50 Bencana Konstruksi Terburuk di Dunia Akibat Kesalahan Arsitektur

Posted by purnosidi
on 27/10/2016

Bencana memang tidak mengenal tempat dan waktu. Baik kesalahan manusia maupun alam dengan sang Penciptanya yang menghendaki, apapun bisa menyebabkan banyak kerugian baik material maupun nyawa manusia sebagai korban. 50 contoh terburuk bencana yang akan kami beberkan kepada Anda adalah malapetaka akibat kegagalan konstruksi. Dari mulai salah memperhitungkan baut, kecerobohan, efisiensi yang salah, menyepelekan keretakan, desain yang tidak disadari kesalahannya, hingga perusahaan kontraktor yang tidak berpengalaman, berikut ini kami ingin berbagi 50 bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur.

50 bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini berasal dari berbagai tempat di beberapa negara dan dari beberapa catatan waktu tempo dulu hingga yang terkini.

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur

Semoga 50 bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini menjadi banyak pelajaran bagi banyak proyek-proyek konstruksi akan semaksimal mungkin melakukan yang terbaik guna menghindarkan dari bencana.

1. Jalan Layang Highway 19

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Berlokasi di Laval, Quebec, bencana ini terjadi pada tahun 2006.

Sebuah tiang penyangga setinggi 66 kaki di jalan layang De la Concorde yang berada di pinggirin kota Montreal ini ambruk dan menimpa dua kendaraan yang sedang melintas di bawahnya. Lima orang meninggal dan enam lainnya terluka parah. Jalan layang ini dibangun pada tahun 1970 dan beberapa hal ditengarai menyebabkan runtuhnya di tahun 2006 itu. Di antara faktor penyebab runtuhnya adalah desain awal yang buruk, salah menempatkan baja tulang penguat, beton berkualitas rendah dan patahan sepanjang bidang horizontal yang terus bertambah.

2. The Lotus Riverside

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Gedung yang menjadi salah satu bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini berlokasi di Shanghai, China. Pada tahun 2009, satu dari 11 gedung 13-story di kompleks apartemen tinggal ini roboh secara utuh. Ketika membuat struktur area parkir di bagian bawah gedung, pekerja membuang tanah bekas galian di dekat areal pembuangan sampah. Berat sampah-sampah di tempat itu lalu bertambah dengan tanah-tanah galian tersebut sehingga menyebabkan area tepian yang menjadi dinding sungai runtuh sehingga menyebabkan air meresap ke dalam bagian basement. Basement yang kebanjiran itu menyebabkan pondasi menjadi lumpur dan merobohkan bangunan ke salah satu sisi secara utuh.

3. Gedung Apartemen Ronan Point

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ketiga ini terjadi pada tahun 1968 di kota London.

Dibangun dari panel-panel beton cetak pabrikan dan ditempel bersama dengan mengunakan baut, Ronan Point merupakan pekerjaan konstruksi tanpa kontrol kualitas dari para arsitek. Sebuah ledakan memicu keseluruhan bangunan 22 lantai ini ambruk seperti kartu domino. Belakangan ditemukan bahwa baut telah rusak oleh air dan sambungan-sambungannya ternyata tidak diisi dengan beton, melainkan dengan disumpal kertas koran. Hal itulah yang menyebabkan panel-panel tembok robek dan runtuh. Ajaibnya hanya empat orang saja yang meninggal dunia akibat insiden itu, padahal ada 260 orang yang menempati apartemen itu.

4. Aon Center

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Aon Center berlokasi di Chicago, Illinois. Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ke 4 ini terjadi pada tahun 1974. Dibangun pada tahun 1973, para arsitek yang membangunnya rupanya mendahulukan bentuk penampilan dari pada fungsi. Karena terpesona dengan marmer Carrara yang digunakan sebagai konstruksi bagian luar, maka gedung Aon Center itu menjadi lebih tipis dan lebih ringan dari material gedung pada umumnya. Setahun setelah gedung berdiri, salah satu marmernya copot dan menimpa atap gedung Prudential Center di depannya. Sebuah investigasi menemukan bahwa kejadian lepasnya marmer itu bukan sekali saja dan pada akhirnya permukaan gedung dilapisi kembali dengan memakan biaya lebih dari 80 juta dollar AS.

5. Pier One Playground

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Berlokasi di Brooklyn, New York dan terjadi pada tahun 2010. Berniat ingin membuat konstruksi yang futuristic dengan menggunakan baja murni, arsitek membuat semacam kubah tempat duduk di sebuah taman bermain. Mereka lupa jika pada musim panas bulan Juli, baja bisa memanas 127 derajat Fahrenheit sehingga tidak mungkin digunakan anak-anak.

6. Menara John Hancock

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Gedung ini berada di Boston, Amerika Serikat. Gedung ini pernah menjadi bangunan tertinggi di luar kota New York. Dibangun pada tahun 1968 dengan 100 lantai, gedung ini memenangkan penghargaan dari beberapa komunitas arsitektur dan desain.

