Teknik Pengecatan Ulang Dinding Gedung

Posted by purnosidi
on 29/10/2015
Teknik Pengecatan Ulang Dinding Gedung

Ingin tahu bagaimana teknik pengecatan ulang dinding gedung? Simaklah tulisan berikut ini. Proses pengecatan membutuhkan teknik dasar yang harus dikuasai oleh orang-orang yang bekerja di bagian jasa kontraktor. Pengecatan dinding tidak selalu dimulai untuk bangunan baru. Nikifour sering menerima panggilan untuk pengecatan ulang bangunan yang sudah lama berdiri. Seperti pengecatan untuk dinding gedung yang sudah kusam dan kotor. Hendaknya agar cat yang dipilih dapat melapisi dinding gedung dengan sempurna, maka teknik dasar itulah yang diperlukan.

Teknik Sebelum Pengecatan Ulang Pada Dinding Gedung

Jika cat lama masih bagus dan kuat, biasanya hanya akan dibersihkan dari kotoran maupun debu yang menempel. Asalkan kondisi cat pada dinding masih baik, maka tidak akan dilakukan pengecatan ulang. Jika dinding gedung mengalami retak, maka perlu dilapisi plamir sebelum dicat. Teknik yang digunakan adalah dengan ketika plamir sudah kering, perlu amplas untuk menghaluskan bagian permukaan. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel baru dilakukan pengecatan kembali dengan cat emulasi. Teknik yang berbeda dilakukan jika kondisi dinding gedung terkelupas. Sebelum dilakukan pengecatan ulang, biasanya jasa dari perusahaan kontraktor terbaik karawang akan mengerok seluruh cat lama. Baru kemudian dilakukan pengamplasan kembali untuk menghilangkan kotoran. Namun jika dinding gedung ditumbuhi dengan jamur atau lumut, maka perlu dibenahi dinding gedung tersebut. Sebelum dilakukan pengecatan kembali, dinding gedung perlu dilapisi dengan plester kedap air.

Persiapan Bahan Untuk Cat Dinding Gedung

Plamir diperlukan sebagai bahan yang digunakan sebelum mengecat dinding gedung. Plamir baru akan dilakukan setelah dinding gedung dilakukan pengamplasan menggunakan amplas kasar. Kemudian kondisikan dinding gedung harus bersih. Barulah plamir digunakan guna menutup bagian pori-pori dinding gedung yang terlihat. Setelah seluruh pori-pori tertutup dengan plamir, selanjutnya adalah pengamplasan menggunakan amplas halus. Tidak sembarang menggunakan plamir untuk teknik pengecatan ulang dinding gedung. Plamir tidak dipergunakan untuk bagian dinding gedung yang berada di luar. Lalu bahan lain yang perlu dipersiapkan adalah cat emulasi untuk dinding. Cat emulasi cocok untuk pengecatan ulang dinding gedung yang memiliki permukaan kasar maupun halus dengan menggunakan roller atau kuas cat.

Teknik Pengecatan Ulang Dinding Gedung

Banyak daerah Jababeka Bekasi yang melakukan pengecatan ulang untuk dinding gedung. Pengecatan ulang dinding gedung, baru dapat dilakukan setelah dilapisi dengan plamir. Kemudian gunakanlah cat emulasi sebagai cat penutup dinding gedung. Pengecatan dengan cat emulasi tidak cukup dilakukan sekali. Agar pengecatan dinding gedung maksimal, maka diperlukan penegcatan ulang untuk cat emulasi setelah lapisan cat pertama mengering. Teknik dasar pengecatan berulang dipilih karena dapat menghasilkan cat yang menempel pada dinding gedung terlihat baik. Dibanding dengan teknik pengecatan ulang dalam satu kali tahapan dan tebal. Sebab jika pengecatan dinding gedung langsung tebal, maka risikonya adalah cat yang menempel pada dinding gedung menjadi tidak baik.

Pengecatan ulang pada dinding gedung lebih baik dilakukan ketika kondisi cuaca bersahabat. Tidak mendung dan tidak hujan. Guna menghasilkan cat yang menempel pada dinding gedung terlihat baik, halus, dan juga rapi. Hasil pengecatan ulang akan maksimal ketika cat mampu kering dalam waktu kurang dari sehari. Seperti yang terlihat di kawasan KIIC Suryacipta, dinding-dinding gedung yang dilakukan pengecatan ulang selalu tampak baik. Sebab pengecatan ulang tersebut dilakukan pada waktu yang tepat dan kondisi cuaca yang mencukung. Sehingga sangat diperlukan perhitungan sebelum bermaksud untuk mengganti atau melapisi kembali dinding gedung cat lama dengan cat yang baru.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id