Pergola Aluminium
Pergola Aluminium: 20 Ide Desain ini Sangat Unik dan Menginpirasi
January 25, 2019
https://www.lenmak.com/aluminum-exterior-cladding/
Perawatan dan Pemeliharaan Aluminium: Sebuah Panduan dan Cara Praktis
January 31, 2019

Ekstrusi Aluminium: Sebuah Penjelasan Dasar

Ekstrusi Aluminium

Ekstrusi aluminium adalah hasil akhir dari proses yang digunakan untuk mengubah paduan aluminium menjadi komponen panjang batang yang dapat digunakan yang memiliki profil penampang melintang tertentu sehingga cocok untuk aplikasi akhir yang diperlukan.

Ada banyak profil standar yang tersedia seperti sudut, saluran, dll. Anda juga dapat merancang profil Anda sendiri dengan cara yang hemat biaya, beberapa perusahaan menjadi spesialisasi di bidang ekstrusi aluminium.

Ekstrusi aluminium digunakan untuk berbagai aplikasi di sekitar kita – bekerja di meja Anda, skrining kantor, papan tulis, sinkronisasi panas di laptop Anda. Di mobil Anda – treadplate, panggangan, trim interior. Di rumah – di peralatan dapur Anda, trim ubin kamar mandi dll.

Bagaimana Ekstrusi Aluminium Dibuat?

Langkah 1 – Ambillah Batang Aluminium

Sebelum ekstrusi dapat dimulai, Anda memerlukan batangan aluminium yang biasanya berbentuk bundar dan panjang hingga 7 meter, dan memang sangat berat. Batang Aluminium itu biasanya dalam berbagai paduan dan ketebalan. Batang Aluminium ini akan dipanaskan dalam proses yang disebut homogensiasi guna memastikan dapat dipanaskan secara seragam selama ekstrusi sebelum dipasok ke pabrik ekstrusi.

Langkah 2 – Potong Menjadi Kecil-kecil dan Panaskan

Sepotong kecil dari batang aluminium dicukur agar sesuai dengan ukuran press yang digunakan dan panjang akhir yang diekstrusi diperlukan, potongan ini biasanya memiliki panjang antara 300mm dan 1000mm.

Potongan batang aluminium ini disebut billet. Billet sekarang dimasukkan ke dalam pemanas billet dan suhu dinaikkan menjadi antara 400-500 derajat celcius namun, suhu yang tepat akan tergantung dari sejumlah faktor seperti kompleksitas bentuk, paduan, dll.

Langkah 3 – Peras

Langkah ini adalah tempat keajaiban terjadi. Billet yang sudah dipanaskan kemudian dimasukkan ke dalam sebuah ruang dan didorong secara paksa melalui pembukaan dadu. Die memiliki bukaan yang lebih lebar pada permukaan belakang dan bentuk / profil akhir yang dibutuhkan oleh pelanggan di bagian depan.

Ekstrusi playdough

Bayangkan sebuah mesin playdough anak-anak, isi dengan adonan, tempelkan bentuk bintang di bagian depan, tekan gagang ke bawah dan voila, playdough berbentuk bintang.

Ekstrusi Aluminium

Begitu banyak kekuatan yang menyebabkan aluminium mengalir dan keluar dari die dengan kecepatan antara 5-80 m / mnt. Panjang yang diekstrusi dapat sepanjang 50 meter dan dapat terdiri dari satu atau beberapa helai dari profil yang sama.

Biasanya ekstrusi dari kebanyakan paduan komersial aluminium akan didinginkan atau didinginkan saat meninggalkan meja press, untuk menurunkannya dari suhu 500 derajat celcius yang digunakan selama ekstrusi.

Langkah 4 – Dinginkan

Ekstrusi harus didinginkan agar dapat ditangani dan diregangkan. Proses pendinginan ini menggunakan udara, air atau campuran keduanya. Pendinginan juga digunakan sebagai bagian pertama dari perlakuan panas dari paduan pengerasan oleh waktu.

Langkah 5 – Regangkan dan Potong Memanjang

Aluminium hasil ekstrusi yang sangat panjang akan dipindahkan di sepanjang meja press ke tandu ekstrusi. Rahang tandu dijepit ke salah satu ujung panjangnya. Aluminium ekstrusi yang terlalu panjang itu kemudian diregangkan untuk membantu meningkatkan kelurusan keseluruhan.

Aluminium hasil ekstrusi yang panjang dan lurus akan diseret ke konveyor gergaji yang memangkasnya menjadi ukuran yang lebih mudah ditangani (biasanya antara 2 dan 6m).

Langkah 6 – Tuakan!

Sebagian besar ekstrusi kemudian secara artifisial mengeras secara umur. Pengerasan ini juga akan melibatkan pembakaran ekstrusi dalam oven dengan suhu tertentu antara 170 dan 190 derajat celcius selama antara 4 dan 8 jam tergantung pada sifat kekerasan (disebut temper) yang diperlukan. Penuaan mengembangkan sifat mekanik ekstrusi, terutama kekuatan profil.

Referensi:

  1. https://www.bwcgroup.co.uk/aluminium/academy/extrusion_101
  2. https://nikifour.co.id/karakteristik-plat-aluminium-dan-pemanfaatannya/
purnosidi
purnosidi
Website PT Nikifour ini dikelola oleh Purnomo Sidi, seorang blogger sekaligus engineer. Kontak: purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0816-627-452 dan 0817-627-452. Alamat & Kontak PT Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati - Karawang Barat - Karawang Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail: nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id