Jenis-Jenis Pekerjaan Electrical Installation

Inilah kami bagikan pengetahuan tentang jenis-jenis pekerjaan electrical installation. Untuk sebuah gedung atau bangunan rumah maupun perusahaan sekalipun tentunya membutuhkan pemasangan listrik dan berbagai keperluan konstruksi lainnya untuk membuat bangunan tersebut bisa difungsikan dengan lebih baik. Tentunya untuk melakukan pekerjaan yang berkenaan dengan elektrikal dan konstruksi tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dibutuhkan orang yang memang benar-benar ahli dalam bidang itu sehingga dengan demikian bisa melakukan pekerjaan itu dengan baik.

Pekerjaan electrical installation dan konstruksi tidak hanya berat namun juga membutuhkan perencanaan yang matang. Jika tidak dilakukan dengan perencanaan dan perhitungan yang matang maka kelak kedepannya bisa berdampak pada fungsional bangunan tersebut yang tidak bisa digunakan dengan maksimal. Apalagi untuk sebuah bangunan yang besar dan luas, maka pemasangan elektrikal dan konstruksinya lebih rumit lagi, tentunya jangan sampai kabel-kabel instalasi listrik saling tumpang tindih dan berantakan, akan sangat berbahaya apabila terjadi konslet dan sebagainya.

Jenis Pekerjaan Instalasi Listrik

Untuk Anda yang sedang membutuhkan jasa pemasangan elektrikal dan konstruksi maka Anda sebaiknya menggunakan jasa dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan elektrikal yang bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Salah satu perusahaan jasa konstruksi dan elektrikal yang bisa Anda andalkan adalah PT Nikifour Kontraktor di Karawang. Perusahaan ini khususnya lagi banyak melakukan pekerjaan sipil dan konstruksi, industri elektrikal, pengadaan material untuk pembangunan besar, pemasangan jaringan internet, renovasi dan pengerjaan flooring serta coating.

Dengan banyaknya pelanggan yang sudah menggunakan jasa dari PT Nikifour Kontraktor di Karawang maka Anda tentunya tidak perlu ragu lagi dengan hasil pengerjaannya. Terutamanya jika Anda saat ini sedang membutuhkan pemasangan elektrikal maka ada beberapa jenis-jenis pekerjaan electrical-installation yang bisa dikerjakan untuk Anda. Karena sudah sangat profesional dan berpengalaman maka Anda bisa mempercayakannya kepada PT Nikifour Kontraktor di Karawang yang akan memberikan pengerjaan yang rapi untuk bangunan rumah atau perusahaan Anda. Berikut ini beberapa jenis-jenis pekerjaan electrical-installation yang bisa dikerjakan oleh PT Nikifour Kontraktor di Karawang :

1. Pemasangan Instalasi Listrik

Untuk pekerjaan electrical installation ini tentunya adalah pengerjaan yang dibutuhkan baik untuk bangunan yang kecil seperti rumah maupun bangunan yang besar seperti gedung perkantoran. Dengan demikian jika Anda sedang membutuhkan pemasangan instalasi listrik di rumah Anda pun Anda bisa menggunakan jasa PT Nikifour Kontraktor di Karawang untuk mengerjakannya. Nantinya pengerjaan pemasangan instalasi listrik ini pastinya akan memberikan Anda hasil pemasangan listrik yang rapi. Sering kali jika Anda memasang instalasi listrik pada orang yang kurang berpengalaman maka hasilnya ada banyak kabel yang terlihat dimana-mana dan menjadikan instalasi listrik di rumah Anda menjadi kurang rapi.

Kemudian juga jika nantinya ada kerusakan akan lebih sulit untuk memperbaiki instalasi listrik di rumah Anda dengan tidak rapinya proses awal pemasangannya, maka dari itu sebaiknya Anda serahkan pengerjaan instalasi listrik pada teknisi-teknisi yang sudah sangat berpengalaman seperti yang ada pada PT Nikifour Kontraktor di Karawang. Anda pasti akan mendapati setelah pengerjaan itu selesai, maka instalasi listrik di rumah Anda akan menjadi sangat rapi dan kelak jika terjadi kerusakan pun Anda dengan mudah bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus memanggil teknisi khusus. Setelah pengerjaan, Anda bisa menanyakan tentang instalasi listrik tersebut agar kedepannya Anda bisa mengatasi kerusakannya dengan mudah.

