MAN Atau LAN? Mana Yang Lebih Baik?

Pernah mendengar istilah LAN dan MAN dalam pekerjaan sehari-hari di kantor? Tapi tunggu dulu, sebelum jauh membahas LAN ataupun MAN, kita bahas dulu mengenai bagaimana jaringan internet di Indonesia perlahan mengalami banyak perubahan.

Jika membicarakan mengenai internet, apa yang terpikirkan pertama kali di benakmu? Pastinya jaringan luas, yang menghubungkan gadget satu dan lainnya, dalam cakupan yang tak terbatas. Perihal internet memang bukanlah hal yang baru lagi di Indonesia. Di sini, saat ini, setiap orang bisa dengan mudah menemukan koneksi dan akomodasi internet. Bukan hanya karena tower penghasil sinyal yang sudah lebih merata persebarannya, namun juga didukung dengan mudahnya ketersediaan alat komunikasi atau gadget. Jika dulu penggunaan ponsel merupakan hal yang sangat eksklusif, dan bernilai jual tinggi, maka saat ini pasaran ponsel sudah banyak berubah. Bisa kita temukan dengan mudah, ada banyak anak-anak kecil yang sudah memiliki gadgetnya sendiri. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa gadget bukan lagi hal yang mewah. Hal ini terhtu saja juga sangat dipengaruhi oleh perusahaan-perusahaan besar yang masuk ke Indonesia, yang menyebabkan daya saing gadget meningkat. Ini menyebabkan setiap gadget mengeluarkan strategi yang nyaris sama, yaitu memberikan ponsel dengan harga semurah mungkin, namun dengan spesifikasi yang terbaik.

Hal ini juga didukung oleh banyaknya pilihan penyedia jasa jaringan, yang sangat ramah dalam memberikan paket data dan jenis-jenis layanan, dengan harga yang terjangkau kepada para pengguna, seperti yang ditawarkan oleh PT Nikifour Kontraktor di Karawang dengan jasa IT Networking. Perpaduan ini yang kemudian membentuk internet saat ini menjadi sesuatu yang sangat lumrah.

Lalu bagaimana dengan LAN dan MAN? Apakah ini bentuk lain dari internet? Atau justru mereka tak menggunakan jaringan internet dalam pengoperasiannya? Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu tahu mengenai LAN dan MAN, agar bisa mendapatkan pertimbangan yang lengkap, mengenai keduanya.

Apa yang dimaksud dengan LAN?

Internet merupakan sebuah jaringan, yang dijalankan dalams ebuah sistem besar. Di dalam sistem internet ini hadirlah yang disebut sebagai sistem LAN, atau yang disebut juga sebagai Local Area Network. Ia merupakan salah satu jenis jaringan internet, yang biasanya digunakan untuk keperluan yang lebih khusus. Seperti namanya, yaitu Local Area Network, jaringan yang ada pada sistem LAN ini dikatakan juga sebagai jaringan terbatas. Mengapa? Yap, karena ia hanya bisa diakses oleh orang-orang yang berada dalam lokasi tertentu. Misalnya saja kamu bekerja di bagian administrasi, bersama kelima temanmu yang lain. LAN yang ada di ruanganmu, hanya akan bisa digunakan ke gadget yang memang sudah dirancang untuk dipasangkan padanya. Jadinya ketika orang berada di luar ruanganmu, tentu saja mereka tak bisa mengaksesnya. Ini juga berlaku juga orang lain masuk ke dalam ruangan, namun dengan peralatan yang belum diprogram untuk bisa mengakses LAN.

Apa yang dibutuhkan dalam pemasangan LAN?

Jika membahas pemasangannya, sebenarnya memasang LAN ini cukup simple kok. Yaitu membutuhkan beberapa alat seperti kabel UTP atau unshielded Twisted-Pair, lalu router, ada juga hub dan switcher. Namun tetap saja pemasangannya tetap membutuhkan tenaga ahli yang profesional ya, agar  hasilnya maksimal. Misalnya seperti yang ditawarkan oleh PT Nikifour Kontraktor di Karawang, yang sudah bekerja lama dalam bidang pelayanan jaringan, yang akan membantumu dari masalah perencanaan pemasangan hingga selesai dan siap digunakan.

