Baja Ringan Kanopi
Penggunaan Baja Ringan Kanopi Rumah Minimalis
March 3, 2015
Pemasangan Plafon Gipsum
Metode Pemasangan Plafon Gipsum yang Baik
March 18, 2015

Prediksi Harga dan Bahan Pemasangan Plafon Rumah dan Bangunan

Harga dan bahan pemasangan plafond

Bagaimana menentukan dan menemukan harga dan bahan pemasangan plafon rumah dan bangunan? Di mana kontraktor yang tepat dan terbaik di Karawang? Plafond atau langit-langit merupakan salah satu komponen atau bagian sebuah bangunan. Yuk ketahui prediksi harga dan bahan pemasangan plafon. Plafon digunakan sebagai media penutup instalasi kabel listrik, penahan kotoran, dan pencegah suhu panas atau dingin agar tidak mengganggu penghuni rumah atau bangunan.

Prediksi harga bahan pemasangan plafon

Dalam perkembangannya plafon digunakan pula sebagai penghias rumah agar nampak indah. Inilah prediksi harga dan bahan pemasangan plafon rumah dan bangunan.

Variasi Bahan Plafon Rumah

Sebelum memperkirakan harga dan bahan pemasangan plafon, bahan yang bisa digunakan untuk plafond rumah dan bangunan bermacam-macam. Biasanya bahan yang digunakan cukup baik dan berkualitas. Kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan selera masing-masing. Berikut jenis bahannya.

  1. Plafon kaca
  2. Plafon multriplek
  3. Plafon palstik
  4. Plafon asbes
  5. Plafon gypsum
  6. Plafon rumput alang-alang kering
  7. Plafon aluminium composit
  8. Plafon beton ekspos
  9. Plafon rangka atap exiting finish cat
  10. Plafon beton finish walpaper

Kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang menyediakan kebutuhan bahan bangunan plafon berbagai jenis.

Salah satu perusahaan yang memanfaatkan kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang untuk perbaikan plafond pada koridor bangunannya adalah PT. Tempo Natural Producta. Kemudian penggantian plafond di PT. Supra Ferbindo Farma.

Di bawah ini akan diberikan contoh perhitungan pemasangan plafond untuk rumah atau bangunan.

Contoh Hitungan Pemasangan Plafon

Kisaran harga per satuan pemasangan plafon dikalkulasikan dengan cara satuan m2. Sementara pada lis plafondnya kalkulasinya menggunakan sistem satuan m1. Misalnya, kamar tidur rumah kita memiliki ukuran 3 m x 3 m. Lalu ingin menggunakan plafond dengan motif multriplek yang ukurannya sekitar 120 x 120 cm atau 1,2 m x 1,2 m. Nah berapakah jumplah mulitfleknya, rangka kayunya, lis plafondnya, dan biaya cat yang mesti ada dan dibutuhkan?

Guna menghitung kisaran harga pemasangan plafon pada kamar berukuran 3 m x 3m itu yang pertama diperhatikan adalah menghitung ukuran luas kamar atau ruangan. Luas kamar adalah 3 m x 3 m, maka sama dengan 9 m2. Selanjutnya dihitung jumlah multriplek yang dibutuhkan.

Hitungan Multriplek Plafon

1 buah multiplek yang dijual di pasaran umumnya memiliki ukuran 1,2 m x 2,4 m. Artinya ukuran multiplek tersebut memiliki kelebihan ukuran. Kita bisa memotong multiplek tersebut dengan 2 potongan.

Ingat ukuran ruangan kita tadi adalah 9 m2. Ukuran luas multriplek setelah dipotong adalah 1,2 m x 1,2 m yang sama dengan 1,44 m2. Kita membutuhkan multriplek berukuran 9 m2 yang dibagi dengan 1,44 m2 yaitu 6,25 buah dengan masing-masing ukuran 1,2 m x 1,2 m. kebutuhan tersebut masih harus dihitung sehingga diperoleh jumlah yang dibutuhkan yaitu 6,25 : 2 = 3,125 atau 3,5 lembar multriplek.

Ketika proses pemasangan plafon bisa menimbulkan kerusakan seperti retak atau patah. Guna mensiasatinya kita membutuhkan jumlah multriplek yang lebih dari ukuran standar di atas, misalnya 3,5 lembar. Jadi kita perlu menyediakan 4 atau 4,5 lembar multriplek.

Hitungan Kayu untuk Rangka Plafon

Dengan ukuran ruangan kamar seluas 3 m x 3 m, kebutuhan rangkanya saat ditempelkan ke dinding memiliki panjang 12 m1. Ukuran ini diperoleh dari hitungan ukuran ruangan dan jumlah multriplek yaitu 3 m x 4 lembar yang sama dengan 12 m1.

Kemudian kita membutuhkan 1 motif multriplek yang ukurannya 1,2 m x 1,2 m yang hitung dengan cara mengalikan ukuran ruangan 3 m dengan jumlah lembar 4 buah yang sama dengan 12 m1. Untuk rangka kayu yang menggantung kita membutuhkan panjang 5 m yang diperoleh dari 5 lembar x 1 m. Jadi jumlah keseluruhan untuk rangka kayunya adalah 12 m + 12 m + 12 m = 36 m1.

Hitungan Lis Plafon dan Cat Plafon

List plafond yang digunakan akan dipasang pada bagian tepi plafon yang disatukan pada dinding. Sehingga kebutuhan lis plafonnya adalah 12 m1. Panjang ini dihitung dengan cara mengalikan antara ukuran kamar 3 m dan 4 lembar multriplek. Sementara jika ingin memperindah tampilan ruangan, maka kebutuhan akan cat plafond sama dengan ukuran ruangan kamar yaitu 9 m2 atau 3 m x 3 m.

Tentu kita juga membutuhkan jasa tukang yang akan mengerjakan plafond tersebut. Selain itu kebutuhan paku, benang dan sebagainya juga tak boleh dilupakan. Kebutuhan terhadap hal-hal tersebut tidak terlalu rumit. Kita dapat memperkirakannya sesuai kebutuhan lapangan.

Hitungan atau analisis pengerjaan plafon di atas dapat kita jadikan acuan dalam menentukan harga keseluruhan yang harus dikeluarkan. Anda pun bisa menggunakan layanan kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang memberikan layanan konsultasi perhitungan biaya pengerjaan bagian bangunan seperti pemasangan plafon.

Dengan lokasi kantor di daerah Karawang, Jawa Barat Kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang menawarkan berbagai jasa pada perusahaan ataupun konsumen perseorangan baik untuk bangunan gedung, kantor, dan tempat tinggal. Hubungi kantornya di Karawang Jawa Barat atau bisa pula mengakses situs kami ini.

purnosidi
purnosidi
Website PT Nikifour ini dikelola oleh Purnomo Sidi, seorang blogger sekaligus engineer. Kontak: purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0816-627-452 dan 0817-627-452. Alamat & Kontak PT Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati - Karawang Barat - Karawang Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail: nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id