Hingga kemudian pada tahun 1973, sebuah kesalahan pada desain jendela menyebabkan panel-panel jendela seberat 500 pon terlepas dari gedung dan terjun bebas ratusan kaki ke bawah. Polisi kemudian mengevakuasi jalanan sekitar. Sementara itu tekanan angin saat itu mencapai 45 mph. Penggantian panel-panel jendela mencapai 10.344 buah dengan harga 5 juta US Dollar. Wow. Ketika renovasi, plywood atau semacam multipleks digunakan untuk jendela gedung yang berlubang sehingga saat itu gedung ini dijuluki istana plywood.

7. Bendungan St. Francis

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Bendungan ini berada di Los Angeles, California. Tahun musibah adalah 1928. Bencana bendungan ini termasuk terbesar kedua yang pernah tercatat dalam sejarah Kalifornia ketika 12 milyar galon air membentuk gelombang setinggi 125 kaki membunuh 600 manusia. Hampir seluar 2 mil dengan kecepatan 5 mil perjam membawa segalanya dari mayat dan serpihan bangunan yang diterjangnya sejauh 54 mil hingga ke samudera pasifik. Bencana itu dipicu dari retakan pada struktural tambahan guna meningkatkan kapasitas air. Dan hal itu diabaikan oleh para insinyur. Akibatnya bebatuan di bawah bendungan menjadi tidak stabil sehingga membuat bendungan pecah. Pada pagi hari sebelum bencana terjadi, ada laporan tentang kebocoran baru yang mengindikasikan air yang menggerus pondasi bendungan, akan tetapi Departemen Air dan Listrik menganggap bendungan aman-aman saja.

8. Hotel & Spa Vdara

Hotel unik ini menjadi lokasi bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur yang ke delapan.

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Dibuka pada tahun 2009, hotel yang berlokasi di Las Vegas Nevada, Amerika Serikat ini memiliki desain melengkung yang unik. Suatu saat beberapa tamu mengeluh karena kulit mereka menghitam ketika berada di kolam renang. Kemudian para insinyur menyadari jika desain melengkung hotel telah memantulkan panas matahari ke arah kolam renang. Selain kulit yang terbakar, beberapa tamu melaporkan tas plastik mereka yang meleleh serta rambut di kepala mereka juga hangus.

9. Jembatan sempit Tacoma

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Jembatan di kota Tacoma ini dibuka untuk umum pada 1 Juli 1940. Hanya empat bulan kemudian kaki jembatan itu ambruk. para pekerja menengarai jika jembatan yang dijuluki Galloping Gertie itu terlihat terombang-ambing ketika sedang dibangun, bahkan beberapa orang mengalami mabuk laut.

Rupanya untuk memangkas biaya, ada pengurangan kualitas di beberapa material pengikat sehingga semakin mempercepat runtuhnya jembatan. Ajaibnya tidak ada korban jiwa pada bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ke 9 ini.

10. Bendungan South Fork

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Bendungan ini berada di Johnstown. Pada tahun 1889 Bendungan South Fork menumpahkan 20 juta ton air ke kota Johnstown dan menewaskan 2200 orang. Meskipun pengadilan memutuskan bahwa itu adalah murni bencana, penduduk kota Johnstown tetap menganggap kurangnya perawatan terhadap bendungan oleh pemiliknya. Lobang kebocoran yang ada pada bendungan hanya ditambal dengan jerami dan lumpur. Selain itu ternyata pemilik bendungan terdahulu mengambil dan menjual tiga pipa besi cor yang berfungsi mengatur keluarnya air.

11. Perpustakaan W.E.B. Du Bois

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Berdiri dengan 26 lantai, gedung UMASS yang menjadi contoh terburuk konstruksi arsitektur yang gagal ke 11 ini bisa disebut sebagai perpustakaan tertinggi di Amerika Serikat. Dua bulan setelah dibukanya pada tahun 1974, potongan-potongan bata mulai berjatuhan, di beberapa tempat malah beberapa batu bata mulai rontok, tanpa diketahui penyebabnya. Ada yang menyebut jika rontoknya batu-batu itu karena kegagalan para insinyur dalam menghitung berat buku yang diletakkan dalam perpustakaan itu. Pada tahun 1979, sebanyak 60 ribu buku dipindahkan dan beberapa lantai ditutup untuk mengurangi beban. Sebesar 2,3 juta Dollar dihabiskan untuk renovasi pada tahun 1986. Masalah bata selesai, masalah lain muncul, gedung mulai amblas ke dalam tanah.

12. Stadion Kemper

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Guna menghindari penggunaan tiang yang akan menghalangi area pemandangan, atap stadion Kemper dibuat tergulung pada tiang. Pada tahun 1979 atap runtuh, untungnya tidak ada seorangpun dalam stadion. Atap stadion pada awalnya didesain untuk mengeluarkan air hujan secara perlahan sehingga mengurangi banjir, akan tetapi sebuah badai hebat menyebabkan air mengumpul di setiap lengkungan atap sehingga berat atas bertambah. Selain itu diperparah juga dengan atap yang menggantung pada tiang dengan kekuatan baut yang salah diperhitungkan.

