Jasa Instalasi Jaringan IT Networking dan Koneksi Data Semakin Mudah

Jasa Instalasi Jaringan IT

Jasa Instalasi Jaringan IT Networking dan Koneksi Data Semakin Mudah. Membahas tentang Networking atau jaringan pasti akan mudah bagi orang-orang yang memang belajar atau ahli di bidangnya, tetapi bagi orang awam, hal tersebut pasti akan terasa sulit dan membingungkan. Bagaimana cara menginstalasi, memasang, atau setel jaringan? Oleh karena itu, PT Nikifour Kontraktor di Karawang adalah jawaban yang tepat karena PT ini adalah ahlinya dalam bidang tersebut. Apa saja yang harus Anda tahu tentang IT Networking?

Apa itu IT Networking?

IT atau Information and Technology atau dalam bahasa Indonesia menjadi TI (Teknologi Informasi) adalah suatu teknologi yang memungkinkan informasi bisa tersebar luas dalam berbagai bentuk, seperti gambar, suara, video, atau data-data. Informasi pun bisa dimodifikasi, seperti menambah, mengurangi, membuat, menyebarkan, menyimpan, dan sebagainya. Zaman dulu orang-orang bertukar informasi menggunakan cara “mulut ke mulut” dan informasi ini dapat dengan mudah dilupakan, tetapi dengan teknologi sekarang, hal itu sangat berubah.

Networking adalah jaringan yang membuat informasi bisa disebarluaskan dari satu komputer ke komputer lainnya yang bisa terkoneksi internet. Tidak hanya komputer saja, tetapi perangkat seperti gawai, PC, atau yang lainnya terhubung dengan internet juga bisa. Jadi, para pengguna bisa saling sharing satu sama lain. Networking juga tidak terlepas dari yang namanya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Perangkat keras adalah perangkat di dalam komputer yang bisa dilihat kasat mata dan diraba. Fungsinya adalah untuk menerima input, memberi output, mengolah informasi, dan menyimpan informasi tersebut. Contoh dari berbagai jenis hardware adalah mouse, keyboard, CPU, RAM, Printer, dan yang lainnya yang bisa terhubung dengan komputer atau yang bisa memasukkan informasi ke dalam komputer. Perangkat lunak memiliki peran penting untuk sebuah perangkat keras bisa berjalan. Software berfungsi sebagai pemberi perintah kepada komputer atau dapat mengidentifikasi program pada komputer.

Berbagai Jenis Jaringan Komputer

Setelah mengetahui apa itu IT Networking, sekarang Anda harus tahu apa saja jenis-jenis jaringan komputer. Jaringan komputer dibedakan berdasarkan luas wilayah. PT Nikifour Kontraktor di Karawang adalah pilihan yang tepat untuk membantu Anda jika Anda kesulitan untuk menginstal atau memasang jaringan-jaringan komputer. Jadi, ada jaringan-jaringan apa saja?

1. LAN (Local Area Network)

Seperti namanya “Lokal”, jaringan ini bisa dibilang jaringan pribadi dan hanya dapat mencakup wilayah kecil atau lokal saja, seperti warnet, sekolah, kampus, gedung, dan lainnya. Perangkat-perangkatnya juga sederhana, seperti Switch, kabel UTP, Router, dan lain-lain. LAN berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya agar bisa bertukar informasi dan memungkinkan komputer-komputer bisa terhubung ke satu printer atau mesin lain tanpa perlu setiap komputer harus memiliki satu printer untuk tiap-tiap komputer seperti yang terjadi pada tempat fotokopi atau perusahaan yang memang perlu untuk mencetak kertas yang banyak setiap harinya. Harga untuk jaringan LAN bisa dibilang lebih irit. Jaringan ini juga tidak membutuhkan operator telekomunikasi dalam pembuatannya.

