Berikut ini adalah hal hal penting dari instalasi jaringan data dan internet. Internet pada era modern ini perannya sangatlah vital, bahkan sudah menyentuh segala aspek dalam kehidupan. Sifanya yang mudah dan cepat merupakan kebutuhan utama manusia modern. Hal ini sangat membantu karena waktu merupakan hal yang paling berharga dalam kehidupan saat ini. Untuk dapat mengakses internet, haruslah memiliki jaringan internet, baik itu di komputer, smartphone, maupun perangkat elektronik lainnya.

Networking atau jaringan komputer saat ini sangatlah penting dimiliki baik itu di rumah, di kantor, atau di perusahaan karena banyak sekali manfaat atau kegunaan yang dapat diperoleh dari Networking. Memasang jaringan internet untuk dapat dipergunakan sesuai kebutuhan haruslah memperhatikan hal hal berikut. 

1. Kabel

Kabel merupakan penghubung atau dapat juga disebut sebagai jembatan yang akan dilalui oleh data dari satu komputer ke komputer lainnya. Kabel yang digunakan pada instalasi jaringan umumnya, secara umum, adalah kabel CAT5, Cat5e, Cat6, Cat6a. Seluruh kabel tersebut memiliki fungsi masing masing.

– CAT5

Kabel CAT5 merupakan kabel dengan standar yang dapat melakukan transmisi data sebesar 100 Mbit/s. Kabel ini diciptakan pada tahun 2001. 

– Cat53

Kabel cat5e merupakan kabel yang kemampuannya telah ditingkatkan sehingga mampu menampung lebar data lebih besar, dan juga lebih cepat dalam mengirim data, yakni mencapai kemampuan speed maksimal 350 Mhz (1 Gbit/s). Selain itu kabel ini memiliki noise yang lebih kecil dibandingkan dengan kabel sebelumnya saat mengirim data. 

– Cat6

Kabel Cat6 merupakan kabel premium karena kemampuannya di atas kabel sebelumnya yakni memiliki waktu delay hampir nol dalam mengirim data. Kemampuan panjang maksimalnya lebih dari 100 meter dan lebar maksimal lebar datanya mencapai 10 Gbit/s. Kabel Cat6 merupakan kabel premium dan harganya relatif mahal. 

– Cat6a

Kabel Cat6a memiliki kecepatan maksimal 10.000 Mbps. Kabel jenis ini diameternya lebih kecil sehingga kinerja transmisinya lebih optimal. Kabel ini sangat mendukung aplikasi bandwidth tinggi yakni mampu beroperasi pada 10 Gb/s. 

Itulah beberapa jenis kabel yang umum digunakan pada instalasi jaringan. Seluruh kabel tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing. kamu perlu menyesuaikan seberapa besar kebutuhan internetmu sehingga dapat juga dipilih kabel yang paling cocok untuk instalasi jaringannya. Kan percuma jika kabel yang spesifikasinya tinggi hanya digunakan pada pemakaian internet yang kapasitasnya tergolong rendah. Hal ini pastinya kurang berguna, dan terlihat sia sia. 

2. Penggunaan Jaringan Wireless

Hal lain yang perlu jadi pertimbangan saat instalasi jaringan adalah perlu tidaknya penggunaan jaringan nirkabel. Penggunaan jaringan wireless memiliki berbagai keuntungan karena tak perlu dipusingkan dengan kabel kabel yang biasanya semrawut dan kurang enak dipandang. Penggunaan jaringan wireless juga tidak memerlukan penggalian, atau pemasangan yang cukup merepotkan. Hal ini juga sangat menguntungkan pada tempat tempat yang tak mungkin dilakukan penggalian atau pemasangan kabel. Namun jika menggunakan jaringan wireless pastinya mengeluarkan biaya yang lebih karena membutuhkan perangkat tambahan seperti wireless adapter.  Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan perlu tidaknya penggunaan wireless, serta manfaat dan keuntungannya. 

Jika di tempatmu tidak memungkinkan pemasangan jaringan dengan kabel, misalnya karena area wisata, yang pada umumnya harus dijaga tampilannya, sehingga pemerintah setempat tidak mengijinkan penggalian kabel atau pemasangan kabel, maka tidak ada salahnya menggunakan jaringan wireless. 

