Mengenal Tahap Pelaksanaan Pengecatan

Posted by purnosidi
on 13/10/2017
Mengenal Tahap Pelaksanaan Pengecatan

Yuk mengenal tahap pelaksanaan pengecatan. Kami dari PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka menghadirkan postingan edukasi ini untuk pembaca info arstiektur dan konstruksi. Selamat membaca.

Pengecatan adalah tahapan finishing setelah tembok selesai di aci. Pengecatan bertujuan untuk memberikan warna pada tembk supaya lebih tampak estetik jika dibandingkan dinding acian semata. Saat ini ada banyak perusahaan pengecatan yang beroprasi, salah satunya adalah PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka. 

Menggunakan perusahaan profesional untuk mengerjakan pengecatan menjadi pilihan terbaik untuk hasil terbaik. Pasalnya perusahaan pengecatan profesional ini biasanya mempekerjakan tukang cat yang sudah benar-benar berpengalaman dan memiliki teknik-teknik pengecatan mumpuni. Jadi bisa memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan dari proses pengecatan tembok. Selain kualitas cat dan tukang cat itu sendiri, kualitas dinding tembok juga berpengaruh. Beberapa masalah yang sering timbul misalnya seperti warna yang belang (tampak seperti basah), hal ini karena kadar air dalam tembok terlalu tinggi.

Mengenal tahap pelaksanaan pengecatan

Selain dinding, dalam mengenal tahap pelaksanaan pengecatan, memilih cat dengan kualitas tinggi juga patut di prioritaskan. Memang harganya jauh lebih mahal, namum kualitasnya tidak bisa dipungkiri. Untuk cat dengan kualitas rendah, biasanya akan terjadi pengapuran atau luntur. Sering didapati saat orang bersender di dinding dan bajunya terkena lunturan cat. Hal ini tentu sangat menganggu.

Cat kualitas tinggi memiliki beberapa ciri : daya sebar baik, daya tutup baik, mudah untuk diaplikasikan di dinding, aman bagi kesehatan. Biasanya ada juga beberapa tambahan kemampuan semakin tingi kualitasnya seperti : anti fungi, tahan terhadap perubahan cuaca, anti fading, mudah dibersihkan, dll.

Persiapan dinding

Dalam pengecatan, setelah persiapan ruangan sudah dilakukan seperti mengosongkan ruangan, memberi koran di lantai, yang pertama kali dibutuhkan adalah menyiapkan dinding. Dinding yang akan di cat harus dalam keadaan bersih dan kering.

Setelah tembok sudah dipastikan kering, dalam mengenal tahap pelaksanaan pengecatan, maka tembok dilapisi dengan wall sealer. Ini adalah penetralisir PH. Jadi dengan wall selaer ini, PH dinding dan cat bisa sesuai. Dengan wall sealer ini juga untuk mencegah pengelupasan cat dan menjaga cat tetap bertahan warna aslinya.

Pengganti wall sealer yang lebih ekonomis adalah dengan menggunakan lem putih. Lem putih sekitar 2 bungkus dilarutkan dalam air sekitar 1 galon. Kemudian aplikasikan pada tembok.

Plamir dan cat dasar

Dalam mengenal tahap pelaksanaan pengecatan, ada beberapa tahapan yang diperlukan sebelum masuk proses pengacatan, taha tersebut adalah plamir. Ada 3 bahan dalam plamir yaitu : semen putih, lem putih, dan juga kalsium.

Teknik melamir yang cukup efektif menggunakan kapi besar atau bahan dari bekas pipa pvc yang sudah dibuat kapi. Alat tersebut digunakan untuk mengoleskan plamir secara vertical pada dinding. Untuk lapisan plamir selanjutnya menggunakan arah horisontal. Sebelum melapisi lapisan kedua, lapisan pertama haruslah kering terlebih dahulu.

Setelah itu proses penghalusan dinding. Bisa menggunakan amplas. Amplas dinding dengan gerakan memutar. Untuk kontraktor biasanya menggunakan alat penghalus yang sudah otomatis. Selain hasilnya lebih baik, pengerjaan juga lebih cepat.

Perusahaan seperti PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka menggunakan kelengkapan semacam ini untuk menunjang hasil dan efektifitas pekerjaannya.

Setelah diplamir, dilakukan proses selanjutnya yaitu pelapisan cat dasar atau alkali sealer. Alkali sealer atau cat dasar ini dimaksudkan untuk memperkecil kontak langsung dengan alkali pada tembok. Selain itu alkali sealer juga akan memberikan warna dasar putih, dengan itu penutupan warna cat bisa lebih baik.

Proses pengecatan dinding

Proses pengecatan baru bisa dimulai jika tahap-tahap sebelumnya sudah dilakukan dengan baik seperti persiapan dinding, plamir dan juga penerapan cat dasar.

Persiapkan cat terlebih dahulu. Cat yang sudah Anda pilih, encerkan menggunakan air kurang lebih 30-35% dair total berat dari cat supaya kekentala cat sempurna.

Pada bidang luas, gunakan rol untuk mempercepat pengerjaan dan meratakan pengecatan. Untuk bagian-bagian sudut, gunakan kuas.

Cara yang cukup cepat untuk meratakan penutupan warna cat pada dinding adalah dengan mengecatnya secara bersilagan. Jadi di lapisan pertama bisa dicat secara vertikal, kemudian lapisan kedua dicat secara horisontal. Untuk menimpa dengan lapisan kedua, beri jarak minimal 2-4 jam. Disarankan untuk baiknya diatas 8 jam. Supaya lapisan sudah benar-benar kering.

Anda bisa melapisi cat hingga 3-5 lapisan untuk hasil yang tampak lebih rata.

Tips dan trik dalam pengecatan

Ada beberapa tips dan juga trick yang bisa Anda terapkan dalam proses pengecatan untuk mengefektifkan pengerjaan. Berikut tips nya :

  • Mengecat pada siang hari akan lebih efektif karena lebih mudah kering.
  • Mulailah pengecatan dari area dekat jendela kemudian menuju ruangan dalam.
  • Bila mengecat untuk seluruh bagian ruangan, kerjakan dari bagian langit-langit, dilanjutkan ke bagian dinding dekat kusen jendela, baru ke bagian bawah.
  • Mengecat dengan tiga lapis disesuaikan pada pencampuran air  yang dianjurkan, hasilnya akan lebih baik dibandingkan dengan mengecat hanya pada satu lapisan yang tebal.
  • Buat batasan bidang pengecatan, antara 2-3 meter persegi tiap kali mengecat. Baru pindah ke bidang lainnya jika area tersebut telah selesai.
  • Biarkan sisa cat dalam kaleng cat mengering di wadah sebelum Anda buang ke tempat sampah.

Untuk Anda yang membutuhkan jasa pengecatan profesional, hubungi kami, PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka.  Perusahaan ini sudah terbukti memberikan pekerjaan terbaik. Serahkan masalah pengecatan pada perusahaan ini dan dapatkan hasil pengecatan terbaik bagi Anda.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id