building canes

Photo by Quang Nguyen Vinh on Pexels.com

Kawasan Industri selalu menjadi Kawasan yang tidak pernah berhenti beraktivitas dan menjadi kawasan sibuk yang dipenuhi oleh lalu lalang kendaraan cargo peti kemas, bus-bus karyawan hingga alat-alat berat konstruksi seperti ekscavator. Kawasan industri memang seringkali mengadakan adanya konstruksi baik di sekitar kawasan tersebut, atau pun di Kawasan yang lainnya. Salah satu kota di Indonesia yang menjadi kawasan industri tersibuk dan terpadat adalah kota Karawang. 

Terdapat banyak kontraktor konstruksi industri Karawang yang bahkan namanya sudah dikenal sampai ke luar kota. Tentu dengan seiring semakin banyaknya yang menggunakan jasa alat kontraktor maka akan semakin besar keuntungannya bagi perusahaan konstruksi tersebut. 

Apa Itu Kontraktor?

Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, kontraktor memiliki arti yang sama dengan pemborong. Namun untuk lebih detailnya bahwa kontraktor berasal dari kata ‘kontrak’ yang memiliki arti sebagai bentuk perjanjian atau kesepakatan, atau juga bisa memiliki arti sebagai sewa. Dengan begitu, kontraktor memiliki arti sebagai suatu Lembaga atau badan hukum, badan usaha yang yang sebelumnya dikontrak dan memenuhi syarat perjanjian untuk melakukan atau menjalankan suatu proyek pekerjaan sesuai dengan isi kontrak yang telah disetujui dan telah dibuat oleh pihak penyewa. 

Meskipun begitu, terdapat beberapa bidang kontraktor yang mumpuni di bidangnya, yakni:

  1. Kontraktor pada bidang bangunan penyedia jasa pelaksana konstruksi
  2. Kontraktor pada bidang jasa pengadaan tenaga kerja
  3. Kontraktor pada bidang pertahanan dan militer

Perusahaan Kontraktor yang Paling Besar di Karawang

PT. Niki Four

Perusahaan yang berlokasi di Kota Karawang ini, berdiri pada tahun 2018, dan memiliki fokus pada bidang kontraktor, Building Maintenance, dan IT Networking. Perusahaan ini sudah memiliki izin dari badan hukum yang resmi untuk setiap aktivitasnya seperti, melakukan pekerjaan, menyediakan bahan kebutuhan untuk Sipil, perancangan bentuk bangunan, pelaksanaan, renovasi, dan repair dalam bidang Sipil dan Konstruksi. 

Kemudian dalam bidang Electrical Industri, di mana perusahaan akan membantu untuk mengerjakan pemasangan instalasi listrik, penarikan kabel, pemasangan penangkalan petir, terminasi panel, penggulungan kabel, dan yang lainnya. Yang selanjutnya dalam bidang Building Maintenance, perusahaan ini akan bekerja secara legal dalam penyediaan pengadaan material, penyediaan tenaga kerja, dan mengatur sistem kerja.

Lalu keunggulan apa yang akan didapatkan dari PT. Niki Four? Tentu ada begitu banyak keunggulan-keunggulan yang akan diterima dan dirasakan oleh klien seperti, letaknya yang strategis lebih memudahkan perusahaan dalam menjangkau kota-kota yang ada di Jawa Barat. Sudah memiliki izin beroperasi sehingga sudah memiliki legalitas, setiap tenaga kerja yang tersedia merupakan tenaga kerja yang profesional, pelayanannya yang sangat bersahabat dan ramah, harga yang ditawarkan merupakan harga yang dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, serta yang paling penting ialah tersedia BPJS Ketenagakerjaan bagi yang bekerja di perusahaan ini.

Peranan Desainer Arsitektur dalam Suatu Konstruksi

Tidak hanya alat-alat berat yang dibutuhkan dalam suatu konstruksi, untuk mewujudkan konstruksi yang sukses juga diperlukan peranan tenaga kerja yang lainnya, di mana mereka nantinya akan saling berhubungan dan membutuhkan satu sama lain. Apa itu? Tenaga kerja tersebut ialah para pelaku desainer arsitektur, mereka memiliki peran sebagai seseorang yang merencanakan bagaimana suatu konstruksi tersebut di posisikan sesuai dengan hitungan fisikanya agar kontruksi bisa berjalan dengan sempurna. setiap desainer konstruksi harus bisa menggambar dan memvisualisasikan konstruksi yang nantinya akan diubah dari bentuk dua atau tiga dimensi menjadi bangunan nyata yang sempurna. 

