Karawang menjadi salah satu kota Industri terkemuka di Indonesia. Ketermukaan ini bisa anda lihat dari kawasan industri di kota tersebut yang telah memiliki taraf internasional. Dengan demikian tidak akan mudah bagi anda apabila ingin membangun pabrik di area itu.

Jadi sebaiknya jangan terburu-buru pesan kontraktor konstruksi industri Karawang dulu, anda perlu tahu beberapa hal tentang kawasan industri karawang ini :

Profil Kawasan Industri di Karawang

Membangun pabrik memang tidaklah gampang. Selain harus mengurus segala sesuatu yang berurusan dengan birokrasi pemerintahan, anda juga harus memilih kawasan yang tepat. Tentu anda tidak mau buka aktivitas pabrik anda jadi terganggu gara-gara dibangun di atas area yang tidak strategis.

Oleh karena itu sebagai referensi, anda bisa lihat contoh-contoh beberapa kawasan industri di Kota Karawang ini. Alasannya supaya anda sekarang lebih memahami apa saja yang harus dimiliki sebuah kawasan sehingga anda layak untuk membangun pabrik di situ. Berikut penjabarannya :

1. Kawasan Industri Indotaisei

Kontraktor Konstruksi Industri Karawang

Indotaisei diambil dari nama perusahaan yang membangun dan mengurus operasional dari kawasan dengan luas 694,2 hektar tersebut. Kawasan ini cukup menjanjikan karena setiap pengguna lahan di tempat tersebut mendapatkan berbagai kelebihan seperti :

a. Penjagaan Keamanan 24 Jam Penuh Setiap Hari

Bagi pekerja ataupun tamu yang datang ke kawasan ini tidak perlu khawatir masalah keamanan. Alasannya karena kawasan yang juga memiliki nama lain Kota Bukit Indah tersebut terproteksi selama 24 jam dalam 1 minggu oleh tenaga keamanan yang profesional.

Keamanan ini juga mencakup pada perlindungan terhadap musibah yang bisa terjadi sewaktu-waktu dalam pabrik seperti kebakaran. Oleh karena itu PT Indotaisei juga telah melengkapi kawasan dengan pemadam kebakaran untuk selalu siap siaga.

b. Infrastruktur Industrial dengan Standar yang Tinggi

Kawasan ini juga akan membantu anda untuk lebih menghemat budget apabila nanti anda menggunakan kontraktor konstruksi industri Karawang . Alasannya karena di sini juga sudah tersedia berbagai infrastruktur yang memadai dan strategis sehingga anda tidak perlu meminta jasa kontraktor konstruksi industri Karawang menyediakan segala sesuatunya

Adapun infrastruktur yang tersedia tersebut antara lain

  • Sistem suplai air bersih yang terjamin kelancarannya sepanjang tahun
  • Sistem telekomunikasi yang tertata dengan baik
  • Sumber listrik dengan tegangan sampai 250 MV

c. Layanan Konsultasi Tenaga Kerja

Memang cukup pusing dalam mengurus perekrutan tenaga kerja. Namun jangan khawatir karena penyedia kawasan juga menyediakan layanan untuk membantu perusahaan dalam mencari pegawai-pegawai baru. Layanan sudah diatur sedemikian rupa dengan standar yang tinggi.

d. Area Industri yang Bebas Polusi

Masalah limbah memang menjadi masalah utama yang pasti akan pabrik hadapi. Namun jangan khawatir karena kawasan ini telah memiliki teknologi pengolahan limbah industri kelas dunia. Dengan demikian menjamin lingkungan industri maupun masyarakat sekitar pabrik bebas dari polusi dalam bentuk apapun.

e. Layanan Pengurusan Dokumen

Tidak perlu jauh-jauh ke pusat kota untuk mengurus hal-hal yang berhubungan dengan dokumen atau surat-menyurat lainnya. Contohnya seperti dokumen investasi dokumen ekspor impor, lisensi pabrik, pengurusan pajak, dsb. Tersedia layanan khusus di kawasan industri Kota Bukit Indah untuk mengurus itu.

f. Lokasi Strategis dengan Fasilitas Umum yang Lengkap

Dalam pembangunan sebuah pabrik penting memang memperhatikan kestrategisan lokasi. Ini cukup krusial apabila nanti perlu melakukan pengiriman atau penerimaan barang. Selain itu juga berguna dalam hal penerimaan tamu. Sehubungan dengan hal itulah Kota Bukit Indah juga memberikan kemudahan tersebut.

