Bekerjasama dengan Perusahaan Pembuat Plat Coil

Posted by purnosidi
on 06/02/2018

Bagaimana cara bekerjasama dengan perusahaan pembuat plat coil? Ketika kita membicarakan plat coil yang terbuat dari bahan baja, umumnya kita juga perlu mengetahui dimana perusahaan yang bisa kita ajak bekerja sama untuk menyediakan bahan plat coil baja yang menjadi bahan baku dari perusahaan kita. Untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan yang memproduksi plat coil baja, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan.

Syarat kerjasama

Ketika perusahaan tempat Anda bekerja membutuhkan plat coil secara berkelanjutan dan ingin bekerja sama dengan perusahaan besar seperti Krakatau Steel, Gerai Baja Indonesia, atau perusahaan pembuatan baja lainnya, ada beberapa syarat sebagai calon konsumen yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan, seperti SITU, SIUP, PKP. NPWP, akta notaris pendirian perusahaan, hingga surat kuasa yang berhubungan dengan penandatanganan jual beli. Dengan persyaratan tersebut, perusahaan yang melayani kebutuhan perusahaan Anda terkait plat coil bisa meyakini bahwa perusahaan Anda termasuk perusahaan yang sudah berbadan hukum dan memiliki kesanggupan dalam pembayaran produk pesanan.

Perjanjian kerja sama

Pada proses bekerjasama dengan perusahaan pembuat plat coil, ada beberapa hal yang perlu pula diperhatikan selama bekerja sama dengan perusahaan yang menyediakan jasa untuk pembuatan plate coil, seperti:

1. Jenis dan jangka waktu kerjasama

Ketika perusahaan Anda ingin bekerja sama dengan perusahaan yang menyediakan plat coil berbahan baja, pastikan dulu jenis dan jangka waktu kerja sama yang ingin diambil, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Jangka waktu kerja sama secara tidak langsung akan mempengaruhi hitungan budget dana yang perlu Anda keluarkan untuk membayar semua produk plat coil yang dipesan.

2. Konsekuensi yang timbul selama perjanjian

Sebagai pihak konsumen maupun produsen, tentu ada konsekuensi yang harus ditanggung keduanya selama perjanjian berlangsung. Untuk pihak produsen umumnya konsekuensi yang muncul adalah perkiraan waktu pembuatan plat coil yang harus dipastikan selesai sesuai deadline maupun kualitas bahan yang dipastikan sesuai pesanan. Meski demikian, dari pihak konsumen sendiri juga akan timbul konsekuensi seperti penggunaan produk plat coil maupun ada tidaknya denda yang perlu ditanggung apabila terjadi keterlambatan pembayaran maupun pembatalan kerja sama karena sebab-sebab khusus. Konsekuensi seperti ini perlu diperjelas saat akan menandatangani perjanjian kontrak agar perusahaan Anda maupun perusahaan jasa yang Anda tuju tidak mengalami kerugian finansial.

3. Bentuk pembayaran selama kerja sama

Ketika sudah menjalin kerja sama, umumnya pertimbangan bentuk pembayaran yang perlu dilakukan perlu dipertimbangkan untuk menjaga kestabilan finansial perusahaan Anda. Dengan mengetahui jenis dan pembayaran yang disepakati kedua belah pihak, proses pembuatan plat coil yang dipesan tentu akan lebih cepat.

4. Garansi

Ketika elakukan pemesanan produk plat coil, Anda perlu menanyakan jelas garansi yang diberikan oleh perusahaan produsen terkait plat coil yang diproduksinya. Garansi ini bisa berhubungan dengan tampilan plat coil yang diterima perusahaan Anda dan nantinya garansi yang diberikan bisa mengamankan perusahaan Anda dari segi finansial maupun produksi.

Spesifikasi produk yang diinginkan

Ketika perusahaan Anda memesan baja dalam bentuk plat coil, tentu ada spesifikasi produk yang diberikan pada perusahaan jasa agar hasil jadi produk sesuai dengan produk yang diinginkan.

1. Grade baja

Pertimbangan spesifikasi yang perlu dipikirkan pertama kali adalah grade baja. Grade ini berhubungan dengan komposisi kimia, sifat mekanik, dan toleransi ukuran yang dibutuhkan. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tentunya grade perlu diperhitungkan.

2. Jenis baja

Saat memesan produk baja, pastikan dulu jenis baja yang ingin dipesan, terlebih jika Anda ingin memesan beberapa jenis produk baja dalam waktu yang bersamaan. Jumlah dan jenis baja yang dipesan akan membuat Anda bisa mengerti budget yang dimiliki dan harus dibagi untuk pembayaran produk yang bersangkutan.

3. Dimensi produk

Hal kedua yang dipikirkan adalah dimensi produk berkaitan dengan ketebalan, panjang, lebar, dan ukuran penampang. Dimensi plat coil nantinya berhubungan dengan kecepatan dalam pemotongan maupun hal yang lainnya.

4. Kuantitas berat

Plat coil umumnya perlu diperhitungkan kuantitas beratnya agar akumulasi harga yang perlu dibayar bisa disesuaikan dengan budget yang disediakan. Untuk spesifikasi berat bisa dihitung dalam kgs maupun MT.

5. Custom order

Hal ini perlu dipikirkan apabila plat coil dipesan dengan standar khusus yang tidak sesuai dengan ukuran kebanyakan. Dengan membicarakan custom order yang dipesan dengan perusahaan produsen, Anda tahu risiko yang mungkin timbul karena hal tersebut.

Jumlah produk

Pada saat ingin membeli produk dalam bentuk plat coil, pastikan dulu jumlah produk yang dipesan agar proses pengiriman yang dilakukan bisa dilakukan sekaligus dan tidak memerlukan biaya tambahan.

Pemesanan

Ketika melakukan pemesanan, tanyakan dulu pada perusahaan produsen atau distributor plat coil bagaimana pemesanan bisa dilakukan, apakah melalui email atau datang langsung ke perusahaan produsen. Pemesanan yang seperti ini akan memberi kemudahan apabila Anda berasal dari perusahaan yang lokasinya jauh dari lokasi produsen.

Pengiriman

Pada praktik bekerjasama dengan perusahaan pembuat plat coil, pengiriman produk plat coil biasa dilakukan dalam bentuk pengepakan khusus menggunakan ultrasonik atau sulphur print. Namun demikian, pastikan Anda paham resiko pengiriman produk saat di jalan dan deadline waktu pengiriman. Dengan memahami hal tersebut, Anda bisa menyiapkan rencana cadangan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman.

Demikianlah bagaimana bekerjasama dengan perusahaan pembuat plat coil.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id