Jenis dan Fungsi Cat untuk Konstruksi Bangunan Anda

Posted by purnosidi
on 18/08/2017

Jenis dan fungsi cat itu ternyata banyak sekali. Apa saja jenis dan fungsi cat untuk konstruksi bangunan ada? Cat memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah ruangan. Tidak hanya ruangan saja, tetapi cat atau warna menentukan suka atau tidaknya seseorang pada benda tertentu dan menjadi pertimbangan untuk jadi atau tidaknya memilih sesuatu. Sepenting itulah warna bagi manusia.

Bicara cat, kita tidak akan lepas dari konstruksi bangunan seperti rumah, kantor, gedung, restoran dan sebagainya. Ya, variasi bangunan tersebut tidak lepas dari yang namanya cat. Tanpa cat, ruangan akan terasa hampa akan kesan dan tidak hidup.

Jenis dan fungsi cat untuk konstruksi bangunan

Bersama PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka, Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai warna cat yang cocok untuk ruangan Anda. Tidak hanya cocok dari segi arsitektural saja, tetapi juga sesuai dengan keinginan Anda yang akan menghuni rumah tinggal itu.

Fungsi cat

Dalam konteks jenis dan fungsi cat untuk konstruksi bangunan, tat memiliki banyak fungsi penting. Diantaranya adalah:

–     Sebagai outer atau skin dinding ruangan sehingga dinding tidak gampang berlumut.

–     Memberikan warna pada ruangan yang merupakan identitas karakter pemiliknya.

–     Memberikan sentuhan estetis khususnya ketika kombinasi warna tersebut cocok sehingga meningkatkan sisi keindahan dari ruangan tersebut.

Jenis Cat

Ada banyak sekali jenis – jenis dan fungsi cat untuk konstruksi bangunan. Jika boleh dikatergorikan,setidanya ada 11 kategori yang sering digunakan yaitu:

1. Cat Alkyd Syntetic

Jenis cat ini memiliki karakter yang cukup kuat, yaitu identik dengan glossy-nya dan biasa dipakai untuk mewarnai bagian interior dan eksterior ruangan. Salah satu keunggulan cat alkyd synthetic jika dibandingkan dengan cat lain adalah tahan cuaca dan juga jamur. Biasanya, selain digunakan untuk interior dan eksterior ruangan, cat ini juga kerap digunakan untuk mewarnai permukaan besi dan kayu.

2. Cat Emulsi Styrene Acrylic

Jenis cat yang kedua yang cukup diminati adalah cat emulsi styrene acrlylic. Cat ini dipakai untuk permukaan beton, batako, asbes, triplek, dan juga plesteran.

3. Wall Sealer

Wall sealer adalah cat dasar yang digunakan untuk menutup pori-pori permukaan dinding plesteran secara keseluruhan. Proses pengecatan dengan wall sealer dilakukan sebelum pemasangan plesteran dengan tujuan agar permukaannya lebih halus dan cat yang digunakan pun akan lebih melekat dengan dinding plesteran itu.

4. Zinc Chromate Primer

Zinc cromata adalah bahan dasar untuk membuat cat khusus logam. Tujuan dari dibuatnya cat logam ini adalah untuk menghindari korosi pada logam, besi, dan yang sejenisnya.

5. Cat Duco

Diantara sekian banyak jenis cat, cat duco adalah yang paling familiar. Dalam bahasa sehari-hari cat duco disebut juga dengan cat dempul yang dipakai untuk penutup logam dan permukaan kayu agar hasilnya lebih rapat. Dengan cat duco, hasil pengerjaan pun akan lebih halus.

6. Cat Melamic

Jenis cat ini terbuat dari bahan dasar alkyd dan resin amino. Cat ini biasa dipakai untuk melapisi kayu dengan hasil akhir yang rata, halus, dan tahan terhadap goresan. Cat Melamic memiliki daya kilap yang tinggi sehingga tampilan kayu pun akan semakin manis. Cat Melamic cocok jika digunakan untuk mewarnai eksterior kayu.

7. Cat Stoving

Finishing logam biasa menggunakan cat stoving. Untuk pengaplikasiannya, cat ini dipakai dengan menggunakan sistem peng-oven-an. Cat ini dipakai untuk bahan logam, tabung, elektronik, dan sebagainya.

8. Cat Thermoplastic

Anda sering melihat marka yang ada di jalan raya? Cat yang digunakan untuk menandai marka jalan adalah cat thermoplastic. Jenis cat ini tahan panas dan tidak mudah mengelupas.

9. Cat Epoxy

Cat Epoxy adalah jenis cat yang digunakan untuk menutup permukaan dinding. Cat ini mempunyai daya ikat yang kuat yang menjadi alasan kenapa cat ini digunakan untuk menutup permukaan dinding sebelum dilakukan tindakan selanjutnya. Tidak hanya dalam bentuk cat, Epoxy juga tersedia dalam bentuk epoxy injection, lem epoxy, dan juga dempul epoxy. Cat ini seringkali dipakai untuk melapisi beton dan logam.

10. Cat Polyurethane

Cat polyurethane memberikan efek glossy atau mengkilap yang tinggi. Dengan cat ini, permukaan akan tampak mengkilap, tahan gores, dan lebih halus.

11. Cat Remover

Seperti namanya, cat ini dipakai untuk meniadakan atau mengelupaskan cat lama untuk kemudian digantikan dengan cat yang baru. Dengan cat remover, kita tidak perlu melakukan treatment yang melelahkan pada dinding yang ingin diganti warnanya. Cat ini adalah emulsi dari bahan kimia yang efektif untuk merontokkan cat dinding sebelumnya.

Dalam setiap proses konstruksi, kita tidak akan lepas dari elemen penting yang bernama cat. Proses pewarnaan akan semakin sempurna jika dilakukan oleh tenaga yang handal dibidangnya. PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka akan membantu Anda untuk mendapatkan nuansa ruangan seperti yang Anda impi-impikan.

Cukup dengan menyampaikan apa yang Anda inginkan dari ruangan tersebut kepada pihak penyedia jasa yang akan menyulap rumah atau konstruksi bangunan menjadi luar biasa menakjubkan.

Demikianlah penjelasan beberapa jenis dan fungsi cat untuk konstruksi bangunan.

 

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id