Hitung Berapa Banyak Semen Untuk Bangunan Anda

Posted by purnosidi
on 31/03/2015
Hitung Berapa Banyak Semen Untuk Bangunan Anda

Pernahkah Anda kebingungan untuk membeli berapa banyak zak semen untuk membangun sebuah bangunan? Pernah jugakah Anda sudah membeli beberapa zak semen namun ternyata memiliki banyak sisa tidak terpakai? Hitung berapa banyak semen untuk bangunan Anda. Memang jika itu terjadi, maka berbagi ilmu hitung-menghitung berapa banyak semen yang diperlukan sangat penting. PT Nikifour Karawang kontraktor sipil terbaik berpengalaman dapat membantu Anda dalam melakukan perhitungan.

Daripada Anda membuang uang demi semen yang bayak terbuang, maka ketika hendak membangun kembali, perhitungkan dahulu berapa sebenarnya semen yang harus terbeli. Simak perhitungan jumlah semen yang harus Anda beli.

Hitung Berapa Banyak Semen Untuk Bangunan Anda

Perhitungan Melalui Data Koefisien SNI

SNI atau Standar Nasional Indonesia menjadi patokan PT Nikifour Karawang kontraktor sipil terbaik berpengalaman dalam menghitung jumlah semen. Ada dua perhitungan yang perlu dilakukan yaitu, jumlah pasir yang diperlukan dan jumlah semen yang diperlukan. Sebagai contoh menghitung jumlah semen untuk pembuatan dinding dari batu bata. Melalui koefisien SNI terkait analisis per satuan harga material, maka akan dapat diketahui di bawah ini.

1. Perhitungan Pasang Dinding Dari Batu Bata

Rumus yang digunakan adalah dengan mencari luas bangunan = p x l. Kemudian masukkan angka sesuai ukuran bangunan. Yaitu, 4 x 2 dengan hasil delapan meter persegi

2. Perhitungan Analisis Per Satuan Harga Pemasangan Dinding Batu Bata

Rumus perbandungan pengadukan semen sekali memerlukan perbandingan satu semen dengan lima pasir setiap meter persegi. Menurut koefisien data SNI 6897:2008 Nomor 6.10 bahwa untuk setiap meter persegi dalam pemasangan dinding batu bata warna merah, dengan mengambil ukuran 5cm x 11cm x 22 cm dengan tebal berupa setengah batu bata, bersama campuran spesi 1PC:5PC adalah semen sejumlah 9,68 kilogram. Kemudian pasir parang sejumlah 0,045 meter kubik. Serta batu bata merah sejumlah 70 buah. Perlu diperhatikan, nominal di atas akan berbeda dsetiap keperluan kontruksi.

Perhitungan Jumlah Pasir Yang Diperlukan

Dengan contoh akan melakukan kontruksi pasangan dengan batu bata dalam luas area delapan belas meter persegi. Ingat bahwa setiap meter persegi, perlu pasir sejumlah 0,045 meter kubik.

1. Rumus Perhitungan Dalam Satuan Meter Kubik

Rumus perhitungan pasir yang diperlukan = Jumlah Pasir setiap meter persegi x Luas Area meter persegi. Dengan memasukkan angka di atas. Yaitu, 0,045 meter kubik x 28 meter persegi dengan hasil 0,81 meter kubik.

2. Rumus Perhitungan Dalam Satuan Truck Colt

Rumus perhitungan menjadi berbeda ketika Anda berniat untuk membeli dengan satuan berupa truck colt di sebuah toko bangunan dengan kapasitas satu meter kubik. Berikut rumusnya. Pasir yang Diperlukan: Satu meter kubik dan masukkan angka di atas. Yaitu, 0,81 meter kubik : 1 meter kubik dengan hasil 0,81 truck colt.

Perhatikan bahwa dari hasil perhitungan, jumlah pasir yang diperlukan adalah 0,81 meter kubik yang sama dengan 0,81 truck colt.

Perhitungan Jumlah Semen Yang Diperlukan

Rumus perhitungan yang akan diberikan berikut adalah contoh. Sehingga setiap perhitungan masin-masing orang akan berbeda, tergantung keperluan.

1. Rumus Perhitungan Jumlah Semen

Rumus Perhitungan Jumlah Semen Yang Diperlukan = Koefisien Data Satuan Harga Semen Dinding Batu Bata setiap meter persegi x Volume Luas Pemasangan Dinding. Dengan memasukkan angka di atas. Yaitu, Jumlah Semen= 9,68 kilogram per meter persegi x 18 meter persegi dengan hasil 174,24 kilogram semen. Ada berapa zak itu, maka dapat dihitung.

2. Rumus Perhitungan Jumlah Zak Semen

Rumus Perhitungan Jumlah Zak Semen = Jumlah Semen Yang Diperlukan : Estimasi Berat Setiap Kantong Semen 50 kilogram. Kemudian masukkan angka di atas. Yaitu, Jumlah Zak Semen = 174,24 kilogram : 50 kilogram dengan hasil 3,48 zak semen. Belilah empat buah zak semen.

Sebagai jasa kontruksi dan renovasi berpengalaman, hendaknya selalu melakukan pelaporan secara tertulis dengan perhitungan koefisien data satuan harga material yang diperlukan.

Setiap keperluan jumlah semen dari kontruksi jelas berbeda. Ketika Anda hendak mengerjakan beton K 225 otomatis tidak banyak memerlukan semen. Namun untuk mengerjakan beton K 350 otomatis perlu banyak semen.

Demikianl itulah cara hitung berapa banyak semen untuk bangunan Anda. Jika bingung, percayakan saja pengerjaan pada PT Nikifour karawang  kontraktor sipil terbaik berpengalaman.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id