Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Jasa Amatir dalam Melakukan Pelapisan Epoxy

Jangan pernah percayakan pengerjaan epoxy flooring coating lantai Anda pada jasa amatir. Nah apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh jasa amatir dalam melakukan pelapisan epoxy?

Mengerjakan pelapisan epoxy tanpa bantuan jasa yang profesional seperti kami, PT Nikifour Kontraktor di Karawang pada lantai bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang pertama kali mengerjakan pekerjaan ini mengalami beberapa kesalahan. Sayangnya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orang yang pertama kali mengerjakan pekerjaan pelapisan epoxy ini bisa berakibat fatal. Jika anda yang ingin mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam pengerjaan pertama lapisan epoxy.

Kesalahan yang dilakukan dalam mempersiapkan lantai yang akan dilapisi

Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang yang pertama kali mengerjakan pekerjaan epoxy adalah mengenai persiapan yang mereka. Kesalahan pada bagian persiapan pelapisan, dapat menyebabkan hasil pengerjaan epoxy tidak halus atau bahkan gagal. Bagi orang yang baru pertama melakukan pekerjaan dengan menggunakan lapisan epoxy, mereka seringkali meremehkan pentingnya persiapan permukaan yang akan mereka lapisi.

Sayangnya jika tidak dipersiapkan dengan baik lapisan epoxy yang anda goreskan pada permukaan tidak akan menempel dengan baik. Hal ini disebabkan karena lapisan epoxy tidak akan pernah menempel pada permukaan yang halus. Oleh karena itu, sebuah benda atau lantai yang akan dilapisi dengan epoxy harus di amplas terlebih dahulu. Proses persiapan dengan cara mengamplas permukaan lantai yang akan dilapisi dengan epoxy bertujuan untuk membuka pori-pori dari benda tersebut. Dengan terbukanya pori-pori dari suatu benda, maka akan lebih mudah bagi epoxy untuk menempel karena ia memiliki akar yang lebih kuat.

Menggunakan epoxy pada beton yang belum cukup kering

Salah satu kesalahan lain yang sering kali dilakukan oleh para pekerjaan epoxy yang baru adalah tidak membiarkan beton cukup kering sebelum dilapisi dengan campuran epoxy. Setelah anda mengerjakan sebuah beton, paling tidak beton tersebut harus ditinggalkan selama 24 jam terlebih dahulu agar benar-benar kering. Pada suhu dan kelembaban tertentu, sebuah pekerjaan beton akan membutuhkan waktu yang lebih lama atau waktu yang lebih sedikit agar ia benar-benar kering. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi anda jika menggunakan jasa yang sudah benar-benar profesional untuk mengerjakan pelapisan epoxy pada lantai beton.

Apa yang akan terjadi jika beton yang akan dilapisi dengan epoxy tidak benar-benar kering? Pekerjaan beton yang tidak benar-benar kering sebelum dilapisi dengan epoxy akan menyebabkan hasil pengerjaan epoxy yang tidak maksimal. Cairan yang masih ada di dalam beton, nantinya akan muncul di permukaan dan menghasilkan finish dengan gelembung pada epoxy anda. Selain itu jika kondisi beton masih terlalu basah, hasil epoxy mungkin akan retak dan pecah. Bagaimana sangat penting bukan memastikan pekerjaan beton anda cukup kering untuk dilapisi dengan epoxy? Untuk memastikan beton anda sudah benar-benar kering memang dibutuhkan pengalaman. Oleh karena itu, akan lebih cocok bagi anda untuk menggunakan jasa terpercaya seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang untuk membantu anda.

Tidak menggunakan cukup cairan epoxy

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang baru pertama kali bekerja dengan menggunakan cairan epoxy selanjutnya adalah memaksakan sejumlah kecil cairan epoxy untuk area yang terlalu luas. Ada banyak orang yang berusaha untuk menghemat uang mereka ketika sedang membangun. Meskipun anda ingin mengeluarkan uang sesedikit mungkin untuk membuat bangunan anda, mengurangi komposisi yang dibutuhkan untuk bangunan anda merupakan salah satu hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

Pada bagian apapun di dalam sebuah bangunan, komposisi harus dibuat seideal mungkin. Baik itu untuk epoxy atau untuk bahan bangunan yang lain. Pada kasus epoxy, banyak orang yang berusaha menggunakan sejumlah kecil cairan epoxy untuk area yang luas. Hal ini bisa disebabkan karena menghemat atau karena memang kekurangan bahan. Mengurangi komposisi yang diperlukan untuk melapisi lantai dari nilai idealnya, dapat menyebabkan hasil akhir lantai menjadi tidak rata. Tujuan dari penggunaan pelapisan epoxy adalah untuk membuat lantai terlihat lebih bersinar bukan? Jika jumlah cairan epoxy yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhannya, maka ada bagian yang berkilau dan ada bagian yang tidak.