13. Jembatan Yarmouth

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Jembatan ini berada di Inggris. Bencana ini terjadi pada tahun 1845 ketika orang-orang sedang berkumpul di jembatan gantung tersebut. Mereka sedang menonton seorang badut sirkus berada di sebuah tong dan ditarik oleh angsa di sungai. Beban berat oleh banyaknya orang yang berada di jembatan itu beralih antar sisi ketika badut itu hendak melintasi bawah jembatan. Dan rantai yang menggantung jembatan pada sisi selatan putus dan dek jembatan pun terbalik. 79 orang termasuk banyak anak-anak pun tercebur ke dalam sungai.

14. Jembatan Kereta Gasconade

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Karena kurangnya pengawasan di proyek jalan kereta The Pacific Railroad, sebuah sebuah jembatan sementara dibiarkan saja tanpa pernah digantikan dengan yang permanen, maka ketika jalur baru itu pertama kali diuji coba pada tahun 1855, jembatan ini runtuh dan membunuh 30 orang serta melukai ratusan lainnya. Kereta yang terperosok itu berisi penuh para tamu dan pejabat penting yang diundang gubernur untuk merayakan jalur baru menuju ibukota.

15. Aula Konser Walt Disney

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ke 15 ini terjadi di Los Angeles.

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Frank Gehry yang mendesain gedung dengan panel-panel baja stainless yang mencolok ini pada tahun 2003. Menjadi kegaduhan saat itu karena menjelang penyelesaian proyek pembangunan gedung itu, masyarakat sekitar melayangkan keluhan mereka karena panel stainless luar gedung itu menyebabkan area sekitar menjadi panas.

Suhu naik 15 derajat Fahrenheit, dan rumah-rumah sekitar gedung harus membayar tagihan listrik lebih tinggi karena kinerja ekstra AC di rumah mereka. Akhirnya untuk menghindari perkara hukum, tim Gehry dipaksa menyelimutkan kain tebal pada panel stainless eksterior itu untuk mengurangi silau dan menutup pantulan panasnya.

16. Jemabtan I-35W Bridge di Sungai Mississippi

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektural yang Gagal

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ke 16 adalah ketika sebuah jembatan dengan delapan tiang baja yang ambruk saat jam sibuk di tahun 2007. Peristiwa nahas itu membunuh sedikitnya 13 orang dan melukai 145 orang lainnya.

Dibangun pada tahun 1967 dan dianggap kurang secara struktur oleh pemerintah pada tahun 1991 dan 2005 dan jembatan jalan ini direncanakan akan diganti pada tahun 2020.

Ketika runtuh jembatan ini memiliki beban berat material sebanyak 575 ribu pon. Sekitar 100 kendaraan terjebak. Pemilik mobil-mobil dan 18 pekerja konstruksi terjun ke sungai dari ketinggian 115 kaki.

17. Bendungan Teton

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Bendungan ini berlokasi di Idaho. Ketika pertama kali mengisi air di tahun 1976, bendungan Teton ini pecah dan mengirimkan 2 juta kubik air per detik ke lembah sungai Teton. Akibatnya adalah bencana banjir yang menggenangi areal pertanian dan kota yang berlokasi di bawahnya. Total kerugian sebanyak 1 hingga 2 milyar dollar Amerika, 11 orang meninggal dan 13 ribu ternak terbunuh.

Ditengarai jebolnya bendungan itu karena tanah pada konstruksi utama dan sekaligus sebagai pondasi tambalan tidak memiliki kepadatan yang baik sehingga air cepat meresap yang menyebabkan air merembes keluar bendungan. Erosi itulah yang akhirnya menjebol bendungan.

18. Jembatan Seongsu

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Jembatan ini berada di Korea Selatan. Membentang di sepanjang sungai Han, jembatan dengan panjang 3.800 kaki ini selesai dibangun pada tahun 1979 dan kemudian ambruk pada tahun 1994 karena sambungan las yang tidak baik pada tiang penyangga di bawah lempengan beton. 32 orang dilaporkan tewas dan 17 lainnya terluka ketika lempeng beton yang menjadi jalanan itu patah dan terjun bebas ke sungai.

19. Supermarket Sampong

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Supermarket dengan nama Sampong Departemen Store ini berlokasi di Korea. Menganggap gedung empat lantai ini bisa dialih-fungsikan sebagai mall besar, kepala property memerintahkan untuk memotong tiang-tiang utama guna memasang elevator. AC pendingin gedung di pindahkan ke atap sehingga beban atap menjadi 4 kali lebih berat. Lebih lanjut lagi, pemilik gedung kemudian menambahkan lantai ke 5 tanpa memikirkan resiko ambruk. 5 tahun setelah selesai yaitu pada tahun 1995, semua tiang bangunan pada bagian sayap selatan ambruk dan menjebak lebih dari 1500 orang yang sedang berbelanja dan membunuh 502 orang dalam 20 detik saja.

20. SMA Pittwater

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Sekolah menengah atas Pittwater yang menjadi salah satu bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini berada di Sydney, Australia. Pada tahun 1960, arsitek Dante Bini mengembangkan sebuah teknik yang memasukkan lapisan hamparan beton di atas balon plastik untuk membuat struktur kubah. Teknik itu disebut “Binishell”. Salah satu struktur itu berada di Sydney dan menjadi gedung sebuah SMA.

