Suasana Lalin di sebuah kawasan Industri di Karawang pada 2021-03-19. Gambar dari: https://picasaweb.google.com/

Membahas mengenai bangunan industri tentu selalu identic dengan tempat penyimpanan untuk barang-barang industri terutama gedung, pabrik, perakitan dan lain lain. Dalam bidang Kontraktor konstruksi industri Karawang. Anda pun juga perlu memahami karakteristik sebuah bangunan industri. 

Mengenal Apa Itu Bangunan Industri

Sebelum mengenal arti bangunan industri, Anda perlu memahami arti dari bangunan terlebih dahulu. Bangunan sendiri dapat diartikan sebagai bangunan rumah, gedung ataupun segala jenis sarana prasarana maupun infrastruktur yang bisa memajukan sebuah peradaban. Selain itu bangunan ini juga dibuat untuk fasilitas yang berguna untuk mewadahi aktivitas manusia agar pekerjaan lebih mudah. 

Dalam bidang kontraktor konstruksi industri Karawang, bangunan industri dapat diartikan sebagai sebuah bangunan yang digunakan oleh pelaku industri untuk memenuhi kebutuhan industri yang berfungsi untuk menyimpan bahan mentah yang nantinya diolah menjadi produk produk dari industri tersebut. Terdapat 2 kategori untuk bangunan industri ini yaitu bangunan industri tipe biasa dan bangunan industri tipe khusus. 

Bangunan industri kategori tipe biasa ini merupakan sebuah bangunan gudang yang memiliki struktur atap yang sederhana dengan bentuk rangka yang sifatnya terbuka. Rangka terbuka membutuhkan bagian khusus yaitu bentang besar dan area yang jernih yang mana bagian ini tidak akan menghalangi adanya sebuah fleksibilitas dan fasilitas yang memadai. Ada beberapa contoh bangunan industri tipe biasa yaitu gudang, bengkel, pabrik dan lain lain. 

Bangunan industri tipe biasa ini juga bisa diaplikasikan pada perguruan tinggi yang bersifat vokasi yang mana ada kegiatan praktik. Tentunya hal ini membutuhkan bengkel untuk tempat praktik. Dasar dari bangunan industri pada umumnya dirancang dengan sebuah fasilitas yang didesain sebagai ruangan yang menyediakan ruang fungsional. Ruang fungsional ini berfungsi untuk segala jenis kegiatan internal dengan kegiatan yang ada di ruangan produksi utama. 

Untuk memaksimalkan bidang kontraktor konstruksi industri Karawang terdapat juga bangunan industri yang masuk kategori tipe khusus. Beberapa contoh yang masuk dalam kategori bangunan industri tipe khusus yaitu produksi mobil, produksi kereta api, produksi pesawat dan lain lain. 

Bisa diambil contoh bangunan industri berupa pabrik. Di dalam pabrik ini terdapat banyak sekali aktivitas yang nantinya bisa menambah nilai. Hal ini dikarenakan di dalam pabrik merupakan tempat pengolahan produk baik itu makanan ataupun bahan baku suatu produksi. Dengan adanya bangunan pabrik maka sudah tentu kegiatan menjadi lebih mudah karena di dalam 1 pabrik sudah terstruktur secara urutan proses produksi dari mulai bahan mentah hingga barang jadi. 

Di era sekarang banyak sekali bangunan industri yang sudah modern artinya sudah dilengkapi hingga proses perakitan. Seperti halnya industri mobil dan pesawat. Di dalam industri tersebut sudah lengkap mulai tahap awal hingga perakitan antar bagian. Sehingga untuk mengoperasikan mesin perakitan juga dibutuhkan orang yang sudah benar benar kompeten dan ahli di bidangnya. Karena jika salah satu tidak bekerja optimal maka hasil juga tidak akan maksimal.

Dalam bidang kontraktor konstruksi industri Karawang pun juga diperlukan sebuah teknik dan metode khusus. Hal ini bertujuan agar hasil produksi dari sebuah industri juga akan optimal. Dari penjelasan mengenai pengertian bangunan industri ini Anda bisa menyimpulkan bahwa bangunan yang bisa memudahkan segala pekerjaan dan kegiatan produksi sebuah industri yang mana di dalamnya didukung oleh beberapa komponen yaitu tenaga kerja dan mesin pendukung beserta soft skill dalam menggunakan mesin industri tersebut.  

