Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

Inilah wujud asli Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi. Meskipun hanya Piramida Besar Giza yang tersisa dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, dunia modern masih tetap bisa berbangga diri dengan sejumlah monumen arsitektur yang mengesankan.

Menara Eiffel, Patung Liberty, Burj Khalifa … dan masih banyak lagi. Mari kita jelajahi sebagian besar dari bangunan-bangunan terkenal itu dan melihat keindahannya yang dikelilingi oleh struktur kontemporer, dan kita akan mengetahui hal yang mengagumkan tentang proses konstruksinya.

Yang menarik bagi sebagian kita ketika melihat bangunan-bangunan ikon dunia adalah perubahan dan perkembangannya. Mungkin kita bertanya-tanya seperti apa rupa dan lanskap sekitar bangunan tersebut pada awalnya dan bagaimana mereka bertahan selama ini?

Mungkinkah salah satu arsitektur modern kita bisa bertahan dan berubah menjadi semacam Piramida Besar di masa depan? Mungkin beberapa bangunan terkenal yang sedang dibangun akan bais menjawab rasa ingin tahu kita. Inilah 20 Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi.

01. Golden Gate Bridge San Francisco, California

  • Jembatan Golden Gate yang indah ini tidak dapat kita bayangkan tanpa San Francisco. Jembatan ini membentang melintasi Golden Gate, selat yang menghubungkan Teluk San Francisco dan Samudra Pasifik dan panjangnya 8.981 kaki (2.737,4 m). Pembangunan jembatan gantung ini dimulai pada 5 Januari 1933, dengan arsitek Irving Morrow dan desain teknik oleh Joseph Strauss, dan Charles Ellis. Biaya produksi lebih dari $ 35 juta ($ 493 juta dalam dolar 2016), meskipun jembatan selesai lebih cepat dari jadwal dan $ 1,3 juta di bawah anggaran (setara dengan $ 23,8 juta hari ini). Jembatan ini selesai dibangun dalam 4 tahun dan mengambil 11 nyawa pekerja konstruksi.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

02. Eiffel Tower Paris Prancis

  • Menara Eiffel adalah salah satu struktur paling ikonik di dunia, yang wajib dilihat ketika mengunjungi Prancis. Bangunan ini sangat penting bagi pemandangan Paris sehingga sulit untuk membayangkan Paris tanpa Eiffel. Pada tahun 1887, ketika pembangunan menara baru saja dimulai, terjadi perdebatan cara merayakan seratus tahun Revolusi Prancis dan pusat perhatian yang cocok untuk Pameran 1889 yang diusulkan Universelle. Maurice Koechlin dan Émile Nouguier, dua insinyur senior yang bekerja untuk Compagnie des Établissements Eiffel dikaitkan dengan desain menara. Namun, sesulit yang dibayangkan, ada banyak orang terutama seniman yang menganggap desain itu mengerikan dan banyak yang memprotes konstruksi. Meskipun demikian, menara ini selesai pada 15 Maret 1889, dengan 300 pekerja di lokasi, 1 korban jiwa dan sekitar 10 ribu ton logam. Menjulang 300 meter, Menara Eiffel adalah struktur tertinggi di dunia pada waktu itu.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

03. Statue Of Liberty – New York City, Amerika Serikat

  • Gedung ini adalah lambangnya kebebasan dari penindasan, persatuan, dan persahabatan antara dua negara, Patung Liberty adalah hadiah dari rakyat Prancis kepada rakyat Amerika Serikat. Persahabatan antara dua negara yang didirikan selama Revolusi Amerika diubah menjadi simbol oleh Frédéric Auguste Bartholdi yang memahat patung dan mendapatkan paten AS untuk struktur tersebut. Patung ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dibangun, dimulai dengan tangan kanan pada tahun 1875, dirakit dan dibongkar di Prancis, dikirim ke AS, dirakit sekali lagi dan akhirnya secara resmi didedikasikan dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886. Butuh banyak upaya, penggalangan dana dan kerja keras (kru, dilaporkan, bekerja sepanjang waktu, tujuh hari seminggu, selama sembilan tahun untuk menyelesaikan patung), tetapi itu menjadi salah satu simbol paling terkenal di negara ini, jika bukan dunia. Patung Liberty tingginya 151 kaki 1 inci (46 meter), membuatnya setinggi 305 kaki 1 inci (93 meter) termasuk alas.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

