Cara Menentukan Warna Cat Untuk Kantor

Posted by purnosidi
on 19/05/2015

Bagaimanakah cara menentukan warna cat untuk kantor? Kombinasi warna pada ruangan kantor akan mempengaruhi mood penghuninya. Kantor adalah tempat untuk bekerja, maka dari itu Anda jangan menyepelekan masalah warna cat dinding kantor karena itu bisa berpengaruh pada kinerja karyawannya. Ruangan kantor yang nampak suram karena catnya tidak pernah diperbarui akan membuat penghuninya merasa malas dan tidak semangat bekerja. Berbeda dengan ruangan kantor yang kombinasi warnanya cerah sehingga karyawan yang ada di dalam kantor akan merasa lebih semangat dan tidak akan malas-malasan dalam bekerja. Cara menentukan warna cat untuk kantor akan menentukan juga produktivitas karyawannya sehingga karyawannya akan lebih produktif jika warna cat ruangan kantor nampak cerah.

Cara Menentukan Warna Cat Untuk Kantor

Cara menentukan warna cat untuk kantor juga harus disesuaikan dengan interior kantor jadi tidak akan bertabrakan antara interior dan warna catnya, tidak ada yang lebih mencolok sehingga semuanya selaras. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan pada ruangan dalam kantor, jika ruangan kantor tidak banyak terkena sinar matahari dari luar, maka warna yang cerah tidak akan cocok karena warna cerah dalam ruangan yang gelap dan pengap hanya akan membuat ruangan menjadi sumpek. Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan sebagai cara menentukan warna cat untuk kantor:

1. Pelajari Pewarnaan Yang Tepat

Cara menentukan warna cat untuk kantor yang pertama adalah pelajari pewarnaan yang tepat agar mendapatkan kombinasi warna yang tepat untuk ruangan kantor Anda. Jika Anda tidak mengetahui dengan baik, maka Anda bisa melihat-melihat pewarnaan kantor yang bagus melalui internet untuk mendapatkan inspirasi pewarnaan yang tepat. Karena jika Anda mengkombinasikan sembarang warna, maka pasti hasilnya tidak akan bagus.

2. Tentukan Konsep Ruangan

Cara menentukan warna cat untuk kantor yang kedua adalah menentukan konsep ruangan yang sesuai. Jika ruangan kantor Anda interiornya modern, maka warna putih dan abu-abu bisa menjadi pilihan, apalagi jika dalam ruangan diberi bingkai kaca yang futuristic maka akan menghasilkan kesan minimalis dan modern, dengan kesan ruangan seperti ini maka Anda akan bisa menciptakan suasana yang semangat.

3. Perbanyak  Pengetahuan Desain

Cara menentukan warna cat untuk kantor selanjutnya adalah perbanyak pengetahuan tentang desain interior dan variasi kombinasi warna melalui buku atau tempat-tempat desain interior. Karena teknologi sekarang ini sangat canggih, maka urusan menambah pengetahuan ini lebih dipermudah lagi saat ini. Anda bisa mencari apapun melalui internet, bahkan dengan internet Anda bisa mencari gambar contoh kombinasi warna serta interior di kantor-kantor yang bisa memberikan Anda inspirasi.

4. Maksimalkan Fungsi Ruang

Pikirkan fungsi ruangan yang ingin Anda cat, misalnya dapur kantor, lebih baik dicat dengan warna putih saja untuk memaksimalkan kesan bersih ruangannya sehingga nampak selalu higienis. Sedangkan misalnya kamar mandi kantor beri warna biru untuk memperkuat kesan air yang ada di kamar mandi. Sedangkan ruangan rapat kantor dapat diberi warna kalem atau gelap untuk mengesankan kesan serius di dalam ruangan tersebut.

5. Warna Netral Untuk Ruang Umum

Jika di dalam kantor Anda terdapat ruang lobi yang merupakan ruang umum, maka Anda bisa memberikan warna yang kalem pada cat temboknya. Itu akan memberikan kesan ramah dan menyenangkan. Warna kalem tersebut misalnya coklat krem, pink muda, hijau muda atau putih.

6. Membuat Rencana Terlebih Dulu

Jika Anda belum merasa yakin dengan pilihan warna cat tembok yang Anda pilih untuk kantor Anda, maka Anda bisa melakukan simulasi terlebih dulu pada sehelai kertas untuk memadupadankan warna yang Anda pilih, jika memang sesuai maka pilihan warna Anda sudah tepat dan Anda bisa mengaplikasikannya langsung pada tembok ruangan kantor Anda. Selamat Mencoba!

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id