Raja Aluminium Rusia
Pemerintah USA Digugat Raja Aluminium Rusia
April 7, 2019
Harga Aluminium Turun
Harga Aluminium Turun Akibat Kurang Permintaan dan Rencara Tarif Impor Eropa
April 13, 2019

Ransomware Menyerang Industri Aluminium: Parah, Norsk Hydro Kewalahan

picture: https://www.helpnetsecurity.com/2019/03/20/norsk-hydro-cyber-attack/

Ransomware menyerang industri aluminium Norks Norwegia. Serangan cyber berupa virus ransomware memang sangat berbahaya. Salah satu dampaknya pada sektor industri baru-baru ini adalah yang dialami oleh sebuah perusahaan produsen aluminum terbesar di dunia, Norsk Hydro. Pabrik aluminium di Norwegia ini tengah berupaya mengatasi serangan hebat ransomware yagn meretas jaringan IT perusahaan sehingga menghentikan bagian produksi.

Kini sebagian pabrik peleburan aluminium raksasa mereka beropreasi manual dan beberapa pabrik ekstrusi logam dan canai yang menghasilkan ingot aluminium untuk komponen otomotif dan industri konstruksi di tutup.

Bersumber dari Reuters, Eivind Kallevik, seorang kepala bagian keuangan perusahaan Norsk Hydro mengatakan kepada konferensi pers bahwa serangan virus ini merupakan ransomware murni dan sangat berdampak parah.

Semantara itu NNSA (Badan Keamanan Nasional Norwegia), mengatakan bahwa virus yang gunakan untuk menyerang Norsk Hydro adalah LockerGoga, salah satu varian ransomware terbaru. Pada dasarnya, entah itu namanya, ketika virus menyerang lalu mengenkripsi semua file-file komputer yang terhubung jaringan lalu menuntut pembayaran untuk membuka kunci enskripsi, maka itulah Ransomware.

Eivind Kallevik menyebutkan bahwa ia tidak bisa menghidupkan komputernya karena tidak mengakses file-file pekerjaannya. Ia tidak menyebutkan berapa angka nominal uang yang diminta sebagai tebusan untuk membuka enskripsi. Menurutnya, perusahaannya tidak akan membayar apapun, dan memilih akan merestorasi dari server backup saja. Kallevik menjelaskan bahwa perusahaannya mempunyai sistem backup yang baik.

Ransomware menyerang industri aluminium itu sendiri bermula dari Amerika Serikat di hari Senin malam, tanggal 25 MAret 2019 dan terus meningkat selama satu malam. Dampaknya adalah sistem IT di sebagain besar aktivitas perusahaan sehingga beberapa pegawai perusahaan kemudian menyebarkan info serangan ini melalui medsos.

Melalui Oslo Stock Exchange, Hydro mengatakan bahwa masih terlalu cepat untuk menunjukkan dampak terhadap operasional dan keuangan perusahaan. Mengenai hal tersebut, Kallevik mengatakan dampaknya terhadap keuangan perusahaan sejauh ini masih terbatas. Ia juga mengatakan kepada Reuters bahwa dampak mayoritas adalah kepada tenaga kerja secara langsung yang menggunakan komputer untuk melakukan aktivitas pekerjaan sehingga kini harus melakukan semuanya dengan cara manual. Hal itu juga menyebabkan perusahaan harus menambah beberapa tenaga pegawai lagi.

Praktis kini harga Aliminium terdorong naik, tertinggi sejak 3 bulan terakhir di London Metal Exchange akibat berita serangan cyber kepada Norsk Hydro. Saham Hydro pun mengalami penurunan hingga 3,4% sebelum kembali diperdagangkan lebih rendah 0,8% pada 1438 GMT.

Ransomware LockerGoga sebenarnya tidak begitu populer di dunia kejahatan cyber, menurut beberapa peneliti internet, meski demikian ada pihak yang menduga virus ini juga terkait pada serangan terhadap Altran Technologies, sebuah firma konsultan teknik di Perancis pada bulan Januari lalu.

Adalah Haakon Bergsjoe, seorang kepala National Cyber Security Center NNSA, kepada Reuters menyebutkan bahwa tidak ada laporan dari perusahaan lain yang terdampak pada hari Selasa. Sementara itu kini semua perusahaan besar di Norwegia telah mendapatkan warning setelah Hydro terdampak.

Sebelumnya, serangan virus digital diketahui di Noregia terhadap Visma, sebuah perusahaan pengembang software. Diduga peretas itu bertujuan mencuri data rahasia kliennya dan bekerja sama dengan intelijen China.

PABRIK PUN DITUTUP

Kini pemerintah dan perusahaan menjadi was-was terhadap dampak kerusakan yang ditimbulkan pada sistem IT industri dan infrastruktur nasional. Keamanan nasional menjadi kritis pasca banyaknya serangan virus melalui internet.

Hingga kemudian di tahun 2017, akibat virus ransomware Wannacry, beberapa peretas dituduh pemerintah Amerika Serikat telah bekerja dengan Korea Utara dan menyebabkan kerugian negara hingga miliaran dolar. Serangan Wannacry tersebut menyebabkan lumpuhnya beberapa institusi penting seperti bank, rumah sakit, dan perusahaan secara global. Akan tetapi kemudian Pyongyang membantah tuduhan tersebut.

Serangan virus cyber lainnya pernah menghancurkan sistem transportasi dan jaringan listrik, dan sebuah perusahaan minyak Saipem, di Italia dengan 300 lebih komputer perusahaan terdampak.

Sekarang, di setiap pintu masuk di kantor utama Hydro di kota Oslo, dipasang tanda larangan masuk ke ruangan komputer bagi karyawan. Hydro sendiri adalah produsen aluminium pada hampir semua lini produk; dari membuat bahan baku dari ingot hingga komponen otomotif dan konstruksi yang diap dipesan.

Sementara itu generator listrik bertenaga air yang dimiliki perusahaan berjalan seperti biasa karena perusahaan menerapkan sistem IT yang terisolasi sehingga tidak pemadaman listrik tidak berpengaruh. Selain itu, untuk operasoinal alumina dan peleburan berada di luar Norwegia seperti Qatar dan Brasil.

Dengan 36 ribu pegawai di empat puluh negara, Hydro pada tahun 2018 memperoleh 4,3 milyar Krone Norwegia dari penjulanan dengan nilai 159,4 miliar Krone.

purnosidi
purnosidi
Website PT Nikifour ini dikelola oleh Purnomo Sidi, seorang blogger sekaligus engineer. Kontak: purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0816-627-452 dan 0817-627-452. Alamat & Kontak PT Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati - Karawang Barat - Karawang Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail: nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id