Perawatan dan Pemeliharaan Aluminium: Sebuah Panduan dan Cara Praktis

Ekstrusi Aluminium
Ekstrusi Aluminium: Sebuah Penjelasan Dasar
January 26, 2019
Gerbang Aluminium: 70 Ide Elegan untuk Mempercantik Pintu Masuk Rumah
February 1, 2019
Show all

Perawatan dan Pemeliharaan Aluminium: Sebuah Panduan dan Cara Praktis

https://www.lenmak.com/aluminum-exterior-cladding/

Inilah beberapa hal tentang cara perawatan dan pemeliharaan aluminium. Anda memiliki bangunan dengan eksterior atau interior dari aluminium? Atau furniture dan ornamen aluminium Anda membutuhkan perawatan? Perawataan dan maintenance gedung baik eksterior dan interior serta kontruksinya, bisa Anda percayakan kepada kami. Nikifour Karawang. Kami adalah perusahaan konstruksi yang telah berpengalaman membangun dan merawat berbagai gedung, perkantoran dan pabrik industri di seputar Bekasi, Cikarang hingga Karawang. Kami akan berbagi informasi dengan Anda tentang perawatan aluminium.

Perawatan dan Pemeliharaan Aluminium Pabrikan

Pada Aplikasi Eksterior

Aluminium ketika digunakan dalam waktu yang lama, aluminium keluaran pabrik biasanya membutuhkan pembersihan rutin untuk mempertahankan penampilan aluminium yang baik.

Frekuensi dan metode pembersihan yang disarankan tergantung pada kondisi tingkat keparahan lingkungan yang bersangkutan. Jika akan melakukan perawatan dan pembersihan sejak aluminium pertama kali dipasang, maka berikut ini langkah-langkahnya:

  • Singkirkan semua minyak atau bekas minyak dengan pelarut organik, gunakan White Spirit (larutan pembersih khusus mineral)
  • Usap dengan larutan deterjen ringan yang diencerkan diikuti dengan membilasnya dengan air dingin bersih.

Untuk mempertahankan penampilan permukaan aluminium agar tetap baik, frekuensi pembersihan akan bervariasi dari sekali atau dua kali setahun untuk daerah dengan kelembaban tinggi seperti pedesaan; hingga tiga atau empat kali per tahun di kawasan industri ringan; dan sekali sebulan di lingkungan laut yang sangat tercemar.

Adapun untuk membersihkan instalasi aluminium yang sudah berumur dan terabaikan mungkin akan membutuhkan satu atau lebih metode berikut, tergantung pada tingkat keparahan kontaminasi permukaan.

  • Sikat bulu dan deterjen encer semisal Fairy Liquid.
  • Senyawa pemoles, misalnya Brasso.
  • Bantalan nilon diresapi dengan abrasive misalnya Scotchbrite.
  • Wol baja dengan deterjen encer.

Pada aplikasi interior

Untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan material aluminium pada penggunaan interior, maka permukaan lapisan akhir harus diberskan dari minyak atau sisa-sisanya dengan dengan White Spirit, selanjutnya pembersihan dengan deterjen ringan dan dibilas dengan air dingin bersih. Bersihkan dengan kain lembut yang kering.

Perawatan dan Pemeliharaan Aluminium Anodisa

Pada Aplikasi Eksterior

Kehalusan dan kekerasan permukaan anodisa menjadikan kemudahan pembersihan. Setelah instalasi produk disarankan untuk melakukan prosedur berikut:

  • Singkirkan lemak atau endapan apa pun dengan pelarut organik, seperti White Spirit.
  • Usap dengan larutan deterjen ringan yang diencerkan diikuti dengan membilasnya dengan air bersih dingin.
  • Setelah kering, oleskan krim atau lilin furnitur, untuk mempertahankan hasil akhir dengan kualitas terbaik. Seperti halnya aluminium Pabrikan, frekuensi pembersihan permukaan anodisa di lingkungan eksternal akan bervariasi tergantung pada kondisi atmosfer. Dianjurkan untuk membersihkan lingkungan yang tercemar berat atau secara laut.

Bagian depan toko, profil, dll., harus dicuci setiap tiga bulan atau lebih, untuk membantu menjaga integritas akhir permukaan aluminium. Permukaan aluminium anodisa yang telah terbengkalai tanpa tersentuh perawatan selama periode waktu yang lama sering membutuhkan prosedur pembersihan yang lebih agresif.

Sayangnya pembersihan abrasif tidak menyebabkan beberapa penghapusan film anodik dan tujuannya adalah untuk meminimalkan jumlah pembersihan abrasif untuk mencapai penyelesaian standar yang diinginkan.

Pada Aplikasi internal

Setelah pembersihan awal dan program pelindung telah diadopsi untuk permukaan anodisa, (seperti yang diuraikan dalam bagian aplikasi eksternal), bersihkan secara teratur dengan kain lembut, untuk menghilangkan bekas jari dan endapan kotoran akan menjaga kilau aluminium anodisa tanpa batas.

Perawatan dan Pemeliharaan Aluminium Polyester Coated

Aplikasi eksternal

Aluminium dengan permukaan berlapis bubuk poliester relatif awet dan tidak perlu perawatan ekstra. Hal ini karena proses fusi pada coating polyster membuat permukaan tertutupi dengan sangat baik.  Untuk aluminium jenis ini pada penggunaan eksternal, jarak pembersihan yang disarankan akan bervariasi antara sekali setiap tiga bulan di lingkungan industri atau laut yang keras dan hingga sekali setahun di atmosfer lembab pedesaan.

Setelah menghilangkan sisa minyak atau minyak dengan larutan white spirit, gunakan deterjen ringan untuk mencuci dan membilasnya dengan air bersih dingin.

Keringkan dengan kain lembut. Bahan atau bahan pembersih abrasif tidak boleh digunakan karena dapat terjadi goresan permukaan.

Aplikasi internal

Setelah awal membersihkan secara teratur dengan kain lembut, untuk menghilangkan endapan jari dan kotoran, adalah semua yang biasanya diperlukan untuk mempertahankan penampilan permukaan yang baik.

Perawatan dan Pemeliharaan Aluminium Poles

Aplikasi internal

Aluminium poles ini relatif baik dan hanya membutuhkan perawatan ringan dan sedikit kehati-hatian dengan menghindari bahan pembersih abrasif. Selalin itu, penggosokanoun harus dilakukan perlahan.

Khusus untuk area berukuran kecil pada bagian aluminium yang tersembunyi, disarankan untuk lakukan ujicoba pembersihan dengan bahan pembersih dan cara tertentu sebelum akhirnya dibersihkan total.

Pada kasus jika endapan kotoran dan lemak mengumpul di permukaan, terhadap aluminium jenis ini, lebih baik dilap secara teratur dengan kain lembut sehingga mengurangi kebutuhan dengan tindakan yang lebih keras dan mungkin berbahaya,.

Referensi:

  1. https://nikifour.co.id/aluminium-foil/
  2. https://metaltechuk.com
purnosidi
purnosidi
I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id