Tim desain biasanya akan mengikat antara tim konstruksi, tim desain arsitektur, fabrikasi logam, dan pihak lainnya yang terlibat dalam konstruksi tersebut. Hal ini dikarenakan rancangannya menjadi patokan yang harus ditaati dan dilakukan dengan baik, agar mendapat hasil yang sesuai dengan ekspektasi banyak orang. Lalu apa manfaat lainnya dari desainer arsitektur dalam industri?

  1. Mencapai kesepakatan bersama menjadi lebih cepat di antara para subkontraktor
  2. Rancangan dana anggaran yang jauh lebih tepat dan akurat
  3. Pelaksanaan konstruksi bisa lebih maju dengan cepat 
  4. Adanya efisiensi terhadap kegiatan konstruksi dan pembangunan
  5. Mendapatkan nilai tertinggi akan makna dan filosofi dari desain yang dibuat untuk konstruksi
  6. Adanya keselarasan terhadap tujuan dan target atau sasaran, apabila bantuan desain yang dilakukan mencapai suatu keberhasilan.

Perusahaan Konstruksi Terbaik di Dunia

Untuk membangun suatu perusahaan konstruksi yang besar dan sukses, ada baiknya apabila melakukan perluasan ilmu dengan melihat perusahaan konstruksi lainnya yang sudah memiliki nama yang besar. Untuk saat ini, perusahaan konstruksi terbaik di dunia dipegang oleh China State Construction Engineering Corporation (CSCEC), perusahaan ini memiliki prestasi yang memukau akhir-akhir ini yakni, berhasil membangun dua rumah sakit dalam kurun waktu 10 sampai 12 hari setelah wabah Covid-19. 

Perusahaan selanjutnya adalah Larsen dan Toubro, perusahaan yang berasal dari India ini memiliki fokus pada konstruksi, teknologi, manufaktur, Teknik, dan layanan keuangan. Perusahaan ini memiliki prestasi yakni, memiliki nilai penghasilan tahunan lebih dari sebesar US $ 21 miliar, dan menjadikan perusahaan ini melakukan operasi lebih dari 30 negara di dunia secara aktif.

Kedua perusahaan tersebut tentunya menjadi perusahaan konstruksi paling besar karena prestasinya yang telah banyak dicapai, dan hal ini tentu harus bisa menjadi dorongan bagi perusahaan konstruksi yang lainnya.

Kota Karawang, Kota dengan Kawasan Industri yang Besar

Salah satu kota industri terbesar di Indonesia adalah Karawang, itulah mengapa ada istilah penyebutan Kota Industri untuk Kota Karawang. Peluang bisnis konstruksi pada Kawasan industri memang menjadi peluang bisnis yang masih tergolong besar akan peluangnya, hal ini dikarenakan Kawasan industri lah yang sangat mendukung dalam perihal kontraktor konstruksi dibandingkan dengan Kawasan lainnya. Hal ini dapat dilihat dari kontraktor konstruksi Industri Karawang yang semakin meluas dan semakin maju peradabannya dalam dunia konstruksi industri.

Terdapat beberapa fakta menarik yang terdapat di Kawasan Industri Karawang

Sebarnya, kawasan industri yang ada di Karawang terbagi menjadi dua, yakni Kawasan Industri Indotaises dan Karawang International Industry City.

1.      Kawasan Industri Indotaisei

Di Kawasan ini, keamanan yang Sangat Ketat Selama 24 Jam, tidak hanya orang asing yang akan berkunjung, para pekerja yang ada di sana pun akan seringkali mengikuti rangkaian pemerikasaan yang ketat sebelum masuk pada Kawasan industri.selain itu, keamanan juga berlaku pada keamanan dari musibah. Kawasan ini dijaga oleh tim keamanan yang snagat profesional, sehingga tidak perlu diragukan lagi untuk masalah keamanannya.

     Kemudian di Kawasan ini terdapat standar infrastruktur industri yang begitu tinggi, sistem suplai air yang bersih, fasilitas telekomunikasi dan internet akses yang baik, dan sumber listrik yang terjamin. Selain itu terdapat juga layanan konsultasi untuk tenaga kerja, bebas polusi untuk areal industri, pelayananan untuk pengurusan dokumen, fasilitas umum yang lengkap, dan lokasi yang strategis.

