Konsep Perhitungan Dasar Biaya Pembangunan Proyek

Posted by purnosidi
on 02/03/2015
Konsep Perhitungan Dasar Biaya Pembangunan Proyek

Bagaimana perhitungan dasar biaya pembangunan proyek? Apakah Anda sedang terlibat dalam pembangunan proyek penting? Sebuah proyek besar pembangunan investasi properti memang terlihat cukup rumit. Ada berbagai jenis kebutuhan biaya yang harus dipikirkan sejak awal proyek dibuat. Ada dua hal pertimbangan penting yang masuk dalam perincian biaya pembangunan proyek. Dua perhitungan dasar ini juga menjadi sistem kerja kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang.

Berikut ini pertimbangan dasar penting yang harus Anda periksa, inilah Konsep Perhitungan Dasar Biaya Pembangunan Proyek.

  1. Rencana anggaran kebutuhan biaya untuk membangun proyek tertentu. Proyek yang diajukan oleh klien akan diperhitungan oleh kontraktor yang menangani proyek tersebut. Anggaran ini berisi berbagai jenis perkiraan harga yang akan dilakukan untuk menyelesaikan sebuah renovasi sesuai dengan keinginan klien. Kesepakatan dana akan diuraikan sejak awal kontrak sehingga klien dan kontraktor memiliki hubungan yang terbuka.
  2. Rencana anggaran keperluan biaya yang sudah dibuat oleh pekerja konsultan untuk melakukan atau menyelesaikan kontrak kerja. Perhitungan ini hasilnya tidak akan sama dengan perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan kontraktor.

Alasan Perhitungan Perkiraan Biaya per Proyek

Setiap proyek yang akan dilakukan atau disepakati oleh kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang harus dilakukan analisa dengan berbagai macam gambaran rencana biaya. Rincian anggaran yang dilakukan antara pemilik proyek dan jasa konsultan akan mendorong analisa akhir dari penyelesaian proyek. Informasi proyek yang berisi berbagai macam proyeksi anggaran bisa dilakukan untuk menentukan analisa akhir sebuah proyek.

Perusahaan kontraktor dapat melihat perkiraan untung atau rugi sebuah proyek yang telah disepakati. Jika proyek berada dalam kerugian maka perusahaan kontraktor juga bisa melakukan berbagai jenis langkah perbaikan. Tingkat keberhasilan sebuah proyek ditentukan dari analisa biaya dan kebutuhan khusus ini. Pihak yang termasuk dalam program ini biasanya terdiri dari manajer proyek, pemilik proyek dan tim yang akan mengerjakan poyek.

Keuntungan Pemakaian Rencana Perhitungan Anggaran Proyek

  1. Dalam sebuah sistem pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor, maka tidak semua pekerjaan akan dilakukan secara mandiri. Ada berbagai macam pihak yang terlibat sebagai pihak kedua atau ketiga. Kontraktor yang menguasai proyek bisa memakai rencana anggaran perhitungan biaya proyek untuk menawarkan pekerjaan, melakukan sistem kontrak dan menemukan pemborong yang berkompeten.
  2. Anggaran rencana biaya pembangunan proyek juga sangat penting untuk menentukan pekerja atau pihak ketiga yang mau menerima pekerjaan.
  3. Perkiraan biaya anggaran sangat penting untuk perusahaan kontraktor agar mengetahui jumlah perkiraan bisnis ( seperti melihat keuntungan atau kerugian jika proyek sudah selesai).
  4. Semua kontraktor memakai perkiraan biaya pembangunan proyek untuk mendapatkan keuntungan dengan beberapa cara tanpa harus membuat kerugian pada pemiliki proyek atau klien.
  5. Semua data yang berhubungan dengan biaya rencana proyek juga sangat berperan untuk menentukan semua biaya operasional proyek (seperti biaya tenaga kerja, biaya material dan biaya perkiraan lain)
  6. Semua jenis biaya yang berhubungan dengan perkiraan proyek sangat penting untuk menunjang laporan bisnis pada perusahan kontraktor yang memiliki berbagai jenis proyek yang berbeda.
  7. Tindakan perhitungan biaya proyek juga menjadi alat analisa penting bagi pelaksana proyek, pemilik proyek dan mendukung pekerjaan proyek agar berjalan lancar.

Semua jenis perhitungan rencana pelaksanaan proyek memiliki manfaat yang sangat besar untuk semua pihak yang terlibat dalam sebuah proyek. Rencana anggaran juga penting untuk menilai semua jenis kelayakan proyek dan nilai akhir dari sebuah proyek.

Bagaimana Sistem Perhitungan Perkiraan Rencana Anggaran Proyek?

Perhitungan yang dilakukan untuk melihat semua anggaran perkiraan untuk membangun sebuah proyek dilakukan secara detail. Berikut ini adalah beberapa data yang diperlukan untuk melakukan perhitungan rencana proyek.

  1. Analisa semua harga satuan pekerjaan dalam sebuah proyek. Analisa harga ini biasanya hanya diketahui oleh perusahaan kontraktor.
  2. Analisa harga material yang diperlukan untuk mendirikan proyek.
  3. Analisa harga untuk membayar tenaga ahli dan tenaga kerja untuk membangun sebuah proyek dari awal hingga selesai.

Analisa perhitungan biaya ini tidak bisa dilakukan hanya berdasarkan perkiraan saja. Perusahaan kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang telah memiliki data-data akurat yang didapatkan lewat survei dan penelitian khusus. Semua data yang digunakan sudah menjadi standar perusahaan dan bersifat bermanfaat untuk pemilik maupun pelaksana proyek.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id