Cara Memilih Warna Untuk Interior Kantor

Posted by purnosidi
on 23/08/2017

Bagaimana cara memilih warna untuk interior kantor? Banyak hal yang bisa mendukung kinerja seorang karyawan, salah satunya adalah warna interior kantor. Interior dari sebuah ruangan di kantor yang terlihat rapi dan bersih, serta dipadukan dengan kombinasi warna yang sesuai ternyata dapat meningkatkan gairah kinerja karyawan itu sendiri. Hal ini adalah salah satu hal yang tidak boleh diremehkan untuk keberhasilan perusahaan yang Anda pimpin atau kelola.

Warna akan mempengaruhi ilusi terhadap suatu objek atau masalah. Bahkan dalam hal psikologi, warna pun bisa mempengaruhi mood atau perasaan seseorang. Ada banyak kasus yang membuat seseorang tidak punya motivasi yang baik ketika bekerja, hal ini bisa dikarenakan karena pemilihan warna ruangan yang tidak bas. Efeknya, kita akan memiliki motivasi kerja yang jelak ketika di kantor, tetapi sampai rumah motivasi itu bisa berubah karena kita lebih merasakan kenyamanan dengan ruangan kerja yang ada di rumah kita. Jadi, jika Anda mengalami hal tersebut, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mengganti warna cat ruangan Anda di kantor.

Kondisi zaman sekarang pun sudah berubah. Dulu, kita tentu sering kali menemukan kantor yang memiliki warna putih. Tetapi sekarang, desain interior kantor pun mulai lebih diperhatikan. Ini adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawannya. Warna pada perusahaan di zaman sekarang lebih disesuaikan dengan citra perusahaan tersebut. Bahkan di perusahaan besar, mereka akan sangat kreatif dalam memainkan warna guna menambah semangat kerja para karyawannya. Mereka tidak lagi membatasi warna dan kaku dalam pemilihannya. Mulai dari warna gelap hingga terang, semuanya boleh digunakan asal masih sesuai citra yang diusung perusahaan.

Berikut beberapa makna warna cat yang Anda bisa Anda gunakan :

Merah

Warna ini akan memberikan kesan hidup, berani dan sukacita. Warna merah yang diaplikasikan di dinding kantor diharapkan selalu dapat memberikan energi dan semangat yang positif kepada karyawannya. Warna merah bisa dikombinasikan dengan warna lain seperti cokelat dan abu-abu untuk memberi kesan elegan. Tidak hanya itu, furniture berwarna merah juga dapat dipadukan untuk melengkapi kesan positif yang dibangun.

Hijau

Suasana harmonis biasanya dilambangkan dengan warna hijau. Warna ini menimbulkan kondisi kerja yang menenangkan. Selain itu, banyak yang mengusung warna karena menyesuaikan konsep go green yang dimiliki kantornya.

Biru

Biru juga bisa dijadikan salah satu alternatif yang tepat untuk warna cat ruangan Anda di kantor. Warna ini akan memberikan kesan sejuk dan tentu bisa menjernihkan pikiran ketika pekerjaan sedang menumpuk. Disinilah peran warna cat dalam pekerjaan Anda. Bagaimana warna yang menghiasi ruangan Anda diharapkan memberikan efek positif yang mendukung Anda untuk lebih semangat dalam bekerja.

Orange

Warna orange membawa kesan ceria. Hal ini biasanya dimaksudkan untuk membangkitkan hati karyawan saat bekerja agar dapat menghadapi segala kondisi dengan sukacita. Untuk kesan yang lebih manis dan menarik, Anda dapat mengkombinasikan warna orange dengan furniture berwarna putih. Mungkin dari rak meja, kursi, atau lemari yang biasa Anda gunakan di ruangan tersebut.

Ungu

Menjatuhkan pilihan pada ungu ketika memilih warna untuk interior kantor, maka warna ungu melambangkan kreativitas dan produktivitas tanpa batas. Warna ini biasanya dipadukan dengan warna coklat untuk mengimbanginya. Bahkan warna ungu banyak digunakan beberapa perusahaan untuk brand mereka.

Abu-Abu

Warna abu-abu banyak dipilih karena menimbulkan kesan luas. Jika ruangan kantor Anda mungkin kecil, sebaiknya pilih warna ini untuk warna cat dinding ruangan. Kesan minimalis dan modern juga dimiliki warna abu-abu, sehingga banyak perusahaan yang memilihnya. Selain itu, bagi beberapa orang warna ini pun menimbulkan kedamaian hati. Warna abu-abu dapat dikombinasikan dengan warna hitam atau putih.

Ketika memilih warna untuk interior kantor, tak lupa kita juga harus memperhatikan pencahayaan ruangan tersebut. Pencahayaan maksimal dikombinasikan dengan warna yang cerah merupakan perpaduan yang pas untuk meningkatkan semangat bekerja. Tetapi perhatikan juga ukuran cahaya yang pas, jangan sampai membuat mata sakit karena terlalu terang.

Dengan konsep yang diusung kantor Anda, Anda bisa juga menambah beberapa furniture senada dengan warna dinding ruangan untuk meningkatkan mood saat bekerja. Kombinasi beberapa warna juga bukan hal yang asing saat ini. Bahkan, dari sebuah penelitian menunjukkan karyawan yang tempat bekerjanya hanya didominasi oleh satu warna menunjukkan kinerja yang lebih pasif dan monoton dalam pekerjaannya. Sebaliknya mereka yang memilih mengkombinasikan beberapa warna dinilai memiliki banyak persepsi dan lebih kreatif.

Dari sini mulai banyak pemilik kantor yang menggunakan jasa desain interior untuk mempercantik kantor mereka sehingga akan membuat karyawannya betah bekerja di sana.

Demikianlah bagaimana ide dalam memilih warna untuk interior kantorAnda dapat memilih kami, PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka sebagai partner dalam mendesain kembali ruangan kantor Anda. Kami adalah perusahaan yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang pengecatan interior kantor dan perkantorran. Jadi, hasilnya pasti tidak akan mengecewakan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id