Tips Bagi Teknisi Instalasi Listrik

Tips penting bagi para teknisi instalasi listrik ini kami hadirkan untuk Anda, para pekerja power dan Anda yang sedang mencari jasa konstruksi dan elektrikal mekanikal untuk industri. Belum lama ini beredar video di media sosial tentang korban kecelakaan instalasi listrik. Dalam video yagn berdurasi 5 menis itu, disebutkan melalui captionnya bahwa si korban sedang tersengat listrik ketika memperbaiki jaringan listrik di atap yang terbuat dari baja ringan. Tentu hal tersebut adalah fatal jika tidak memperhatikan bahwa baja ringan adalah salah satu jenis logam konduktor yang bisa menghantarkan arus. Berita terkait bisa dibaca di: https://economy.okezone.com.

Tips bagi Teknisi Instalasi Listrik

Listrik merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Zaman yang serba listrik ini mengharuskan instalasi listrik dapat terpasang dengan baik dan benar untuk menghindari adanya korsleting atau lebih parahnya dapat menyebabkan kebakaran. PT Nikifour Kontraktor di Karawang yang bergerak dalam bidang pemasangan instalasi listrik ini adalah jalan keluar akan kebutuhan primer Anda tersebut. Charger handphone, nonton televisi, setrikaan, dan aktivitas-aktivitas lain yang melibatkan listrik pun lancar dan aman.

Para teknisi profesional dan kompeten yang dihadirkan oleh PT Nikifour Kontraktor di Karawang akan berikan kepuasan bagi Anda dan keluarga dalam menggunakan listrik di rumah. Anda juga tidak perlu khawatir jika musim penghujan tiba yang biasanya dengan adanya petir yang menyambar dapat mempengaruhi kondisi listrik Anda. Perihal listrik ini Anda tak boleh anggap sepele. Karena risiko yang ditanggung akibat terlalu menganggap sepele pada instalasi listrik di bangunan Anda juga tidaklah kecil. Oleh karena itu, pemasangan yang terpercaya pun mampu meminimalisir dari adanya risiko tersebut.

Kenapa Instalasi Listrik Rumah Anda Harus Terpasang Dengan Baik?

Pemasangan instalasi listrik yang rapi, baik, dan benar akan menghindari Anda dari bahaya kesetrum dan masalah-masalah listrik lainnya yang sangat membahayakan. Lalu, apa lagi kemudahan yang Anda peroleh dengan adanya instalasi listrik yang baik?

a. Hunian Jadi Lebih Aman dan Nyaman

Adanya listrik di rumah Anda tentu juga memerlukan kabel-kabel yang jumlahnya tidak sedikit. Jika kabel-kabel tersebut tidak dirancang dahulu sebelum dipasang, maka akan tampak berantakan. Apalagi jika kabel-kabel panjang tersebut saling berseliweran di lantai. Secara tidak sengaja, bisa saja Anda jatuh karena keberadaan kabel tersebut. Dan ada kemungkinan kabel akan putus akibat tarikan yang terlalu kuat. Oleh karena itu, PT Nikifour Kontraktor di Karawang siap merancang dan memasang instalasi listrik pada hunian Anda benar-benar aman dan nyaman bagi penghuni rumah.

b. Lebih Hemat Listrik

Pengelolaan anggaran rumah tangga, salah satunya  yang masuk dalam buku anggaran tersebut adalah listrik. Besarnya biaya listrik yang ditanggung tidak hanya dikarenakan banyaknya peralatan elektronik yang Anda gunakan, tetapi juga bisa karena pemasangan instalasi listrik yang tidak benar. Hal tersebut bisa menyebabkan adanya daya listrik yang terbuang sia-sia dan menjadikan sang pemilik rumah akan banyak mengeluarkan biaya ketika sudah jatuh waktunya pembayaran listrik. Sehingga keefisienan bisa Anda dapatkan dengan pemasangan instalasi listrik yang baik.

c. Perawatan Yang Mudah

Sewaktu-waktu Anda pasti ingin mendapatkan suasana yang berbeda di rumah dengan melakukan perombakan atau renovasi rumah. Nah… ketika renovasi tersebut, pasti ada beberapa peralatan yang harus saling dipindahkan ataupun ditukar posisinya. Pemasangan instalasi listrik yang tersusun rapi dan benar, akan memudahkan Anda ketika sedang renovasi atau sedang membersihkan rumah. Sehingga suasana rumah bisa Anda ubah tanpa harus merepotkan Anda untuk mengurusi instalasi listrik.

d. Keamanan Terjamin

Ini juga menjadi hal yang tak kalah urgen. Faktor keamanan adalah hal utama. Semakin baik Anda melakukan pemasangan instalasi listrik, maka tingginya tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh korsleting listrik dapat berkurang.