Pada tahun 1986, beberapa menit setelah para murid sekolah memasuki gedung, kubah pun runtuh.

Kesalahan konstruksi pada hari pertama adalah salah satu blower yang digunakan untuk menopang balon peyangga kubah tiba-tiba mati sehingga mempengaruhi cor-coran beton yang belum matang itu. Kepala teknisi yang melihat hal tersebut kemudian membuat penutup beton guna memperkuat kubah. Rupanya hal tersebut menjadi beban ekstra yang malah menjadikan penyebab runtuhnya kubah.

21. Runtuhnya Atap Big Dig

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

The Big Dig yang menjadi contoh terburuk konstruksi arsitektur yang gagal ke 21 ini adalah sebuah proyek yang telah membuat kota Massachusetts jatuh ke dalam hutang dan menyebabkan lalu lintas tidak pernah berhenti. Lebih parah lagi ketika pada tahun 2006 panel atap seberat tiga ton runtuh. Ambruknya panel yang berada di lereng penghubung I-93 Utara hingga I-90 Timur itu melukai seorang pengendara mobil dan menewaskan seorang penumpangnya. Penyelidikan kemudian menemukan bahwa lem epoxy yang digunakan untuk menahan atas saat proses konstruksi tidak memiliki daya ikat yang baik.

22. Waduk Taum Sauk

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Waduk ini berlokasi di Missouri. Dengan bagian atas waduk setinggi 800 kaki, waduk yang lebih besar dari bendungan Hoover ini memberikan bertugas memberikan suplai listrik bertenaga air. Ketika salah satu bagian waduk ini runtuh pada tahun 2005, sebanyak satu milyar galon air meluapi sebuah sungai kecil menuju dua taman negara bagian. Pengawas taman bersama istri dan tiga anak mereka tersapu air ketika gelombang air meluluh-lantakkan rumah mereka. Beberapa laporan menyebutkan jika sebuah komputer yang error menyebabkan waduk terus mengisikan airnya melebihi level maksimum. Berat tambahan dari air yang terus mengisi waduk membuat tembok menjadi lemah.

23. Jembatan Quebec

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Jembatan ini berada di kota Quebec, Kanada. Jembatan ini bisa memanjang dan mudah dibongkar-pasang. Jembatan peyangga dengan teknologi penopang baja sejak ditemukan pada pertengahan 1800-an menjadi satu-satunya konstruksi yang diandalkan saat itu. Setinggi 1800 kaki, jembatan Quebec yang melintasi sungai St Lawrence ini menjadi jembatan penyangga terpanjang di dunia. Jembatan ini dua kali runtuh, dan itu merupakan bencana jembatan paling besar di dunia.

Ambruknya yang pertama adalah ketika sedang dibangun pada tahun 1907, sebuah kesalahan perhitungan kapasitas muat membuat satu bagian dari jembatan ini menimpa para pekerja, menewaskan 75 orang dari total 86 pekerja.

Bencana kedua terjadi ketika pembangunan ulang jembatan pada tahun 1916, bagian tengah jembatan meleset ketika sedang dipasangkan dan menewaskan 13 pekerja.

24. Jembatan Sungai Tuo

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Jembatan yang menjadi contoh dari 50 Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ke 24 ini berlokasi di Fenghuang, Tiongkok. Pada tahun 2007, jembatan untuk kendaraan dan pejalan kaki ini runtuh ketika sedang dibangun. Saat itu kerangka penunjang yang terbuat dari struktur batu dan semen setinggi 140 kaki dipindahkan guna pengerjaan bagian lain. Apakah itu penyebabnya? Rupanya beberapa pekerja asing yang tidak terlatih, cara kerja yang sembarangan, material murahan untuk memangkas biaya, dan ketiadaan beton cor, kesemua itu lah yang menyebabkan jembatan sungai Tuo ini membunuh 36 orang dan mengubur hampir 60 orang lainnya.

25. Terowongan Ville Marie

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Terowongan ini berlokasi di kota Montreal, Kanada. Pada bulan juli 2011, sebuah balok beton dan bagian atap yang disokongnya ambruk di bagian dalam terowongan ini. Untungnya lalu lintas sedang sepi sehingga tak seorang pun korban. Masih dalam investigasi, para insinyur menyalahkan pihak propinsi karena kegagalan tersebut. Mereka menyatakan terowongan jarang sekali dilakukan inspeksi, kalaupun ada inspeksi pun hanya sepintas lalu. Selain itu, beberapa perbaikan yang telah disarankan pada tahun 2008 tidak dilaksanakan dengan lengkap. Malah beberapa perbaikan baru dimulai ketika saat-saat akan terjadinya keruntuhan itu.

Justru pihak pemerintah malah yang marah-marah, padahal mereka melakukan pemeliharaan dengan perencanaan yang teramat buruk, tidak sesuai dengan yang disarankan oleh para insinyur terowongan, dan pihak pemerintah tidak hadir ketika terjadinya kerusakan tersebut.

