8 Rekomendasi Desain Lantai Epoxy yang Unik dan Menarik

Kebanyakan lantai epoxy digunakan untuk keperluan industri, rumah sakit dan tempat dengan kebutuhan khusus lainnya. Lantai di tempat seperti ini tentu menggunakan epoxy, tapi tampilannya flat dan terkadang kurang menggugah. Tampilan seperti ini sebetulnya kurang menunjukan kemampuan epoxy sebagai lantai yang indah. Inilah kami bagikan 8 rekomendasi desain lantai epoxy yang unik dan menarik untuk Anda.

Bagi Anda yang melakukan research epoxy flooring ataupun pelapisan lantai epoxy, Anda akan temukan banyak gambar dan video mengenai desain – desain yang unik dan menarik. Penggunaan lantai epoxy yang seperti ini lebih sering terlihat di tempat seperti restoran, tempat karaoke, rumah mewah, lantai kolam renang besar, hotel dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik, desain seperti ini juga bisa diaplikasikan untuk rumah Anda.

Jika Anda butuh rekomendasi desain yang unik, mari bahas beberapa yang cukup terkenal dan tentunya memiliki tampilan memukau dan menarik. Berikut adalah 8 pilihan rekomendasi desainnya:

1. Desain Mural

8 Rekomendasi Desain Lantai Epoxy yang Unik dan Menarik

Desain lantai epoxy yang satu ini biasanya berupa pattern dan gambar mural yang ditanam untuk tampilan lantai yang unik. Untuk desain seperti ini, ada dua cara yang umumnya digunakan. Pertama adalah menanam desain mural yang diinginkan secara layer saat aplikasi epoxy. Setelah diaplikasikan, lantai akan dilapisi epoxy transparent, agar mural yang ditempel tetap terlihat.

Cara kedua adalah dengan melukis langsung dengan bahan epoxy. Jika bentuk mural yang diinginkan simple, cara ini biasanya yang paling sering digunakan. Layering yang tidak banyak dan hasil akhirnya juga tidak kalah dengan yang menggunakan teknik menanam gambar.

2. Desain Wood Pattern 

Menggunakan kombinasi warna epoxy, Anda akan dengan mudah membuat warna seperti kayu. Tampilan lantai yang seperti ini akan membantu ruangan tampak mewah dan elegan. Jika Anda ingin memiliki rumah dengan tampilan dan tema mewah klasik, pilihan tampilan lantai ini tentu sangat cocok.

Untuk aplikasinya, selain dengan mengkombinasikan warna dan membentuk pattern kayu secara manual, banyak orang bahkan menempelkan print pattern kayu saat proses layering. Nantinya gambar kayu ini akan ditumpuk dengan epoxy transparent agar tetap terlihat detail gambarnya.

3. Desain Flowing Water 

Rekomendasi Desain Lantai Epoxy

Jenis desain yang satu ini lebih cocok digunakan untuk kamar mandi ataupun kolam renang. Tampilan hasil akhir dari desain epoxy yang satu ini akan sangat tergantung dari skill tukang yang membuatnya. Jika skill mereka bagus dan berpengalaman soal ini, bentuk aliran air ini bisa tampak realistis dan bahkan bisa membuat orang mengira lantai digenangi air.

Untuk membuatnya, biasanya lantai ditempeli gambar print air yang kemudian diberi efek dengan epoxy kombinasi warna biru. Nantinya setelah tampilannya mirip air mengalir, bagian akhir akan dilapisi epoxy transparent agar terlihat ada efek mengkilat dan juga refleksi cahaya seperti di atas air.

4. Desain Painting 

Untuk mengaplikasikan desain yang satu ini, para tukang biasanya menanam lukisan yang diinginkan di bawah lantai epoxy. Lukisan ini bukan berarti kertas, tapi print yang nantinya dijiplak ke atas layer lantai epoxy. Tentu saja, proses ini memakan waktu lama dan harus hati – hati. Jika layering tidak rata, tampilan lukisan bisa terganggu dan tidak sempurna saat diaplikasikan layer finishing.

5. Desain Glow in The Dark

Desain yang satu ini juga menggunakan bahan campuran epoxy khusus yang membuatnya bisa memiliki kemampuan fosfor. Lantai yang satu ini akan menyerap cahaya lampu dan matahari sebagai sumber cahaya-nya. Saat malam ataupun situasi ruangan gelap, bahan khusus tersebut akan berpendar. Cahaya yang dihasilkan tidak terlalu terang, tapi cukup untuk membuat tampilan lantai jadi menonjol.