Anda pasti tidak ingin hal yang terjadi pada bangunan anda bukan? oleh karena itu, untuk mereka yang baru pertama kali bekerja dengan epoxy, mungkin mereka tidak akan mengetahui akibat ini. Tetapi jika anda bekerja dengan pihak yang sudah profesional, mereka pasti tahu takaran seharusnya yang dibutuhkan untuk membuat finish sebuah lantai dengan menggunakan epoxy terlihat sempurna.

Kesalahan dalam pencampuran epoxy

Bagi yang belum banyak pengalaman dalam pekerjaan epoxy, kesalahan dalam pencampuran bisa sangat mudah terjadi. Kesalahan dalam pencampuran epoxy ini bisa terjadi dengan dua cara. Yang pertama adalah kesalahan cara mencampur yang kedua adalah kesalahan komposisi dalam pencampuran.

Kesalahan epoxy dalam hal cara mencampur dapat menyebabkan udara terjebak di dalam cairan epoxy. Adanya udara di dalam cairan epoxy akan menyebabkan munculnya gelembung udara pada hasil akhir yang anda dapatkan. Kesalahan cara pencampuran ini seringkali terjadi ketika pencampuran epoxy dilakukan dengan naik dan turun sehingga ada udara yang masuk ke dalam proses pencampuran. Oleh karena itu, untuk menghindarinya pastikan anda mengaduk cairan epoxy dengan cara mendatar.

Kesalahan kedua adalah kesalahan dalam hal pencampuran komposisi. Kesalahan dalam pencampuran komposisi ini bisa menyebabkan epoxy menjadi terlalu cepat memadat atau bahkan tidak bisa memadat sama sekali. Hal ini disebabkan karena pencampuran dengan katalisnya harus dilakukan secara seimbang sesuai dengan takaran.

Jika epoxy terlalu mudah keras, ia akan sulit diratakan atau bahkan mengeras pada tempat anda melakukan pencampuran. Jika katalis yang digunakan terlalu sedikit, maka campuran epoxy tidak akan mengeras yang artinya adalah kegagalan. Oleh karena itu, akan lebih mudah dan aman bagi anda untuk menggunakan jasa yang sudah profesional dalam mengerjakan pelapisan epoxy pada lantai bangunan. Mereka yang sudah profesional mengetahui takaran tepat pencampuran epoxy apapun jenis yang mereka gunakan.

Tidak tidak mengikuti aturan temperatur dan juga kelembaban udara

Supaya epoxy dapat mengeras dengan baik sesuai dengan kebutuhan anda, sangat penting bagi anda untuk mengikuti aturan temperatur dan juga kelembaban udara yang disarankan oleh merk epoxy yang anda gunakan. Kondisi suhu dan kelembaban udara yang tidak sesuai dengan aturan yang diberikan oleh merek epoxy yang anda gunakan akan menyebabkan epoxy tidak mengering. Selain itu, epoxy yang di perlakukan tidak sesuai dengan seharusnya juga bisa menghasilkan finish yang bergelembung. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk benar-benar memperhatikan kondisi suhu dan kelembaban udara pada saat pengerjaan pelapisan epoxy ini.

Jika sulit bagi anda untuk menemukan jasa yang benar-benar profesional dan mampu mengerjakan lapisan epoxy dengan baik, jasa epoxy Nikifour.co.id dapat menjadi jasa terbaik yang dapat membantu pekerjaan epoxy anda. PT Nikifour Kontraktor di Karawang memiliki tenaga yang profesional dan juga penggunaan bahan-bahan yang berkualitas. Bahan epoxy yang digunakan dalam pekerjaan mereka hanyalah bahan epoxy yang memiliki standar yang tinggi. Oleh karena itu, hasil pelapisan yang mereka lakukan dapat bertahan lama dan memiliki penampilan yang sempurna.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?