Beragam Alat Berat Untuk Mendirikan Bangunan

Posted by purnosidi
on 06/04/2015
alat berat

Semakin besar, tinggi dan rumit desain konstruksi pembangunan, maka semakin banyak juga peralatan yang dibutuhkan. Banyak jenis alat berat yang dibutuhkan agar pembangunan bisa dilakukan lebih mudah, cepat dan aman. Berbagai alat berat akan dimanfaatkan dalam pembangunan proyek bangunan dan setiap jenis alat berat itu memiliki fungsinya tersendiri, sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.

4 Jenis Alat Berat Konstruksi Bangunan

Apa saja jenis alat berat yang kerapkali diterapkan? pada artikel knowledge ini akan dijelaskan setidaknya beragam alat berat untuk mendirikan bangunan.

1. Tower Crane atau TC

Alat Berat

Di setiap proyek pembangunan gedung bertingkat tinggi, keberadaan alat tower crane tidak bisa dipisahkan. Karena memang fungsi alat ini sangat mendukung dalam pelaksanaan pembagunan gedung tinggi. Fungsi penting dari alat ini adalah untuk mendukung pengangkutan berbagai material yang dibutuhkan, dari bawah menuju ke bagian atas, atau proses sebaliknya. Sebagai contoh diterapkan ketika melakukan tipe pekerjaan seperti pengecoran.

Fungsi penting lainnya dari alat crane tower ini adalah untuk mobilisasi dari besi tulangan ke daerah pekerjaan. Pemakaian crane tower itu harus direncanakan dengan seksama. Hal ini berkaitan dengan penempatan crane tower, pondasi crane tower dan pengaturan jadwal pemakaian alat ini. Dengan begitu crane tower bisa berfungsi dengan optimal.

2. Mobile Crane

Alat Berat

Fungsi dari mobile crane sama saja dengan tower crane. Tapi jenis alat berat tersebut bersifat mobile. Sehingga bisa berpindah-pindah tempat dengan lebih mudah dan cepat. Kelebihan lain dari alat berat ini adalah tidak membutuhkan pondasi khusus seperti yang diterapkan pada tower crane.

3. Back Hoe atau Excavator

Alat Berat

Alat berat ini dimanfaatkan dalam proyek bangunan gedung bertingkat tinggi. Fungsi dari  excavator adalah untuk mendukung penggalian dan sekaligus pengerukan tanah. Setiap proyek pembangunan yang berkaitan dengan tanah akan membutuhkan penggunaan dari alat berat ini. Sebagai contoh dalam pembangunan lantai basement gedung tinggi, pembangunan sungai, cutting fill jalan raya dan berbagai proyek besar dan sulit lainnya.

4. Dump Truck

Alat Berat

Kendaraan bermotor ini pada dasarnya memiliki bentuk seperti mobil pada umumnya. Tapi bentuknya didesain sangat besar dan dilengkapi bak di sisi belakangnya. Dengan begitu bisa dimanfaatkan untuk mengangkut bahan bangunan. Bahan bangunan ini biasanya diangkut dari pabrik menuju ke lokasi dari proyek bangunan dan juga untuk keperluan sebaliknya.

Dalam proyek yang skalanya besar, akan lebih banyak dijumpai keberadaan dump truck. Pemakaian kendaraan ini paling banyak terjadi di pengerjaan galian tanah. Kalau lokasi proyek terdapat di kawasan perkotaan, maka harus memperhatikan berkaitan dengan peraturan lalu lintas dan kebersihan areal jalan raya. Sebagai contoh kalau proyek itu dikerjakan di kawasan Jakarta, dump truck hanya boleh dioperasikan ketika malam hari saja.

Oleh karenanya dalam proyek pembangunan gedung bertingkat tinggi di kawasan tengah kota, seperti melakukan pengerjaan galian tanah, para pekerja akan terlihat lebih sibuk ketika malam hari. Tapi terlihat tidak ada aktivitas pekerjaan di siang hari. Termasuk sebelum meningggalkan kawasan proyek sangat penting untuk membersihkan kendaraan itu dengan baik.

Di kawasan proyek harus disediakan tempat khusus untuk mencuci ban dari dump truck. Kalau tidak melakukan tahapan ini, maka biasanya pihak pemerintah akan memanggil  pihak yang bertanggung jawab dalam kontraktor tersebut. Biasanya dinas pertamanan dari pemerintah setempat yang akan sangat memperhatikan kawasan sekitar pengerjaan proyek.

Sebenarnya masih banyak lagi berbagai alat berat lain yang bisa mendukung dan mempermudah saat pembangunan gedung bertingkat tinggi dan berbagai proyek pembangunan atau renovasi lainnya. Sebelum menggunakan berbagai alat berat itu tentunya harus diperhitungkan mengenai fungsi dan kapasitas dari setiap alat yang digunakan. Sehingga bisa ditentukan jumlah peralatan sesuai dengan kebutuhan.

Perencanaan penggunaan alat berat itu harus juga mempertimbangkan waktu penggunaannya. Karena biaya sewa alat itu terbilang sangat mahal, karena perhitungan sewa biasanya menerapkan hitungan per jam. Sehingga kalau sudah disewa tapi tidak digunakan secara optimal, maka hanya akan menambah pembengkakan anggaran proyek.

Untuk memilih kontraktor sipil terbaik dan berpengalaman, Anda bisa mempercayakannya kepada Kami, PT Nikifour karawang sebagai kontraktor sipil terbaik berpengalaman. Berbagai perusahaan besar sudah pernah menjadi kliennya, sebagai pertanda akan kualitas yang diberikan. Kalbe Farma, Sari Roti, Bintang Toedjoe adalah sejumlah perusahaan yang telah menjadi kliennya.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id