Definisi Besi Assental dan Manfaat Penggunaanya dalam Konstruksi

Posted by purnosidi
on 03/01/2018

Kali ini adalah tentang definisi besi assental dan manfaat penggunaanya dalam konstruksi. Secara umum sebenarnya Besi Assental adalah bahan yang digunakan untuk banyak hal. Disebut juga dengan istilah Shafting Bar atau Bar Stock. Jika anda ingin mendapatkan  berat dari material Assental ini maka anda bisa menggunakan rumus, luasa penampang x panjang x berat jenis. Namun karena setiap komposisi dari material sendiri sebenarnya memiliki berat jenis yang berbeda sehingga ada beberapa pendekatan yang dilakukan.

Besi Assental dan Manfaat Penggunaanya dalam Konstruksi

Besi Assental sendiri sebenanya adalah salah satu besi yang memiliki penampakan dari warna yang beragam. Ada Assental yang memiliki warna putih, namun  ada juga yang memiliki warna abu – abu. Untuk bentuknya sendiri, Assental memiliki bentuk yang bulat atau biasanya disebut dengan round bars dan memiliki bentuk segi empat atau kotak yang biasa disebut dengan square bars. Bahkan ada beberapa jenis besi Assental juga disebut juga dengan shafting bar, dimana jenis besi ini biasanya sering digunakan untuk proses pembuatan sparepart mobil, mur, baut dan juga beberapa funiture lain seperti kursi, rak dan masih banyak yang lainnya.

Untuk ukurannya sangat beraneka ragam dan tergantung dengan jenisnya. Anda bisa mendapatkan ukuran yang sesuai dengan keinginan anda sesuai dengan pilihan di toko besi. Namun secara umum ukurannya adalah 6 mm – 150 mm dengan panjang 5 meter. Untuk anda yang masih bingung sebenanrya Assental ini sangat sering kali anda temui, hanya saja anda tidak sadar jika sering anda gunakan karena anda tidak mengetahui namanya. Namun Yang perlu anda pahami, ada beberapa kegunaan dan penerapan dari besi Assental ini.

Selama ini mungkin beberapa di antara hanya mengetahui jenis besi Assental, namun tak banyak mungkin yang memahami sebenarnya apa saja fungsi dari besi assental dan manfaat penggunaanya dalam konstruksi. Dalam kehidupan kita sehari – hari, besi Assental ada banyak benda dan barang yang menggunakan besi Assental. Sehingga jika anda memiliki besi Assental ada baiknya untuk anda memahami fungsi dan kegunaannya untuk kehidupan anda sehari – hari. Berikut adalah apa saja hal yang digunakan untuk penggunaan Assental:

Besi Assental biasanya sering dipergunakan untuk trolley

Beberapa diantara anda mungkin tidak begitu sadar, jika pada saat anda akan berbelanja kebutuhan makanan anda di toserba atau supermarker dan pasar swalayan, maka anda tentu sering menggunakan Trolley, bahkan bisa dikatakan anda tidak asing dengan barang ini. Dimana Trolley sering kali anda gunakan untuk membawa beberapa barang – barang yang anda beli dibawa dalam satu tempat tanpa harus anda mengangkatnya, karena trolley digunakan dengan cara mendorongnya. Nah sebenanrya Trolley adalah salah satu barang yang sebenarnya dibuat dengan menggunakan besi Assental. Ini adalah salah satu satu penerapan dari Assental pada trolley. Penggunakaan besi Assental pada trolley ini dilakukan karena  besi Assental memiliki proses pemasnagan yang mudah, sangat kuat dan yang terpenting bisa tahan lebih lama.

Besi Assental biasanya sering digunakan sebagai bahan baku untuk mur dan baut

Pada saat anda akan mengencangkan dan menyambungkan dua jenis benda biasanya anda memang membutuhkan sebuah benda dinamakan mur atau baut. Dimana untuk mur dan baut ini sendiri biasanya terbuat dari besi Assental karena besi ini sangat mudah untuk anda bentuk, sangat kuat dan tidak mudah patah. Selain itu, jenis baut yang sudah ada dengan bahan besi Assental adalah baut segiempat atau square head, baut segienam, Carriage bolts, hex bolts dan masih banyak lainnya. Ada juga macam – macam jenis mur lain yang menggunakan besi Assental diantaranya adalah mur segienam, mur segiempat, mur mahkota dan masih banyak jenis mur lainnya yang menggunakan bahan utamanya besi Assental.

Besi Assental yang digunakan untuk proses pembuatan rak

Anda juga harus mengetahui, jika besi Assental juga banyak digunakan pada bahan – bahan untuk pembuatan rak. Rak adalah salah satu tempat yang memiliki fungsi untuk menempatkan beberapa barang dan juga menyimpan beberapa barang. Biasanya barang yang anda simpan dan letakkan di rak adalah barang – barang yang memiliki jumlah yang cukup banyak. Misalnya adalah sepatu, buku, benda – benda hiasan misalnya adalah gelas, piring, guci, aksesoris dan masih banyak jenis lain yang sering anda susun di atas rak. Dan pada umumnya, rak biasanya terbuat dari bahan kayu atau biasanya terbuat dari plastik. namun untuk saat ini besi juga sering dijadikan sebagai rak. Dan salah satu rak yang sering digunakan pada besi adalah dengan bahan besi Assental. Dimana bahan besi ini digunakan karena dianggap sangat mudah dalam proses pembuatan besinya, terbuat jauh lebih kuat untuk menampung dan menyimpan barang  dengan beban yang cukup berat serta di anggap jauh lebih awet.

Demikianlah Besi Assental dan Manfaat Penggunaanya dalam Konstruksi. Perlu diketahui juga besi Assental sebenarnya bisa anda gunakan bukan hanya untuk ketiga barang diatas, ada banyak hal lain yang bisa anda gunakan dengan besi Assental ini. Namun yang perlu anda pahami juga anda harus pintar dan lebih teliti pada saat memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan begitu akan memudahkan anda dalam penggunaannya. Dan yang perlu anda ketahui juga adalah ada banyak sekali jenis dari besi Assental ini, Sehingga anda jangan salah dalam memilih yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id