Definisi dan Kelebihan Epoxy Flooring

Posted by purnosidi
on 03/08/2015
Definisi dan Kelebihan Epoxy Flooring

Yuk sedikit membicarakan definisi dan kelebihan Epoxy Flooring. Apakah Anda pernah mendengar istilah Epoxy Resin, Epoxy Polimer, Epoxy  Coating,  cat Epoxy dan Epoxy Floring? Yang akan kami sedikit singgung di artikel ini adalah tentang epoxy flooring yang merupakan salah satu bidang kerja kami dari Nikifour, kontraktor terbaik di Karawang.

Apa definisi dari Epoxy Flooring? Banyak sekali definisi dari pengerjaan pelapisan epoxy sebab telah luasnya penggunaan metode ini di banyak industri. Secara umum epoxy flooring adalah proses pelapisan lantai dengan cat epoxy. Berbeda dengan cat lantai pada umumnya, cat epoxy lebih menghasilkan tampilan lantai yang rapi, mengkilap, berkilau dan tentu saja lebih indah. Definisi dan kelebihan Epoxy Flooring.

Definisi Epoxy Flooring

epoxy lantai FBD 1,2 PT. Bintang Toedjoe Pulomas
Salah satu pekerjaan Epoxy Flooring oleh PT Nikifour Karawang di PT Bintang Toedjoe Pulomas

Jika anda menemukan jenis lantai di tempat-tempat tertentu seperti rumah sakit, perkantoran, garasi dan gedung pabrik yang terlihat mengkilap seperti keramik tanpa sambungan maka itu biasanya menggunakan lapisan cat epoxy. Pelapisan Epoxy memang menghasilkan tampilan lantai yang mulus seperti marmer. Pelapisan epoxy yang baik tentu saja akan membuat lantai lebih indah, bersih dan rapi dalam waktu yang lama. Definisi dan kelebihan Epoxy Flooring.

Pengerjaan proses pelapisan epoxy sendiri memiliki beberapa tahapan pelapisan yang menyertakan penggunaan bahan kimia dengan formula khusus pada pekerjaan.

Pertama kali diformulasikan pada tahun 30’an di USA dan Swiss, Epoxy sejak saat itu banyak dikembangkan terus menerus. Epoxy diproduksi sebagai lem perekat pada tahun 1946 hingga setahun kemudian dikembangkan menjadi bahan pelapis/cat. Setelah bentuknya menjadi bahan pelapis/cat, epoksi semakin dikembangkan bahkan menjadi salah satu pelapis yang aman terhadap lingkungan.

Epoxy sendiri adalah sebuah bahan kimia resin dari hasil polimerisasi epoksida. Resin polimerisasi tersebut kemudian dikenal dengan nama resin thermosetting yang membentuk ikatan molekul yang erat dalam suatu struktur antar polimer.

Rangkaian yang membentuk epoxy tersebut memiliki proses pembentukan awal berupa cairan yang bereaksi secara kimiawi menjadi padat. Polimer eopxy ini sangat kuat secara mekanis. Polimer epoksi memiliki sifat tahan terhadap perubahan yang biasanya di miliki unsur-unsur kimia padat pada umumnya. Sifat rekatnya yang tinggi dihasilkan selama proses konversi dari cair ke padat.

Polimer epoxy memiliki banyak varian sifat yang berbeda tregantung bahan kiia dasar dalam resin. Karena itu epoksi memiliki kelebihan dan fungsi yang berbeda-beda.

Epoksi flooring memiliki dua komponen; resin yang sifatnya ringan, transparan dan tidak berbau dan komponen pengeras (hardener) yang memiliki warna gelap dan agak berbau. Polimer epoksi dihasilkan ketika pencampuran dua komponen tersebut. Pada proses pencampuran itu akan terjadi reaksi kiiawi hingga membentuk ikatan polimer yang kuat dan keras.

Epoxy Lantai biasanya sangat sesuai untu kpermukaan-permukaan bidang area sebagai berikut: beton, kayu, logam, ubin, dsb. epoxi flooring/lantai ini ber-resistensi sangat tinggi terhadap abrasi. Juga tahan terhadap bahan kimia yang bersifat korosif seperti alkali, thinner, bensin, larutan garam dan atau pelarut pada umumnya.

Pelapisan epoxi bisa diterapkan pada bidang hingga ketebalan dua millimeter dan pada pengerjaannya bisa menambahkan warna tertentu sehinga lantai /permukaan akan memiliki warna yang menarik.

Kelebihan Epoxy Flooring

Apa kelebihan menggunakan Epoxy Flooring pada lantai? Sejauh mana keunggulaanya di banding dengan cat lantai pada umumnya? Seperti penjelasan di atas, epoxy lantai tidak saja memberikan warna dan tekstur yang baik bagai lantai pabrik, kantor atau gudang anda, tapi juga memperkuat dan melapisi dengan ketahanan luar biasa dari hal-hal yang biasanya merusak permukaan lantai.

Berikut beberapa point keunggulan epoxy lantai:

  • Epoxy flooring/lantai lebih mudah diaplikasikan pada bidang/permukaan yang menghendaki pelapisan seperti lantai gedung, pabrik, gudang, garasi dan sebagainya
  • Epoxy flooring/lantaiBisa diaplikasikan dengan warna yang akan menghasilkan keindahan sesuai tema warna sekitarnya.
  • Pengerjaan Epoxy lantai yang relatif mudah sehingga bisa menggunakan kuas atau roll maupun trowel.
  • Resistensi kimia yang tinggi epoxy flooring/lantai sehingga membuat lantai anda berketahanan yang sangat baik
  • Lapisan epoxy lantai mempunyai daya rekat yang kuat (high adhesive)
  • Epoxy lantai tahan terhadap panas
  • Epoxy lantai berdaya tahan sangat baik terhadap beban berat.
  • Epoxy lantai mempunyai korositas yang rendah karenanya noda tidak mudah meresap pada permukaan
  • Epoxy lantai bisa digunakan pada pengecatan electrostatic atau pelapisan anti static.
  • Daya ikat epoxy lantai yang kuat, tidak mudah retak kecuali adanya benturan atau guncangan pada permukaan beton.

Demikianlah sediki penjelasan singkat tentang definisi dan kelebihan Epoxy Flooring. Jika anda sekarang membutuhkan konsultasi proses epoksi flooring untuk gedung Anda. Hubungi marketing service kami. Nikifour adalah perusahaan kontraktor yang telah menangani banyak pekerjaan Epoxy terutama di Jakarta dan Karawang.

Apakah lokasi gedung anda di kawasan industri yang tengah berkembang seperti KIIC hingga Suryacipta? Jika Epoxy lantai adalah kebutuhan finishing pada gedungn Anda, hubungi kami sekarang juga.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id