26. Bencana Konstruksi – Gedung Viale Giotto 120

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Gedung yang menjadi kasus ke 26 dari 50 bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini berada di kota Foggia, Italia. Pada tahun 1999 gedung berlantai 6 ini runtuh dalam 20 detik saja. Ada 67 orang yang tewas dari keseluruhan 71 orang. Hampir tidak ada tanda-tanda peringatan ketika menjelang runtuhnya.

Dua tahun sebelum tragedi itu terjadi, sebenarnya sudah ada laporan tentang persoalan struktur, bunyi derit serta pintu dan jendela yang terpasang tidak sesuai.

Booming perumahan di tahun 1960-an memicu mereka yang tidak berpengalaman ikutan terjun dalam bisnis itu. Demi bersaing dengan kompetitor besar, mereka pun melakukan banyak efisiensi. Viale Giotto 120 merupakan salah satu gedung yang menjadi contoh dari proyek perusahaan yang tidak berpengalaman itu.

Dan penyebab keruntuhan gedung itu akhirnya bisa ditebak, material yang tidak berkualitas dan pengerjaan asal-asalan.

27. Bencana Konstruksi – Bioskop Knickerbocker

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Bioskop yang menjadi kasus ke 27 dari 50 bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini berlokasi di Washington, D.C dan bencana ini terjadi pada tahun 1922.

Pada tahun itu gedung bioskop Knickerbocker ambruk ketika ratusan pengunjung berada di dalamnya. 98 tewas dan 133 terluka. Sebuah laporan menyebutkan bahwa badai salju memang mendera kota D.C. beberapa hari sebelum bencana itu terjadi. Salju setebal dua kaki menyelimuti atap bioskop.

Beban bertambah dan struktur yang lemah membuat atap akhirnya runtuh ke balkon, meluncur ke area orkestra, akhirnya menimpa dan menjebak ratusan orang. Pemilik bioskop dan arsitek yang mendesain gedung itu dikabarkan bunuh diri.

28. Bencana Konstruksi – Dermaga 34

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Dermaga 34 yang menjadi contoh terburuk konstruksi arsitektur yang gagal ke 28 ini berlokasi di Philadelphia. Pada bulan Mei tahun 2000 dermaga ini ambruk ke sungai Delaware dan menewaskan tiga orang serta melukai 31 lainnya. Tiga hari sebelum runtuhnya, sebuah inspeksi menghasilkan temuan sejumlah masalah struktural serius.

Meski telah diperingatkan bahwa dermaga dalam bahaya karena kegagalan parah, pemilik dermaga dan pemilik sebuah klub malam yang berada dalam dermaga itu hanya memperkuat bagian lantainya saja. Akhirnya pemilik dermaga dan pemilik klub malam itu, masing-masing dikenai pasal pembunuhan tingkat tiga.

29. Bencana Konstruksi – Balkon Residen

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Lokasi kejadian di Chicago. Teras maut dalam sejarah Amerika Serikat terjadi pada tahun 2003 ketika sebuah balkon yang kelebihan beban ambruk. Itu terjadi saat sedang ada sebuah pesta sehingga menewaskan 13 orang dan melukai 57 lainnya. Sebuah kesalahan besar pada konstruksi kayu balkon ditemukan. Struktur yang salah itu harus menampung lebih dari 30 orang sehingga lantai ketiga balkon itu runtuh dan otomatis meruntuhkan juga dua balkon di bawahnya. Sebuah investigasi mengungkapkan bahwa pemilik properti diketahui melanggar beberapa aturan setempat dengan memasang tungku perapian pada balkon dan memperlebar ruangan di balkon di luar ukuran semestinya. Tiang yang tidak sesuai, kayu yang terlalu kecil dan baut yang tidak pas adalah masalah pada konstruksi balkon tersebut.

30. Bencana Konstruksi – Aula Pernikahan Versailles

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Aula yang menjadi contoh terburuk konstruksi arsitektur yang gagal ke 30 ini terletak di kota Jerusalem. Ketika didesain, aula pernikahan ini memiliki satu sisi berlantai tiga dan satu sisi berlantai dua. Pada konstruksi terakhir, para pemiliknya merubah rancangan dengan menambahkan lantai pada sisi yang lebih pendeknya. Bangunan baru akhirnya berdiri pada tempat yang seharusnya diperuntukkan buat atap, lantai ketiga. Lantai ketiga itu malah ditujukan untuk memuat beban yang lebih berat dari perkiraan. Beberapa partisi ditambahkan untuk menahan beban ekstra. Beberapa hari sebelum runtuh yang menewaskan 23 orang dan melukai 380 lainnya, pemilik aula membongkar partisi sehingga ambruklah lantai ketiga tersebut.

Sepertinya sang pemilik mengira dengan menambahkan lantai hanya akan bermasalah pada keindahan gedung saja. Beban ekstra yang telah berada pada are yang rentan itu akhirnya membuat lantai ketiga yang pada saat itu sedang digunakan untuk acara pernikahan harus runtuh ke bawah.

