Menghitung Plat Lantai Kantor untuk Beban 250 Kg

Posted by purnosidi
on 05/03/2015

Menghitung plat lantai kantor untuk ukuran beban tertentu? Gak perlu bingung! Kami, Kontraktor & jasa renovasi kantor dan pabrik yang berkantor di Karawang  pada kesempatan ini akan membahas cara menghitung beban struktur plat lantai kantor yang pastinya sangat bermanfaat bagi Anda para pembaca, khususnya Anda yang bekerja di bidang perencanaan pembangunan.  Inilah cara menghitung plat lantai kantor untuk beban 250 kg.

Beban struktur plat lantai sebuah ruangan perlu dihitung dengan baik, tepat, dan cermat agar lantai ruangan tetap aman. Untuk menghitung beban struktur plat lantai diperlukan data-data mengenai berapa beban total yang akan ditanggung oleh struktur plat lantai.

Menurut peraturan pembangunan di Indonesia, beban lantai untuk ruang kantor seberat 250 kg untuk tiap meter persegi. Beban ini berbeda dengan beban pada lantai-lantai fasilitas umum seperti masjid yang mana beban lantai untuk masjid dan fasilitas umum lainnya seberat 400 kg per meter persegi. Anda pasti bertanya-tanya darimana angka-angka tersebut diperoleh. Angka-angka tersebut didapatkan dari hasil penelitian dan hasil analisa di bidang perencanaan pembangunan. Untuk mengetahui lebih detailnya, silahkan Anda simak informasinya berikut ini.

Agar kita mengetahui total beban yang ditanggung oleh struktur plat lantai, kita harus tahu benda-benda apa saja yang ada di atasnya. Jika tadi dikatakan total beban yang ditanggung boleh struktur plat lantai pada sebuah kantor sebesar 250 kg per meter persegi, itu artinya bahwa 1 meter persegi luas lantai hanya bisa menyangga beban maksimal 250 kg. Beban 250 kg ini termasuk beban benda-benda yang ada di lantai seluas 1 meter persegi. Agar lebih jelas, berikut terdapat contoh perkiraan penghitungan total beban yang harus ditopang oleh 1 meter persegi lantai:

  • Terdapat 2 orang yang sedang berdiri dengan berat masing-masing 60 kg. Jadi total beban 2 orang tersebut 120 kg
  • Terdapat sebuah furniture yang terletak di belakang kedua orang tersebut. Berat furniture tersebut adalah 80 kg
  • Kesimpulan sementara yaitu, total beban 2 orang dan sebuah furniture adalah 120 kg + 80 kg = 200 kg
  • Tingkat keamanan lantai juga perlu disertakan. Ada juga elemen-elemen lainnya seperti beban keramik, screed lantai, dan lain sebagainya. Hitung saja total beban screed lantai, beban keramik, dll adalah 50 kg.

Belum lagi jika ada tambahan beban dari 1 orang yang tiba-tiba ikut bergabung dengan 2 orang yang disebutkan di atas., tambahan furniture, pemasangan dinding, dll. Sudah pasti beban yang ditopang oleh lantai akan bertambah. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seringnya lantai dibangun dengan kapasitas beban di atas beban standard. Misalnya saja lantai yang selalu penuh dengan banyak orang, furniture, dan benda-benda lain. Namun ada juga lantai yang kosong yang biasanya dapat dijumpai pada ruangan-ruangan yang kosong. Ada juga lantai dengan beban yang jauh dari beban standard karena benda-benda atau orang yang di atasnya hanya berjumlah sedikit.

Nah, jika Anda ingin menghemat struktur plat lantai di rumah Anda namun tetap aman, Anda harus bisa memperkirakan beban maksimal yang dapat ditanggung oleh lantai rumah Anda. Jadi dengan kata lain, Anda tidak harus mengacu pada daya tampung beban standard lantai, yaitu 250 kg per meter persegi.

Beban yang terhitung di bawah beban standard dapat diartikan kemungkinan adanya pengecilan dimensi/ ukuran lantai sehingga besi yang digunakan akan kauh lebih sedikit. Kita pun tetap dapat berhemat dan struktur plat lantai tetap kuat. Alhasil, lantai pun akan tetap aman untuk dipijak.

Namun untuk lebih pastinya, ada baiknya Anda tetap mengkonsultasikannya dengan sang ahli. Pastikan Anda berkonsultasi dengan yang benar-benar ahli dan paham mengenai struktur plat lantai. Tujuannya adalah agar Anda yakin dengan kekuatan lantai rumah Anda.

Tujuan lainnya yaitu agar Anda dan keluarga tercinta Anda selalu aman dari hal-hal yang kemungkinan besar terjadi akibat pemasangan struktur plat lantai yang kurang tepat dan salah perhitungan pemasangan struktur plat lantai. Meski banyak yang menganggap remeh, namun sebenarnya kekuatan struktur plat lantai dan pemasangannya sangatlah penting karena menyangkut dengan keamanan dan keselamatan para pekerja kantor atau penghuni rumah.

Bagaimana, semoga Anda memiliki gambaran yang cukup jelas mengenai pentingnya penghitungan beban yang ditanggung oleh struktur plat lantai pada lantai sebuah bangunan. Semoga juga informasi menghitung plat lantai kantor ini menambah wawasan Anda seputar struktur plat lantai dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan struktur plat lantai.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id