Selain itu,dalam membangun sebuah bangunan industri tentunya dibutuhkan modal yang terbilang tidak kecil. Namun jika Anda bisa mengolahnya dengan baik apalagi didukung dengan ilmu manajemen yang bagus maka tentu hasilnya akan lebih maksimal. 

Dalam bidang kontraktor konstruksi industri Karawang sangat penting juga dalam mempertimbangkan bangunan industri yang akan dibuat. Pada dasarnya ada beberapa manfaat dari bangunan industri. Yang pertama adalah menciptakan lapangan kerja. Perlu Anda fahami juga di setiap tahunnya jumlah orang yang mencari pekerjaan juga akan semakin bertambah. Tentunya hal ini dikarenakan setiap tahunnya juga angka kelulusan setiap perguruan tinggi juga bertambah. Oleh sebab itulah, dengan adanya bangunan industri ini maka akan banyak juga lapangan kerja sehingga bisa menurunkan angka pengangguran. 

Manfaat yang kedua yaitu  tercipta produk-produk yang berkualitas. Tentu dalam hal kontraktor konstruksi industri Karawang, dengan adanya bangunan industri maka sudah pasti semakin banyak juga hasil produk industri yang dihasilkan. Dalam hal kualitas, tentunya setiap industri memiliki tingkat yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya semua industri didukung dengan alat dan mesin yang memiliki spesifikasi yang baik juga. Dengan adanya alat yang memiliki spesifikasi yang baik tentu akan meningkatkan dan mengoptimalkan hasil produk yang dihasilkan.  

Konfigurasi serta Karakteristik Bangunan Industri

Membahas mengenai konfigurasi bangunan industri, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya rentang antara baris kolom, sifat bahan atap, beserta jenis dan ruang utama. Artinya dalam menentukan konfigurasi terutama dalam bidang kontraktor konstruksi industri Karawang diperlukan observasi terlebih dahulu. Observasi ini bertujuan untuk mengenali bangunan industri yang bagaimana yang akan dibangun. 

Artinya konfigurasi ini dibutuhkan orang yang kompeten dalam analisa perhitungan agar tidak salah dalam proses pembangunan. Jika terjadi kekeliruan dalam identifikasi hal tersebut tentunya akan mempengaruhi tahapan yang lainnya. Oleh sebab itulah, sangatlah penting dalam mengidentifikasi dengan saksama dan cermat agar hasilnya maksimal dan optimal minim kekurangan. 

Dalam bidang kontraktor konstruksi industri Karawang, Anda juga perlu mengenali karakteristik dari bangunan industri. Ada beberapa karakteristik bangunan industri. Pertama, dilihat dari segi lantai bangunan. Jenis lantai yang digunakan ini berbeda di setiap jenis bangunan industri. Artinya jenis lantai pabrik dengan jenis lantai gudang tentu akan berbeda. Hal ini dikarenakan fungsi dari setiap bangunan industri juga berbeda. 

Namun pada dasarnya pada pemilihan lantai untuk bangunan industri memiliki ciri ciri seperti memiliki ketahanan terhadap abrasi, suhu, aksi asam, serta dampak yang ditimbulkannya. Karakteristik yang kedua yaitu dilihat dari segi sistem atap. Dalam merancang sistem atap dari bangunan industri ini sangat penting mempertimbangkan beberapa hal diantaranya kedap air, isolasi, daya tahan, biaya perawatan, kekuatan, tahan air, dan yang paling utama biaya yang digunakan untuk membangun atap tersebut. 

Selain itu, adapun hal hal yang berkaitan dengan sistem atap seperti kebocoran, penampilan dan perawatan juga penting dipertimbangkan juga dalam setiap membangun atap bangunan industri. 

Dalam karakteristik bangunan industri terutama bidang kontraktor konstruksi industri Karawang juga perlu mempertimbangkan terkait pencahayaan dan ventilasi. Pencahayan ini juga perlu dipertimbangkan karena memberi penerangan pada bangunan industri. Pencahayan ini juga baik untuk udara dan suasana di dalam industri. Namun untuk kebaikan dengan harga yang lebih ekonomis tentunya menggunakan pencahayaan yang alami seperti cahaya matahari. Karena akan memberikan efek yang positif untuk ruangan industri. 