31. Bencana Konstruksi – Pabrik Pemberton

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Berlokasi di kota Lawrence, Massachusetts. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1860. Sedikitnya 145 pekerja tewas dan 166 lainnya terluka ketika atap bagian atas pabrik itu runtuh dengan tiba-tiba. Penyebabnya adalah adanya beberapa mesin berada dilantai atas. Sementara lantai tersebut dari dindin mortar murahan di tambah dengan pilar yang rapuh maka terpiculah bencana itu. Ketika sedang mengevakuasi 600 pekerja yang menjadi korban, seseorang secara tidak sengaja memecahkan lampu minya sehingga berkobarlah api. Seseorang yang lehernya tersangkut di puing-puing reruntuhan diduga mengiris tenggorokannya sendiri untuk menghindari terbakar hidup-hidup.

32. Bencana Konstruksi – Bendungan Sungai Buffalo

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Bendungan ini berada di Logan County, Virginia Barat. Dinyatakan dengan predikat MEMUASKAN oleh seorang pemeriksa federal 4 hari sebelum kejadian, bendungan itu pecah pada tahun 1972 dan sebanyak 138 juta galon air kotor kehitaman menyembur. 125 orang terbunuh dan 1000 orang terluka. Sementara itu ada sekitar 500 rumah rusak dan diperkirakan kerugian yagn diderita adalah lebih dari 400 juta dollar Amerika.

33. Bencana Konstruksi – Bendungan Val di Stava

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Salah satu musibah nasional terburuk Italia adalah runtuhnya bendungan Val di Stava pada tahun 1985. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 268 orang, meluluh-lantakkan 63 bangunan dan merusak 8 jembatan. Peristiwa nahas itu bermula ketika sebuah pompa pada bagian atas bendungan yang mulai melengkung sehingga drainase menjadi tidak efektif

34. Bencana Konstruksi – Menara Skyline

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Menara in berada di kota Crossroads, Vancouver. Pada tahun 1973, 14 orang terbunuh dan 34 lainnya terluka ketika bagian tengah Plaza Skyline yang lantai 26 ini ambruk. Beberapa bongkahan besar beton dan baja runtuh menimpa banyak korban di bawahnya. Bencana itu diakibatkan pemindahan beberapa penopang lantai yang baru secara tergesa-gesa.

35. Bencana Konstruksi – Jembatan Tay

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Berlokasi di kota Fife, Skotlandia, jembatan ini menghubungkan kotan Dundee dan Wormit. Bagian tengah jembatan ini runtuh pada tahun 1879. Sebuah kereta api yang sedang melintas di atasnya pun jatuh ke dalam muara sungai dan menewaskan 75 penumpang. Bagian atas jembatan yang rentan terhadap angin dan dibangun dengan mengunakan tiang yang tidak berkualitas baik, para pemeriksa mencatat bahwa jemabtan itu didesain dan dikonstruksi dengan sangat buruk. Beberapa bukti lain menguatkan dugaan jika jembatan itupun tidak dipelihara dengan baik.

36. Bencana Konstruksi – Hyatt Regency

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Wilayah ini berada di kota Kansas Missouri. Pada musim panas tahun 1981, 114 orang meninggal dan 216 lainnya terluka ketika dua buah koridor gantung sebuah hotel menimpa kerumunan sebuah acara minum teh di bagian lobby bawahnya.

Kesalahan perubahan desain yang tidak terlihat terjadi ketika proses konstruksi membuat beban pada koridor lantai ke empat. Lorong koridor itu tidak stabil bahkan ketika tanpa beban orang berada di atasnya. Berat tambahan dari tamu hotel yang berkumpul untuk melihat acara minum teh di bawahnya membuat koridor lantai keempat itu runtuh dan menimpa lantai kedua. Kedua koridor itupun amblas dan menimpa lobby di bawahnya. Keadaan semakin buruk ketika kebocoran pipa air membanjiri lobby sehingga beberapa korban terjebak banjir di ketinggian.

37. Bencana Konstruksi – Jembatan Rainbow

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Jembatan ini berlokasi di propinsi Sichuan. Jembatan bagi pejalan kaki ini membentang menyeberangi sungai Qi. Tiga tahun setelah dibangun, jembatan ini roboh dan membuat 40 jiwa melayang dan melukai 14 orang. Beton yang buruk dan sambungan las besi yang kurang baik menjadi sebab bencana di tahun 1999 itu.

38. Bencana Konstruksi – Stadion Husky Universitas Washington

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Stadion ini membuat berita besar di tahun 1987 ketika penambahan tempat duduk penonton setinggi 215 kaki menyebabkan tribun ambruk dalam 12 detik saja. Enam dari sembilan kawat penguat struktur ketika renovasi terlalu didini dipindahkan. Dan akibatnya adalah 25 ton bawah runtuh. Untungnya tak ada seorangpun saat itu.

39. Bencana Konstruksi – Menara Miring Pisa

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Aslinya kemiringan menara ini adalah 5,5 derajat, bagian atas salah ditempatkan secara horizontal sejauh 13 kaki dari semestinya. Dan menara pun menjadi kurang vertikal. Dikonstruksi dalam 3 tahap selama 177 tahun, menara ini mulai amblas di tahun 1178 karena cacat desain awal. Dan kesalahan desain itu cukup fatal yaitu pondasi yang diletakkan di dalam tanah yang tidak stabil. Akibatnya adalah satu sisi dari menara itu jadi turun dan lebih rendah. Para insinyur yang membuat struktur di tahun 1272 kemudian membangun lantai teratas dengan satu sisi lebih tinggi dari yang lainnya. Semua lantai lengkap di tahun 1372. Sejak itu rutin dilakukan penguatas struktur guna memastikan menara tidak roboh.