2. Pengerjaan Panel Listrik

Lain halnya dengan pemasangan instalasi listrik yang biasanya juga bisa dilakukan di perumahan, namun untuk pengerjaan panel listrik ini biasanya hanya dibutuhkan oleh gedung-gedung besar saja, Panel listrik adalah sistem instalasi listrik yang gunanya untuk membagi dan menyalurkan daya listrik dari sumber listriknya ke berbagai unit dalam sebuah bangunan. Sehingga dengan adanya panel listrik ini maka daya listrik yang dihasilkan akan terpusat pada panel listrik tersebut.Dalam pekerjaan electrical installation, dengan adanya panel listrik maka akan lebih mudah bagi bangunan tersebut untuk membagi penggunaan listriknya serta menghemat listrik. Nah untuk Anda yang sedang membutuhkan pengerjaan panel listrik untuk gedung perkantoran dan gedung lainnya maka Anda bisa menggunakan jasa dari PT Nikifour Kontraktor di Karawang, karena dalam hal pengerjaan electrical-installation maka pengerjaan panel listrik ini adalah salah satu pengerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh teknisi berpengalaman.

3. Grounding Panel Listrik

Nah sama halnya dengan pengerjaan instalasi listrik yang sebelumnya maka instalasi listrik yang satu ini juga biasanya dikerjakan untuk bangunan-bangunan besar seperti perkantoran, mall dan lainnya. Grounding panel listrik ini adalah pemasangan sistem listrik  yang berada di dalam tanah untuk mencegah adanya beda potensial arus listrik pada saat terdapat arus sisa dari sebuah kebocoran tegangan listrik atau adanya sambaran petir yang terjadi ke bumi. Sedikit rumit untuk dipahami oleh orang yang tidak bergelut dalam bidang teknisi listrik, maka dari itu tentunya Anda tidak mungkin mengerjakan grounding panel listrik ini sendirian tanpa bantuan teknisi bukan? PT Nikifour Kontraktor di Karawang siap membantu Anda untuk mengerjakan grounding panel listrik dan memfungsikannya sehingga instalasi listrik pada gedung bisa berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya serta meminimalisir adanya kerusakan yang mungkin terjadi.

4. Pemasangan Penangkal Petir

Indonesia yang memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan tentunya pada saat musim hujan dikhawatirkan dengan adanya sambaran-sambaran petir yang terjadi. Seringkali saat terjadi sambaran petir bisa membuat kerusakan pada antena, parabola atau jaringan listrik yang ada di sebuah bangunan. Terutamanya pada bangunan yang tinggi dan besar, resiko adanya sambaran petir yang bisa merusak jaringan listrik di dalamnya menjadi semakin besar, maka dari itu dibutuhkan pemasangan penangkal petir untuk mengantisipasi terjadi sambaran petir saat musim hujan terjadi. Dengan adanya penangkal petir itu maka tentunya sambaran petir bisa ditangkap tanpa membuat kerusakan pada jaringan listrik di bangunan tersebut. PT Nikifour Kontraktor di Karawang secara profesional juga sudah sangat sering melakukan pengerjaan pemasangan penangkal petir yang satu ini. Diletakkan di bagian paling atas bangunan maka ketika ada sambaran petir datang, penangkal petir akan siap menghadapinya.

5. Testing Commisioning

Dengan sikap profesional yang dimiliki PT Nikifour Kontraktor di Karawang dalam melakukan pengerjaan berbagai pekerjaan konstruksi dan instalasi listrik maka tentunya PT Nikifour Kontraktor di Karawang memiliki tanggung jawab yang besar pada pengerjaannya yang dipastikan bisa rapi dan memberikan hasil yang terbaik. Oleh karena itu di setiap akhir pekerjaan, PT Nikifour Kontraktor di Karawang selalu melakukan tes commisioning yang merupakan salah satu upaya melakukan simulasi atau pengujian secara operasional pada instalasi yang sudah dikerjakannya.

pekerjaan electrical installation

Sehingga dengan adanya kegiatan ini sebelum PT Nikifour Kontraktor di Karawang merampungkan pekerjaannya, pihak PT Nikifour Kontraktor di Karawang bisa memastikan dengan benar bahwa proses pekerjaan yang dilakukannya sudah sangat baik dan tidak ada kesalahan. Jika pada saat pengujian terjadi kesalahan, maka pekerjaan instalasi listrik maupun konstruksi tersebut akan dikerjakan ulang atau diperbaiki kesalahannya dan kemudian dilanjutkan dengan pengujian kembali sampai pengerjaannya sempurna.

