IoT Network Solution: Membangun Jaringan Komputer, Smartphone, dan Periferal

Your IT Network Solution: Iot Network Solution: Membangun Jaringan Komputer, Smartphone, dan Periferal. Jaringan menghubungkan komputer, ponsel, periferal, dan bahkan perangkat IoT. Switch, router, dan titik akses nirkabel adalah dasar-dasar jaringan yang penting. Melalui mereka, perangkat yang terhubung ke jaringan Anda dapat berkomunikasi satu sama lain dan dengan jaringan lain, seperti Internet.

Seorang insinyur jaringan TI merancang jaringan komputer yang diandalkan organisasi untuk mengakses, berbagi, dan menyimpan informasi. Insinyur jaringan menerapkan dan memelihara jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), intranet korporat dan koneksi Internet, dan jaringan pribadi virtual (VPN). Kompleksitas pekerjaan tergantung pada organisasi: sebuah permulaan kecil dapat mempekerjakan insinyur komputer untuk mengawasi beberapa komputer desktop, sementara seorang insinyur di sebuah perusahaan multinasional besar mengelola web jaringan yang kompleks, jaringan yang didistribusikan secara global.

Repeater dan hub

Repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal jaringan, membersihkannya dari kebisingan yang tidak perlu dan membuatnya kembali. Sinyal ditransmisikan kembali pada tingkat daya yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari suatu rintangan, sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh tanpa degradasi. Pada kebanyakan konfigurasi twisted pair Ethernet, repeater diperlukan untuk kabel yang beroperasi lebih dari 100 meter. Dengan serat optik, repeater dapat terpisah puluhan atau bahkan ratusan kilometer.

Repeater dengan beberapa port dikenal sebagai hub Ethernet. Pengulang bekerja pada lapisan fisik model OSI. Repeater membutuhkan sedikit waktu untuk meregenerasi sinyal. Ini dapat menyebabkan penundaan propagasi yang mempengaruhi kinerja jaringan dan dapat memengaruhi fungsi yang tepat. Akibatnya, banyak arsitektur jaringan membatasi jumlah repeater yang dapat digunakan secara berturut-turut, misalnya aturan Ethernet 5-4-3.

Hub dan repeater di LAN sebagian besar sudah usang oleh switch modern.

Bridge

Jembatan jaringan menghubungkan dan menyaring lalu lintas antara dua segmen jaringan pada lapisan data link (lapisan 2) dari model OSI untuk membentuk satu jaringan. Ini memecah domain tabrakan jaringan tetapi mempertahankan domain broadcast yang disatukan. Segmentasi jaringan memecah jaringan yang besar dan padat menjadi kumpulan jaringan yang lebih kecil dan lebih efisien. Bridge dalam tiga tipe dasar:

  • Bridge lokal: Langsung menghubungkan LAN
  • Remote bridges: Dapat digunakan untuk membuat tautan jaringan area luas (WAN) antar LAN. Remote bridge, dimana tautan yang terhubung lebih lambat dari jaringan akhir, sebagian besar telah diganti dengan router.
  • Bridge nirkabel: Dapat digunakan untuk bergabung dengan LAN atau menghubungkan perangkat jarak jauh ke LAN.

Switch

Switch adalah dasar dari sebagian besar jaringan bisnis. Switch berfungsi sebagai pengontrol, menghubungkan komputer, printer, dan server ke jaringan di gedung atau kampus. Switch memungkinkan perangkat di jaringan Anda untuk berkomunikasi satu sama lain, serta dengan jaringan lain, menciptakan jaringan sumber daya bersama. Melalui berbagi informasi dan alokasi sumber daya, sakelar menghemat uang dan meningkatkan produktivitas.

Ada dua tipe dasar sakelar untuk dipilih sebagai bagian dari dasar-dasar jaringan Anda: terkelola dan tidak terkelola. Switch yang tidak dikelola berfungsi di luar kotak tetapi tidak dapat dikonfigurasi. Peralatan jaringan rumah biasanya menawarkan sakelar yang tidak dikelola. Switch yang dikelola dapat dikonfigurasi. Anda dapat memantau dan menyesuaikan sakelar yang dikelola secara lokal atau jarak jauh, memberi Anda kendali lebih besar atas lalu lintas dan akses jaringan

Router

Router menghubungkan beberapa jaringan secara bersamaan. Mereka juga menghubungkan komputer di jaringan-jaringan itu ke Internet. Router memungkinkan semua komputer jaringan untuk berbagi koneksi Internet tunggal, yang menghemat uang. Router bertindak sebagai operator. Ini menganalisis data yang dikirim melalui jaringan, memilih rute terbaik untuk perjalanan data, dan mengirimkannya dalam perjalanan.

