Kelebihan dan Penggunaan Baja Ringan untuk Bahan Konstruksi

Posted by purnosidi
on 30/11/2016

halo rekan-rekan dunia konstruksi dan bisnis kontraktor, kembali Nikifour ingin berbagi info seputar baja ringan. Apa sajakah kelebihan dan penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi?

Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta merupakan salah satu kontraktor yang dapat menyediakan produk-produk bangunan seperti baja ringan. Baja ringan atau dalam bahasa inggris disebut Cold-Formed Steel sendiri saat ini merupakan salah satu perangkat kontruksi yang cukup populer. Hal ini disebabkan karena perangkat tersebut memiliki cukup banyak kelebihan sehingga dapat mempermudah proses konstruksi dan juga menghemat biaya konstruksi yang perlu dikeluarkan.

Kelebihan dan Penggunaan Baja Ringan untuk Bahan Konstruksi

Penggunaan Baja Ringan untuk Bahan Konstruksi

Kelebihan dari Baja Ringan sebagai bahan konstruksi

Saat ini baja ringan sangat bayak digunakan di banyak jenis konstruksi, salah satunya adalah konstruksi rumah tangga. Dalam bidang konstruksi perumahan, baja ringan digunakan untuk membuat bagian atap yang lebih mudah dan juga kuat. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bahan baja ringan ini sebagai komponen bangunan di perumahan. Selain hal-hal tersebut, baja ringan sendiri memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan bahan konstruksi yang digantikannya. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi sebagai salah satu primadona dalam bahan konstruksi modern.

  • Dapat diaplikasikan di banyak hal

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan adalah kemampuannya untuk menggantikan banyak jenis bahan konstruksi yang digunakan sebelumnya. Bahan baja ringan dapat diaplikasikan di banyak tempat, salah satunya adalah atap. Selain untuk atap, baja ringan juga banyak di aplikasikan di pintu dan juga jendela rumah. Untuk pengaplikasian daun pintu dan juga jendela rumah, penggunakaan baja ringan tidak hanya digunakan karena manfaatnya tapi juga karena adanya pengaruh estetika.

  • Memiliki daya tahan yang tinggi

Bahan baja ringan yang bisa didapatkan dari Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta ini memiliki daya tahan yang tinggi kemampuannya untuk bertahan bisa lebih dari 10 tahun. Hal ini disebabkan karena bahan baja ringan ini memiliki cukup banyak pertahanan terhadap hal-hal yang menyebabkan pengrusakan. Pengrusakan bisa terjadi secara kimiawi atau secara biologi. Untuk menghindari terjadinya karat yang merupakan penyebab dari pengusakan secara kimiawi, baja ringan dibuat dengan bahan yang kuat dan dilapisi dengan bahan anti karat. Selain itu bahan baja ringan juga memiliki ketahanan terhadap rayap dan juga api.

Pertahanan dari bahan baja ringan ini tidak hanya sampai disitu. Penggunaan baja ringan pada bangunan-bangunan juga memiliki ketahanan terhadap bencana yang mungkin menyerang rumah anda. Bencana yang mungkin dihindari dengan penggunaan baja ringan adalah bencana seperti gempa dan juga badai.

  • Lebih aman digunakan sebagai bahan bangunan

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahan baja ringan ini sering kali digunakan untuk bahan bangunan dan merupakan bahan yang anti terhadap bencana seperti gempa dan juga badai. Dengan adanya pertanan ini, penggunaan bahan baja ringan menjadi lebih aman untuk dipasang dirumah anda. Ketika terjadi gempa, bahan baja ringan yang digunakan untuk kerangka atap akan menimpulkan bahaya yang lebih kecil dibandingkan dengan bahan kerangka atap yang terbuat dari kayu.

