Hadapi Coronavirus China Kebut 6 Hari Bangun Rumah Sakit

Hadapi Coronavirus China Kebut 6 Hari Bangun Rumah Sakit

Bangun gedung rumah sakit dalam  6 hari? Dalam kondisi darurat, apapun akan dilakukan. Seperti dalam kasus serangan virus Corona yang kini mewabah di China. Wabah virus telah membunuh 41 dan menginfeksi lebih dari 1.300 secara global. Hadapi Coronavirus China Kebut 6 Hari Bangun Rumah Sakit di kota Wuhan.

Itu adalah rumah sakit yang pertama, pekerjana konstruksi dikebut hanya akan 6 hari selesai, tepatnya 3 Februari 2020 harus siap menampung pasien terdampak virus Corona.

Kini di Wuhan sebagai pusat penyebaran virus Corona baru, di sana pemerintah China akan membangun rumah sakit khusus kedua untuk merawat pasien, demikian dinyatakan media pemerintah People’s Daily pada hari Sabtu.

Hadapi Coronavirus China Kebut 6 Hari Bangun Rumah Sakit

Gedung rumah sakit itu nantinya akan memiliki 1.300 tempat tidur, dan hebatkan dijadwalkan akan selesai dalam waktu setengah bulan. 

Rekaman video yang diposting online oleh media pemerintah China menunjukkan penggalian sudah dilakukan di lokasi seluas 25.000 meter persegi. Adapun model bangunannya didasarkan pada rumah sakit serupa yang didirikan di Beijing untuk membantu mengatasi virus Sars pada tahun 2003.

“Pada dasarnya ini adalah rumah sakit karantina, kesinilah akan dikirim para korban penyakit menular. Di sini lebih memiliki alat keamanan dan perlindungan lebih lengkap,” kata Joan Kaufman, dosen kesehatan global dan kedokteran sosial di Harvard Medical School.

Mungkinkah dikebut hanya dalam 6 hari?

“Cina memiliki catatan menyelesaikan sesuatu dengan cepat bahkan untuk proyek-proyek besar seperti ini,” kata Yanzhong Huang, seorang rekan senior untuk kesehatan global di Dewan Hubungan Luar Negeri.

Huang menjelaskan bahwa rumah sakit di Beijing pada tahun 2003 dibangun dalam tujuh hari sehingga tim konstruksi mungkin berusaha untuk mengalahkan rekor itu. Sama seperti rumah sakit di Beijing, pusat Wuhan akan dibuat dari bangunan prefabrikasi.

“Negara ini mengandalkan pendekatan mobilisasi top-down, memangkas kendala birokrasi, keuangan dan mengerahkan semua sumber daya.”

Mr Huang mengatakan bahwa insinyur akan didatangkan dari seluruh negeri untuk menyelesaikan konstruksi tepat waktu.

“Pekerjaan teknik adalah keahlian Cina. Mereka memiliki catatan membangun gedung pencakar langit dengan cepat. Ini sangat sulit bagi orang Barat untuk membayangkan. Pembanguan kilat ini bisa dilakukan,” tambahnya.

Dalam hal pasokan medis, Wuhan dapat mengambil persediaan dari rumah sakit lain atau dapat dengan mudah memesannya dari pabrik.

Pada hari Jumat, Global Times mengkonfirmasi 150 personel medis dari Tentara Pembebasan Rakyat telah tiba di Wuhan. Namun itu tidak mengkonfirmasi apakah mereka akan bekerja di rumah sakit baru setelah dibangun.

Apa yang terjadi selama wabah Sars?

Pada tahun 2003, Rumah Sakit Xiaotangshan dibangun di Beijing untuk mengakomodasi jumlah pasien yang menunjukkan gejala Sars. Itu dibangun dalam tujuh hari, diduga memecahkan rekor dunia untuk pembangunan rumah sakit tercepat.

Sekitar 4.000 orang bekerja untuk membangun rumah sakit, bekerja sepanjang hari dan malam untuk memenuhi tenggat waktu, kata China.com.cn.

Di dalamnya, ada ruang rontgen, ruang CT, unit perawatan intensif dan laboratorium. Setiap bangsal dilengkapi dengan kamar mandi sendiri.

Dalam dua bulan, rumah sakit itu menerima satu dari tujuh pasien Sars di negara itu dan dipuji sebagai “keajaiban dalam sejarah kedokteran” oleh media negara itu.

Ms Kaufman menjelaskan: “Itu diperintahkan oleh kementerian kesehatan dan diperbantukan perawat dan dokter lain dari fasilitas kesehatan yang ada untuk mengelola rumah sakit. Mereka memiliki protokol dari kementerian kesehatan yang berbicara tentang bagaimana menangani penyakit menular dan jalur kritis identifikasi dan isolasi yang khusus untuk Sars. ”

Dia menambahkan bahwa selama epidemi Sars, organisasi dan biaya ditanggung oleh daerah setempat tetapi ada banyak subsidi dari negara yang mengalir turun melalui sistem dari biaya gaji staf ke gedung.

“Saya tidak dapat membayangkan bahwa beban ini akan ditanggung oleh pemerintah Wuhan karena ini adalah prioritas tinggi,” kata Kaufman.

Sementara itu, menurut Mr Huang, rumah sakit “diam-diam ditinggalkan setelah epidemi berakhir”.

Sumber:

  1. https://www.reuters.com
  2. https://www.bbc.com/

Pencegahan dan pengobatan coronavirus baru

Berikut tips pencegahan dari tertular virus Corona, yang kami ambil dari: https://www.voanews.com. Saat ini tidak ada vaksin untuk mencegah infeksi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menghindari paparan virus ini. CDC merekomendasikan tindakan pencegahan setiap hari berikut untuk membantu mencegah penyebaran virus pernapasan:

  1. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.
  3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  4. Tetap di rumah saat Anda sakit.
  5. Tutupi batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah.
  6. Bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.

Untuk Wisatawan

Jika Anda sedang beraada di China atau hendak ke sana, maka harus:

  1. Hindari perjalanan yang tidak penting ke Hubei, termasuk ibukota provinsi, Wuhan.
  2. Hindari kontak dengan orang sakit.
  3. Diskusikan perjalanan ke China dengan penyedia layanan kesehatan mereka. Orang dewasa yang lebih tua dan pelancong dengan masalah kesehatan yang mendasarinya mungkin berisiko penyakit yang lebih parah.
  4. Hindari hewan (hidup atau mati), pasar hewan, dan produk yang berasal dari hewan (seperti daging mentah).
  5. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.
  6. Jika Anda bepergian ke China baru-baru ini dan merasa sakit karena demam atau batuk atau kesulitan bernapas, Anda harus:
  7. Segera cari perawatan medis. Sebelum Anda pergi ke kantor dokter atau ruang gawat darurat, hubungi dulu dan beri tahu mereka tentang perjalanan dan gejala Anda baru-baru ini.
  8. Hindari kontak dengan orang lain.
  9. Jangan bepergian saat sakit.
  10. Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu atau lengan baju (bukan tangan Anda) saat batuk atau bersin.

Pengobatan Serangan CoronaVirus

Tidak ada pengobatan antivirus khusus yang direkomendasikan untuk infeksi 2019-nCoV. Orang yang terinfeksi harus menerima perawatan suportif untuk membantu meringankan gejala. Untuk kasus yang parah, perawatan harus mencakup perawatan untuk mendukung fungsi organ vital.

Jika ada yang merasa terkena virus Corona ini, maka harus segera menghubungi penyedia layanan kesehatan terdekat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..