Teknisi Instalasi Listrik Perlu Perhatikan Keselamatan

Bekerja dengan berhubungan dengan listrik sangatlah sensitif dengan bahaya tersetrum jika tidak hati-hati atau tidak memperhatikan tips-tips dari keselamatan kerja. Bahaya lain berupa peralatan-peralatan yang tidak sesuai standar dan proses pengerjaan yang terlalu dekat dengan sumber listrik bertegangan tinggi juga bisa sangat membahayakan.  Sehingga para teknisi PT Nikifour Kontraktor di Karawang ini sudah pasti memahami terlebih dahulu bagaimana untuk melindungi dirinya ketika sedang bekerja. 

1. Mematikan Sentral Listrik

Ketika akan memulai proses pengerjaan, teknisi listrik harus memastikan agar sentral listrik sudah benar-benar mati. Sehingga selama pengerjaan, teknisi dapat tetap aman walaupun sedang mengotak-atik instalasi listrik.

2. Gunakan Alas Kaki

Teknisi listrik biasanya dilengkapi dengan seragam teknisi dan jangan lupakan untuk menggunakan alas kaki. Sifat tanah yang merupakan kutub negatif, sehingga ketika sedang mengerjakan instalasi listrik, jangan sampai kaki bersentuhan langsung dengan tanah.

3. Cek Peralatan

Sebelum memulai pekerjaan, peralatan-peralatan yang akan digunakan harus di cek terlebih dahulu. Jika ada alat yang mengalami kerusakan, lebih baik untuk segera menggantinya demi mengutamakan keselamatan.

4. Cek Aliran Listrik Dengan Tespen

Teknisi instalasi listrik harus mengenal dan memahami mana kabel positif dan mana kabel negatif sebelum memulai proses kerjanya. Para teknisi bisa menggunakan test pen untuk mengeceknya. Dengan adanya pengecekan, maka dapat menghindarkan teknisi dari terjadinya sengatan listrik.

Memastikan Instalasi Listrik Anda Aman dan Lancar

Merancang dan memasang instalasi listrik adalah tugas para teknisi instalasi listrik. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga mengetahui sedikit demi sedikit seluk beluk akan instalasi listrik. Sehingga Anda dapat mengetahui kondisi akan instalasi listrik Anda, apakah baik-baik saja atau terdapat masalah yang harus segera diperbaiki. Apa saja yang harus Anda ketahui dan pastikan akan instalasi listrik di rumah Anda?

1. Kabel Disesuaikan Dengan Daya Yang Dihantarkan

Kabel yang digunakan dalam pemasangan instalasi listrik bukan asal memilih kabel. Namun harus disesuaikan dengan daya yang dihantarkan. Kabel listrik yang berpenghantar tembaga dan berisolasi PVC harus dengan ukuran minimal 2.5 mm2. Sedangkan untuk kabel ukuran 4 mm2, digunakan untuk arus listrik antara 10 A – 16 A.

2. Jangan Lakukan Perbaikan Listrik Saat Hujan

Hindarilah untuk melakukan perbaikan listrik ketika hujan sedang turun. Karena saat itulah riskan dengan adanya petir dan air yang dapat menghantarkan listrik. Hal tersebut dapat berbahaya bagi Anda karena dapat menyebabkan Anda tersetrum.

3. Jarak Stop Kontak

Bagi para teknisi instalasi listrik, urusan jarak stop kontak bukanlah perkara remeh. Jangan sampai satu stop kontak yang Anda miliki digunakan untuk menyalurkan ke beberapa elektronik. Hal tersebut akan sangat membebani. Paling tidak satu stop kontak bisa untuk 4 percabangan. Aturlah agar jarak stop kontak dari lantai sekitar 1 hingga 2 meter. 

4. ounding Atau Arde

Grounding atau arde ini terbagi menjadi 2, yakni instalasi listrik rumah dan instalasi listrik petir. Grounding merupakan instalasi listrik yang digunakan untuk mencegah adanya kontak makhluk hidup dengan tegangan listrik yang terekspos akibat adanya kegagalan isolasi. 

5. Pemeriksaan Berkala

Listrik juga perlu Anda perhatikan kesehatannya secara berkala agar Anda dapat memastikan bagaimana kondisi instalasi listrik Anda. Pengecekan bisa dilakukan oleh teknisi PT Nikifour Kontraktor di Karawang. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan instalasi listrik tambahan, Anda bisa mempercayainya kembali.

Demi bisa menikmati aliran listrik yang lancar dan aman, instalasi listrik yang tersusun dengan baik dan benar adalah suatu keharusan. PT Nikifour Kontraktor di Karawang adalah jawaban bagi lancarnya listrik di rumah Anda. Nikmatilah menonton TV, mengerjakan pekerjaan dengan komputer, dan aktivitas lainnya yang melibatkan aliran listrik tanpa khawatir adanya korsleting. Menyerahkan urusan listrik rumah Anda pada PT Nikifour Kontraktor di Karawang adalah keputusan tepat untuk permasalahan listrik Anda. Kami hanya mempekerjakan para teknisi instalasi listrik yang handal dan berpengalaman.

Galeri Pekerja Konstruksi PT Nikifour

Teknisi Instalasi Listrik Teknisi Instalasi Listrik Teknisi Instalasi Listrik

Pekerja elektrikal industri PT Niki Four Karawang

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh penawaran untuk Jasa Instalasi Elektrikal Industri?
Powered by