Cara lain yang bisa digunakan selain menggunakan epoxy campuran tersebut adalah menanam print gambar dengan property bercahaya dalam gelap. Tapi print gambar ini biasanya bisa kehilangan kemampuan bercahaya dalam gelap dalam beberapa tahun, jadi tidak bisa menghasilkan tampilan berpendar permanen.

6. Desain Build in Lamp

Siapa bilang, desain lantai epoxy tidak bisa dikombinasikan dengan elektronik. Lantai yang satu ini biasanya sering terlihat digunakan untuk tempat hiburan malam. Lantai yang menyala karena ada lampu yang ditanam di bawah lapisan epoxy transparent tentu membuat tampilan ruangan menjadi lebih menarik.

Lantai jenis ini biasanya dimulai dengan membuat rangkaian sirkuit lampu terlebih dahulu. Nantinya sirkuit ini akan ditanam di lantai yang diperkuat dengan material seperti semen, tapi lubang lampu nantinya dibuat ruang sendiri agar cahaya yang dihasilkan tetap keluar. Nah, nantinya baru lantai ini dilapisi epoxy dengan transparent untuk bagian lubang, dan epoxy biasa di bagian lantai lainnya.

7. Desain Mosaic

Anda tentu pernah melihat pattern mosaic. Tampilan ini bisa dihasilkan dari perpaduan hal yang terlihat seperti pecahan, tapi saat dipadukan membuat pattern indah yang artistik. Pattern ini juga bisa digunakan untuk lantai epoxy. Biasanya pecahan gelas, ubin ataupun bahan lain bisa disusun di atas layer dasar epoxy. Nantinya pattern yang sudah jadi ini akan dibuat rata dengan layer epoxy transparent.

Desain ini memiliki sisi kompleks di eksekusi. Lantai epoxy mengutamakan permukaan yang rata. Tapi dengan menanam, bahan – bahan ini, tentu saja mencapai permukaan rata bisa sulit. Karena itu, desain yang ini akan membuat aplikasi lantai epoxy bisa jadi 5 sampai 6 kali lebih lama prosesnya. Anda harus rela membayar mahal tukang dan juga sabar menunggu desain lantai ini selesai.

8. Desain 3D

Desain yang satu ini mirip dengan aplikasi desain painting. Bedanya, gambar yang digunakan untuk ditempel memiliki efek 3D. Jadi saat dilihat, tampilan gambar ini lantai seakan – akan timbul dan memiliki kedalaman walaupun saat diraba merupakan lantai datar. Aplikasi lantai yang satu ini biasanya lebih rumit karena terkadang memerlukan beberapa layer untuk memastikan efek 3D yang dihasilkan sempurna.

Tantangan mendapatkan lantai epoxy desain yang ini adalah mencari print gambar yang memiliki efek 3D. Print gambar ini tentu harus menggunakan bahan khusus agar bisa di transfer ke lantai epoxy. Di Indonesia belum banyak tempat yang bisa menyediakan hal ini. Jadi jika Anda disarankan impor print 3D ini jika ingin lebih mendapatkan banyak pilihan.

Bagaimana menurut Anda soal bahasan 8 rekomendasi desain yang menarik seputar lantai epoxy di atas? Tentu saja, desain tersebut ada yang bisa dikombinasikan dan bahkan lebih banyak lagi yang bisa keluar baru. Tapi umumnya, desain di atas sudah meliputi hampir semua jenis desain yang paling umum digunakan untuk tampilan lantai menarik dan unik.

Semoga bahasan rekomendasi di atas bisa membantu Anda untuk memilih desain lantai epoxy yang akan Anda gunakan. Selalu ingat bahwa tingkat kesulitan aplikasi desain di tas cukup tinggi, jadi diskusikan dulu dengan petugas yang bertanggung jawab soal epoxy flooring Anda terlebih dahulu. Jangan sampai Anda memaksakan petugas yang tidak mampu menghasilkan desain yang diinginkan dan akhirnya malah kecewa dengan hasil akhirnya. Terima kasih sudah membaca dan semoga Anda terinspirasi.

 

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?