Pipa Baja yang Sedang Populer di Industri Konstruksi

Posted by purnosidi
on 06/01/2018

Tahukah Anda apa saja jenis dan product pipa baja yang sedang populer di industri konstruksi? Pada dasarnya dalam sebuah pekerjaan mekanik dan konstruksi salah satu peralatan yang paling sering digunakan ialah pipa. Pipa bisa digambarkan sebagai salah satu material dengan dimensi yang mempunyai ukuran panjang dan ketebalan yang lebih besar dibandingkan lebar ataupun diameter. Umumnya pipa baja juga cukup identik dengan sebutan tube, akan tetapi istilah pipa ini lebih identik dengan pipa yang mempunyai ketebalan lebih dari ¾ inchi. Penggunaan pipa pada umumnya sebagai salah satu media untuk memindahkan suatu materi yang bisa mengalir seperti cairan maupun gas.

Perlu anda ketahui, sebenarnya pipa mempunyai banyak sekali jenisnya, tergantung dari tujuan dan maksud penggunaannya. Pipa umumnya mempunyai bentuk silinder dengan lubang di bagian tengahnya. Pipa ini juga mempunyai banyak sekali varian material yang digunakan untuk pembuatannya. Selain itu, ukuran, ketebalan dan teknik pembuatan pipa ini biasanya didasarkan pada kebutuhan instalasi tertentu.

2 Jenis Pipa Baja yang Sedang Populer di Industri Konstruksi

Jenis pipa baja yang sedang populer di industri konstruksi cukuplah banyak seperti pipa baja galvanis serta pipa baja hitam.

Pipa baja hitam merupakan salah satu jenis pipa yang terbuat dari baja dan belum melalui berbagai proses galvanisasi. Pada dasarnya pipa baja hitam ini banyak digunakan pada objek yang tidak ada melibatkan baja galvanis. Pipa baja hitam ini juga mempunyai sifat yang tahan cuaca dan anti korosi.

Umumnya pipa baja hitam sering digunakan sebagai media untuk pengaliran cairan seperti gas, minyak, air dan lain sebagainya. Selain itu, pipa baja hitam ini juga sering digunakan sebagai media pondasi untuk penyangga bangunan, Karena pipa baja hitam ini memiliki sifat yang sangat kuat dan kokoh.

Perbedaan Pipa Baja Galvanis Dengan Pipa Baja Hitam

Pada dasarnya ada beberapa orang yang beranggapan jika pipa baja galvanis dan pipa baja hitam merupakan jenis pipa yang sama. Akan tetapi, perlu anda ketahui jika sebenarnya antara pipa baja galvanis dan pipa baja hitam ini mempunya beberapa perbedaan yang sangat ketara. Pada umumnya pipa galvanis dilapisi dengan bahan seng yang berguna untuk membuat pipa lebih awet dan tahan akan korosi. Meskipun begitu, lapisan seng yang digunakan pada pipa galvanis ini tidak hanya tahan terhadap karat dan korosi. Selain itu, lapisan seng ini juga bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan deposit mineral yang bisa menjadi penghambat saluran aliran air di dalam pipa. Nah, dari penjelasan tersebut maka dapat kita lihat perbedaan utama antara pipa galvanis dan pipa baja hitam yang terletak pada lapisan yang digunakannya.

Jika pada pipa galvanis digunakan lapisan seng, maka pada permukaan pipa baja hitam tidak menggunakan lapisan apapun. Jika warna hitam yang ada pada pipa baja tersebut berasal dari proses okisidasi besi yang timbul pada bagian permukaan saat proses pengolahannya.

Pada dasarnya pipa baja hitam berguna untuk mengalirkan propana atau gas alami ke rumah-rumah dan gedung. Proses pembuatan pipa baja hitam pada dasarnya diolah tanpa menggunakan lapisan material apapun sehingga membuatnya jauh lebih tahan terhadap bara api dibandingkan dengan pipa baja galvanis.

Tidak hanya itu saja, pipa baja hitam juga dapat selalu diandalkan dalam proses pengaliran air maupun minyak ke berbagai area rural dan juga mampu melindungi saluran listrik serta mampu mengantarkan tekanan uap dan udara yang sangat tinggi. Banyak sekali industri yang menggunakan pipa baja hitam ini, seperti industri perminyakan. Industri perminyakan menggunakan jenis pipa baja hitam ini guna mengantarkan aliran minyak dalam jumlah besar ke area-area terpencil.

Bentuk Dan Desain Pipa Baja Hitam

Pada umumnya pipa baja hitam terdiri dari dua tipe, yakni pipa dengan garis patrian d i permukaannya dan seamless (mulus) . Pipa baja hitam tipe seamless pada dasarnya jauh lebih ringan dan juga tipis. Karena pipa baja hitam tipe seamless ini mempunyai sifatnya yang ringan maka pipa ini sering digunakan sebagai material dalam proses pembuat sepeda dan pipa saluran air. Sementara pipa baja hitam yang mempunyai lapisan yang lebih berat dan kaku biasanya sering digunakan pada pabrik-pabrik listrik, gas serta saluran air.

Pada dasarnya karakteristik pipa baja hitam ini dapat disesuaikan saat masa produksinya, baik itu mengenai ukuran ketebalan serta diameter pipanya. Biasanya diameter pipa baja ini cukuplah bervariasi, ada yang berukuran kecil seperti tabung jarum suntik dan bahkan sampai yang berukuran besar. Jika pada pipa baja hitam biasanya sering menggunakan diameter yang besar guna mengalirkan gas.

Bahan Yang Digunakan Untuk Pembuatan Pipa Baja Hitam

Pipa baja hitam umumnya memang terbuat dari baja sebagai material utamanya. Perlu anda ketahui jika baja sendiri merupakan salah satu bahan olahan dari besi. Jika anda penasaran dengan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan pipa baja hitam. Maka berikut ini ada beberapa bahan yang digunakan dalam proses pembuatan pipa baja hitam, yakni : Mangan (MN), Karbon (C), Silicon (SI), Chromium (Cr), Aluminium (Al), Vanadium (V). Nah, itulah beberapa jenis pipa baja yang sedang populer di industri konstruksi.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id