Apa keuntungan menggunakan LAN?

Penggunaan LAN yang masih popular hingga sekarang tentu saja bukannya tanpa alasan, semua ini karena memang LAN memiliki beberapa keunggulan, yang diketahui sangat membantu dalam proses kerja yang membutuhkan jaringan internet. Keuntungan yang pertama, karena ia berada dalam sistem jaringan yang local, maka semua jaringan yang ada tidak terbagi untuk pihak-pihak yang tidak penting. Jaringannya fokus, hanya dialirkan ke peralatan yang telah disambungkan. Ini menjadikan daya internet yang ada tinggi dan tidak lelet ketika diakses. Yang kedua, karena LAN hanya fokus pada penggunaan di area lokal, mengenai biaya pemasangan serta alat-alat yang digunakanpun bisa jadi lebih murah, dan juga pastinya lebih sederhana. 

Lalu apa kekurangan menggunakan LAN?

Ternyata kelebihannya, juga menjadi kekurangan dari sistem LAN ini. Karena penggunaan LAN yang hanya bisa diakses oleh area lokal, maka keterbatasan jaringan adalah kekurangan utama dalam LAN. Kamu tak akan bisa mendapatkan akses, kecuali kamu telah tersambung dalam jaringan. Hal ini menyebabkan terbatasnya area cakupan jaringan LAN tersebut.

Setelah membahas mengenai LAN, selanjutnya akan beralih pada bahasan MAN.

Apa yang dimaksud dengan MAN?

Jika sebelumnya LAN merupakan jaringan internet yang memiliki sistem kerja lokal, maka secara gampangnya MAN merupakan jaringan yang lebih besar dari LAN, yang bisa berfungsi sebagai penghubung antara jaringan LAN yang satu, dengan LAN lainnya. MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network. Ia memiliki cakupan wilayah dan fungsi yang lebih besar dari LAN. Bukan hanya menghubungkan LAN dari ruangan A dan ruangan B saja, namun MAN juga didesain untuk bisa menghubungkan LAN yang ada di kota satu dan kota yang lain. MAN biasanya dibutuhkan untuk aktifitas kerja yang terintegrasi antara satu sama lain, sehingga memudahkan dalam perencanaan, dan pengecekan, juga evaluasi perusahaan yang harus dilakukan secara periodik.

Apa keuntungan menggunakan MAN?

Jika dibandingkan dengan LAN, tentu saja keuntungan yang dimiliki oleh MAN adalah jaringannya yang jauh lebih luas. Dan jaringan tipe ini sebenarnya sudah bisa menghubungkan antara Negara dan juga benua, sehingga penggunaannya memang mencakup area yang sangat luas. Keuntungan lainnya adalah masalah teknologinya yang lebih canggih, sehingga sangat berpengaruh pada keamanan dalam jaringannya. Penggunaan jaringan MAN yang lintas benua dan Negara memang menjadikan jaringan ini didesain harus menjadi seaman mungkin, bagi wadah lalu dna lalang data perusahaan yang rahasia.

Apa kerugian menggunakan MAN?

Kerugian dalam menggunakan MAN sebenarnya terletak pada peralatan dan biayanya. Dengan teknologi yang canggih, dan juga sistem keamanan yang lebih baik daripada LAN, tentu saja harus ditebus dengan biaya dan juga operasional yang lebih mahal. Ini juga menandakan bahwa pemasangan MAN harus dilakukan oleh pakarnya. Namun untuk perkara ini kamu jangan khawatir, sebab kamu bisa langsung menghubungi PT Nikifour Kontraktor di Karawang., sebagai salah satu penyedia jasa jaringan yang sudah terpercaya dan bekerja secara profesional.

Nah itulah beberapa hal mengenai jaringan LAN dan juga MAN. Mana yang lebih baik? Tentukanlah dengan mempertimbangkan bagaimana pola kerja yang kamu gunakan. Jika emmang berada dalam skala kecil, menggunakan LAN akan jadi sangat cukup. Namun jika memang membutuhkan keterhubungan yang lebih luas, memang gak ada ruginya untuk sekaligus menggunakan MAN juga,sebagai salah satu wadah integrasi yang aman dan cakupannya lebih luas lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..