10 Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Posted by purnosidi
on 28/11/2018
Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Dari mulai jembatan yang dianggap suci hingga jendela yang terus-terusan copot dari framenya secara misterius, inilah 10 fakta menarik dunia arsitektur bangunan.

1. Jembatan

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Suku Inca menganggap jembatan itu begitu sakral sehingga siapa pun yang merusaknya dihukum mati. Di antara jembatan Inca yang paling mengesankan adalah chacas, atau jembatan tali, yang membentang jarak jauh di atas ngarai dan sungai. Mereka terbuat dari rerumputan yang dijalin bersama menjadi satu kabel setebal tubuh seorang pria, dan kadang-kadang diperpanjang sampai 175 kaki. Dibutuhkan sebanyak seribu orang untuk membangun jembatan seperti itu, dan banyak dari bangunan luar biasa ini bertahan lebih dari lima ratus tahun.

Sebuah jembatan yang dibangun di Lima, Peru sekitar tahun 1610 terbuat dari adukan semen yang dicampur tidak dengan air tetapi dengan putih 10.000 telur. Jembatan, tepat disebut Jembatan Telur, masih berdiri sampai sekarang.

2. Kolom / Tiang

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Kolom Trajan, dibangun pada 113 M untuk memperingati kemenangan kaisar Romawi Trajan melawan suku-suku Dasia di hilau Danube, berisi hiasan yang terus menerus sepanjang satu yard dan panjang 218 kaki di mana lebih dari 2.500 figur manusia serta ratusan perahu, kuda, kendaraan, dan peralatan militer dilukiskan. Kolom besar ini, masih berdiri saat ini, menjulang setinggi 128 kaki dari tanah, setebal 12 kaki di pangkalan, dan seluruhnya terbuat dari perunggu yang disepuh. Di dalamnya ada tangga melingkar di mana abu Trajan ditaburi. Itulah fakta menarik dunia arsitektur bangunan no 2.

3. Empire State Building

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Ada 10 Juta batu bata di Gedung Empire State.

4. Rumah

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Para petani Jepang, setelah mengeluarkan sekam dari tanaman padi mereka dan memilah-milah berasnya, lalu mengambil bekatul dari sisa beras, mencampurkannya ke dalam semacam pasta, membentuk zat tersebut menjadi balok-balok batu bata, dan membangun rumah bersama mereka. Bangunan seperti ini dikenal di Jepang sebagai “rumah kulit beras”

Sementara itu di Nepal, banyak rumah di daerah pedesaan di sana yang dibangun dari kotoran sapi yang dicampur dengan lumpur, pasir, dan tanah liat.

5. Istana

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

The Escorial, istana terkenal yang terletak di luar Madrid, dibangun dalam bentuk lapangan hijau karena Saint Lawrence, kepada siapa istana itu didedikasikan, dipanggang pada satu.

6. Pentagon

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Dibutuhkan seseorang lima belas hingga dua puluh menit untuk berjalan mengelilingi Pentagon sekali.

7. Piramid

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Pangkalan Piramida Besar di Mesir cukup besar untuk mencakup sepuluh lapangan sepakbola. Menurut sejarawan Yunani Herodotus, dibutuhkan 400.000 pria dua puluh tahun untuk membangun monumen besar ini.

8. Patung

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Pada pertengahan abad ke-16, Hicleyoshi, yang disebut petani penguasa Jepang, memerintahkan agar semua pedang di negara ini dikumpulkan dan dilebur. Logam itu kemudian digunakan, pada 1586, untuk membangun patung Buddha yang sangat besar. Butuh 50.000 pengrajin lebih dari enam tahun untuk membangun patung itu, dan tepat sepuluh tahun setelah gempa bumi selesai diruntuhkan. Tidak ada jejak sosok raksasa ini yang tersisa hari ini.

9. Menara

Gedung 60 lantai John Hancock Tower di Boston dihantui oleh salah satu masalah yang lebih misterius dalam sejarah pencakar langit: jendela-jendelanya, kaca besar berukuran 4 X 11 kaki, tiba-tiba muncul dan pecah di jalan di bawah. Bangunan, selesai pada tahun 1972, berusia kurang dari satu bulan ketika tiba-tiba puluhan jendela mulai bermunculan tanpa alasan yang jelas. Bertekad untuk memperbaiki situasi, John Hancock Mutual Life Insurance Company mengganti semua 10.334 jendela dengan potongan 400-pon kaca tempered setengah inci. Jendela-jendelanya terus berjatuhan. HIngga hari ini misteri ini tetap tidak terpecahkan, dan jendela kadang-kadang masih bercopotan. Untuk melindungi orang yang lewat, John Hancock telah menyewa dua penjaga permanen yagn khusus untuk mengawasi dan memerikasa keretakan panel sebelum jatuh ke trotoar.

10. Dinding

Fakta Menarik Dunia Arsitektur Bangunan

Satu-satunya struktur buatan manusia yang terlihat dari angkasa adalah Tembok Besar China.

Nah pembaca, itulah 10 fakta menarik dunia arsitektur bangunan. Apakah Anda sedang mencari kontraktor terdekat KIIC Suryacipta KIM Karawang untuk mengerjakan bangunan baru? Atau ada rencana renovasi untuk pabrik kantor dan gudang Anda? Kamilah calon partner terbaik Anda. Kontak kami segera.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id