10 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Konstruksi Baja

Posted by purnosidi
on 13/11/2017
Alasan Mengapa Harus Menggunakan Konstruksi Baja

Tahukah Anda mengapa baja menjadi pilihan terbaik sebagai rangka konstruksi? Yuk kita ketahui sedikti sejarahnya dan 10 alasan mengapa harus menggunakan konstruksi baja. Sejak gedung perkantoran gedung pencakar langit pertama di Chicago dibangun, popularitas baja sebagai bahan yang kuat secara struktural, pasar konstruksi baja meningkat di Amerika.

Sementara itu sebagi bentuk evolasi penggunaan baja, dikembangkanlah beton bertulang untuk menggantikan besi cor. Beton bertulang adalah balok baja yang dipasang di dalam beton.

Hal ini memungkinkan bangunan bisa menjadi berbingkai tinggi. Apapun itu bentu kpenggunaan baja dalam dunia kosntruksi terutama gedung penfcakar langit, yang terpenting adalah baja bisa membuat gedung pencakar langit berdiri dengan stabil secara struktural.

Konstruksi baja membuat gedung pencakar langit dibangun lebih baik dan serta tahan api. Sejak saat itu baja telah menjadi salah satu bahan bangunan terbaik dalam dunia bisnis konstruksi.

10 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Konstruksi Baja

1. Baja Menghasilkan Stabilitas dan Kekuatan

Material konstruksi dari baja akan menghasilkan stabilitas struktural. Karena itu bangunan menjadi kuat dan kokoh. Baja adalah material logam yang ringan dan mudah dibentuk sehingga memungkinkan arsitek, dalam lingkup yang lebih luas,  bebas mengeksplorasi desain dan mengembangkan bangunan menjadi lebih unik.

Pada konsruksi finishing, baja sebagai material logam yang bisa dibentuk, akan sesuai untuk bagian konstruksi fasad, lengkungan dan kubah. Di situlah kelebihan utama material kosntruksi bernama baja ini.

Selain kokoh dan kuat, baja adalah material yang bisa difabrikasi secara mendetail. Desain spesifikasi yang tepat, baja bisa menghadirkan desain yang paling indah dan paling bersih untuk sebuah bangunan. Dan baja nampaknya menjadi masa depan konstruksi semua rumah di perkotaan.

2. Fleksibilitas

Komponen-komponen elemen struktural kosntruksi baja dan pada struktur baja prefabrikasi dengan presisi tinggi, fleksibitas adalah nilai lebiohnya sebabb baja dapat dipasang dengan cepat dan efisien di lokasi kosntruksi.

Fleksibiltas material baja dalam pengerjaan konstruksi dapat menghemat waktu secara efisien. Pada bagian pondasi konstruksi, bahan material baja yang kuat dan ringan dibandingkan bahan lain seperti beton, akan menghemat area penggalian.

3. Mudah beradaptasi

Sepanjang siklus hidup bangunan, kebutuhan spasial mungkin terus berubah. Dalam keadaan seperti itu, struktur baja sangat mudah beradaptasi dan mudah diakses. Beberapa komponen seperti balok dan penopang dapat direlokasi, diperkuat dan juga dilengkapi dengan framing tambahan, sehingga mendukung kondisi pembebanan yang berubah.

4. Hemat Tempat

Baja bisa menciptakan ruang internal yang besar, tanpa perlu banyak kolom, ini memudahkan penyesuaian dan disain tempat sesuai kebutuhan.

5. Bisa Didaur-Ulang

Baja adalah pilihan terbaik untuk disain bangunan berkelanjutan karena dapat didaur ulang terus menerus. Apabila gedung diruntuhkan, maka pembongkaran, semua baja bisa dikumpulkan dan dipasang kembali. Hampir 50% dari total produksi baja baru di dunia saat ini, sebenarnya adalah baja daur ulang.

6. Belum tertandingi

Beberapa material baru di dunia konstruksi bangunan telah ditemukan, beberapa di antaranya sudah sangat populer. Meski demikian hampir tidak ada bahan bangunan yang menyaingin baja terutama dalam kekuatan, kestabilan dan sifatnya yang tahan api. kuat dan stabil secara struktural juga tahan api.

7. Aman

Dengan menggabungkan struktur baja, desain bangunan untuk keamanan penghuni dari bencana secara maksimal dapat dicapai. Baja bersifat fleksibel dan lentur, beberapa balok untuk sambungan kolom di bangunan berkosntruksi baja dirancang untuk mendukung beban gravitasi. Sambungan yang memainkan peran penting tersebut akan meningkatkan ketahanan bangunan terhadap gempa bumi, sehingga menjadikan baja sebagai bahan konstruksi bangunan yang tahan gempa.

8. Estetika

Ketika bangunan berkonstruksi baja telah selesai melalui tahap pengisian dinding, pemeluran luar, lantai dan cat, maka gedung akan terlihat persis seperti struktur beton dan hanya seorang ahli yang bisa membedakannya. Satu-satunya perbedaan yang terlihat pada mata orang awam adalah kualitas finishing, tampilan bersih dan daya tarik estetika.

9. Hemat Ruang

Keuntungan lain dari bangunan baja di banding bangunan bata adalah pada kekuatan. Dindin baja memberikan kekuatan yang lebih besar; namun dindingnya tidak perlu setebal atau besar dinding bata. Elemen struktural yang lebih tipis dan lebih kecil dapat dicapai dan mereka membantu memanfaatkan ruang interior maksimum. Makanya tantangan spasial bisa dengan mudah diatasi, itulah mengapa harus menggunakan konstruksi baja!

10. Hemat Energi

Mengapa harus menggunakan konstruksi baja? Karena struktur baja lebih ringan dan mudah bergerak. Ini menghemat banyak ongkos transportasi. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, material kosntruksi baja tidak meninggalkan limbah di lokasi, dan bisa didaur ulang berulang-ulang dan tanpa henti. Bangunan baja hemat energi karena pemanasan dan pendinginan ruangan mudah dilakukan.

Demikianlah 10 hal penting mengapa harus menggunakan konstruksi baja. Artikel original berbahasa inggris dan bersumber dari: https://www.e-architect.co.uk/articles/why-you-should-build-with-steel

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id