12 Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Posted by purnosidi
on 24/03/2016
Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Plastik di proyek arsitektur? Ingin tahu tentang proyek arsitektur dari material plastik? Inilah 12 proyek arsitektur dari material plastik. Nikifour sebagai perusahaan kontraktor tentu lekat dengan dunia arsitektur. Kini kami ingin berbagi informasi tentang arsitektur dari bahan plastik tersebut.

Kami berharap info yang kami nukil dari https://www.archdaily.com/783728/plastic-architecture-12-projects-that-highlight-the-potential-of-polymers ini akan memperkaya referensi dan pengetahuan Anda dalam dunia arsitektur modern.

Dunia arsitektur kini semakin beragam dalam menggunakan material sebagai bahan bangunan. Begitu juga dengan plastik. Senyawa multiguna dan bisa diolah ini dapat digunakan untuk bermacam fungsi. Penggunaan dari bahan plasti k dalam dunia arsitektur sangatlah banyak. Berikut ini kami ingin berbagi 12 contoh saja dari proyek yang memanfaatkan plastik. Dari mulai penggunaan botol plastik hingga dinding berbahan plastik tembus pandang, Anda akan melihat contoh proyek-proyek ini sebagai sedikit dari sekian banyak proyek-proyek arsitektur yang memanfaatkan material ini.

12 Proyek Arsitektur dari Material Plastik

1. Cola Bow

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Instalasi Cola Bow di Beijing oleh penda. Arsitektur unik di kota Beijing China ini merupakan sebuah seni instalasi yang dipamerkan untuk umum. Instalasi ini tersusun atas 17 ribu botol plastik yang dijalin sedemikian rupa sehingga membentuk ayunan logo Coca Cola. Seni instalasi Cola Bow ini ditujukan untuk kampanye lingkungan melawan polusi.

2. Drivhus

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Drivhus di Swedia oleh U.D. Urban Design AB dan SelgasCano. Drivhus dalam bahasa Swedia artinya Rumah Hijau. Arsitektur ini dibuat oleh U.D. Urban Design AB dan SelgasCano untuk kantor lembaga Perencanaan dan Administrasi Kota Stockholm.

3. L House

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

L House di Polandia oleh moomoo Architects. Bangunan arsitektur ini bernama L House yang merupakan bangunan pertama dengan elevasi yang terbuat dari bahan plastik insulasi yang disebut Thermopian. Thermopian ini biasanya digunakan untuk membuat atap.

4. Parasite Office

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Parasite Office di Moskow, Russia oleh za bor architects. Bangunan dengan bentuk multi berlorong lebar di sela-selanya sebenarnya jamak ditemui dikota Moskow. Gedung bernama Parasite Office ini dibuat oleh za bor architect dengan bentuk tiga lantai dilengkapi atap yang bisa diakses dan terletak di antara dua bangunan.

5. Plastic Stereotomy

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Plastic Stereotomy; Amerika Serikat oleh Justin Diles. Desain arsitektur ini mengeksplorasi tesselasi-tesselasi volumetrik yang pas dalam bentuk multiple yang tersembunyi dalam sebuah susunan struktur yang sederhana. Desain berkonsep plastik ini dibangun dengan menggunakan potongan-potongan plastik padat berongga.

6. Rumah Plastik

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Rumah Plastik di Dublin oleh Architecture Republic. Rumah plastik yang berada di kota Dublin negara Irlandia ini dibuat konstruksinya dari baja dan polycarbonate. Struktur plastik super ringan pada arsitektur ini didesain menjadi sumber pencahayaan utama pada malam hari di rumah plastik ini. Hal tersebut karena bahan plastik yang disisipkan pada fitting membuat transparansi pada permukaan menerangi ke segala arah.

7. Serpentine Pavilion

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Serpentine Pavilion di London oleh SelgasCano. Paviliun Galeri Serpentine 2015 yang didesain oleh SelgasCAno ini dibangun dari rangka baja minimalis yang dibungkus dengan ETFE, semacam fluorine plastik, yang membentuk lembaran dan jaringan. Terilhami dari London Underground, lembaran-lemabran plastik secara bersamaan membentuk serangkaian terowongan dinamis di antara rangka struktur.

8. Silver Shack

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Silver Shack di Korea oleh Chae Pereira Architects. Chae Pereira Architects membangun bangunan bernama Silver Shack dengan dana yang pas-pasan. Silver Shack dibangun dengan polycarbonate transparant yang murah yang disesuaikan dengan rangka baja biasa.

9. SodaBIB

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

SodaBIB oleh The New York Institute of Technology’s School of Architecture. Institut Sekolah Arsitek dan Teknologi New York membuat arsitektur bernama SodaBIB ini sebagai sebuah cara untuk mengubah botol-botol plastik menjadi tempat berteduh. Desain tersebut diciptakan dengan teknologi palet terbaru. Pada bagian atapnya, botol yang digunakan dikompress dan ditummpuk menyerupai keramik Spanyol. Kemudian botol-botol itu di susun dan ditempelkan pada atap menggunakan palet sehingga membentuk SodaBIB yang salign terhubung.

10. Solar Bytes

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Solar Bytes di kota Cleveland Ohio. Desain paviliun sementara ini dibuat oleh Brian Peters dari Design.Lab.Workshop dengan menggunakan 94 modul plastik hexagonal tembus cahaya. Paviliun ini menyaring cahaya matahari ketika siang dan memancarkan cahay ketika malam. Ketika paviliun ini dibongkar, modul-modul plastik tersebut bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

11. Floating Dining Room

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Floating Dining Room; Vancouver, BC, Canada / Goodweather Design & Loki Ocean. Floating Dining Room atau ruang makan yang mengambang ini dibuat bertujuan sebagai sarana penggalang dana. Arsitektur bangunan ini dibuat dari 1700 botol plastik yang mengambang. Bangunan tersebut dibuat bukan untuk permanen, setelah tujuan penggalangan dana selesai, bangunan dibongkar. Selain itu arsitektur plastik i ni juga bertujuan sebagai kampanye kepedulian terhadap sampah plastik yang menggunung di samudera.

12. Zig Zag House

Proyek Arsitektur dari Material Plastik

Zig Zag House di Washington Amerika Serikat oleh David Coleman. Bangunan ini dirancang dengan mengeksplorasi konsep suduts dan antar sisi. Rumah Zig Zag, demikian namanya dikreasi dari dinding tipis policarbonate hijau berbentuk botol. Botol-botol itulah yang memancarkan cahaya hijau redup ke sekeliling tembok pada malam hari.

Demikianlah 12 proyek arsitektur dari material plastik yang mungkin saja menambah wawasan kita semua tentang informasi arsitektur modern.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id