2.      Karawang International Industry City

Di Kawasan ini, kenyamanan menjadi hal utama yang dijunjung tinggi. Terdapat akses air dan pasokan air bersih yang begitu memadai, terutama dengan memiliki waduk dengan kapasitas sebesar 350.000 liter, dengan pasokan 35.000 liter perhari dalam 24 jam untuk suplai operasional pabrik. Kemudian tersedianya pipa gas PGN, saluran telekomunikasi yang baik dan mumpuni, terdapat fasilitas untuk mengolah limbah, serta fasilitas untuk menangkal banjir yang bisa kapan saja terjadi.

Setelah mengetahui dua Kawasaan industri yang ada di Karawang, selanjutnya akan lebih baik untuk mengetahui apa yang menjadi pasal-pasal pembangunan perusahaan konstruksi di area Kawasan industri. Mengapa hal ini penting? Tentu karena hal ini merupakan bagian dari peluang bisnis konstruksi pada Kawasan Industri.

Apa saja pasal-pasal tersebut?

Peraturan ini sesuai dengan peraturan perundangan pemerintah No. 28 Tahun 2021, yakni:

1.      Pasal 73

Dalam pasal ini berisikan tentang pernyataan mengenai pemerintah memiliki hak dalam pengawasan terhadap Kawasan industry yang berdiri. Adapaun tujuan dari pasal ini adalah agar pihak-pihak yang terlibat dalam Kawasan Industri ini dapat patuh pada peraturan perindustrian yang sudah dibuat dan berlaku. Selain itu juga agar terawasinya hal-hal yang menyangktu dengan:

a)      Sumber daya manusia (SDM) industry
b)      Sumber daya alam
c)       Manajemen energi dan manajemen air
d)      Spesifikasi teknis, SNI, dan pedoman tatacara
e)      Data industry, serta data kawasan industri
f)       Standar industri hijau
g)      Standar Kawasan industry
h)      Perizinan untuk usaha
i)        Keamanan dan keselamatan alat dan tenaga kerja

2.      Pasal 79

Dalam pasal ini berisikan tentang, pemerintah pusat yang memberikan wewenang kepada pihak pemerintah daerah untuk melakukan pengwasan perindustrian dan untuk memantau langsung kegiatan yang dilakukan. Beberapa hal yang perlu menjadi pengawasan ialah:

a)      Pemanfaatan SDA
b)      Data industri dan data Kawasan industri
c)       Perizinan usaha dan kegiatan usaha
d)      Industry, dan perizianan usaha untuk kegiatan
e)      Usaha Kawasan industri
f)       Keamanan dan keselamatan alat, hasil produksi, proses, penyimpanan dan pengaktab.
g)      Manajemen air

Itulah dua pasal yang mengatur mengenai jalannya Kawasan industri yang ada di Indonesia dan berlaku juga untuk Kawasan industri di Karawang. Setiap pasal harus selalu diberlakukan dan dipatuhi agar terciptanya Kawasan industri yang sehat hukum dan memiliki izin operasional yang legal, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan pun tetap aman dari ancaman hukum yang berlaku.

Sedikit Ulasan Mengenai Peran Robot dalam Industri

Untuk saat ini, usaha yang bergerak pada konstruksi juga bisa mengandalkan kecanggihan robot industry. Peran teknologi robot pada industri meningkatkan nilai produktivitas, menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan lebih cepat, dalam segi biaya akan mengeluarkan dana yang lebih murah, dan pengerjaan yang lebih presisi. Adapun beberapa kegunaan lain dari robot dalam industri adalah, adanya teknologi otomatis yang lebih mengefisienkan pekerjaan, perubahan tenaga kerja yang lebih tidak terbatas dalam segi tenaga, lebih sedikitnya limbah yang dihasilkan, dan hasil industri dengan kualitas yang lebih tinggi.

Meskipun memang masih agak sulit untuk menerapkan secara keseluruhan sistem robot industri tersebut di Kawasan industri Indonesia seperti pada kegiatan kontraktor konstruksi Industri Karawang, yang saat ini sudah begitu banyak memiliki kemajuan, mulai dari polusi dan limbah yang terpikirkan dengan sangat baik.

Sumber:

  1. https://id.wikipedia.org
  2. https://nikifour.co.id
  3. http://www.brownbuildersgeneralcontractors.com
  4. https://nikifour.co.id
  5. https://nikifour.co.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.