Cukup berkendara 45 menit lewat tol, anda sudah bisa mencapai Bandara Internasional Soekarno Hatta. Lebih bagusnya lagi anda juga dapat mencapai Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan jalur kereta api dari area ini.

Kestrategisan tersebut juga ditunjang dengan berbagai fasilitas umum yang dapat anda capai dengan mudah. Fasilitas umum itu meliputi hotel, bank, klinik, mini market, guest house, perumahan, dan masih banyak lainnya.

Dengan begitu akan sangat memudahkan para pekerja maupun tamu yang berkunjung. Tamu di sini juga termasuk pada kontraktor konstruksi industri Karawang yang anda gunakan. Mereka akan lebih mudah mencapai tempat anda.

2. Karawang International Industry City

Tidak kalah dengan Kota Bukit Indah, KIIC juga menjadi kawasan yang akan menyediakan berbagai kemudahan untuk pabrik anda. Terkhususnya pada bagian infrastruktur, kawasan seluas 1500 hektar ini memberikan akses berbagai jenis seperti :

a. Pasokan Air yang Selalu Terjaga

Sistem penyaluran air di area KIIC telah didesain secara mutakhir dengan menggandeng perusahaan Jepang. Selain itu anda jangan khawatir meskipun memang sumber utama dalam mengambil air adalah saluran irigasi yang mengalir sepanjang Waduk Jati Luhur menuju Jakarta yang disebut Tarum Barat.

Tidak akan sampai kawasan ini kekurangan air meskipun sumber tersebut debitnya sedang berkurang akibat musim kering. Alasannya karena juga sudah tersedia waduk cadangan berkapasitas 350.000 liter. Dengan demikian pasokan air sebanyak 35.000 liter per hari selama 24 jam akan selalu terjaga untuk menyuplai operasional pabrik-pabrik yang ada.

b. Tersedia Pipa Gas PGN

Jika komoditas jualan pabrik anda menyangkut segala sesuatu yang berwujud gas, jangan khawatir untuk penyalurannya. Anda tidak perlu membayar lebih untuk kontraktor konstruksi industri Karawang yang anda gunakan. Di sini sudah tersedia pipa gas PGN yang bisa anda gunakan.

c. Saluran Komunikasi yang Berkualitas

Komunikasi jarak merupakan hal yang penting bagi industri untuk mengoordinasikan segala sesuatunya. Oleh karena itulah KIIC juga telah menggandeng 6 provider internet seperti biznet, indihome, indosat, lintas arta, icon+, dan NTT untuk memasang serat optik berkualitas sangat bagus. Dengan begitu komunikasi via internet dapat dilakukan dengan lancar tanpa gangguan.

Begitu pula dengan komunikasi via telepon konvensional juga terfasilitasi di kawasan ini berkat dukungan dari PT Telkom. Tercatat sampai saat ini ada 1000 saluran komunikasi yang ada tidak hanya untuk telepon tapi juga fax, ISDN, ADSL, dsb.

d. Fasilitas Pengolahan Limbah

Tidak perlu pusing anda untuk memikirkan secara mendalam harus mengolah limbah yang anda hasilkan sampai sejauh mana dan juga akan dibuang kemana. KIIC juga menyediakan sistem pengolahan untuk membuat limbah yang ditampung aman untuk dibuang ke lingkungan. Jadi anda dapat lebih menghemat budget untuk kontraktor konstruksi industri Karawaci.

Limbah dari industri-industri yang ada akan masuk ke dalam instalasi pengolahan air limba untuk kemudian diolah dengan metode lumpur aktif. Selanjutnya limbah terolah akan KIIC salurkan ke Sungai Cisadane. Tentunya penyaluran ini sudah mendapatkan izin resmi dari dinas-dinas terkait dan sudah memenuhi syarat aman.

e. Fasilitas untuk Menangkal Banjir

KIIC juga telah melengkapi areanya dengan saluran khusus untuk menampung air hujan. Saluran bukan sekedar dibuat begitu saja. Saluran sudah terdesain untuk mampu menampung rata-rata volume air hujan yang turun di situ dan selalu ada koreksi perhitungan mengingat debit air hujan bisa berbeda-beda. Oleh karena itulah di kawasan tersebut tidak pernah kebanjiran hingga sekarang.

