beton cor. Jika pada konstruksi beton cor menggunakan papan – papan untuk membangun tiang beton, maka dalam konstruksi baja papan – papan tersebut tidak digunakan, sehingga dapat lebih efisien dan tentunya menghemat biaya.

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

Solusi Hemat Cara Cepat Membangun Rumah Dua Lantai

Untuk meninggikan bangunan atau untuk bangunan rumah dua lantai, penggabungan antara konstruksi baja dan juga panel lantai AAC sangat tepat untuk dilakukan. Kombinasi yang tepat antara konstruksi baja dan panel lantai AAC yang fungsi dari konstruksi baja sendiri adalah sebagai ring balok atau kolom, sedangkan panel lantai AAC berfungsi sebagai konstruksi lantai yang nantinya akan diletakkan pada bagian atas dari konstruksi baja.

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

Proses konstruksi untuk meninggikan bangunan rumah atau membangun rumah dua lantai akan lebih cepat dengan cara menggabungkan dua bahan baja dan panel lantai AAC. Menggunakan konstruksi baja dan panel lantai AAC tidak memerlukan waktu lama dalam proses pengeringan nantinya, selain itu dengan menggunakan konstruksi baja dan panel lantai bisa meminimalkan waktu dan juga menghemat biaya.

Untuk proses pengerjaan hal lainnya seperti pemasangan ubin atau keramik, plesteran dinding dan juga dinding dapat dikerjakan langsung. Sehingga dapat dipastikan dalam proses pembangunan rumah atau gedung dapat dilakukan dengan cepat dan memakan waktu yang tidak lama tentunya.

Jenis Profil Baja yang Sering Digunakan di Indonesia

Yang menjadi prioritas utama untuk bisa terlaksananya pembangunan yang tepat dan menjadi dasar untuk misi utama dalam proyek – proyek pembangunan konstruksi pembangunan pemerintah, maka dibutuhkan konstruksi secara kokoh, permanen, dan juga stabil dalam hal kualitas. Berikut adalah beberapa contoh panel baja yang sering digunakan di Indonesia untuk konstruksi bangunan:

  • Baja Wide Flange (IWF)

Baja wide flange ini bisa digunakan untuk kolom, tiang pancang, balik, top, dan juga bottom chord member yang ada pada truss, column atau composite beam, kanopi, kantilever, dan lain sebagainya.

  • Baja Kanal U (UNP)

Untuk penggunaan baja kanal U sendiri sama dengan penggunaan baja wide flange, kecuali penggunaan pada kolom, sangat jarang digunakan sebab akan jauh lebih mudah mengalami lekuk. Istilah lain dari kanal U adalah profil U, C- Channel.

  • Baja CNP (Lipped Channel)

Baja CNP ini biasa digunakan untuk balok dudukan penutup atap atau purlin, digunakan juga untuk girts yaitu elemen yang digunakan untuk pegangan penutup dinding seperti metal sheet,  selain itu baja CNP juga biasa digunakan untuk member pada truss, dan rangka komponen arsitektural. Nama lain dari baja CNP adalah kanal C, balok purlin, c – channel, profil C.

  • Baja H – Beam

Baja H bean biasa digunakan untuk kolom, balok, tiang pancang, top and bottom chord member pada truss, composite bean atau column, kantilever kanopi, dan yang lainnya. Nama lain dari baja H beam adalah IWF, WF, H beam UC, UB, balok I, balok W, balok H

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

  • Baja Plat Hitam

Plat baja hadir dengan berbagai standar ukuran dan juga tingkatan untuk bisa memenuhi persyaratan anda, baik untuk penggunaan secara langsung, fabrikasi ataupun roll. Setiap produk plat baja sudah melalui uji protokol kontol kualitas dengan ketat. Baja plat hitam ini biasa digunakan untuk pembuatan plat lambung kapal, pembuatan tangki, dan juga pembuatan yang lainnya.

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

  • Besi Siku

Besi siku memiliki dua jenis, yaitu besi siku biasa dan juga besi siku lubang. Besi siku yang secara umum  biasa digunakan adalah besi siku sama kaki, dengan ukuran yang bekisar antara 50 mm hingga 250 mm.  untuk besi siku biasa bisa digunakan sebagai baja struktural atau digunakan untuk kegunaan lainnya, dan tipe yang disediakan adalah tipe equal angel dan unequal angel. Sedangkan untuk besi siku lubang bisa digunakan untuk sandaran buku, rak lemari, dan lainnya.