  • Fleksibel

Salah satu hal yang menyebabkan bahan baja ringan yang dimiliki oleh Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta ini mendapatkan banyak perhatian di dunia konstruksi adalah karena fleksibilitas yang dimilikinya. Bahan baja ringan yang lebih flekibel inilah yang sebenarnya menjadi kunci mengapa bahan baja ringan merupakan bahan baja yang lebih tahan terhadap angin dan juga gempa. Dengan kemampuan fleksibilitasnya yang tinggi, tidak sulit bagi bahan baja ringan ini untuk menyesuaikan dengan bentuk disekitarnya, akibatnya bangunan yang menggunakan bahan ini menjadi lebih aman dari bencana alam seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Dibuat dengan teknologi tinggi

Seperti yang kita ketahui, teknologi tinggi merupakan salah satu hal yang digunakan untuk membantu kehidupan manusia sehingga lebih baik dan lebih mudah. Baja ringan adalah salah satu produk yang dihasilkan dari teknologi yang tinggi. Baja ringan dibuat dengan sistem komputasi dengan teknologi yang tinggi sehingga menghasilkan bahan-bahan bangunan yag berkulitas dan sudah jelas terjamin keunggulannya. Selain itu dalam pembuatan bahan ini dilakukan pengawasan yang cukup ketat dari pihak developer sehingga yang dihasilkan oleh mesin adalah baja ringan yang memiliki kualitas yang tinggi bahkan memiliki level internasional.

  • Bahan berkualitas

Selain dibuat dengan menggunakan teknologi yang tinggi. Bahan bangunan baja ringan juga didevelop dari bahan yang berkualitas. Baja ringan adalah bahan bangunan yang dibuat dengan menggunakan baja asli dan memiliki mutu yang tinggi, yaitu hi-ten g550. Bukan hanya bahannya saja. Setelah bahan dibentuk, bahan kemudian dilapisi dengan zinc dan juga bahan alumunium sehingga baja ringan dari Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta ini dapat memiliki kekuatan pertahanan yang lebih terhadap serangan karat dan juga rayap. Karena terbuat dari bahan baja asli, baja ringan ini memiliki kekuatan yang cukup menjanjikan sebagai bahan bangunan. Kekuatannya bahkan bisa disetarakan dengan kekuatan baja asli. Bedanya baja ringan mengalami penipisan sehingga terlihat lebih kuat dan lebih tipis.

Kekurangan dari baja ringan

Penggunaan Baja Ringan untuk Bahan Konstruksi

Jika kita mengetahui kelebihan dari sebuah bahan bagunan, pastinya kita tidak boleh melupakan mengenai kekurangan dari bahan tersebut. Untuk kekurangan dari baja ringan sebetulnya tidak banyak. Atau lebih tepatnya hanya ada satu. Kekurangan dari baja ringan ini adalah harganya yang lebih mahal. Baja ringan adalah salah satu bahan yang memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan bahan yang digantikannya. Akan tetap meski cukup mahal, bahan ini tetap banyak digunakan.

Contohnya pada atap sebuah rumah. Bahan atap dari sebuah rumah dahulu sering dibuat dengan menggunakan kerangka kayu, tapi saat ini bahan kerangka kayu ini sudah banyak di tinggalkan dan diganti dengan menggunakan bahan baja ringan. Mengapa? Padahal harganya lebih mahal bukan? Ya, banyak orang meninggalkan penggunaan kayu dan lebih memilih baja ringan karena daya tahan yang dimiliki oleh bahan baja ringan tersebut. Jika dibandingkan dengan kayu yang nantinya akan dimakan rayap.

Kualitas dan ketahanan baja ringan sebagai atap akan lebih baik jika dibandingkan dengan penggunakan kayu. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang tetap menggunakan baja ringan dibandingkan kayu meskipun harganya yang cukup mahal.

Kelebihan bahan baja ringan sebagai bahan konstruksi rangka atap rumah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi memiliki cukup banyak kelebihan. Selain kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan sebagai bahan konstruksi, baja ringan juga memiliki cukup banyak kelebihan ketika dikaitkan dengan pemasangannya sebagai atap dari sebuah bangunan. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh bahan baja ringan dari Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta sebagai bahan bangunan untuk kerangka atap? Berikut adalah kelebihannya.