Kebijakan Bangunan Gedung Industri dan Kawasan Industri di Indonesia

Tidak hanya masalah kawasan maupun kontraktor konstruksi industri Karawaci yang harus anda perhatikan. Seperti yang sudah disebutkan bahwa dalam pembangunan suatu industri pasti juga perlu mengurus perizinan . Oleh karena itu anda perlu tahu beberapa hal mengenai kebijakan industri di Indonesia dari segi kawasan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 28 tahun 2021 :

1. Pasal 73

Pasal ini menyatakan bahwa pemerintah memiliki hak untuk melakukan pengawasan terhadap kawasan industri yang berdiri, Tujuan untuk memastikan bahwa pihak-pihak terkait mematuhi peraturan perindustrian yang berlaku. Adapun parameter-parameter yang menjadi objek pengawasan itu antara lain:

  1. Sumber daya manusia industri
  2. Pemanfaatan sumber daya alam
  3. Manajemen energi
  4. Manajemen air
  5. SNI, Spesifikasi Teknis, dan/atau pedoman tata cara
  6. Data Industri dan Data Kawasan Industri
  7. Standar Industri Hijau
  8. Standar Kawasan Industri;
  9. Perizinan Berusaha untuk kegiatan usaha dan industri dan Perizinan Berusaha untuk kegiatan usaha Kawasan Industri
  10. Keamanan serta keselamatan alat, jalannya proses, hasil produksi, penyimpanan, serta pengangkutan

2. Pasal 79

Pemerintah pusat memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk mengawasi kawasan perindustrian untuk memantau langsung kegiatan yang mereka lakukan, Secara lebih detail poin-poin yang harus menjadi perhatian yaitu:

  1. Pemanfaatan sumber daya alam
  2. Data Industri dan Data Kawasan Industri
  3. Perizinan Berusaha untuk kegiatan usaha
  4. Industri dan Perizinan Berusaha untuk kegiatan
  5. Usaha Kawasan Industri
  6. Keamanan dan keselamatan alat, proses, hasil produksi, dan penyimpanan dan pengangkutan
  7. Manajemen air.

Sementara pada kebijakan gedung industri, pengaturannya lebih menjurus pada industri makanan yang diatur dalam Good Manufacturing Practices berikut ini :

  1. Pabrik harus dibangun di lokasi yang jauh dari pencemaran
  2. Desain sistem sanitasi dan penyekatan dalam bangunan harus sejelas dan serapi mungkin supaya mudah dalam perawatan dan pembersihan
  3. Harus memilih jenis lantai yang tidak licin serta tahan terhadap berbagai senyawa seperti asam, basa, dan garam. Selain itu permukaan lantai harus mudah dalam pembersihan tidak meninggalkan flek-flek
  4. Arah bukaan pintu harus ke arah luar serta wajib dapat tertutup dengan sempurna

Jadi di Mana Saya Harus Memilih Usaha Kontraktor Konstruksi Industri Karawaci yang Terpercaya?

Pertanyaan ini pasti anda yang berencana untuk buat pabrik pasti terlintas di pikiran. Wajar saja mengingat banyaknya kontraktor konstruksi industri Karawaci. Oleh karena itu sebagai rekomendasi, anda bisa mempertimbangkan PT Niki Four sebagai jasa yang terpercaya. Kami akan melayani kebutuhan pabrik anda secara menyeluruh yang meliputi berbagai aspek seperti :

1. Sipil dan Konstruksi

Dalam aspek ini kami yang akan menyediakan bahan – bahan bangunan yang dibutuhkan. Namun tidak sampai di situ kami juga akan mengerjakan design layout, perancangan bentuk dan bangunan, pelaksanaannya, renovasi, pabrikasi, repair dll.

2. Elektrik

Tidak hanya soal bangunan tapi kami juga melayani aspek elektrikal mulai dari instalasi listrik, tarik kabel, grounding, dsb

3. Jaringan Komputer

Lebih dalam lagi kami juga siap mengerjakan pemasangan instalasi jaringan komputer dan internet

Lebih dalam soal layanan konstruksi konstruksi industri Karawaci yang kami lakukan bisa anda cek detailnya di website kami ini.

Sumber :

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.