Tentang Aluminium Foil

Posted by purnosidi
on 11/04/2015
Tentang aluminium foil

Atap menjadi faktor utama yang menentukan kenyamanan dari rumah. Pengerjaan yang baik akan membuat Anda yang tinggal di rumah tersebut, merasa bahwa rumah tersebut adalah tempat terbaik menghabiskan waktu Anda. Tentang Aluminium Foil; Lihat referensi lengkapnya di sini: https://en.wikipedia.org/wiki/Aluminium_foil. Salah satu bagian atap yang penting adalah rangka atap dan terdapat pula lapisan yang biasa digunakan secara bersamaan dengan rangka atap ini, yaitu aluminium foil.

Lapisan aluminium foil biasanya digunakan dengan rangka atap berbahan baja ringan. Kedua bahan ini mempunyai daya tahan yang kuat, sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Salah satu fungsi alumunium foil adalah sebagai isolator panas.

Tentang Aluminium Foil

Bangunan yang dipasangi aluminium foil akan membuat bangunan tersebut  tahan terhadap panas matahari. Selain itu, lapisan alumunium foil ini juga dapat melindungi bangunan dari air maupun freon. Kedua fungsi ini menjadikan lapisan alumunium foil sangat ramah lingkungan. Selain melindungi rumah dari panas sinar matahari, lapisan alumunium foil juga dapat digunakan untuk melindungi rumah dari air hujan maupun embun. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kondisi plafond yang Anda pasang. Biasanya, plafond yang terkena air tetesan hujan maupun embun akan melengkung bahkan menimbulkan jamur.

Selain itu, alumunium foil juga dapat membuat plafond Anda terlindungi dari debu. Biasanya, saat Anda menggunakan layanan pemasangan rangka atap baja ringan, Anda juga akan mendapatkan layanan pemasangan alumunium foil. Atau, Anda dapat menyediakan alumunium foil sendiri.

Jenis-jenis Aluminium Foil

Alumunium foil yang dapat Anda gunakan dibedakan menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah single side (satu sisi). Alumunium foil jenis ini mempunyai ciri khas yang permukaan bagian atas yang mengkilap. Jenis yang kedua adalah double side (dua sisi). Alumunium foil jenis ini mempunyai permukaan mengkilap pada kedua sisinya. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai penahan panas.

Oleh karena itu, lapisan alumunium foil sangat cocok digunakan pada kota-kota besar yang terletak didekat laut, seperti Jakarta. Udara panas dari luar akan membuat rumah menjadi tidak nyaman. Selain itu, dengan adanya penahan panas ini, maka Anda dapat menghemat energi untuk pendingin ruangan, karena rumah Anda tidak akan terlalu panas.

Untuk Anda yang ingin model atap ekspose, jenis alumunium foil yang terbaik yang bisa digunakan adalah jenis double side. Jadi, tampak dari dalam rumah akan terlihat lebih indah dan rapi. Anda juga dapat menggunakan tipe single side, tetapi pilih alumunium foil yang terbuat dari bahan dasar plastik. Bahan ini lebih kuat dan rapi saat dipasang.

Sifat Material

Berbicara mengenai jenis bahan dasar alumunium foil, pada dasarnya terdapat dua jenis bahan yang digunakan, yaitu kertas dan plastik. Bahan kertas lebih ringan, tetapi mudah sobek dan rusak, misalnya saat terinjak atau terkena benda. Sedangkan plastik, lebih kuat dan elastis.

Sifat yang kuat dan elastis ini yang membuatnya mudah untuk dipasang. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir saat terjadi hujan ditengah proses pemasangan alumunium foil Anda. Alumunium foil berbahan dasar plastik tidak akan rusak terkena air hujan. Sedangkan kertas, Anda harus menghindarkanya dari hujan, agar tidak rusak.

Yang menarik tentang alumunium foil, material ini pada awalnya digunakan sebagai penahan tampias atau kebocoran pada atap saat hujan. Tetapi, karena fungsi material alumunium yang menjadi isolator panas, lapisan ini akhirnya juga digunakan sebagai penahan panas.

Banyak negara yang sudah menggunakan alumunium foil sebagai bagian utama dari atap rumah penduduknya. Contohnya Australia, dimana alumunium foil menjadi salah satu persyaratan kelayakan dari sebuah rumah untuk ditinggali.

Harga Pasang Aluminium Foil

Bagaimana dengan biaya untuk memasang alumunium foil? Pada dasarnya, biaya pemasangan dihitung berdasarkan ukuran, yaitu per meter. Harga disetiap daerah berbeda-beda. Tetapi, pada dasarnya, harga per meter persegi untuk alumunium foil adalah sekitar Rp. 8.000 hingga Rp. 20.000.

Bila Anda ingin menghemat biaya untuk pemasangan alumunium foil, akan lebih baik bila Anda memesannya  satu paket dengan layanan pemasangan rangka atap baja ringan dari perusahaan penyedia produk ini, seperti PT Nikifour karawang  kontraktor sipil terbaik berpengalaman. Apakah Anda juga tertarik untuk menggunakan pintu aluminium?

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id