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

  • Steel Pipe

Steel pipe biasa digunakan untuk bracing baik horizontal maupun vertical, secondary beam yang biasa digunakan pada rangka atap, kolom arsitektural, support komponen arsitektural biasanya digunakan untuk eksposed sebab memiliki nilai artistik dengan bentuk silinder. Nama lain dari steel pie adalah steel tube, pipa

  • Baja T – Bean (Hot Rolled)

T Beam digunakan dalam sebuah konstruksi. T beam yang digunakan merupakan sebuah struktur load – bearing – logam yang memiliki bentuk seperti penampang T. Pada bagian atas dari penampang T ini berfungsi sebagai flange untuk melawan tegangan tekan. Dan sedangkan pada web dari balok pada bagian flens berfungsi melawan tegangan tarik serta untuk menyediakan pemisah tekanan dari kekuatan lekuk. Baja T beam ini banyak digunakan untuk balok kantilever atau kanopi, balok lantai. Baja T beam ini biasa disebut sebagai balok T.

Baja Ringan Material Ramah Lingkungan

Semakin maraknya penebangan kayu secara liar dan juga besar – besaran serta tidak ramah lingkungan membuat berbagai produk industri berbondong – bondong menghasilkan inovasi baru. Salah satu yang menghasilkan produk baru adalah perusahaan konstruksi atau bahan bangunan. Seiring munculnya konsep pembangunan ramah lingkungan yang lebih menekankan pada peningkatan efisiensi dalam menggunakan air, material bangunan, dan energi, berawal dari pembangunan, desain, hingga pemeliharaan bangunan itu ke depannya.

Rangka baja ringan kini sudah mulai menggantikan kayu yang notabene dari dulu hingga sekarang digunakan untuk sebuah kerangka pada bangunan utama dan juga atap rumah. Akibat dari penebangan hutan secara liar membuat bangunan dengan bahan baku kayu mulai berkurang, hal ini merupakan sebuah wujud kepedulian terhadap lingkungan dan melestarikan bumi. Sehingga kini kayu mulai digantikan dengan baja ringan.

Baja ringan sendiri dapat dipilih berdasarkan dari tingkatan kualitas nya, dan tergantung dari bahan bakunya sendiri. Keunggulan tersendiri dari rangka atap dan juga rangka bangunan adalah bahannya yang anti keropos, lebih kuat, anti karat, anti rayap, mudah dipasang, lentur, dan juga lebih ringan, sehingga tidak akan membebani fondasi dan juga konstruksi bangunan, selain itu juga bisa dengan mudah dipasang berdasarkan dengan perhitungan arsitektur dan dengan kalkulasi teknik sipil.

Saat ini material baja ringan menjadi tren tersendiri sebagai material bangunan, pada rangka atap baja ringan lebih populer jika dibandingkan dengan material baja yang lainnya. Hal ini disebabkan gencarnya pengiklanan mengenai rangka atap baja ringan yang menggantikan rangka kayu, yang notabene dari dahulu sudah menjadi bahan bangunan utama. Selain itu sekarang ini rangka kayu semakin mahal sehingga menggunakan rangka baja ringan menjadi salah satu alternatif pengganti rangka kayu.

Efisiensi waktu dalam proses pemasangan juga menjadi salah satu alasan sekarang ini banyak yang menggunakan kerangka baja ringan, mudahnya dalam pemasangan juga menjadi salah satu alasan yang mendasari penggunaan baja ringan kini semakin populer. Produk baja ringan yang baik memiliki sifat yang ramah lingkungan, hal ini disebabkan karena menggunakan material yang juga ramah lingkungan dan dapat mengurangi maraknya penebangan secara liar.

Baja Dan Jenisnya

Baja merupakan logam alloy yang komponen utamanya adalah besi, dan karbon sebagai material pengalloy utamanya. Karbon berfungsi sebagai pengeras, mencegah atom besi, yang dengan sendirinya teratur dalam lettice, dan bergeser antara satu dengan lainnya. Baja dengan meningkatnya jumlah karbon akan bisa memperkeras dan memperkuat besi, akan tetapi juga akan lebih rapuh.

Sejarah Baja

Sejak zaman mesir kuno pada tahun 3000 SM teknik peleburan logam sudah ada, bahkan pembuatan perhiasan dari besi sudah ada dari zaman sebelumnya.