04. Lincoln Memorial – Washington, D.C., Amerika Serikat

  • Jelas, Presiden Abraham Lincoln merupakan sosok yang tak terlupakan dalam masa hidupnya dan bahkan lebih setelah kematiannya. Pada tahun 1868, 3 tahun setelah kematiannya akibat dibunuh, Lot Flannery mendirikan sebuah patung di depan Balai Kota Columbia City sebagai peringatan publik untuk mantan presiden, yang memicu minat publik dalam sebuah peringatan nasional. Meskipun terlepas dan menolak sejumlah besar tagihan, Lincoln Memorial yang kita kenal sekarang baru mulai dipondasi pada 12 Februari 1914, ketika pembangunan yang sebenarnya dimulai. Dengan dana 300.000, US Dollar bangunan memorial itu selesai pada tahun 1922 dengan Henry Bacon sebagai arsitek dan Daniel Chester French sebagai pematung proyek tersebut. Keseluruhan memorial membutuhkan ruang 2.539,6 m2, sedangkan ‘candi’ eksterior berukuran 57,8 x 36,1 m dan tinggi 30 m. Bangunan itu dibuat dalaml mode Yunani klasik dengan kolom tanda tangan dan jalur. Patung Lincoln berukuran 5,8 m dan terbuat dari marmer putih Georgia dengan berat 159 ton dan harus dikirim dalam dua puluh delapan keping.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

05. Sydney Opera House – Sydney, Australia

  • Ketika Direktur NSW State Conservatorium of Music, Eugene Goossens bersikeras memiliki tempat yang cocok untuk teater besar di tahun 1940-an, tidak ada satupun yang punya tentang bangunan yang nantinya menjadi salah satu bangunan paling terkemuka di dunia. Pembangunan Sydney Opera House dimulai pada tahun 1959 dengan penghancuran Depot Tram Fort Macquarie yang menduduki situs tersebut. Desainnya disiapkan oleh arsitek Denmark Jørn Utzon yang memenangkan kompetisi internasional untuk proyek tersebut, mengalahkan 233 entri, mewakili arsitek dari 32 negara. Konstruksi dibagi menjadi tiga tahap, podium, atap dan interior dan selesai pada tahun 1973. Struktur gedung memakan biaya 102 juta US Dollar atau setara dengan ~927 juta US Dollar pada 2016.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

06. Empire State Building – New York City, Amerika Serikat

  • The Empire State Building adalah gedung pencakar langit bergaya Art Deco yang memiliki 102lantai. Gedung ini menjulang setinggi 443,2. Anda harus mengunjunginya ketika ke New York. Butuh waktu lama untuk merencanakan dan merancang karena rencana pembangunan gedung ini melewati 15 versi yang berbeda. Pekerjaan konstruksi dimulai pada 1 Oktober 1929 dengan pembongkaran hotel tua Waldorf-Astoria. Konstruksi berakhir pada 11 April 1931, seharga $ 40.948.900 US dolla saat itu atau 534 juta US Dollar thn 2016. Foto proses pembangunan ini diambil oleh Lewis Hine dengan memanjat dan menjuntai dari gedung bersama para pekerja untuk mendapatkan info dan gambaran tentang proses dan kehidupan sehari-hari pekerja.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