3. Perhitungan Biaya

Hal lain yang perlu diperhatikan saat instalasi jaringan adalah tentang biaya yang kamu miliki. Instalasi jaringan pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semakin besar kapasitas serta kecepatan internet yang dibutuhkan pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar juga. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan seberapa besar kebutuhan internet tersebut. Jika pemakaiannya hanya untuk keperluan rumah saja, tidak perlu lah kapasitasnya besar dan sangat cepat. Kecuali jika memang kamu bekerja dari rumah, dan kebutuhan akan akses internet cepat sangat besar, maka hal tersebut menjadi tidak masalah.

Kamu perlu pertimbangkan seberapa besar kebutuhan kamu, sehingga biaya yang perlu kamu keluarkan juga seimbang dengan kegunaan yang nantinya diperoleh. Jika kebutuhan internet sangat besar, internet yang lambat pastinya nanti menjadi sebuah kerugian karena akan menghambat banyak hal. Waktu merupakan hal yang paling penting saat ini, dan kecepatan internet sangat menguntungkan dalam hal waktu. Untuk itu kamu perlu pertimbangkan untuk apa kebutuhan internet tersebut, dan berapa biaya yang perlu kamu keluarkan agar dapat seimbang. 

4. Mempertimbangkan Faktor Keamanan

Dunia internet yang serba terbuka dan serba cepat membuat siapa saja dapat melakukan hal apapun di dunia internet. Terhubungnya jaringan komputer ke dunia, pastinya membuat siapa saja dapat terhubung dengan kita. Oleh karena itu, kita perlu mengutamakan aspek keamanan, agar kita tetap terlindungi. Instalasi jaringan haruslah mengedepankan aspek keamanan. Biasanya jaringan menggunakan kabel jauh lebih aman dibandingkan dengan jaringan nirkabel, karena jika seseorang ingin mengakses jaringan tanpa ijin, dia harus terhubung dengan kabel tersebut. Sedangkan jaringan nirkabel tidak demikian. Oleh karena itu saat memasang jaringan pasang juga lah jaringan pengaman agar data data kamu lebih terlindungi dan tidak dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.  

5. Pertimbangan Untuk Jangka Panjang

Sebisa mungkin saat melakukan instalasi jaringan, kamu perlu mempertimbangkan jangka panjangnya. Hal ini sangatlah penting karena di dunia modern ini segala sesuatu berubah dengan cepat. Akan selalu muncul versi yang terbaru dan yang terbaik, sehingga yang lama akan semakin ketinggalan. Untuk itu kamu harus mempertimbangkan proyek jangka panjangnya. Saat melakukan instalasi jaringan gunakanlah perangkat perangkat terbaru yang kemungkinan masih dapat digunakan di hari hari yang akan datang. Paling tidak perangkat yang digunakan tidak terlalu ketinggalan jaman. Karena untuk mengganti seluruhnya pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

6. Pilih Pemasang yang Terpercaya

Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah memilih pihak yang melakukan instalasi jaringan merupakan  yang terbaik dan yang terpercaya. Jika kamu ingin melakukan instalasi jaringan di rumah, perusahaan, kantor, dan keperluan lainnya, kamu bisa menggunakan jasa PT NikiFour Kontraktor di Karawang. PT NikiFour merupakan perusahaan yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang tersebut. PT NikiFour melayani pemasangan, instalasi dan setting peralatan jaringan yang meliputi Jaringan LAN, WAN, VPN, PABX, Tunnerl, Repeater, IP Came, server, Proxy, dan yang lainnya. PT NikiFour Kontraktor di Karawang juga akan memberikan layanan terbaik dalam instalasi jaringan yang kamu butuhkan dengan kualitas yang terjamin dan harga yang sangat bersahabat. 

Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2008 ini akan membantu kamu memasang jaringan internet untuk segala kebutuhan kamu. PT NikiFour merupakan perusahaan General Kontraktor, Building Maintenance, dan IT Networking yang siap melayani segala kebutuhan perusahaanmu. Untuk info lebih lanjut kamu dapat menghubungi PT NikiFour dengan mengunjungi langsung websitenya. 

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?