Proses pengerasan pada besi dengan menggunakan treatment pemanasan mulai diperkenalkan dalam pembuatan senjata pada tahun 4000 SM pada zaman Yunani.

Besi tempa merupakan proses pemaduan yang dibuat dari abad ke 14. Proses ini dilakukan dengan memanaskan bijih besi dan charcoal kedalam tungku. Terkadang yang diproduksi dari proses ini merupakan baja bukannya besi tempa. Dan lambat laun para pembuat besi tempa ini belajar untuk bisa membuat baja.

Jenis – jenis Baja

Baja digolongkan menjadi tiga bagian, yakni:

  • Baja Tahan Karat

Atau stainless steel merupakan jenis baja yang memiliki daya tahan yang baik terhadap panas, karat, goresan, maupun gesekan. Baja jenis ini juga merupakan jenis baja yang tahan pada temperatur tinggi dan rendah. Selain itu baja jenis ini juga kuat dan bisa ditempa.

  • Baja Karbon

Baja karbon dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu baja karbon tinggi, baja karbon menengah, dan baja karbon rendah.

  • Baja Aliase

Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Baja

Baja memiliki keunggulan tersendiri yaitu kuat. Jika dilihat dari kekuatannya baja cenderung lebih kuat dan tahan lama, baja juga memiliki sifat anti karat, anti rayap, dan juga anti keropos sehingga material baja sangat digemari untuk konstruksi kerangka bangunan. Namun baja juga memiliki sifat lainnya yaitu lentur, sehingga jika baja mengalami tekanan di salah satu sisi maka akan mengalami lekukan.

Dengan sifat baja yang lentur tidak akan membuat baja retak seperti hal nya kaca, akan tetapi lambat laun baja akan keluar dari bentuknya dan menekuk. Dan karena tekanan yang terlalu tinggi dari salah satu sisi akan membuat konstruksi baja akan mengalami kerusakan. Sehingga penghuni yang ada harus mengungsi untuk menjaga keselamatan diri dari bahaya robohnya bangunan atau rumah. Namun pengguaan baja sebagai rangka bangunan jarang sekali mengalami kegagalan yang tiba – tiba rusak, jika tidak diakibatkan oleh kekuatan seismik atau gempa.

Konstruksi Baja Memiliki Keuntungan

Setiap bagian sudah dipersiapkan di pabrik, sehingga satu – satunya kegiatan yang dilakukan pada saat di lapangan adalah memasang bagian konstruksi yang sudah dipersiapkan. Sehingga waktu yang diperlukan untuk pemasangan relatif lebih cepat dan singkat.

Baja lebih tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem, lebih kuat, dan juga tidak mudah keropos. Jenis dan ukuran baja bisa menyesuaikan pada konstruksi yang akan dibangun nantinya dan juga tersedia dalam berbagai variasi.

Jika nanti bangunan dibongkar, maka rangka baja masih bisa dimanfaatkan dan dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan atau bisa juga digunakan untuk keperluan konstruksi yang lainnya.

Proses penyambungannya pun dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu bisa dengan ditempa, di las, dan lain sebagainya.

( Cara hemat membangun rumah dua lantai dengan konstruksi baja )

Kekurangan dari Konstruksi Baja

Komponen pada struktur pada baja harus disesuaikan agar bisa tahan api untuk menjaga dari bahaya kebakaran. Perlu biaya tambahan untuk perawatan baja agar bisa tahan terhadap karat.  Karena sifat baja yang lentur, maka baja tidak bisa tahan dari tekanan sebab nantinya akan keluar dari bentuk dan mengalami lekukan.

Untuk anda yang ingin meninggikan bangunan atau membuat rumah dua lantai dengan cepat dan hemat, sekarang ini banyak jasa kontraktor yang menyediakan jasa untuk pembangunan rumah anda. kombinasi antara rangka baja dan panel lantai AAC akan membuat bangunan anda lebih cepat diselesaikan sehingga dapat menghemat waktu. Untuk melakukan epoxy lantai, anda bisa mengandalkan pada jasa layanan kontraktor yang terpercaya. Epoxy lantai merupakan pengecatan lantai agar lebih menarik. Nikifour kontraktor epoxy lantai Karawangmenyediakan layanan epoxy lantai dengan berbagai merek, dari mulai pendempulan, pelapisan mortar, pelapisan awal cat, dan finishing baik itu coating atau SL. Apabila anda membutuhkan jasa epoxy lantai baik mulai awal atau perbaikan, anda bisa menghubungi nikifour kontraktor.

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id