07. Channel Tunnel Beneath The English Channel At The Strait Of Dover

  • Memasang batu bata atau menyambung ujung logam bersamaan ke dalam struktur yang tinggi adalah pekerjaan mudah ketika penggalian sudah dilakukan. Menggali terowongan air bawah tanah yang sangat besar di besar sepertinya tugas berat yang sama sekali berbeda dengan sekadar memasang abta dan menyambung logam.Tapi itu pekerjaan itu sepertinya tidak menakutkan bagi beberapa orang di abad ke-19. Seperti pada seorang insinyur pertambangan Prancis, Albert Mathieu-Favier, yang memperkenalkan gagasan menggali terowongan di bawah Selat Inggris.Terlepas dari banyaknya penolakan dari orang dan kelompok yang berbeda, maka pada tahun 1979 konsep tersebut mulai dikebut ketika perdana menteri Inggris Margaret Thatcher mendukung gagasan tersebut dan proyek didanai secara pribadi.Dua tahun kemudian, Thatcher dan presiden Prancis François Mitterrand setuju untuk bekerja sama dalam proposal yang didanai secara pribadi. Dengan banyak perjanjian, skema pendanaan, dan kerja bertahun-tahun dari kedua negara, pembangunan dimulai pada tahun 1988.Sebelas mesin bor terowongan digunakan untuk memotong bukit kapur guna membangun dua terowongan kereta api dan terowongan layanan. Konstruksi menelan biaya £ 4,65 miliar (setara dengan £ 13 miliar pada 2015), dengabn tenaga sekitar 15.000 orang dan merenggut 10 nyawa pekerja.Panjang terowongan ini adalah 50,45 km dan mulai beroperasi pada tahun 1994 setelah dibuka secara resmi oleh Ratu Elizabeth II dan Presiden Mitterrand pada bulan Mei.

08. Hoover Dam Of The Colorado River

  • Dikenal sebagai Boulder Dam, bendungan gravitasi lengkung beton di Black Canyon Sungai Colorado ini adalah struktur beton terbesar pada masanya. Dibangun selama era Great Depression, Bendungan Hoover diupaya besar-besaran penyelesaiannya dengan ribuan orang yang bekerja selama 5 tahun (1931-1936). Akhirnya merenggut lebih dari 100 nyawa. Bendungan itu menghancurkan Danau Mead, reservoir terbesar di Amerika Serikat berdasarkan volume, dan menghasilkan tenaga listrik tenaga air. Tingginya 221,4 m eter dan 379 meter.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

09. Manhattan Bridge – New York City, Amerika Serikat

  • Jembatan sekaligus dan struktur lain di New York City adalah Jembatan Manhattan dengan panjang 448 m), tinggi 102 m yang menghubungkan Manhattan dengan Brooklyn. Konstruksinya dimulai pada tahun 1901 dengan menara didirikan pertama kali. Sisa jembatan selesai tahun 1912 dan membutuhkan 30.000 ton baja, dan uang diperlukan waktu adalah sekitar 22 juta USD. Meskipun membutuhkan banyak perbaikan selama bertahun-tahun, jembatan ini masih tetap menjadi salah satu bagian kota yang paling indah, dengan lengkungan khas dan barisan tiang yang menghiasi pintu masuk Manhattan.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

10. World Trade Center – New York City, Amerika Serikat

  • Menara Kembar World Trade Center sangatlah menarik perhatian dunia ketika serangan 9/11 menghancurkan Menara Utara dan Selatan dalam beberapa menit. Menara keduanya runtuh dalam beberapa jam, mengambil sekitar 3000 nyawa, menjadikannya satu-satunya serangan teroris paling mematikan dalam sejarah manusia. Pekerjaan konstruksi untuk World Trade Center dimulai pada 5 Agustus 1966. Kompleks ini dibuka pada 4 April 1973. Menara Kembar, yang 1 berketinggian 417 m; dan menara 2 setinggi 415,1 m, adalah bangunan tertinggi di dunia pada saat penyelesaiannya.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

11. Tower Bridge – London, Inggris

  • Sama seperti Menara Eiffel di Paris atau Patung Liberty di New York, orang sulit membayangkan London tanpa Tower Bridge yang ikonik. Kembali pada abad ke-19, ketika orang membutuhkan jembatan di hilir Jembatan London sekaligus tidak ingin memutus akses terhadap kapal berlayar ke fasilitas pelabuhan di Pool of London, antara London Bridge dan Tower of London. Kemudian sebuah komite dibentuk pada 1877 untuk menyelesaikan masalah ini dan akhirnya memilih Sir John Wolfe Barry untuk insinyur dan Sir Horace Jones sebagai arsitek untuk membangun jembatan baru. Konstruksi dimulai pada 1886 dan selesai 8 tahun kemudian, dengan 432 pekerja konstruksi, lebih dari 70.000 ton beton, lebih dari 11.000 ton baja dan biaya £ 1.184.000 (setara dengan £ 132 juta pada 2018). Jembatan ini memiliki tinggi 65 m dan membentang di seberang sungai hingga 82,3 m.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