  • Memiliki kekuatan dan tahan rayap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahan baja ringan adalah salah satu bahan yang sangat cocok digunakan sebagai atap rumah karena bahan ini memiliki ketahanan yang luar biasa jika digunakan sebagai atap. Bahan baja ringan yang digunakan sebagai bahan atap bangunan akan digunakan untuk menggantikan penggunaan kayu. Untuk mencari kayu yang tahan rayap seperti kayu jati, pastinya dibutuhkan banyak uang. Harganya tidak jauh berbeda dengan harga dari baja ringan. Sedangkan jika anda menggunakan kayu biasa maka kemungkinan kayu tersebut akan rusak dalam waktu cepat sangat tinggi sehingga akan lebih menguntungkan menggunakan baja ringan yang notabennya memiliki ketahanan terhadap rayap yang tinggi.

  • Bobotnya ringan

Salah satu kelebihan penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi kerangka atap adalah karena bobotnya yang ringan. Untuk mendapatkan rangka atap yang aman dari serangan rayap memang anda bisa menggunakan kayu jati seperti yang telah disebutkan diatas. Akan tetapi penggunaan kayu jati seperti yang disebutkan diatas selain mahal juga memiliki bobot yang besar. Karena bobot yang tinggi dan juga karena harganya yang mahal ini menyebabkan penggunaan kayu jati menjadi tidak efisien seperti penggunaan baja ringan.

Apa yang menjadikan bobot menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam pemasangan kerangka atap? Yang pertama adalah keamanan dan yang kedua adalah waktu pemasangan. Ketika anda menggunakan bahan kayu anti rayap seperti bahan kayu jati, mulai dari pemasangan hingga penggunaan kayu bisa menjadi saat-saat yang berbahaya. Ketika pemasangan tidak dilakukan dengan benar dan kerangka kayu lepas, maka kerangka kayu yang terbuat dari bahan jati ini bisa melukai orang yang lewat di bawahnya. Selain itu karena bobotnya yang besar, pemasangan kayu jati membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbeda dengan baja ringan yang bisa dipasang oleh Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta sebagai kerangka rumah anda. dengan bobotnya yang ringan, bahan baja ringan tentu saja membuatnya lebih aman ketika digunakan. Bukan hanya itu, penggunaan bahan baja ringan ini juga akan membantu mempermudah pemasangan kerangka atap untuk rumah anda. Waktu pemasangan dari kerangka atap dari baja ringan ini bahkan bisa 2 keli lebih cepat dari pemasangan kerangka kayu yang dilakukan dengan menggunakan kayu jati atau kayu anti rayap yang lainnya.

  • Cara pemasangan yang mudah

Selain dapat menghemat waktu pemasangan, baja ringan sebagai kerangka untuk atap juga menghemat tenaga dalam pemasangannya. Hal ini disebabkan karena baja ringan ini merupakan bahan yang mudah untuk dipasang. Jika besi membutuhkan pengelasan, baja ringan untuk atap ini dapat lebih mudah dipasang karena anda hanya butuh obeng dalam pemasangannya. Sangat mudah dan cepat bukan? Selain itu, pemasangan baja ringan sebagai atap dari rumah juga tidak membutuhkan tenaga khusus. Mereka yang baru saja bekerja dengan memanfaatkan baja ringan ini juga bisa memasang bahan baja ringan sebagai atap dengan mudah.

  • Mengurangi kemungkinan kesalahan pemotongan

Pada saat anda menggunakan kerangka dari bahan kayu. Anda perlu memotong kayu tersebut menjadi beberpaa bagian yang serupa sesuai dengan standarnya. Apa yang terjadi jika anda salah memotong kayu yang akan anda gunakan? Kayu tersebut menjadi tidak dapat digunakan bukan? Hal seperti ini tidak akan terjadi jika anda menggunakan baja ringan seperti yang Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta miliki. Baja ringan telah dibuat dengan ukuran yang disesuaikan oleh pabriknya. Oleh karena itu anda tidak perlu repot-repot memotongnya kembali dan bisa langsung menggunakannya.

