Tahukah Anda tentang manfaat dan jenis-jenis jaringan komputer dan internet secara umum? Di zaman yang semakin canggih ini, siapa yang tak membutuhkan jaringan? Hampir semua orang menjadikannya sebagai kebutuhan primer yang juga harus disempurnakan layaknya sandang, pangan, dan papan. Aktivitas komunikasi yang penting semakin ditingkatkan levelnya dengan meningkatkan fasilitasnya. Dengan begitu setiap orang dapat untuk menjangkaunya. Kehadiran IT Networking sangatlah penting. Kondisinya pun saat ini semakin mengalami kemajuan seiring melajunya zaman. Hal inilah yang kemudian mulai banyak orang juga yang dapat menikmati kehadiran dari IT Networking yang sangat membantu kesulitan setiap manusia di era digital ini. 

Dengan adanya jaringan, maka kegiatan komunikasi pun dapat berjalan dengan lancar. Anda dapat berbagi internet untuk beberapa komputer. Begitu pun dengan printer, Anda cukup menggunakan satu printer saja. Walaupun komputer yang digunakan dalam jumlah banyak. Sehingga dengan adanya IT Networking juga sangat bisa untuk membantu Anda dalam berhemat. PT Nikifour Kontraktor di Karawang inilah yang akan membantu mengenai permasalahan-permasalahan Anda yang berhubungan dengan IT Networking. 

Manfaat Jaringan Secara Umum

Jaringan bisa saja digunakan di dalam area perusahaan saja yang mampu memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan tersebut. Namun di samping itu, secara umum jaringan juga bermanfaat untuk setiap orang di dalam memberikan layanan-layanannya. 

1. Komunikasi dari Orang Ke Orang

Komunikasi adalah hal yang sangat penting di manapun Anda berada. Tidak hanya secara face to face saja, tetapi terkadang jarak yang berjauhan seharusnya tidak menghambat aktivitas komunikasi antara orang yang berkepentingan tersebut. Dengan adanya jaringan, maka komunikasi saat ini pun beralih. Banyak orang mulai menggunakan chatting yang disediakan dari beberapa aplikasi chatting, mengirim pesan melalui e-mail, video conference, dan media-media komunikasi lainnya.

2. Akses Informasi Di Tempat Lain

Dengan adanya jaringan, jaminan Anda untuk lebih up to date pun bisa Anda dapatkan. Informasi di belahan dunia dapat Anda ketahui dalam sekejap. Anda pun tidak akan ketinggalan informasi. Ada e-commerce, e-business, e-government, dan masih banyak lagi.

3. Hiburan Interaktif

Hiburan kini tak mengharuskan Anda untuk menghampiri pusat di mana adanya sebuah hiburan. Hiburan dapat Anda temukan dengan memanfaatkan jaringan yang ada saat ini. Anda bisa menikmati menonton film apa saja yang bisa Anda download sehingga tidak harus menunggu ditayangkan di televisi, menonton bermacam-macam video di dalam Youtube, radio streaming, menonton televisi secara online, ataupun men-download lagu-lagu favorit Anda.

Jaringan Berdasarkan Jangkauan Geografisnya Ada Apa Saja?

Jaringan yang akan Anda bangun, sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu untuk jangkauan yang mana. Dari yang area sempit atau kecil hingga area yang luas akan memiliki jaringan yang berbeda. Apa saja jaring-jaringan tersebut?

1. Jaringan Local Area Network (LAN)

Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih yang berada di dalam suatu area atau ruang. Misalkan saja di warnet maupun di kantor.

2. Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan MAN mencakup di dalam suatu daerah atau di dalam satu kota besar. Misalkan saja digunakan untuk sistem telepon selular, jaringan relay untuk beberapa ISP internet, dan jaringan telepon lokal.

3. Jaringan Wide Area Network

Cakupan pada jaringan WAN ini lebih luas dibandingkan dengan LAN dan MAN. Jaringan ini mencakup seluruh dunia. Misalkan saja yang terdapat pada jaringan yang digunakan oleh PT Telkom, PT Indosat, dan jaringan-jaringan GSM selular, seperti Satelindo, Telkomsel, dan lain-lain.

