Mengenal Jenis Pipa Baja dan Penggunaannya

Posted by purnosidi
on 02/01/2018

Kami perusahaan kontraktor di Karawang akan mengajak Anda untuk lebih jauh mengenal jenis pipa baja dan penggunaannya. Pipa dikenal sebagai benda dengan bentuk silinder dan memiliki lubang pada bagian tengahnya. Bahan pembuatnya pun cukup beragam, ada pipa yang terbuat dari bahan plastik, kemudian logam, dan beragam jenis bahan lainnya. Fungsi pipa secara umum itu digunakan untuk mengalirkan atau mendistribusikan beragam jenis zat menuju arah yang dituju, baik itu zat cair, gas atau bahkan zat padat sekali pun. Pipa sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa bagian yaitu pipa yang digolongkan berdasarkan jenis bahan pembuatannya, ukuran yang dimiliki dan penggolongan jenis pipa lainnya. Untuk mengetahui lebih jelas terkait pembagian golongan pipa serta apa saja penggunaannya, ada baiknya apabila anda simak penjelasan jenis pipa baja dan penggunaannya berikut ini :

Jenis pipa berdasarkan jenis zat yang dialirkan di dalamnya

  1. Pipa air
  2. Pipa minyak
  3. Pipa gas
  4. Pipa uap
  5. Pipa lumpur
  6. Dan lainnya

Jenis pipa berdasarkan cara pembuatannya

  1. Pipa yang telah dibuat tanpa adanya proses pengelasan atau lebih dikenal dengan sebutan seamless
  2. Pipa yang telah dibuat dan disertai dengan proses pengelasan atau lebih dikenal dengan sebutan welded
  3. Pipa yang telah dibuat melalui proses casting sentrifugal dan menggunakan bahan logam panas campuran atau dectile.

Jenis pipa berdasarkan struktur dari bahan baku yang digunakannya

  1. Pipa carbon steel
  2. Pipa carbon moly
  3. Pipa stailess steel
  4. Pipa duplex
  5. Pipa galvanis
  6. Pipa fero nikel
  7. Pipa chrom moly
  8. Pipa PVC
  9. Pipa HDPE (High Density Polyethylene)
  10. Pipa fiberglass
  11. Pipa wrought iron, yaitu pipa besi tanpa tempa
  12. Pipa tembaga
  13. dan jenis pipa lainnya.

Selain beberapa jenis pipa di penjelasan jenis pipa baja dan penggunaannya atas tadi ada pula jenis pipa lainnya yaitu pipa dengan kekuatan tinggi. Jika pada umumnya beberapa jenis pipa di bagian atas tadi ditujukan untuk penggunaan atau kebutuhan rumah tangga, maka berbeda halnya dengan jenis pipa yang satu ini, yang mana pipa tersebut lebih sering digunakan untuk kebutuhan industri, yang tentu saja memiliki beragam bagian zat yang harus dialirkan padanya termasuk zat berbahaya sekali pun . karena itulah jika pada penggunaan rumah tangga, jenis pipa yang digunakan itu lebih ada pipa PVC, maka pada skala ekstrem seperti kebutuhan industri tersebut, maka pipa yang digunakan pun adalah jenis pipa baja. Hal ini tidak lepas dari penggunaan pipa dalam dunia industri yang umumnya lebih ditujukan untuk kebutuhan proses instalasi pembangkit listrik, kebutuhan akan industri penyulingan minyak, bahan migas, distribusi atau bahkan transmisi gas dan juga beragam kebutuhan industri lainnya.

Jenis pipa baja dan penggunaannya

Pipa baja dikenal sebagai jenis pipa dengan kekuatan tinggi, hal ini terbukti dari daya tahan serta elastisitas yang dimilikinya, yang tentu saja jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. Lebih dari itu, pipa baja juga memiliki resistensi tinggi sehingga mampu menahan tekanan internal juga eksternal, bahkan untuk perlakuan getaran atau bahkan kejut sekali pun. jenis pipa yang satu ini juga umumnya dibuat pada tekanan yield yang cukup tinggi  yaitu 210 hingga 350 Mpa. Sementara itu, untuk kekuatan tarikannya dapat mencapai 340 hingga 650 Mpa. Karena itulah jenis pipa yang satu ini sangat cocok untuk digunakan oleh dunia industri dengan beragam jenis zat ekstrem atau berbahaya sehingga proses mengalirkan beragam zat berbahaya tersebut pun dapat dilakukan dengan lebih aman.

Jenis-jenis pipa baja

Selain penjelasan jenis pipa baja dan penggunaannya di bagian atas tadi pipa baja juga hadir dengan dua bentuk berbeda, yang tentu saja perbedaannya dapat anda lihat melalui komposisi bahan kimia penyusun pipa itu sendiri, untuk penjelasan lebih lanjut simaklah uraian berikut ini ;

1. Pipa jenis baja karbon (pipa carbon steel)

Jenis pipa baja yang satu ini terbuat dari perpaduan antara bahan besi (Fe) dengan bahan karbon (C). untuk kandungan karbon pada jenis pipa yang satu ini hanya berkisar kurang dari jumlah 1,7%, kemudian ada pula kandungan mangan yang juga kurang dari jumlah 1,65%, kemudian kandungan dari bahan aluminium (Al), serta silikon (S). Tidak hanya itu saja, pipa ini juga mengandung bahan kontaminan seperti halnya oksigen, belerang, kemudian nitrogen, dan juga beberapa bahan lainnya yang tidak ditentukan berapa jumlah batas minimalnya, yaitu beberapa elemen dari Ni, Cr, Al, Mo, Co, serta Nl.

2. Pipa jenis baja paduan (pipa allow steel)

Sesuai dengan nama yang dimilikinya pipa dari baja paduan ini tentunya tersusun dari beragam material dengan fungsi yang berbeda, diantaranya :

  • Karbon yang berfungsi dalam menambah kekuatan baik itu yield atau bahkan ultimate serta kekerasan dari bahan pipa
  • Silikon yang berfungsi sebagai deoxidizer, yaitu bahan yang mampu menangkap zat oksigen terlarut, sehingga dapat membantu menghindari porositas serta meningkatkan castability.
  • Mangan yang berfungsi dalam meningkatkan nilai ketangguhan pipa
  • Krim yang berguna dalam meningkatkan ketahanan pipa utamanya dari abrasi serta aus yang timbul akibat suhu tinggi
  • Molibdenum juga berfungsi sebagai penambah daya tahan dari baja pada suhu tinggi
  • Nikel bagian yang berfungsi dalam meningkatkan sifat getas baja
  • Dan lainnya.

Picture from:

  • https://gobuildcalifornia.com
  • https://www.shengsying.com/
  • https://www.wajeehi.com/products/

 

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id