40. Bencana Konstruksi – Auditorium C.W. Post College Dome

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Auditorium yang menjadi contoh ke 40 dari 50 bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini berlokasi di kota Brookville, New York. Dibangun pada tahun 1970, gedung pertunjukan yang memuat 3500 orang ini runtuh pada tahun 1978 ketika badai salju. Salju dan es yang menumpuk menjadi sebab ambruknya. Kesalahan desain pada kubah juga menjadi sebab rapuhnya struktur bangunan itu.

Meskipun telah memenuhi semua standar yang berlaku, rupanya arsitek hanya memperhitungkan beban standar atap. Mereka melupakan fakta bahwa salju itu melayang dan bisa saja berada di area mana saja yang menyebabkan titik beban menjadi lebih berat di area jatuhnya dibanding area lain. Tidak ada korban jiwa ketika atap gedung itu runtuh sehingga menyelamatkan kampus dan para arsitek dari tuntutan hukum yang lebih berat.

41. Bencana Konstruksi – Bendungan Banqiao

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Dibangun pada tahun 1952, bendungan yang terletak di propinsi Henan, Tiongkok ini diklaim pemerintah sebagai bendungan yang tak bisa dihancurkan. Klaim pemerintah itu ternyata berbanding terbalik dengan kenyataan. Selain konstruksi yang buruk yang terlihat di awal-awal pembangunan, seorang ahli insinyur air memperingatkan tentang kurangnya pintu regulasi air. Kesalahan tersebut akhirnya menjadi pemicu robohnya dam tersebut pada tahun 1975 selain badai dengan kekuatan yang bisa meruntuhkan bendungan sekuat apapun yang menghantam wilayah tersebut.

Setelah setahun pembangunannya, suatu hari terjadilah hujan deras yang mengguyur selama seharian penuh. Ada sebuah sebuah pesan yang dikirim untuk membuat gerbang-gerbang air. Pesan tersebut pada akhirnya tidak pernah diterima dan dinding Banqiao pun runtuh.

Bagaimana mengerikannya bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur yang satu ini?

Bayangkan; banjir menyerbu dengan gelombang air seluas 6,2 mil ke dataran di sekitarnya dengan kecepatan 30 mil per jam. 26 ribu jiwa harus melayang saat air bah itu menerjang dan 145 ribu kematian lainnya disebabkan oleh akibat pasca banjir berupa penyakit dan kelaparan.

42. Bencana Konstruksi – Terowongan Bawah Tanah Hangzhou

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini masih terjadi di Tiongkok.

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Pada tahun 2008 satu bagian dari terowongan kereta api bawah tanah di propinsi Zhejiang, Tiongkok, amblas dan meninggalkan lubang raksasa yang menelan para pekerja konstruksi dan beberapa pengendara mobil di jalanan atasnya. Terkubur di bawah reruntuhan tiang baja, 21 orang tewas dan 24 luka-luka.

Terlalu tipinsya sistem penyangga dan lapisan cor membuat terowongan tidak stabil, ditambah lagi tanah sekitar yang merupakan rawa-rawa. Beberapa saran agar terowongan itu dibangun di tempat lain rupanya diabaikan oleh developer.

43. Bencana Konstruksi – Jembatan Silver

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Jembatan ini berlokasi di Point Pleasant, Virginia Barat ini menjadi bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur yang ke 43. Jembatan yang melintasi sungai Ohio ini adalah sebuah rute komuter yang sudah cukup populer. Suatu hari di tahun 1967, di jam yang sibuk, jembatan ini runtuh.

31 dari 37 kendaraan yang melintas terjun bebas ke sungai. 46 orang meninggal dunia dan 9 lainnya mengalami luka serius.

Ketika suspensi jembatan dikonstruksi pada tahun 1928, beban standard seberat 0,6 ton ditimbang untuk menjadi batas beban struktur. 0,6 adalah berat ra-rata sebuah mobil. Akan tetapi ketika kecelakaan terjadi pada tahun 1967, rata-rata berat kendaraan hampir mendekati angka 1,8 ton sehingga tekanan pada jembatan semakin meningkat. Besi yang berkarat akibat korosi menyebabkan retak semakin menjadi dari tahun ke tahun. Dan itu adalah sebab lain tentang menunggu waktu yang tepat untuk bencana terjadi.

44. Bencana Konstruksi – Jembatan Hintze Ribeiro

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur terjadi di Castelo de Paiva, Portugis. Jembatan HIntze Ribeiro ini merupakan jembatan yang berumur 100 tahun dan melintasi sungai Duoro. Tahun 2001 jembatan ini runtuh dan menewaskan 59 orang. Penambangan pasir illegal selama hampir dua dekade di sekitar area jembatan telah membuat tiang-tiang jembatan menjadi tidak stabil.

