Tips Memilih Bahan Bangunan

Posted by purnosidi
on 07/01/2016

Anda akan mulai membangun? Atau renovasi? Bagaimana tips memilih bahan bangunan untuk proyek Anda tersebut? Nikifour kontraktor terbaik menawarkan solusi pilihan bahan bangunan. Memilih bahan bangunan memang tak mudah. Selain harus memperhatikan jenis bangunan juga kualitas serta daya tahan bahan bangunan yang akan digunakan.

Namun Anda tak perlu khawatir akan hal tersebut, Nikifour kontraktor terbaik siap membantu Anda dalam memilih bahan bangunan yang cocok dan berkualitas. Berikut beberapa jenis bahan bangunan yang biasanya digunakan.

Tips Memilih Bahan Bangunan

Bahan Pasir

Pemilihan pasir yang cocok adalah pasir yang bebas dari campuran lumpur, tanah, maupun kotoran-kotoran organik. Pasir dibedakan dari kerikil. Pasir adalah agregat halus, sementara kerikil adalah agregat kasar.

Pasir sendiri dibedakan menjadi 2 (dua) bagian yaitu pasir putih dan pasir hitam (pasir beton). Pasir putih umumnya digunakan sebagai pelapis atau plesteran bahan bangunan. Sementara pasir hitam digunakan sebagai bahan struktur bangunan.

Anda pun dapat melakukan uji coba mana pasir yang baik yaitu dengan cara meletakkan pasir di telapak tangan. Kemudian digosokkan dan dibuang. Jika pasir yang ada di telapak tangan Anda tidak menempel maka kualitas pasir itu baik sebagai bahan bangunan.

Bahan Kerikil

Kerikil yang cocok dan berkualitas sebagai bahan bangunan adalah kerikil yang memiliki struktur keras, kuat, dan tidak bercampur dengan lumpur, tanah liat, dan bahan organik. Kerikil dapat digunakan untuk bahan pengerjaan bangunan beton.

Ukuran kerikil atau agregat kasar berbeda-beda diameternya mulai 10 mm, 20 mm hingga 40 mm. Anda bisa menggunakan kerikil dengan ukuran atau diameter yang sesuai. Jika Anda kesulitan jasa dari tim bisa Anda Nikifour kontraktor terbaik gunakan.

Bahan Batu Bata

Selai semen, batu bata umumnya digunakan untuk bangunan beton. Batu bata sendiri memiliki beberapa jenis seperti batu bata merah, batu bata ringan, dan batako. Batu bata yang baik biasanya memiliki ciri halus dan memiliki struktur yang keras.

Ukurannya pun harus seragam untuk tiap unit batu bata yang digunakan.  Anda bisa melakukan uji coba sederhana untuk mengetahui kualitas batu bata yaitu dengan cara mengetuknya menggunakan logam. Jika suara yang dihasilkan nyaring maka bata tersebut baik.

Bahan Keramik

Keramik adalah bahan bangunan yang digunakan pada bagian lantai maupun dinding. Tujuan penggunaan keramik adalah agar tampilan bangunan lebih indah dan nyaman (sejuk). Warna keramik yang awalnya berwarna putih maupun krem muda, kini hadir dengan beragam warna.

Ukuran keramik pun bermacam-macam mulai ukuran 20×20 cm, 25×25 cm, 30×30 cm, 45×45 cm hingga ukuran 60×60 cm. Merek keramik pun juga bervariasi. Kualitas keramik yang baik adalah bebas dari retak dan tanpa cacat.

Bahan Besi dan Semen

Besi beton digunakan sebagai penguat struktur bangunan agar nampak lebih awet dan tahan lama. Anda bisa memilih besi beton yang keras, kuat, dan tak mudah berkarat.

Sementara bahan semen yang bagus adalah semen bermerek dan memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia). Semen ini umumnya telah melalui uji coba kualitas sehingga cocok digunakan sebagai salah satu bahan bangunan.

Bahan Kayu

Dalam memilih kayu sebagai bahan bangunan yang perlu diperhatikan adalah kadar airnya. Kayu yang baik sebagai bahan bangunan adalah kadar kayunya berada di bawah angka 20%. Beberapa jenis kayu yang kokoh sebagai bahan bangunan adalah kayu Kalimantan, kamper, mahoni, dan merbau.

Demikianlah tips memilih bahan bangunan dan itulah berbagai jenis bahan bangunan yang bisa Anda gunakan serta tips memilih bahan bagungan yang cocok. Untuk pengerjaan proyek bangunan dengan bahan-bahan tersebut Anda bisa berkonsultasi dan menggunakan jasa Nikifour kontraktor terbaik.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id