12. Shelter di Chernobyl, Ukraina

  • Bencana Chernobyl pada 25-26 April 1986 mengguncang dunia sebagai satu dari hanya dua kecelakaan energi nuklir yang diklasifikasikan sebagai peristiwa level 7 (klasifikasi maksimum) pada Skala Nuklir Internasional (yang lainnya adalah bencana nuklir Fukushima Daiichi).Bencana ini merenggut 31 nyawa yang terkait langsung dengan insiden itu, dan meskipun insiden itu terjadi beberapa dekade yang lalu, dampaknya pada kesehatan korban hingga masih belum sepenuhnya jelas.Kecelakaan itu membutuhkan upaya luar biasa untuk dekontaminasi, dengan salah satu proyek besar menjadi penutup besar reaktor 4 yang dikenal sebagai “The Sarcophagus” yang selesai pada Desember 1986.The Sarcophagus dibangun sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran debu radioaktif yang tersisa karena reaktor 1, 2 dan 3 yang tersisa masih berfungsi dan memiliki kru bekerja (reaktor 3 menghasilkan listrik hingga 2000 sebelum dimatikan).Meskipun reaktor pembangkit listrik tidak lagi berfungsi, upaya pembersihan masih berlangsung dan dijadwalkan selesai pada 2065.Struktur dalam foto tersebut adalah New Safe Confinement yang dibangun di atas sarkofagus asli dan dimaksudkan untuk mencegah pelepasan kontaminan radioaktif dari tempat penampungan yang ada, melindungi reaktor dari pengaruh eksternal, memfasilitasi pembongkaran dan pelucutan reaktor, dan mencegah air intrusi.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

13. Ryugyong Hotel – Pyongyang, Korea Utara

  • Mungkin inilah struktur yang paling terkenal di Korea Utara, Ryugyong Hotel yang merupakah bangunan besar berlantai 105 yang menjulang setinggi 330,02 meter dan diklasifikasikan sebagai bangunan kosong tertinggi di dunia.Konstruksinya dimulai pada tahun 1987 dan konon dimaksudkan sebagai hotel terbesar di dunia, namun, karena krisis ekonomi Korea Utara, pembangunan bangunan sempat terhenti beberapa kali.Dengan kesepakatan dan bantuan keuangan dari perusahaan Mesir Orascom Group, pekerjaan dilanjutkan kembali pada April 2008 dan dalam beberapa tahun mendatang akhirnya bagian luar bangunan selesai.Pembukaan parsial diumumkan untuk 2013, namun, pada 2019 bangunan itu masih belum selesai dan kosong.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

14. Burj Khalifa – Dubai, United Arab Emirates

  • Bangunan tertinggi di dunia, The Burj Khalifa adalah gedung pencakar langit besar di Dubai, Uni Emirat Arab yang mencapai ketinggian 828 meter.Konstruksi bangunan dimulai pada 6 Januari 2004 dan berakhir pada 1 Oktober 2009.Burj Khalifa dibangun sebagai bagian dari pembangunan yang lebih besar yang disebut Downtown Dubai dan menghabiskan biaya US $ 1,5 miliar.Sementara awalnya bernama Burj Dubai, kemudian diganti namanya menjadi Burj Khalifa untuk menghormati presiden Uni Emirat Arab, Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

15. Gateway Arch – St. Louis, Missouri, Amerika Serikat

  • Lengkungan tertinggi di dunia, The Gateway Arch tampak pada ketinggian 192 m (630 kaki) dan merupakan monumen buatan manusia tertinggi di Belahan Barat.Gateway Arch dirancang oleh arsitek Amerika-Finlandia Eero Saarinen pada tahun 1947 setelah perencanaan ekstensif oleh pemerintah dan kompetisi desain yang memakan waktu 3 tahun.Pembangunan lengkungan dimulai pada 12 Februari 1963 dan berakhir pada 28 Oktober 1965, meskipun terjadi berbagai penundaan dan tuntutan hukum yang mengejutkan proses tersebut.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