  • Ramah lingkungan

Seperti yang disebutkan sebelumnya teknologi muncul untuk mempermudah hidup manusia. Selain mempermudah kehidupan manusia, teknologi juga harus bisa digunakan untuk membantu alam agar bisa hidup lebih sehat. Dengan penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi, secara langsung anda telah mengurangi penebangan pohon untuk keperluan manusia. Dengan adanya hal ini anda mengurangi penggunaan populasi paru-paru dunia sehingga bumi dapat hidup dengan lebih sehat.

  • Dapat membuat desain atap yang variatif

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan seperti yang telah disebutkan sebelumnya adalah kemampuan fleksibilitasnya yag tinggi. Dengan kemampuan fleksibilitas yang tinggi ini. Bahan baja ringan dapat digunakan untuk membuat desain atap yang unik dan juga variatif. Selain itu bahan ini juga akan lebih aman terhadap adanya terpaan angin karena keringanan dan fleksibilitansnya tersebut.

  • Memudahkan reparasi atap

Karena baja ringan memiliki kekuatan layaknya baja asli yang kuat, maka anda tidak perlu khawatir ketika anda harus menginjak kerangka atap untuk membenahi sesuatu di atap anda.

Memasang baja ringan sebagai kerangka atap rumah

Atap baja ringan dari Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta memang memiliki banyak kelebihan. Sayangnya penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi ini akan kurang maksimal jika tidak dipasang dengan cara yang benar. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika akan memasang baja ringan sebagai kerangka atap rumah anda.

  • Melakukan desain atap

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika akan membuat sebuah atap rumah dengan Penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi adalah dengan melakukan desain terlebih dahulu. Bentuk seperti apakah yang ingin anda buat untuk atap anda, apakah bentuk yang aman seperti bentuk limas atau pelana? Atau bentuk-bentuk yang variatif seperti bentuk melengkung. Apapun bentuknya salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika akan membuat sebuah atap adalah kemiringan atap tersebut. Baik apapun bentuk dari atap yang ingin anda buat, pastikan bahwa atap anda memiliki kemiringan 250 hingga 300. Hal ini penting untuk kestabilan atap dari rumah anda.

Dengan penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi, membentuk atap rumah yang memiliki bentuk yang unik bukan hal yang mustahil untuk dilakukan tapi sayangnya anda perlu mengeluarkan uang yang cukup besar untuk bisa menggunakan atap yang variatif seperti yang telah disebutkan.

  • Menentukan ketebalan dari baja ringan

Setelah melakukan desain yang akan anda bentuk. Selanjutnya anda perlu melakukan penentuan terhadap ketebalan baja ringan dari Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta yang akan anda gunakan dalam bangunan anda. Ketebalan ini ditentukan berdasarkan beban dari atap yang akan anda buat. Beban atap ini terdiri dari 3 komponen, komponen pertama adalah beban hidup, beban mati dan juga beban angin. Sebelum menentukan ketebalan dari produk yang akan anda gunakan, pastikan juga bahan baja ringan yang anda gunakan adalah bahan baja ringan yang memiliki standar SNI sehingga sudah jelas aman untuk digunakan.

  • Melakukan desain kerangka

Setelah bahan ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan desain kerangka dari atap yang akan anda gunakan. Pastikan bahwa kerangka yang anda gunakan memiliki standar jarak antar kuda-kuda minimal 1.2 meter, menentukan sambungan dan juga ander dengan range 1.2 meter hingga 1.5 meter.

Dengan kelebihan penggunaan baja ringan untuk bahan konstruksi dan juga pemasangan yang benar, bahan baja ringan akan membantu anda untuk mendapatkan atap yang kuat kokoh dan juga tahan lama. Jadi penggunaan baja ringan dari Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta akan sangat menguntungkan untuk anda.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id