Tips Garasi; Ketahui Kapan dan Penyebab Harus Renovasi Sesegera Mungkin

Garasi merupakan bangunan tambahan, fungsinya guna menyimpan kendaraan. Garasi bisa jadi sudah ada pada saat awal pembangunan suatu rumah. Bisa juga baru ditambahkan kemudian setelah rumah jadi atau mulai ditinggali. Saat itu dirasakan mulai perlu untuk memiliki garasi untuk mobil dalam rumah. Anda punya mobil? Awas kena pelanggaran undang-undang jika tidak mengandangkan mobil di garasi, sebab menyimpan mobil di jalanan akan mengganggu orang lain. Coba baca ini untuk tahu undang-undangnya: https://otomotif.kompas.com/

Belum punya garasi? tenang saja, kami membangunnya untuk Anda. Garasi Anda butuh renovasi? Ya mungkin Anda sudah punya garasi dan karena suatu hal, misalnya atap bocor, lantai miring, mau roboh, terlalu sempit, dan aneka macam penyebab, dan Anda ingin melakukan perbaikan? Inilah dia tips renovasi garasi dari kami, ahlinya epoxy lantai garasi. Bukan epoxy, tapi kami adalah perusahaan konstruksi secara umum.

Apa itu Garasi dan Fungsinya

Pertama, sebelum masuk ke pembahasan inti, harus dijelaskan secara istilah, apa itu garasi. Garasi adalah suatu ruang tambahan dari suatu rumah atau bangunan lainnya yang memiliki fungsi untuk menyimpan kendaraan roda dua, tiga atau empat, misalnya mobil, motor, maupun gerobak, atau becak.

Mengapa Perlu Renovasi Garasi?

Suatu rumah bisa saja awalnya belum memiliki garasi, kendaraan-kendaraan para penghuni rumah diparkir di halaman rumah, baik yang telah dipasangi atap peneduh atau kanopi carport, atau pun yang belum dan dibiarkan terbuka begitu saja apa adanya  arau justru kendaraan di parkir di dengan rumah, di tepi jalan.

Meletakkan mobil dilluar garasi, apalagi di jalanan umum dapat berakibat:

  • mengganggu lalu lintas dan tetangga
  • juga kendaraan menjadi rentan rusak karena terpapar langsung dengan efek cuaca  baik itu terik sinar matahari
  • bisa membuat cat kendaraan menjadi kusam
  • juga dari curahan air hujan yang bersifat asam yang bisa merusak kendaraan,
  • kendaraan rusak hingga menjadi hilang,

Oleh karenanya maka perlu membangun garasi. Bagi Anda yang sudah bergarasi di rumahnya, mungkin beberapa hal ini akan menjadi alasan yang tepat untuk waktunya merenovasi dan mendadani ulang kandang gerobak bermesin Anda.

A. Garasi Terlalu Sempit

tips merenovasi garasi

Jenis kendaraan yang akan disimpan memiliki ukuran yang lebih lebar atau lebih tinggi dari ukuran garasi yang telah ada. Sehingga diperlukan renovasi untuk meninggikan ruang garasi atau juga memperlebar ruang garasi yang telah ada.

B. Atap Garasi Bocor atau Rusak

tips merenovasi garasi

Alasan lain melakukan renovasi garasi adalah jika ruang garasi atapnya bocor sehingga air hujan yang merusak kendaraan bisa masuk.

C. Dinding Garasi Rusak

tips merenovasi garasi

Dinding garasi yang retak atau terkelupas catnya bisa menimbulkan masalah terkait dengan kondisi kendaraan yang disimpan di dalamnya, jadi perlu dibenahi.

D. Perubahan Warna Garasi

tips merenovasi garasi

Sering kali warna garasi perlu diganti dengan warna yang lebih tahan kotor, seperti warna-warna netral abu-abu atau hitam atau coklat beige dan lain sebagainya, dari warna putih, misalnya. Sehingga tidak mudah terlihat menjadi cepat kotor penuh noda cipratan atau tetesan oli mobil atau bekas asap knalpot kendaraan dan lain sebagainya. Renovasi garasi untuk perubahan warna tersebut tidak mengubah ukuran garasinya, namun hanya untuk mengubah warnanya saja, yang meliputi cat warna dindingnya, atau material dan warna lantai juga dindingnya bisa juga.

E. Penambahan Jumlah Kendaraan

tips merenovasi garasi

Penyebab lain bisa juga perlu renovasi garasi untuk menyimpan lebih banyak kendaraan para penghuni rumah.

