Cukup 3 Hari Membangun Gedung 1 Lantai

Posted by purnosidi
on 20/06/2015
Cukup 3 Hari Membangun Gedung 1 Lantai

Artikel ini adalah tentang cukup 3 hari membangun gedung 1 lantai. Baru-baru ini diberitakan oleh https://www.businessinsider.co.id bahwa ada sebuah perusahaan konstruksi dari negara Tiongkok yang berhasil membangun 1 gedung pencakar langit 57 lantai hanya dalam waktu 19 hari. Luar biasa tentunya. Tidaklah aneh sebab perusahaan tersebut memang didukung dengan kemajuan teknologi peralatan konstruksi dan manajemen proyek yang baik.

Sebagai analisa di atas kertas, mungkin tulisan ini akan sedikit menjelaskan bagaimana kecepatan pengerjaan struktut sebuah pbangunan bisa cepat dikerjakan pada sebuah proyek konstruksi. Tidak perlu membandingkan dengan mega proyek dari Tiongkkok dengan 57 lantai itu. Bagaimanana dengan gedung 1 lantai? Berapa cepat bangunan 1 lantai bisa diselesaikan? Berapa hari?

Ternyata hanya cukup 3 hari membangun gedung 1 lantai. Mungkinkah membuat struktur sebuah bangunan gedung yang terselesaikan dalam 3 hari saja?

Dengan perencanaan tepat dan konsistensi pelaksanaan yang baik dan terencana maka membangun gedung 1 lantai akan hanya bisa memakan waktu 3 hari.

Untuk pembaca, kami dari Nikifour Karawang, sebuah perusahaan jasa konstruksi dan pekerjaan proyek sipil, kami akan memberikan Anda sebuah contoh perencanaan cara cepat membuat struktur gedung 1 lantai sebagai berikut.

Jika kita memiliki proyek perencanaan pembangunan sebuah gedung berlantai 21 dan dibutuhkan 3 hari progress pembuatannya untuk setiap lantainya, setidaknya kita membutuhkan 20 x 3 hari atau 2 bulan sehingga keseluruhan 1 gedung akan memakan waktu 6 bulan untuk selesainya.

Tentu saja perencanaan tersebut sudah meliputi pekerjaan pondasi, mekanikal kelistrikan hingga finishing arsitektur.

Berikut beberapa rahasia agar perencanaan tahap kertas ini bukan sebuah teori yang mustahil. Pada dasarnya sebuah proyek akan selalu memiliki kendala yang bisa terjadi kapan saja.

Metode Pengerjaan

Untuk membuat sebuah pengerjaan cepat tentu dibutuhkan semua metode yang mendukung penyelesaian cepat, semisal pengerjaan kolom, balok hingga plat lantai. karenanya untuk pengerjaan gedung 1 lantai dalam 3 hari maka rencana yang bisa kita ambil adalah:
1. Pengerjaan Kolom secara manual
2. Pembuatan Balok secara sistem manual
3. Pembuatan plat lantai menggunakan metode half slab.

Metode half slab adalah pekerjaan plat lantai beton bertulang dengan cara separuh precast dan separuhnya lagi dibuat ditempat.

Tidak saja pengerjaan membuat plat lantai, pengerjaan kolom dab balok semestinya menggunakan sistem precast. Semua sistem precast? Ya, asalkan alat angkat yang ada memenuhi kapasitas.

Menentukan waktu dan pekerjaan

Menentukan di sini adalah pembagian waktu pengerjaan struktur 1 lantai agar terselesaikan dalam 3 hari. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

Hari Pertama:

  • Pemasangan besi kolom
  • Pemasangan bekisting kolom
  • Pengecoran kolom
  • Pemasangan perancah balok dan plat lantai yang dapat memakai sistem Scaffolding (PCH)

Hari Kedua:

  • Pembongkaran bekisting kolom
  • Pemasangan bekisting balok
  • Pemasangan besi balok

Hari ketiga:

  • Pemasangan plat lantai dengan metode half slab
  • Pemasangan besi plat untuk lantai
  • Pengecoran balok dan pengecoran plat lantai

Hal yang paling menentukan agar waktu 3 hari bisa digunakan untuk menyelesaikan pembuatan struktur gedung 1 lantai adalah scheduling pekerjaan. Pastikan bahwa semua tahapan dan waktu pengerjaan memang benar-benar sesuai yang dijadwalkan. Dan berikut inilah hal-hal yang harus terselesaikan sesuai jadwal:

  1. Volume Beton, Besi, dan Bekisting.

  2. Jumlah alat yang dibutuhkan seperti Perancah dan bekisting dalam jumlah yang memadai dengan volume pekerjaan.

  3. Jumlah tenaga kerja yang yagn dibutuhkan dalam jumlah yang sesuai dengan volume pekerjaan.

  4. Prakiraan kemungkian permasalahan yang bisa timbul dan langkap antisipasi yang siap.

  5. Prediksi faktor cuaca dan penyiapan strategi. Hal ini penting supaya pekerjaan tetap terus berjalan. Yang mungkin terjadi adalah hujan sehingga tenda dan sebagainya bisa dipersiapkan seawal mungkin.

  6. Sebuah proyek adalah kerja tim karenanya tim kerja yang solid, kompak dan bersemangat adalah faktor lain yang tidak kalah penting. Peningkatan etos kerja tim harus selalu diperhatikan dan dipertahankan. Pimpinan proyak wajib menciptakan kondisi kerja yang menyenangkan. Senantiasa mengapresiasi setiap progres keberhasilan dengan pujian, penghargaan atau bonus dan semacamnya. Pengawasan pekerjaanpun bukan sebuah monitoring kerja paksa penuh tekanan.

  7. ketersediaan stock material bangunan mulai dari semen pasir, beton dalam suplai yang lancar

  8. Faktor keselamatan kerja adalah hal yang mutlak karena menjadi sebuah keharusan agar pimpinan proyek memperhatikan keselamatan, kesehatan dan kebersihan kerja. tertundanya pekerjaan bahkan gagalnya proyek tersebab kecelakaan adalah hal yang tidak diinginkan. kecelakaan kerja akibat kecerobohan yang semestinya bisa diminimalsir di awal akan mengakibatkan banyak kerugian.

  9. Tergantung sikon dan masalah pada setiap proyek, akan tersisa hal-hal lain yang harus selalu diperhatikan dan diantisipasi.

Nah pembaca, kontraktor sipil Nikifour Karawang senantiasa mengedepan 9 hal di atas terhadap terciptanya penyelesaian proyek secara cepat dan berkualitas sesuai waktu yang dijadwalkan.

Melihat 9 hal di atas, maka menyelesaikan struktur gedung 1 lantai dalam 3 hari adalah proyek yang tidak mustahil. Penerapan metode  separuh precast dan separuh manual adalah metode kunci dari kecepatan sistem kerja ini.

Jika terbaca tidak masuk akal tentu menjadi hal yang boleh-boleh saja dalam setiap tahap perencanaan. Kesalahan akan selalu ada dalam setiap perencanaan. Perencanaan yang matang baik dan siap adalah separuh pekerjaan. Jika tidak ada kemunculan kendala dan masalah yang terjadi 3 hari pasti bisa dengan semua faktir perhitungan dan penentuan yang matang. walaupun harus mulur karena adanya kendala, tentu tidak akan terpaut jauh. Anda berbeda pendapat?

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id