Pejabat setempat mengetahui tentang penambangan ilegal itu, tapi mereka menutup mata. Beberapa peringatan dari para penyelam sungai tidak didengar dan para teknisi jembatan tidak mendapatkan dukungan yang memadai. Menteri Transportasi Portugis kemudian mundur dari jabatannya, beberapa jam setelah bencana itu terjadi.

45. Bencana Konstruksi – Sekolah Pétionville

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Sebanyak 93 orang, sebagian besar mereka adalah anak, terbunuh dan 150 lainnya terluka ketika sebuah sekoah di Haiti yang dioperasikan oleh gereja Collège La Promesse Évangélique runtuh di tahun 2008. Pemilik sekolah yang merupakan seorang menteri sekaligus pengkhotbah di gereja itu ditangkap dengan tuduhan perbudakan dan kerja paksa ketika ia membangun sekolah dengan tanpa berkonsultasi dengan insinyur serta menggunakan baja dengan struktur tipis dan hanya semen yang menahan blok beton.

46. Bencana Konstruksi – Stadion Fidenae

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini terjadi di kota Romawi, dulu sekali pada tahun 27 SM.

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Kekaisaran Romawi Tiberius telah melarang pertandingan gladiator. Ketika larangan tersebut dicabut, stadion yang dibangun dengan ekstra cepat itu langsung diserbu pengunjung yang berbondong-bondong ingin menonton gladitor berlaga kembali.

Salah satu stadion yang dibangun dengan material murahan dan tanpa perencanaan arsitektural, runtuh pada tahun 27 sebelum masehi. 20 ribu orang penonton terbunuh dan terluka. Dan itu adalah merupakan bencana stadion paling mematikan dalam sejarah.

Kemudian dewan senat Romawi melarang mereka yang kurang modal untuk membangun stadion dan melarang mengadakan pertunjukan gladiator. Selain itu mereka juga harus mematuhi aturan tentang inspeksi dan sertifikasi kepemilikan stadion.

47. Bencana Konstruksi – Charing Cross

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini terjadi di kota London pada tahun 1905.

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Enam orang meninggal dan 27 lainnya luka-luka ketika besi dan kaca yang menjadi atap stasiun Charing Cross ambruk ketika sedang diperbaiki pada tahun 1905. Pengerjaan bagian besi yang tidak sempurna dan berat berlebih pada material kosntruksi membuat bagian atap setinggi 70 kaki itu runtuh ke peron dan rel. Keseluruhan dinding pun turut terpicu runtuh begitu atap ambruk.

48. Bencana Konstruksi – Pasar Basmanny

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Pasar yang menjadi bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini ada di kota Moskow dan bencana terjadi pada tahun 2006. Atap yang dipenuhi salju dari pasar sayuran ini runtuh dan menewaskan sedikitnya 66 orang. Salju yang menumpuk memang masalah, tetapi keropos akibat korosi karena pelapisan anti air yang buruk dan kelalaian dalam perawatan oleh manajemen gedung adalah masalah utama. Desain tidak sempurna juga menyumbang sebab keruntuhan sebab gedung lain dengan arsitek yang sama juga runtuh pada dua tahun sebelumnya serta menewaskan 28 orang.

49. Bencana Konstruksi – Gedung Bisnis Katowice

Contoh Terburuk Konstruksi Arsitektur yang Gagal

Gedung yang menjadi contoh bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini berada di kota Chorzów, Polandia. Ketika tengah berlangsung pameran bisnis internasional pada tahun 2006, atap bangunan ini runtuh dan menimpa 700 orang. 65 orang meninggal dan 170 luka-luka. Pengelola gedung rupanya lalai untuk menyingkirkan salju yang menggunung sehingga melipat gandakan beban atap. Atap gedung itu sendiri sudah melengkung karena salju di tahun 2002 dan pengelola gedung tidak melakukan renovasi yang benar. Investigasi yang dilakukan menemukan bahwa arsitek melakukan perubahan rancangan guna memangkas biaya.

50. Bencana Konstruksi – Gedung Lian Yak

Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur

Nama lain gedung ini adalah hotel New World. Bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ke 50 ini terletak di Singapura. Pada tahun 1986 gedung yang menjadi tempat dari sebuah hotel, sebuah bank dan sebuah klub malam ini runtuh dalam 60 detik. 50 orang terjebak dalam reruntuhan dan 33 dari mereka harus mati.

Penyelidikan kemudian menemukan bahwa insinyur gedung tersebut melakukan kesalahan serius. Insinyur perencana rupanya tidak melakukan kalkulasi beban mati gedung, ia hanya mengkalkulasi dan mempertimbangkan beban hidup gedung berupa beban pengunjung, beban furnitur dan sebagainya. Ia lupa menghitung beban berat gedung itu sendiri.

Kekeliruan tersebut membuat gedung tidak bisa menahan beban beratnya sendiri sehingga keruntuhannya hanya dalam hitungan 60 detik saja.

50 bencana konstruksi terburuk di dunia akibat kesalahan arsitektur ini bersumber dari:

 

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id