Jaringan Berdasarkan Media Transmisi Data

Berdasarkan transmisi data yang digunakan, terdapat 2 jaringan yakni berkabel dan nirkabel. Saat ini pun sudah banyak yang menggunakan jaringan nirkabel untuk lebih mengurangi kerepotannya. Di samping itu juga masih banyak yang menggunakan jaringan yang berkabel. Apa saja perbedaan kedua jaringan ini?

1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Untuk bisa menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya, Anda membutuhkan adanya kabel sebagai penyambung. Kabel-kabel ini nantinya akan berfungsi sebagai sarana pengiriman informasi, dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. Anda bisa memercayakan pemasangannya pada para tenaga profesional PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Sedangkan untuk jaringan wireless, medium yang digunakan berupa elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan. Sehingga Anda tidak membutuhkan kabel. Bahkan saat ini sudah banyak yang menggunakan dengan sistem wireless ini. Misalkan saja pada mouse wireless. Anda tidak perlu mencolokkannya lagi pada laptop Anda.

Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Membangun Sebuah Jaringan Komputer?

Untuk bisa memperoleh jaringan komputer, sebelumnya Anda harus membangunnya terlebih dahulu atau merangkainya dengan beberapa perangkat. Dalam hal ini perangkat yang digunakan terdiri dari perangkat-perangkat keras atau yang disebut dengan hardware. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut.

1. Kabel Jaringan

Kabel ini nantinya digunakan sebagai penghubung. Penggunaan kabel masih sering digunakan, walaupun saat ini diketahui juga sudah banyak yang menggunakan sistem wireless. Namun, karena penggunaan kabel jaringan yang mudah, sehingga masih banyak orang yang menggunakannya. Kabel yang digunakan pun ada beberapa macam, yakni kabel Local Area Network (LAN), kabel coaxial, dan kabel fiber optik.

2. Konektor

Perangkat inilah yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan colokan Network Interface Card (NIC) yang terdapat di dalam komputer Anda. Nantinya konektor akan disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan. Jangan khawatir, Anda dapat menyerahkannya kepada PT Nikifour Kontraktor di Karawang ini yang akan membuat jaringan Anda beres.

3. Switch

Perangkat yang berguna untuk penyambung jaringan ini dapat menganalisa paket data yang dilewatkan sebelum sampai di tempat tujuan. Switch juga mempunyai kecepatan transfer data, baik dari server ke workstation maupun dari workstation ke server.

4. Repeater

Anda membutuhkan repeater untuk dapat memperkuat signal. Sinyal yang diterima dari satu kabel LAN ke LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan menggunakan kekuatan sinyal yang asli pada LAN yang pertama. Keberadaan repeater ini dapat semakin memperluas jaringan komputer yang sedang Anda bangun.

5. Router

Perangkat ini nantinya akan menjadi penyaring bagi data-data yang melewati jaringan berdasarkan aturannya. Router ini dapat digunakan oleh beberapa model jaringan, baik model LAN, MAN, dan WAN yang memiliki jaringan area yang lebih luas.

6. Modem

Untuk dapat menghubungkan LAN dengan internet, Anda membutuhkan adanya modem yang akan mengubah data digital menjadi data analog. Karena dengan menjadi data analog, akan lebih mudah untuk Anda pahami.

Jaringan tidak hanya digunakan di dalam perusahaan-perusahaan besar saja atau di sebuah lembaga saja. Jangkauannya pun semakin luas. Bahkan di dalam rumah tangga juga sangat membutuhkannya. Oleh karena itu, kehadiran PT Nikifour Kontraktor di Karawang bak menjadi angin penolong yang siap membantu kesulitan Anda atau membantu pekerjaan Anda. Melalui tenaga-tenaga profesional yang dimilikinya, maka proses pekerjaan Anda pun akan semakin mudah dan cepat.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?