Karakteristik terakhir yaitu segi ventilasi. Ada beberapa cara dalam merancang ventilasi udara untuk bangunan industri. Diantaranya memberikan kipas angin maupun aerasi. Fungsi adanya ventilasi ini adalah untuk membersihkan dan menghilangkan debu, dan menghilangkan panas. Artinya udara yang lama dapat berganti dengan udara yang baru. Anda juga perlu memahami jika segala aktivitas  di dalam industri bisa membuat udara yang tidak segar yang mana jika ini diabaikan maka bisa mengganggu kesehatan Anda termasuk organ pernafasan. Oleh karena itu, ventilasi ini menjadi solusi yang baik untuk kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Dalam merancang setiap karakteristik dari sebuah bangunan industri tentu dibutuhkan tahap tahap yang dilakukan dengan detail, saksama dan cermat. Jika pada tahap perencanaan kurang berjalan optimal maka hal ini akan mempengaruhi tahapan yang lainnya yang nantinya akan mengurangi tingkat keoptimalan suatu bangunan industri. 

Selain itu, perlu juga dijalankan oleh orang yang ahli dalam bidang seperti kontraktor. Pada dasarnya untuk membangun infrastruktur termasuk bangunan industri dibutuhkan jasa kontraktor. Hal ini dikarenakan yang lebih memahami dalam proses pembangunan infrastruktur adalah pihak kontraktor. Nantinya yang menganalisa mulai dairi bahan, alat, hingga analisa anggaran biaya juga pihak kontraktor. Tentunya hal ini akan memberikan waktu luang untuk Anda untuk mengatasi hal yang lain.

Dalam menggunakan jasa kontraktor pun Anda juga tidak bisa asal pilih. Jika asal pilih maka efeknya pada proses pembangunan bangunan industri. 

Klasifikasi Bangunan Industri Beserta Sub-Klasifikasinya

Dalam bidang kontraktor konstruksi industri Karawang terdapat klasifikasi dan sub klasifikasi dari sebuah bangunan industri. Klasifikasi pertama yaitu, banguna industri untuk produksi. Dub klasifikasi yang masuk dalam klasifikasi tersebut diantaranya perakitan mekanik, rolling, perapian terbuka dan lain lain. Klasifikasi pertama ini bisa diartikan tujuan dari bangunan industri tersebut adalah memproduksi barang utama. Misalnya dalam perakitan mekanik. Artinya industri tersebut digunakan untuk merakit peralatan mekanik. 

Klasifikasi kedua dalam kontraktor konstruksi industri Karawang yaitu untuk menghasilkan energy. Artinya bangunan industri dibuat untuk menghasilkan energi. Yang masuk dalam klasifikasi tersebut diantaranya CHP, Kompressor, stasiun untuk pembangkit gas, dan unit uap. Bangunan industri yang masuk dalam klasifikasi ini memiliki tugas untuk memasok perusahaan dengan energy listrik, udara tekan, gas dan uap. Tentunya hal ini sangat bermanfaat terutama untuk industri-industri yang membutuhkan udara tekan untuk proses kegiatan industri berlangsung. 

Klasifikasi ketiga yaitu bangunan industri berupa gudang. Bangunan ini tentunya berguna untuk menyimpan bahan bahan produksi baik berupa bahan mentah, bahan baku, bahan setengah jadi maupun bahan jadi. Gudang ini pun ada orang yang ahli dalam bidangnya. Yang mana tugasnya untuk mengontrol segala kegiatan masuk keluar dari dan ke gudang. 

Adapun kualifikasi yang lain seperti konstruksi gedung sipil jalan, bangunan sipil jembatan, jalan rel, jalan irigasi, bangunan sipil pengolahan air bersih, dan konstruksi sarana dan prasarana. 

Dari penjelasan di atas tentunya Anda sudah memahami dengan baik hal hal yang berkaitan dengan kontraktor konstruksi industri Karawang seperti pengertian bangunan industri, konfigurasi, karakteristik maupun klasifikasi dari bangunan industri beserta sub klasifikasinya. Tentunya hal ini akan memberikan manfaat bagi Anda yang mana Anda akan lebih mengenal lebih jauh tentang banguna industri. Nah, bagi Anda yang sedang mencari jasa perusahaan konstruksi industri, maka PT Nikifour Karawang bisa dijadikan sebagai solusinya. Sebab, PT Nikifour Karawang hadir sebagai perusahaan kontraktor konstruksi industri professional dan berpengalaman di Kawasan-kawasan Karawang. Jadi, tunggu apa lagi, selesaikan persoalan konstruksi industri bersama PT Nikifour Karawang.

Sumber:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.