Mengenal Kelebihan Pipa Baja Galvanis untuk Konstruksi

Posted by purnosidi
on 04/01/2018

Kami akan mengajak Anda untuk mengenal kelebihan pipa baja galvanis untuk konstruksi dan keperluan industri. Galvanis adalah material logam yang dihasilkan dari proses galvanisasi. Pipa baja banyak digunakan sebagai material konstruksi bangunan maupun industri. Pipa merupakan salah satu benda yang mempunyai bentuk silinder dan pada bagian tengahnya dibuat lubang yang berguna untuk mengalirkan fluida, baik itu yang berbentuk gas, cair maupun udara. Umumnya terdapat berbagai jenis bahan baku yang digunakan untuk pembuatan pipa. Ada yang terbuat dari fiber glass, kuningan, besi, aluminium, timah tembaga, baja serta beberapa material lainnya.

Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk pembuatan pipa dan ukurannya memang cukup beragam. Sehingga tidak heran jika setiap jenis pipa diperuntukkan untuk tujuan yang berbeda-beda. Bahkan ada beberapa diantaranya yang dimanfaatkan untuk melengkapi sebuah bangunan dan juga digunakan untuk kepentingan industri lainnya.

Kelebihan Pipa Baja Galvanis untuk Konstruksi

Pipa memiliki fungsi utama sebagai salah satu sarana yang digunakan untuk menyalurkan bahan fluida cair, uap maupan gas dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan mempertimbangkan temperatur, efek, tempat, tekanan fluida yang dialirkan serta pengaruh lingkungan di sekitarnya. Pada dasarnya pemilihan jenis pipa sering kali didasarkan pada kebutuhan dan juga tujuan instalasinya.

Sekarang ini berbagai jenis dan merek pipa sudah tersedia di pasaran. Berbagai jenis pipa yang beredar di pasaran ini bisa dibedakan dari fungsi, letak serta material yang digunakannya. Salah satu jenis pipa yang paling populer dan banyak diminati di pasaran ialah jenis pipa baja, seperti steel pipa, pipa hitam medium serta pipa Galvanis medium SNI. Namun jika pipa yang sering digunakan untuk industri ialah pipa baja galvanis. Pipa baja yang satu ini memang memiliki keunggulan yang lebih banyak dan dinilai lebih tahan lama dibandingkan pipa PVC.

Pipa baja Galvanis merupakan salah satu jenis pipa yang dibuat dari besi dan dilapisi dengan pelindung yang terbuat dari bahan seng. Lapisan dari bahan seng ini memang sangat awet sehingga tidak heran jika lapisan ini ditujukan untuk melindungi baja dari korosi. Pada dasarnya produksi pipa baja galvanis ini disesuaikan dengan ketebalan dan ukuran dinding pipa yang beragam. Hal ini berguna agar ukuran dan ketebalan pipa bisa disesuaikan dengan kebutuhan para konsumennya. Umumnya ukuran pipa baja galvanis ini ada yang standar serta ada yang berukuran panjang hingga 6 meter. Selain itu, jika untuk bentuk pipa baja galvanis ini juga mempunyai tipe yang berbeda-beda, ada yang memiliki bentuk tabung, pipa biasa, pelat lembaran, kotak dan lain sebagainya.

Kegunaan Pipa Baja Galvanis

Pada dasarnya pipa baja galvanis medium SNI ini sangat banyak digunakan sebagai pipa distribusi ataupun pembagi. Seiring perkembangan zaman yang semakin modern membuat berbagai jenis pipa baja galvanis dapat dimanfaatkan sebagai salah satu aplikasi luar ruangan, terutama sekali untuk tiang listrik, saluran air bahkan pegangan tangan. Perlu anda ketahui, jika pipa baja galvanis ini sama sekali tidak cocok digunakan untuk menyalurkan gas. Nah, bagi anda yang menginginkan informasi lebih jelas mengenai kegunaan  pipa baja galvanis dalam berbagai bidang industri, yaitu:

1. Sistem saluran

Penggunaan pipa baja galvanis memang sanga baik karena terbuat dari lapisan seng yang ada di dalam tabung untuk menyalurkan air di rumah ataupun bangunan lainnya. Dengan adanya lapisan seng yang tahan korosi ini maka dapat membuat pipa baja galvanis tidak mudah berkarat. Maka dari itu, pipa baja galvanis ini sangat cocok untuk aplikasi sistem saluran. Meskipun begitu, pipa baja galvanis ini tidak disarankan digunakan untuk sistem saluran air panas karena dapat mengakibatkan lapisan seng yang ada di dalamnya mengalami pengelupasan dan bisa membuat pipa tersumbat.

2. Pemasangan listrik

Pipa baja galvanis kini semakin sering digunakan untuk instalasi listrik. Hal ini disebabkan adanya pipa baja galvanis dapat meminimalkan berbagai gangguan yang terjadi pada penghantar listrik. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan pipa baja galvanis ini maka proses pembongkaran dan pemasangan pipa bisa dilakukan dengan mudah. Pipa baja galvanis yang digunakan untuk pemasangan listrik sebaiknya dilakukan di permukaan tanah.

Kelebihan Pipa Baja Galvanis

Berikut ini ada beberapa kelebihan pipa baja galvanis untuk konstruksi, yakni :

1. Anti karatan

Di dalam permukaan pipa baja galvanis memang terdapat  lapisan seng, namun tahukah anda jika lapisan tersebut sangatlah berguna untuk membuat pipa tidak mudah berkarat. Selain itu, dengan menggunakan pipa baja galvanis ini maka anda akan lebih mudah untuk melakukan berbagai perawatan yang cukup terjangkau.

2. Tahan banting

Material yang digunakan untuk pembuatan pipa baja galvanis ini memang sangat kuat karena bersifat anti pecah dan juga sulit untuk dihancurkan. Tidak hanya itu saja, dengan adanya material baja ini dapat membuat permukaan pipa menjadi cukup kuat dan tahan lama (tidak mudah rusak).

3. Harga murah

Pada dasarnya pipa baja galvanis ini memang mempunyai harga yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. hal ini disebabkan proses pembuatan pipa baja galvanis tidak membutuhkan biaya yang mahal atau bisa dikatakan murah untuk metode pelapisannya.

4. Tahan lama

Pipa baja galvanis memang bersifat antikarat sehingga membuat pipa jenis ini cenderung bisa bertahan lebih lama dan tentunya awet. Selain itu, pipa baja galvanis ini juga diperkirakan dapat bertahan hingga 50 tahun jika diletakan pada area yang minim polusi dan 25 tahun jika diletakkan pada area perkotaan.

Demikianlah beberapa kelebihan pipa baja galvanis untuk konstruksi.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id