16. Mount Rushmore Models

  • Salah satu monumen paling ikonik di AS, Memorial Nasional Gunung Rushmore adalah monumen yang menggambarkan kepala Presiden George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln dalam bentuk ukiran wajah dari batu granit di Gunung Rushmore di Black Hills di Keystone, South Dakota.Memorial Nasional Gunung Rushmore dilaporkan menarik lebih dari dua juta pengunjung setiap tahun. Dulunya, sejarawan Doane Robinson ingin mempromosikan pariwisata di South Dakota sehingga ia datang dengan ide untuk memorial dan membujuk pematung Gutzon Borglum untuk memodelkan patung-patung itu.Setelah proyek disetujui oleh Kongres, ukiran dimulai pada 1927 dan berakhir pada 1941 tanpa satu pun kematian.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

17. Space Needle – Seattle, Washington

  • Markah tanah Seattle yang paling ikonik, Space Needle setinggi 184 m adalah gedung tertinggi di Seattle dan negara bagian Washington dari tahun 1962 hingga 1969 hingga dikalahkan oleh Safeco Plaza.Menara observasi ini memiliki berat 8.660 ton dan dibangun untuk menahan angin hingga 320 km / jam dan gempa bumi berkekuatan hingga 9.0 skala Richter.Pembangunan menaranya sendiri dimulai pada 17 April 1961 dan berakhir pada 8 Desember 1961.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

18. Washington Monument – Washington, D.c., Amerika Serikat

  • Monumen Washington adalah struktur batu dominan tertinggi di dunia dan obelisk tertinggi di dunia, berdiri 554 kaki 7 11⁄32 inci (169.046 m).Terletak di Washington, D.C, struktur ini memperingati Presiden George Washington. Monumen Washington terbuat dari marmer, granit, dan gneiss bluestone.Meskipun Monumen Washington berdiri sebagai simbol bangga sampai hari ini, ada banyak musibah selama masa pembangunan dan pemeliharaannya.Pekerjaan dimulai pada tahun 1848 dan Monumen Washington melibatkan budak-budak Afrika-Amerika sebagai pekerja konstruksi. Ketika sumbangan habis, pembangunan dihentikan pada tahun 1854, meninggalkan obelisk di ketinggian 46,3 m.

    Setelah Perang Sipil berakhir dan pergulatan politik dan keuangan yang tak berkesudahan terjadi, konstruksi dilanjutkan kembali pada 1879 dan obelisk akhirnya selesai pada 9 Oktober 1888.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

19. Vehicle Assembly Building And Launch Control Center (Nasa) – Florida, Amerika Serikat

  • Bangunan ciri khas NASA, The Vehicle (tadinya Vertical) Assembly Building, atau VAB, terletak di Brevard County, Florida, AS dan berdiri pada 160,3 meter sehingga menjadikannya bangunan bertingkat tunggal terbesar di dunia.Konstruksi dimulai pada 2 Agustus 1963 ketika NASA menugaskan perusahaan Morrison-Knudsen untuk merancang dan membangun VAB.Bangunan itu selesai pada tahun 1966 dan dimaksudkan untuk menahan badai dan badai tropis dengan fondasi yang terdiri dari 30.000 meter kubik beton dan 4.225 batang baja yang didorong 160 kaki menjadi batuan kapur.

    Tujuan utama dari Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi ini adalah untuk memungkinkan komponen kendaraan ruang angkasa pra-produksi yang besar, seperti Space Shuttle yang besar untuk dirakit.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

20. The Shard – London, Inggris

  • Gedung pencakar langit setinggi 95 lantai yang disebut The Shard dirancang oleh arsitek Italia Renzo Piano dan duduk di ketinggian 309,7 m (1.016 kaki), menjadikannya bangunan tertinggi di Inggris.Konstruksi dari Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi ini dimulai pada bulan Februari 2009 dan pada bulan Desember 2011 menjadi gedung tertinggi di Uni Eropa, meskipun strukturnya belum selesai.

    The Shard selesai pada bulan November 2012 dan biaya sekitar £ 435.023.452.

Inilah 20 Bentuk Bangunan Terkenal Ketika Dikonstruksi

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.