Membuat jaringan LAN diperlukan berbagai alat dan bahan seperti RJ45, Switch, UTP, dan komputer. Anda juga harus membuka setting IP. Jaringan tanpa kabel atau jaringan dengan kabel akan berbeda dalam pengaturannya.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah salah satu jaringan komputer yang jangkauannya lebih besar daripada jaringan LAN. Jika LAN digunakan dalam jaringan lokal saja, MAN digunakan untuk menghubungkan jaringan dalam satu kota. Oleh karena itu, jaringan MAN ini harus menggunakan penghubung, yaitu operator telekomunikasi. Biasanya instansi yang menggunakan jaringan ini adalah bank, kantor, sekolah, pabrik, mal, atau tempat lainnya yang ingin dihubungkan antara satu dan lainnya selama masih dalam jangkauan, yakni 10 sampai 50 km. Kecepatan data yang diberikan MAN cukup tinggi, jadi pengguna komputer bisa dengan cepat berbagi informasi ke tempat lain yang sudah terhubung oleh MAN.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang cakupannya paling luas, yaitu bisa menghubungkan perangkat antar kota, wilayah, atau bahkan benua dan negara. Jaringan ini membutuhkan router dan juga saluran komunikasi berbasis publik. Seperti halnya LAN dan MAN, WAN juga berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk berbagi informasi dari satu ke komputer ke komputer yang lain. Contoh dari WAN adalah yang telah kita gunakan sehari-hari, yaitu internet. Setiap orang bisa mengakses internet dengan mudah dan dapat mendapatkan informasi yang sama, baik diakses dari negara atau kota manapun. 

4. VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah layanan koneksi internet yang seperti jaringan pribadi dapat membuat pengguna internet bisa merubah servernya. Sebagai ilustrasi untuk mempermudah, misalnya Anda berada atau tinggal di negara X. Negara X tersebut memiliki situs yang telah dilarang dan tidak dapat diakses juga pengguna masih menggunakan server yang ada di negara X. Lalu, untuk bisa mengakses situs terlarang tersebut, Anda bisa menggunakan VPN, yaitu dengan mengubah server Anda menjadi server di negara Y, Z, atau A yang tidak melarang situs tersebut. VPN ada yang berbayar dan ada pula yang gratis, tetapi untuk VPN gratis, tingkat keamanannya masih sangat rawan karena data pribadi bisa saja dihack kapan saja dan oleh siapa saja.

5. Tunnel

Tunnel akan menghemat biaya suatu kantor pusat dengan kantor cabang yang memerlukan sharing data atau informasi lainnya yang dibutuhkan jika antara kantor tersebut berbeda kota. Jika tidak menggunakan tunnel, seperti fiber-optic, hal tersebut akan memakan banyak biaya. Jika ingin menggunakan tunnel, kedua kantor atau kantor-kantor yang ingin dihubungkan harus memiliki IP Public Static. Penggunaan tunnel juga berarti pembuatan jalur antar microtic router  yang dihubungkan dengan IP atau TCP.

6. Repeater

Repeater sangat erat kaitannya dengan Wi-Fi. Alat ini digunakan untuk memperluas suatu jaringan, baik jaringan LAN atau jaringan Wi-Fi. Tujuannya untuk menangkap sinyal yang belum dikenal oleh server untuk bisa terhubung dengan Wi-Fi. Ada dua alat yang sangat penting yang harus ada pada Repeater, yaitu menjadikan repeater sebagai client dan access point. Client yaitu sebagai penerima sinyal dan access point berfungsi sebagai penyebar kembali sinyal dari Wi-Fi. Ada banyak jenis-jenis repeater, seperti passive repeater, simplex repeater, echolink, echo station, dan satellite

7. Proxy Server

Di saat Anda menjelajah internet, Anda pasti terhubung dengan yang namanya IP atau Internet Protocol untuk mengakses sebuah situs. Jika tidak ada hal ini, maka bisa dipastikan kalau Anda tidak akan bisa terkoneksi dengan website manapun. Server, ISP, atau router akan mengetahui beberapa hal tentang perangkatmu, seperti lokasi, bisa saja informasi pengguna, dan jenis perangkat. Jika Anda tidak ingin hal itu diketahui oleh pemilik website atau orang lain, Proxy Server adalah solusinya.

Nah, di atas telah dijelaskan apa saja contoh jaringan-jaringan komputer. Apakah mereka akan sulit untuk dipasang sendiri? Jika Anda ragu, Anda dapat menggunakan jasa IT Networking dari PT Nikifour Kontraktor di Karawang yang bisa sangat dipercaya dan dapatkan hasil yang profesional.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..