Router menghubungkan bisnis Anda ke dunia, melindungi informasi dari ancaman keamanan, dan bahkan dapat memutuskan komputer mana yang mendapat prioritas di atas yang lain. Di luar fungsi-fungsi jaringan dasar itu, router dilengkapi dengan fitur tambahan untuk membuat jaringan lebih mudah atau lebih aman. Tergantung pada kebutuhan Anda, misalnya, Anda dapat memilih router dengan firewall, jaringan pribadi virtual (VPN), atau sistem komunikasi Protokol Internet (IP).

Hot Spot

Jalur akses * memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel tanpa kabel. Jaringan nirkabel memudahkan untuk membawa perangkat baru online dan memberikan dukungan yang fleksibel untuk pekerja seluler. Jalur akses bertindak seperti penguat untuk jaringan Anda. Sementara router menyediakan bandwidth, jalur akses memperluas bandwidth itu sehingga jaringan dapat mendukung banyak perangkat, dan perangkat-perangkat itu dapat mengakses jaringan dari jauh.

Tetapi titik akses tidak lebih dari sekadar memperluas Wi-Fi. Ini juga dapat memberikan data berguna tentang perangkat di jaringan, memberikan keamanan proaktif, dan melayani banyak tujuan praktis lainnya.

* Jalur akses mendukung berbagai standar IEEE. Setiap standar adalah amandemen yang disahkan dari waktu ke waktu. Standar beroperasi pada berbagai frekuensi, memberikan bandwidth yang berbeda, dan mendukung jumlah saluran yang berbeda.

Jaringan Nirkabel

Untuk membuat jaringan nirkabel Anda, Anda dapat memilih di antara empat jenis penempatan. Setiap penyebaran memiliki atribut yang akan bekerja lebih baik untuk solusi yang berbeda.

Nikifour Kontraktor di Karawang

Mobility Express adalah solusi nirkabel sederhana dan berkinerja tinggi untuk organisasi kecil atau menengah. Ini memiliki pelengkap lengkap fitur-fitur canggih dari kami, yang telah dikonfigurasikan sebelumnya dengan praktik terbaik. Standarnya memungkinkan penyebaran Wi-Fi yang cepat dan mudah yang dapat beroperasi dalam hitungan menit. Ini sempurna untuk jaringan dasar usaha kecil.

Penyebaran Terpusat

Jenis paling umum dari sistem jaringan nirkabel, penyebaran terpusat secara tradisional digunakan di kampus-kampus di mana gedung dan jaringan berada dalam jarak dekat. Penempatan ini mengkonsolidasikan jaringan nirkabel, yang membuat peningkatan lebih mudah dan memfasilitasi fungsionalitas nirkabel tingkat lanjut. Pengontrol didasarkan pada tempat dan dipasang di lokasi terpusat.

Penempatan Secara Konvergen

Untuk kampus kecil atau kantor cabang, penyebaran konvergensi menawarkan konsistensi dalam koneksi nirkabel dan kabel. Penyebaran ini menyatu kabel dan nirkabel pada satu perangkat jaringan – saklar akses – dan melakukan peran ganda baik saklar dan pengendali nirkabel.

Penerapan Berbasis Cloud

Sistem ini menggunakan cloud untuk mengelola perangkat jaringan yang digunakan di tempat di berbagai lokasi. Solusinya membutuhkan perangkat Cisco Meraki yang dikelola cloud, yang memberikan visibilitas penuh jaringan melalui dashboard mereka.

LAYANAN JARINGAN IT

Nikifour Kontraktor di Karawang menawarkan rangkaian lengkap solusi jaringan TI, termasuk:

  • Pemasangan
  • Perangkat Keras
  • Pemasangan kabel data terstruktur
  • Pemantauan 24/7 dan keamanan
  • Pemindaian kerentanan & deteksi risiko

Jaringan komputer mendukung sejumlah besar aplikasi dan layanan seperti akses ke World Wide Web, video digital, audio digital, penggunaan bersama server aplikasi dan penyimpanan, printer, dan mesin faks, dan penggunaan aplikasi email dan pesan instan serta banyak lainnya. Jaringan komputer berbeda dalam media transmisi yang digunakan untuk membawa sinyal, bandwidth, protokol komunikasi untuk mengatur lalu lintas jaringan, ukuran jaringan, topologi, mekanisme kontrol lalu lintas dan maksud organisasi. Jaringan komputer paling terkenal adalah Internet.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?