Negara-Negara Penghasil Aluminium Terbesar Di Dunia

Penghasil Aluminium Terbesar Di Dunia

Berikut ini adalah daftar negara-negara penghasil aluminium terbesar di dunia dengan data dari Worldatlas.com. Negara Cina diketahui memproduksi aluminium dalam jumlah terbesar di dunia, peringkat tersebut kemudian diikuti oleh Rusia dan Kanada.

Aluminium adalah salah satu logam terringan di dunia sehingga banyak digunakan secara luas untuk memproduksi berbagai produk. Logam berwarna perak ini memiliki warna yang mengkilap dan mudah ditempa sehingga mudah ditekuk tanpa putus. Di alam, aluminium ditemukan dalam bijih yang disebut bauksit. Bijih ini dimurnikan menggunakan berbagai teknik untuk menghasilkan aluminium oksida yang disebut alumina. Alumina inilah yang kemudian dimurnikan untuk menghasilkan aluminium.

Negara Penghasil Aluminium Terbesar Di Dunia

Berikut ini adalah daftar negara-negara yang menghasilkan aluminium paling banyak dan terbesar di dunia.

Penghasil Aluminium Terbesar Di Dunia

1. Cina

Produksi aluminium terbesar di dunia terjadi di Cina dengan lebih dari dua puluh tiga ribu ton diproduksi pada 2014. Angka tersebut  hampir 20 ribu ton lebih tinggi dari negara lain. Hal tersebut dikarenakan masyarakat di China memiliki permintaan yang tinggi terhadap logam ringan ini.

Dari kendaraan bermotor hingga kaleng soda, aluminium digunakan dalam berbagai produk yang sangat diminati di Cina dan sebagai hasilnya negara ini memiliki tingkat produksi bahan ini.

Konon jumlah aluminium yang sedemikian besar dan mahal dan itu bisa diproduksi tinggi di China karena kemungkinan ada sejumlah besar subsidi dalam biaya produksi oleh pemerintah.

2. Australia

Selain Cina, negara Australia juga merupakan produsen besar aluminium dan itu sebagian besar disebabkan oleh produksi bauksit besar bangsa. Australia adalah produsen bauksit terkemuka di dunia dan ini disebabkan oleh banyaknya bijih yang ditemukan di negara tersebut.

Lebih dari sepertiga bauksit dunia diproduksi di Australia dan bijih ini memungkinkan Australia menghasilkan sejumlah besar aluminium.

Penting untuk dicatat bahwa produksi aluminium Australia tidak sebanding dengan produksi bauksitnya karena sebagian besar bauksit diekspor ke negara lain di seluruh dunia.

3. Rusia

Rusia juga merupakan produsen besar aluminium yang memproduksi 3.500 ribu ton aluminium pada tahun 2014. Alasan utama untuk statistik produksi ini adalah karena fakta bahwa perusahaan aluminium United Company Rusal beroperasi di luar Rusia.

Perusahaan ini mengoperasikan banyak operasi di Rusia yang mencakup enam pabrik peleburan aluminium, dua kilang alumina, dan dua pabrik rolling foil.

United Company Rusal adalah perusahaan aluminium terbesar kedua di dunia, hanya kehilangan tempat teratas untuk perusahaan China China Hongqiao Group pada tahun 2015.

Aplikasi Praktis Aluminium

Aluminium memiliki banyak aplikasi dalam industri seperti transportasi, pengemasan, konstruksi dan transmisi listrik. Dalam industri transportasi, penggunaan aluminium yang paling umum adalah sebagai lembaran, tabung, dan casting. Mobil, kereta api, dan pesawat terbang semuanya menggunakan aluminium di eksteriornya.

Dalam hal pengemasan, banyak wadah makanan dan minuman terbuat dari aluminium dan alasan utama untuk ini adalah karena logamnya tidak terkorosi.

Ini memungkinkan wadah makanan bertahan lebih lama. Selain pengemasan dan penggunaan terkait transportasi, industri konstruksi juga sangat bergantung pada aluminium karena pintu, jendela dan atap semua dapat menggunakan logam ini. Sementara itu hingga kini menyangkut transmisi listrik, jalur transmisi sering menggunakan aluminium karena oksidasi tidak menjadi masalah.

Apakah Anda mencari kontraktor aluminium untuk pekerjaan konstruksi? Kami adalah perusahaan jasa konstruksi berpengalaman terdekat area: KIIC Suryacipta di Karawang hingga Jababeka di Cikarang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.