F. Perubahan Arah Pintu Garasi

tips merenovasi garasi

Renivasi garasi juga bisa dilakukan ketika ingin mengubah arah pintu garasi, yakni yang semula mengarah ke depan, lalu dibuat mengarah ke samping, yang memiliki akses ke jalanan dengan lebih mudah dan aman, dan lain sebagainya.

G. Perubahan Lokasi Garasi

tips merenovasi garasi

Bisa juga renovasi dilakukan untuk mengubah lokasi garasi, yakni yang semula di sisi kanan depan rumah misalnya  lalu akan diubah menjadi di sisi kiri depan rumah, dan lain sebagainya, perpindahan ke lokasi yang lebih tepat, yang lebih mudah serta aman aksesnya ke jalan raya.

Tips Renovasi Garasi

Sesuai penyebab alasan renovasi maka berikut tipsnya.

1. Ukur dengan Benar Jenis Kendaraannya

Lakukan pengukuran dengan benar jenis kendaraan yang akan disimpan di dalam garasinya  yakni meliputi ukuran tinggi dan lebar kendaraan, dengan diberi tambahan sekitar setengah meter ke atas, terutama dari ukuran pintu garasinya, dan tambahan celah di samping kanan atau kirinya sekitar selebar badan orang dewasa untuk setiap masing-masing kendaraan yang akan disimpan di dalam garasinya. Pertimbangkan dan ukur dengan benar mengenai tinggi dan lebar ruang garasinya dan tinggi juga lebar ukuran pintu garasinya. Jenis pintu garasi juga bermacam-macam.

2. Pilih Bahan dan Warna

Pilih material untuk ruang garasi dari bahan yang kuat dan awet serta tidak mudah berkarat dan cukup tahan terhadap berbagai perubahan cuaca dan dalam warna-warna yang tahan kotor. Pertimbangkan juga tingkat halus dan kasarnya material bahan sesuai fungsinya. Usahakan agar lantai garasi cukup kasarnya sehingga tidak menjadi licin dan dapat menimbulkan bahaya. Pilih juga material yang tidak mudah terbakar.

3. Ketinggian Lantai Garasi yang Tepat

Jangan lupa pertimbangkan baik-baik ketinggian lantai garasi, terutama untuk rumah yang ada di lokasi yang rawan banjor. Usahakan agar tinggi lantai garasi cukup sehingga tidak akan membuat kendaraan jadi terendam air pada saat terjadi banjir. Jika perlu bisa saja lantai garasinya lebih tinggi dari lantai satu rumah, guna menyimpan kendaraan kesayangan dengan secara lebih baik.

4. Letak Ruang Garasi

Pertimbangan berikutnya adalah lokasi letak ruang garasinya, yakni mau di depan samping kanan atau kiri rumah atau di depan tengah, kemudian cukup di depan saja atau hingga ke belakang rumah dan lain sebagainya. Pilih lokasi yang mudah aksesnya ke jalanan di depan atau samping rumah. Lokasi dan letak rumah dan posisinya dengan jalan menjadi hal utama yang mempengaruhi pemilihan letak ruang garasi.

  • Kadang kala adanya pohon di depan rumah menghalangi akses kendaraan dari garasi ke arah jalan,
  • sehingga harus ditebang terlebih dahulu, atau adanya beberapa penghalang lainnya, y
  • ang perlu dipindahkan terlebih dahulu atau dihindari, yakni antara lain bisa saja itu berupa bak sampah di depan rumah,
  • atau pohon besar baik itu yang ada di halaman rumah atau di luar pagar, pohon di tepi jalan
  • atau bisa juga adanya tiang listrik dan lain sebagainya yang akan bisa menghalangi jalan masuk kendaraan ke dalam garasi nantinya,
  • sehingga harus disingkirkan terlebih dahulu atau justru harus dihindari dan lalu memilih lokasi penempatan ruang garasi ke sisi rumah yang lain yang bebas dari hambatan dan berbagai kendala sehingga lebih cocok dan tepat untuk menjadi tempat ruang garasi.
  • Sehingga kendaraan yang disimpan di garasi bisa dengan lancar dan mudah keluar masuk, dari dan ke garasi, dari dan ke jalan yang ada di depan atau samping rumah.

Garasi tak selalu harus menghadap ke depan rumah, tapi bisa juga dibangun menyamping, di sisi samping kanan atau kiri rumah, jika memang akses jalan dari sisi kanan atau kiri rumah lebih mudah dan lebar serta lebih memungkinkan untuk membuat kendaraan bisa lebih lancar dan aman keluar masuk rumah.

Guna keperluan renovasi garasi maka percayakan saja kepada PT Nikifour Kontraktor di Karawang yang akan mengerjakannya dengan cepat dan tepat, berkualitas baik, sesuai keinginan dalam anggaran yang terjangkau.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?