Commisioning VS Testing

Dalam pekerjaan electrical installation, adalah penting bagi manajer proyek untuk memahami perbedaan antara istilah ‘pengujian’, ‘commissioning’ dan ‘pengujian kinerja’, dan untuk memastikan bahwa program memiliki waktu yang cukup di dalamnya untuk memungkinkan kegiatan ini dapat dilakukan.

Sayangnya, dengan tahap proyek ini yang begitu dekat dengan penyerahan, sering ada tekanan untuk mendapatkan waktu dengan mempersingkat pengujian, commissioning dan kinerja / program pengujian lingkungan.

Ini harus sangat ditentang. Jarang, jika pernah, setelah proyek akan ada kesempatan seperti itu untuk sepenuhnya menguji layanan untuk memastikan bahwa mereka bekerja secara individu, sebagai suatu sistem, dan, bahwa mereka bekerja di bawah kondisi beban sebagian dan muatan penuh. Banyak masalah berkenaan dengan rendahnya kinerja layanan dalam bangunan yang ditempati dapat dikaitkan kembali dengan kualitas yang tidak memadai dalam pengujian dan commissioning, atau, waktu yang tidak cukup untuk menguji dan komisi.

Juga harus diingat bahwa berbagai layanan hukum perlu diperlihatkan kepada inspektur lokasi, dan perusahaan asuransi. Waktu harus diberikan dalam program karena kegiatan ini sering diambil sebagai tes terpisah setelah komisioning utama dilakukan.
Pengujian

Selama instalasi layanan berbagai tes akan dilakukan dikenal sebagai ‘pengujian statis’. Pengujian ini biasanya dilakukan untuk membuktikan kualitas dan pengerjaan instalasi. Pekerjaan tersebut dilakukan sebelum sertifikat dikeluarkan untuk layanan ‘meramaikan’ (yaitu membuat hidup) baik secara elektrik atau sebaliknya. Contoh pengujian semacam ini adalah:

  • Pekerjaan pengujian dan saluran pipa tekanan.
  • Melakukan pemeriksaan hambatan pada pemasangan kabel.

Pekerja elektrikal industri PT Niki Four Karawang

Commissioning

Setelah menyelesaikan pengujian statis, pengujian dinamis dapat dilakukan, ini adalah ‘commissioning’. Komisioning dilakukan untuk membuktikan bahwa sistem beroperasi dan bekerja sesuai dengan maksud dan spesifikasi desain.

Commisioning dalam pekerjaan electrical installation ini sangat luas dan biasanya dimulai dengan mengeluarkan sertifikat yang mengizinkan instalasi dibuat ‘hidup’, yaitu daya listrik menyala. Setelah pengujian awal rotasi fasa pada instalasi listrik dan memeriksa rotasi kipas / pompa (dalam arah yang benar), kegiatan commissioning penyeimbangan, pengujian volume, pengujian bank beban, dll. Yang lebih dikenal dimulai.
Pengujian kinerja

Setelah menyelesaikan commissioning, pengujian kinerja dapat dimulai. Beberapa mungkin tidak membedakan antara commissioning dan pengujian kinerja. Namun, untuk tujuan pemrograman, perlu dibedakan antara instalasi commissioning sebagai sistem individual dan melakukan pengujian semua sistem pabrik secara bersamaan, yang dikenal sebagai pengujian kinerja, (dan termasuk pengujian lingkungan).

Terkadang pengujian kinerja ini dilakukan setelah klien menempati fasilitas, mis. untuk tahun pertama karena sistem tergantung pada kondisi cuaca yang berbeda. Dalam kasus seperti itu, pengaturan untuk akses kontraktor setelah penyerahan untuk menyempurnakan layanan sebagai tanggapan terhadap perubahan tuntutan harus dilakukan.

Namun, untuk beberapa fasilitas mungkin perlu mensimulasikan berbagai kondisi yang diharapkan untuk membuktikan bahwa sistem dan kontrol pabrik beroperasi sebelum penyerahan, mis. ruang komputer.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?